Automotive

Mirip Sirip Ikan Hiu, Benda Yang Menempel di Atap Mobil Ternyata Sebuah Antena

Apakah anda punya kendaraan mobil di rumah? Kalau punya, pernahkah anda memperhatikan “sirip hiu” yang terdapat pada mobil tersebut?

Atau, apa jangan-jangan anda tidak tahu apa itu sirip hiu dan fungsinya? Kalau memang begitu, anda tidak perlu malu, karena memang tak banyak yang memperhatikan mobilnya sampai sedetail itu.

Akan tetapi, akan jauh lebih baik lagi jika anda mengetahui apa itu dan fungsinya. Ya, mana tahu suatu hari membutuhkan fungsi dari benda tersebut.

Anda tidak perlu capek-capek mencari sumber untuk mengetahuinya, karena ketika anda telah mengklik artikel ini, anda bisa mendapatkan informasi yang anda butuhkan terkait sirip hiu yang terdapat pada mobil anda.

Tenang saja, penjelasan kami tidak akan bertele-tele dan kami pastikan akan mudah untuk anda mengerti. Baiklah, daripada bercerita panjang lebar yang tak jelas, lebih baik kami langsung saja memberikan penjelasannya.

Benda Seperti Apakah Shark Fin Pada Mobil Itu?

Para pecinta otomatif dan pemilik mobil pada umumnya pasti tahu dan mengenal benda kecil yang tercantol di atas atap mobil yang bernama shark fin ini. Sekalipun anda mungkin belum memiliki mobil, tapi anda tentu pernah melihatnya, bukan?

Meskipun anda tidak begitu tahu benda apa itu dan fungsinya untuk apa, tapi paling tidak atau walaupun hanya sekali, pasti anda pernah melihatnya. Kecuali anda tinggal di daerah pedalaman yang terisolasi seperti suku sentinel.

Jika di bahasa Indonesiakan, shark fin ini memiliki arti sirip hiu. Kenapa bisa diberi nama seperti itu? Kenapa tidak sirip ikan yang lain saja, seperti sirip ikan tuna misalnya?

Kalau anda pernah melihat ikan hiu secara langsung atau sekedar melihat gambarnya, anda pasti tahu atau bisa menemukan jawaban dari pertanyaan di atas.

Utuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami tampilkan gambar dari ikan hiu dan fin shark yang terdapat pada mobil, yang nantinya bisa anda bandingkan atau anda jadikan sebagai pedoman untuk menemukan jawabannya.

Dalam hitungan beberapa detik, cobalah untuk memperhatikan gambar di atas. Kalau sudah, apa yang bisa anda simpulkan setelah melihat kedua gambar tersebut? Adakah bentuk dari hiu itu yang mirip dengan “sirip” yang terdapat pada gambar atap mobil di atas?

Ada bukan? Sirip yang dimiliki oleh ikan hiu sangat mirip dengan shark fin pada mobil. Oleh karena itulah, benda tersebut dinamakan sebagai sirip hiu.

Kalau mirip sirip ikan gabus, ya pasti namanya bukan sirip hiu, melainkan sirip gabus. Betul nggak? Masuk akal nggak sih jawabannya menurut anda? Apapun pendapat anda tentang itu, yang pasti menurut informasi yang kami dapat, memang begitulah jawabannya.

Kalau anda punya jawaban lain, anda bisa membagikan informasinya kepada kami, tapi usahakan disertai bukti berupa sumbernya ya, guys.

Pada umumnya, setiap kali pengemudi mendengar referensi tentang sirip hiu pada kendaraan, mereka umumnya tahu persis apa yang sedang dibicarakan.

Bisa dibilang ini merupakan sebuah fenomena moderen, yaitu melihat kendaraan dari segala macam merek, yang dilengkapi dengan perlengkapan sirip hiu kecil yang melekat pada atap kendaraan, tepatnya pada kendaraan mobil.

Apa sebenarnya fungsi dari benda kecil ini? Mengapa ini harus berada atau diletakkan di atas atap mobil? Mari kita cari jawabannya di bawah ini.

Kegunaan Sirip Hiu Pada Mobil

Setelah mengetahui apa itu shark fin atau sirip hiu yang terdapat pada mobil, kini saatnya anda mengetahui fungsi atau kegunaannya. Sebenarnya, benda yang anda lihat yang tertempel di atas mobil tersebut adalah sebuah antena.

Kalau dilihat dari bentuknya sih, benda ini memang tidak mirip sama sekali dengan antena. Tapi cara kerjanya yang mungkin mirip dengan benda tersebut.

Dulunya, atau sebelumnya, bentuk antena yang sering atau hampir digunakan oleh berbagai jenis mobil tidaklah berbentuk sirip hiu seperti yang banyak kita jumpai di zaman sekarang ini. Antena yang digunakan memiliki bentuk yang sama seperti antena pada umumnya. 

Kalau anda memiki mobil tipe lama atau mungkin anda seorang kolektor mobil-mobil antik, anda pasti paham apa yang kami maksud. Dan untuk anda yang mungkin belum sempat melihat mobil-mobil keluaran lama atau jadul ini, berikut ini akan kami perlihatkan gambar bentuk antena dulu dari salah satu mobil keluaran lama.

Berikut gambarnya:

Gimana? Antena yang digunakan dulu dan sekarang berbeda, kan? Dari kedua bentuk tersebut, mana yang paling anda sukai? Apakah bentuk yang jadul atau mungkin yang moderen?

Di zaman dulu, mobil-mobil menggunakan atau memiliki antena panjang dan lurus, yang kalau dilihat-lihat tampak seperti sebuah tiang panjang. Hanya saja ini versi mungilnya.

Biasanya ini berada di dekat kaca atau bagasi depan mobil. Beberpa orang ada yang memasang benda-benda tertentu di sana, seperti misalnya menaruh gambar atau mainan wajah-wajah kecil yang tersenyum di atas ujung tiang antena mobil tersebut, ataupun melakukan cara-cara lain yang bisa mengurangi penampilan mereka yang sedikit terlihat mengganggu.

Benar nggak sih itu terlihat mengganggu atau jelek? Bagaimana menurut anda?

Karena mungkin banyak yang tidak menyukai keberadaan antena yang seperti itu, perusahaan-perusahaan otomotif akhirnya mencoba untuk menciptakan sesuatu yang baru, yang salah satunya adalah dengan mengubah antena yang tadinya berbentuk tiang, menjadi berbentuk sirip hiu.

Kalau dilihat-lihat sih, bentuk yang sekarang memang jauh lebih baik dan terkesan tidak mengganggu. Benar begitu nggak sih? Kalau menurut kami sih begitu.

Kemajuan teknologi yang sangat pesat adalah salah satu yang mendukung perubahan tersebut. Dengan teknologi, para penghasil mobil bisa memasangkan kemampuan yang sama ke dalam sesuatu yang berbeda.

Dalam hal ini, kegunaannya bisa kita lihat dari bentuk antena mobil yang ramping dan bergaya seperti yang sekarang. Ini adalah sebuah peningkatan besar atas apa yang terjadi beberapa dekade yang lalu.

Berfungsi Untuk Menangkap Sinyal Radio

Keberadaan dan peletakan antena mobil yang dikenal sebagai shark fin ini ternyata bukanlah tanpa alasan. Bukan pula hanya sebagai aksesoris, pelengkap ataupun untuk mempercatik performa pada sebuah mobil saja.

Kalau demikian, apa sebenarnya fungsi utama antena mobil ini?

Sirip ikan hiu yang bisa anda temukan di atas mobil ini berfungsi sebagai pengganti bentuk dari antena radio konvensional. Fungsi keduanya bisa dibilang sama, yaitu menangkap sinyal radio.

Selain itu, benda ini juga bisa membuat penampilan mobil menjadi tampak lebih sporty, karena bentuknya yang menyerupai sirip hiu tersebut mendukung sisi aerodinamika dari mobil. Beberapa model bahkan memiliki penerima radio AM / FM yang terletak di tempat lain di kendaraan.

Bukan hanya itu saja, mereka juga sering digunakan untuk mengambil sinyal lain, seperti data seluler, GPS dan radio satelit.  Anda harus tahu kalau berkat sirip hiu inilah anda bisa memiliki semua kemampuan untuk tetap terhubung dengan sinyal saat bepergian.

Bukan hanya berbentuk sirip hiu ataupun tiang lurus, sebenarnya ada beberapa jenis antena mobil lainnya yang harus anda ketahui. Pada kendaraan roda empat, umumnya antena terdiri dari dua bagian, yaitu antena internal dan eksternal.

Antena eksternal biasanya berada di bagian luar mobil seperti di kap ataupun di atap mobil. Sedangkan yang internal berada di dek mobil. Untuk antena yang jenis eksternal, pada umumnya terdiri dari beberapa jenis, yaitu : antena tarik, fixed, hiu, printed glass dan motorized.

Pada antena tarik, yang harus diperhatikan adalah panjangnya. Usahakan agar antena tersebut tidak terlalu panjang untuk mencegah antena tersangkut batang pohon saat anda sedang mengemudi. Sementara untuk jenis fixed, tinggi rendahnya antena tidak perlu lagi diatur.

Kemudian, yang ketiga adalah jenis antena yang telah kita bahas di atas tadi. Antena mobil shark fin memang sangat mirip seperti sirip hiu. Untuk memasang alat ini pun terbilang sangat mudah. Anda tinggal melepaskan antena standar, kemudian menyambungkan kabelnya dengan antena sirip hiu.

Sementara untuk antena printed glass, laman Toyota Astra mengatakan bahwa antena berbentuk garis ini lebih kuat dibanding yang lain, karena posisinya yang ada di bagian dalam mobil, tepatnya di kaca samping belakang bagian dalam. Dan yang terakhir adalah antena motorized, yang biasanya terdapat di mobil-mobil lawas.

Jenis-jenis antena mobil tadi akan menjadi akhir dari penjelasan kami pada artikel kali ini. Sekarang anda sudah paham kan apa itu shark fin dan apa sebenarnya kegunaannya untuk mobil? Karena anda sudah paham, berarti mulai saat ini anda tidak perlu heran lagi saat melihat benda kecil yang mirip dengan sirip hiu ini tercantol di atas mobil.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga penjelasan ini bisa berguna untuk anda, terutama bagi anda yang mungkin ingin membeli mobil baru dan masih bingung dengan fungsi shark fin tersebut.