Beauty

Facial Vampir : Perawatan Wajah Menggunakan Darah Sendiri, Anda Beminat?

Siapa sih wanita di dunia ini yang tak ingin terlihat cantik? Banyak wanita yang bahkan rela melakukan apa saja agar bisa memiliki wajah yang cantik. Salah satunya adalah dengan melakukan berbagai perawatan atau treatment khusus, yang pastinya akan menghabiskan biaya yang lumayan besar.

Untuk saat ini, mendapatkan perawatan wajah dan tubuh bukanlah hal yang sulit. Dimana-mana ada banyak sekali tempat yang menawarkan jasa atau layanan seperti ini. Treatment yang dilakukan umumnya bermacam-macam. Harganya pun cukup bervariasi.

Akan tetapi, beberapa diantaranya menawarkan jenis perawatan yang tidak biasa, aneh-aneh, unik atau anti-mainstream. Tapi jangan salah, justru yang seperti inilah yang disukai oleh masyarakat.

Rasa penasaran yang besar akan membuat keinginan para wanita untuk mencicipi satu per satu jenis perwatan unik tersebut juga ikut meningkat, seperti yang terjadi pada salah satu jenis perawatan facial (wajah) aneh dan cenderung menakutkan, yang booming baru-baru ini.

Kalau anda adalah salah satu penyuka kegiatan facial dan selalu mengikuti trend kekinian, anda tentu tahu perawatan apa yang kami maksud. Bisakah anda menyebutkannya? Jenis perawatan tersebut bernama facial vampire. Dari namanya saja sudah terdengar aneh, bukan? 

Nah, pertanyaannya sekarang adalah, seperti apa sih facial vampir ini? Apakah proses perawatan yang dilakukan juga seaneh dan semenakutkan namanya? Jadi semakin penasarankan? Nggak sabar kan untuk melanjutkan pembacaan selanjutnya?

Untuk menjawab rasa penasaran anda, kami memiliki beberapa informasi menarik terkait dengan hal tersebut dan kami akan menjelaskannya di bawah ini.

Apa Itu Facial Vampir dan Kegunaannya Untuk Kecantikan?

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan kalau “cantik itu sakit“. Benarkah demikian? Beberapa orang mungkin akan menyatakan setuju dengan pernyataan di atas. Dan sebagiannya lagi mungkin tidak demikian. Itu sah-sah saja, karena setiap orang memiliki pemikiran dan pendapatnya sendiri.

Selain itu, rasa sakit selama melakukan perawatan kecantikan juga bergantung pada jenis yang anda pilih. Tidak semua treatment kecantikan itu sakit, lho. Baru-baru ini, sebuah jenis perawatan facial (untuk wajah) yang unik kembali diciptakan. Kali ini sedikit ekstrim dan mengundang kontroversi dari sejumlah pihak.

Yap, facial vampir adalah yang kami maksud.

Sebelumnya di Instagram banyak beredar foto-foto wajah dari sejumlah artis yang penuh dengan percikan darah. Itu bukanlah sebuah riasan untuk menyambut perayaan Halloween. Sebenarnya ini adalah salah satu tren perawatan kecantikan untuk kulit terbaru, yang dikenal sebagai “vampire facial” atau facial vampir.

Beberapa selebritis dunia yang secara tak langsung telah memperkenalkan tren kecantikan ini adalah Kim Kardashian West dan Bar Refaeli. Anda tentu pernah mendengar atau mengenali kedua nama ini, kan? Pasti kenal lah ya. Kedua orang ini adalah termasuk penggemar facial yang terlihat menakutkan ini.

Meskipun terdengar menakutkan, tapi hasil yang didapat setelah melakukannya sangatlah memuaskan. Facial vampir atau yang juga dikenal sebagai facial PRP (platelet-rich plasma) nyatanya tidaklah semengerikan namanya. Oleh karena itu, jangan biarkan nama tersebut membodohi anda.

Ava Shamban, yaitu seorang dokter kulit mengatakan bahwa perawawatan ini merupakan kombinasi dari mikrodermabrasi (tindakan sejenis pengelupasan (exfoliation) yang menggunakan kristal-kristal mikro untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru), yang diikuti oleh pengaplikasian PRP.

“Trombosit mengandung faktor pertumbuhan tingkat tinggi, yang bila diterapkan pada kulit akan merangsang terjadinya pergantian sel”.

Menurut Joshua Zeichner, dalam istilah awamnya, ini merupakan jenis facial yang pada dasarnya menggunakan darah anda sendiri, untuk membantu mempromosikan aktivitas sehat sel-sel kulit.

Joshua Zeichnera adalah seorang direktur kosmetik dan penelitian klinis dermatologi di Rumah Sakit Gunung Sinai, yang berada di New York City. Kulit kita secara alami terdiri dari sel darah merah dan serum, yang mengandung sel darah putih dan trombosit.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kulit kita secara alami terdiri dari sel darah merah dan serum, yang mengandung sel darah putih dan trombosit.

Trombosit ini kaya akan faktor-faktor yang dapat mempercepat pertumbuhan, yang pada dasarnya bertindak sebagai “sepatu energi” untuk kulit. Ini juga membantu fungsi kulit secara optimal, meningkatkan segalanya mulai dari kolagen sampai dengan elastin dan juga memiliki sifat antioksidan dan hidrasi.

“Platelet-rich plasma sekarang biasa digunakan secara topikal sebagai bagian dari facial biasa, yang digunakan bersama dengan micro-needling untuk meningkatkan penetrasi pada kulit dan bahkan bisa pula disuntikkan ke kulit dengan cara yang sama seperti pada dermal filler,” kata Zeichner.

Proses Pelaksanaan Treatment

Kalau dilihat dari namanya, facial ini memang tampak begitu menyeramkan. Tapi ketahuilah bahwa proses perawatan yang dilakukan sebenarnya tidaklah seperti apa yang kebanyakan orang-orang pikirkan. Dari beberapa pengakuan orang-orang yang telah menjalani perawatan ini, mereka mengatakan bahwa hal tersebut relatif tidak menyakitkan.

Biasanya perawatan akan dimulai atau diawali dengan venipuncture (pengambilan darah yang dilakukan pada pembuluh darah vena) untuk mendapatkan darah. Cubitan jarum pertama ini mungkin akan terasa menyakitkan, tapi tak apa karena untuk yang selanjutnya anda akan terbiasa dengan rasanya.

Setelah itu, proses perawatan akan dilanjutkan dengan menjalankan darah melalui centrifuge atau gerakan berputar untuk mengisolasi trombosit. Anda kemudian akan menerima microneedling atau microdermabrasion, tepat sebelum PRP anda dihaluskan di area wajah. Ini juga bisa disertai dengan atau tanpa frekuensi radio.

“Kedengarannya itu memang berdarah dan misterius. Tetapi pada kenyataannya, itu adalah pusat pemahaman kita tentang fisiologi kulit dan teknik lanjutan yang meningkatkan kualitas kulit,” kata Shamban.

Untuk masa pemulihan, kemungkinan anda akan membutuhkan satu atau dua hari waktu penghentian sebelum akhirnya anda dinyatakan siap. Shamban mengatakan bahwa penerima mungkin akan membutuhkan sekitar satu atau dua hari untuk waktu pemulihan, yang biasanya tergantung pada seberapa agresif mikrodermabrasi pada kulit anda.

Ketika selesai melakukan treatment tersebut, wajah anda akan terlihat sedikit memerah, hampir mirip dengan saat kulit terkena sengatan matahari, yang berarti pemakaian sunscreen atau tabir surya sangat dianjurkan untuk dilakukan sebagai pasca-prosedur.

Tapi ketahuilah bahwa anda tidak sdisarankan untuk menggunakan make up, sesaat setelah selesai melakukan perawatan.

Siapa Saja Yang Bisa Melakukan Facial Vampir Ini?

Adakah aturan khusus untuk mengikuti jenis perawatan ini? Apakah semua orang bisa melakukannya atau hanya beberapa pihak saja yang diperbolehkan? 

Menurut Shamban, orang-orang yang memiliki masalah dengan kulit mereka, seperti misalnya “kerutan dini, kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari yang tinggi atau siapa saja di antara anda yang menginginkan penampilan kulit yang halus dan segar, adalah kandidat yang paling ideal dan cocok untuk mengikuti prosedur treatment ini.

Akan tetapi, Zeichner memperingatkan bahwa orang-orang yang memiliki riwayat penyakit darah, termasuk gangguan pembekuan atau perdarahan, tidak diperbolehkan untuk melakukan perawatan PRP tersebut, karena hal ini akan sangat beresiko.

Tidak hanya untuk mereka yang memiliki gangguan kesehatan tertentu saja yang beresiko melakukan kegiatan ini. Anda yang memiliki riwayat kesehatan yang baik sekalipun juga bisa mengalaminya. Hanya saja dampak yang akan anda terima tidaklah sama dan pastinya tidak begitu parah.

Shamban menjelaskan bahwa satu-satunya resiko yang pasti akan anda alami pada saat melakukan facial vampir adalah mendapatkan memar pada saat proses venipuncture.

Tapi dibalik ketidaknyamanan yang akan dirasakan pada saat proses penarikan darah dan memar dari suntikan atau microneedling, Zeichner mengatakan bahwa facial vampir sangat aman karena pada proses tersebut, darah dari tubuh anda sendiri yang didaur ulang.

Berapa Biaya Yang Harus Dikeluarkan?

Selain ungkapan yang mengatakan kalau “cantik itu mahal”, anda juga pasti pernah mendengar ungkapan yang lain, seperti misalnya “cantik itu mahal“, pernah kan?

Tak ada yang salah dengan ungkapan tersebut. Memang benar adanya bahwa untuk memiliki penampilan yang cantik, seseorang akan memerlukan sejumlah perawatan khusus untuk mendukungnya. Dan untuk bisa mengikuti treatment-treatment tersebur, mereka akan memerlukan sejumlah biaya atau uang sebagai imbalannya.

Kebanyakan layanan ini akan menghabiskan jumlah uang yang terbilang cukup besar, seperti salah satunya perawatan facial vampir yang telah kami sebutkan di atas tadi.

Biaya yang harus anda keluarkan untuk bisa mengikuti atau melakukan jenis perawatan ini biasanya berkisar sekitar $ 1.000, menurut Zeichner.

Selain itu, ada pula informasi yang mengatakan bahwa harganya akan bervariasi dan tergantung pada provider anda. Dia juga mencatat bahwa beberapa perawatan lanjutan mungkin akan diperlukan untuk mencapai hasil yang optimal dan perawatan tersebut paling tidak harus dilakukan sekali setiap bulannya.

Wah, pasti akan sangat besar biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa mendapatkan dan mengikuti perawatan jenis ini. Pantas saja yang mengikuti treatment ini pun adalah orang-orang terkenal atau selebritis dunia seperti Kardashian yang diketahui sangat kaya.

Tapi nggak menutup kemungkinan pula orang-orang biasa (yang tidak berasal dari dunia hiburan) bisa menikmatinya juga. Selagi anda punya kondisi kesehatan yang memungkinkan dan jumlah kocek anda cukup, anda bisa kok mengikuti treatment ini. Gimana? Tertarik tidak untuk mencobanya? 

Untuk anda yang suka melakukan berbagai perawatan kecantikan, rasa-rasanya tidak akan lengkap rasanya sebelum mencoba treatment yang satu ini. Bagaimana? Mau coba? Kalau anda berani, silahkan saja untuk mecobanya dan bersiaplah untuk berdarah.