Beauty

Kesal Karena Make up Mudah Luntur? Yuk, Cobain Teknik Jamsu Ala Korea Ini

Siapa sih wanita yang nggak mau terlihat cantik? Tidak ada kan? Semua wanita pasti ingin dirinya tampak cantik bahkan lebih cantik dari wanita-wanita lainnya. Itulah sebabnya mengapa tidak jarang dari mereka yang mengambil jalan pintas untuk melakukan operasi plastik di luar negeri, salah satunya yang paling terkenal adalah Korea Selatan.

Korea Selatan memang sudah sangat terkenal sebagai negara yang memiliki berbagai teknik unik dalam mempercantik wajah. Bukan hanya dengan jalan operasi, tapi mereka juga memiliki trik-trik khusus yang cukup hebat dalam memoles wajah.

Meskipun beberapa diantaranya agak terlihat aneh dan tidak masuk akal, namun tetap saja masih banyak yang mencoba untuk mengaplikasikannya. Bukan hanya wanita di Korea, wanita-wanita di negara lain juga ikut melakukan atau menirukan cara yang sama.

Wanita mana coba yang nggak tergiur untuk melakukannya? Melihat wajah wanita-wanita Korea yang begitu putih, halus, lembut dan cantik, pasti akan membuat semua perempuan merasa sangat iri dan berusaha untuk mencari tahu rahasia kecantikan mereka. Betul nggak? Yang mersa dirinya perempuan pasti mengerti tentang hal ini. hehe

Teknik Mempercantik Wajah Ala Korea

Bagi perempuan yang ada di Korea Selatan, menjaga wajah untuk selalu terlihat cantik dan awet muda merupakan sebuah keharusan atau termasuk ke dalam hal yang sangat penting dalam hidup mereka. Mereka menganggap bahwa wajah adalah aset mereka yang sangat berharga. Jadi tidak usah heran jika melihat mereka semua terlihat ‘cakep-cakep’.

Melihat kecantikan mereka tersebut, banyak orang yang mulai bertanya-tanya bagaimana cara mereka bisa memiliki wajah cantik bak seorang bidadari seperti itu. Dan usut punya usut, ternyata bukan hanya dengan melakukan operasi saja, tapi mereka juga melakukan beberapa ritual kecantikan yang unik. Nah, pasti anda mulai penasarankan? Ayo coba tebak, teknik semacam apakah yang mereka gunakan?

Salah satu ritual kecantikan ala Korea yang terkenal tersebut adalah dengan “menampar-nampar wajah mereka sebanyak puluhan kali sebelum tidur”. Teknik aneh seperti ini bukan hanya digunakan oleh para wanita muda saja, tapi juga oleh wanita yang “sudah tidak muda lagi”. Tujuan dari cara ini adalah untuk memperlancar aliran atau peredaran darah di sekitar daerah wajah.

Setelah selesai menampar – nampar wajah sendiri, biasanya kulit akan berubah menjadi merah atau bahkan sangat merah. Akan tetapi, konon katanya dengan melakukan hal tersebut akan membuat kulit menjadi lebih terlihat kencang dan muda. Teknik ini adalah yang paling populer di Korea. Anda yang mungkin adalah penggemar fanatik K-Pop pasti sudah pernah dengar bukan mengenai teknik ini?

Percantik Diri Dengan Teknik Jamsu

Selain menggunakan teknik menampar – namparkan wajah sebelum tidur seperti yang dijelaskan di atas tadi, ada lagi nih trik untuk mempercantik diri terbaru ala-ala Korea, yang bisa anda coba lakukan di rumah. Tidak usah khawatir karena kali ini caranya tidak se-ekstrim yang di atas kok. Anda tidak perlu menyakiti wajah anda dengan cara menamparnya, karena cara ini terbilang cukup mudah dan tidak akan menyakitkan. Hanya saja anda harus tahan dengan air yang dingin.

Tren kecantikan yang dimaksud adalah dengan cara mencelupkan wajah ke dalam baskom yang berisi air dingin, yang bertujuan supaya riasan yang anda gunakan menjadi lebih tahan lama.

Menggunakan make up merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kaum wanita. Ketika akan bepergian, umumnya mereka akan menggunakan make up agar terlihat lebih cantik dan percaya diri. Namun sayangnya, sering sekali make up yang digunakan tersebut tidak tahan untuk waktu yang lama. Beberapa akan luntur atau hilang hanya dalam hitungan jam saja.

Hal seperti inilah yang kerap membuat perempuan-perempuan khususnya di Indonesia yang beriklim tropis diserang rasa kesal dan galau, karena harus menjaga agar make up tersebut tidak luntur. Beberapa bahkan terpaksa harus membawa make up nya kemana-mana untuk berjaga-jaga. Wah, kalau sudah begini pasti bakalan repot, bukan?

Tapi sekarang anda tidak perlu menggunakan cara-cara konvensional seperti itu lagi, karena hanya dengan menggunakan trend atau teknik terbaru ini, make up yang anda gunakan akan menjadi lebih tahan lama dari yang sebelumnya. Pengen tahu kan? Pengen tahu atau pengen tahu banget nih? Hayooo..

Trend make up yang dimaksud tersebut dikenal dengan sebutan Jamsu. Terdengar asing memang, tapi kalau anda memang ingin kulit wajah anda terlihat cerah lebih lama dan akan terlihat ‘matte’ dengan sempurna. Teknik yang satu ini sepertinya tidak boleh tidak anda coba.

Jamsu yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “menyelam” ini dipercaya dapat menggantikan fungsi dari setting spray, untuk mempertahankan make up agar tetap sempurna di berbagai acara. Setting spray sendiri sebenarnya sama seperti hair spray, yang biasa digunakan sebagai ‘top coat’ untuk riasan wajah. Produk ini biasanya diaplikasikan dengan cara disemprotkan pada wajah yang sudah dipolesi dengan makeup.

Untuk melakukan teknik Jamsu, anda tidak membutuhkan banyak persiapan. Asalkan anda punya baskom dan air dingin, Jamsu bisa anda lakukan. Jadi nggak usah repot-repot ke salon lagi deh.

Pengaplikasian Teknik Jamsu

Selain baskom dan air dingin, anda juga memerlukab beberapa alat make-up tentunya. Anda juga harus menyiapkan beberapa barang lain seperti bedak bayi atau loose powder. Nah, untuk cara pemakaiannya, anda bisa melihat atau membacanya di bawah ini:

  • Pertama-tama, setelah anda menyediakan baskom, air dingin, bedak bayi dan make up yang akan anda pakai, anda harus memastikan bahwa wajah anda sudah dalam keadaan bersih dan segar. Anda bisa menggunakan tonic atau semavamnya untuk membersihkan wajah. Jangan begitu bangun tidur dan belum cuci muka, anda langsung melakukan teknik ini. Ingat, bersihkan dulu wajah anda terlebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal.
  • Kemudian, pakaikan foundation atau concealer ke seluruh permukaan wajah dan leher anda. Pastikan semua bagian terkena secara merata.
  • Setelah itu, lapisi wajah anda dengan bedak bayi atau loose powder yang sudah anda siapkan tadi. Sama halnya saat mengoleskan concealer atau foundation, saat melapisi wajah dengan bedak bayi ini anda juga harus melakukannya secara merata pada seluruh bagian wajah.
  • Selanjutnya adalah langkah yang paling pentingnya, yaitu merendamkan wajah ke dalam baskom yang sudah diisi dengan air dingin. Lakukanlah selama beberapa menit.
  • Setelah selesai, usapkan wajah anda dengan tisu atau handuk secara perlahan-lahan. Anda tidak perlu mengusapnya dengan sekuat tenaga, karena hal itu akan membuat riasan awalnya tidak maksimal. Mengerti kan?
  • Kemudian, barulah anda bisa kembali menggunakan make up yang anda inginkan, mulai dari kembali memolesnya dengan bedak, menggunakan alis mata dan eyeliner, blush on, lipstik dan sebagainya.

Setelah selesai, anda bisa melihat perbedaannya kan? Hasil make up akan sangat berbeda dari yang biasa anda gunakan. Yang pasti kali ini lebih bagus dan tahan lama. Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi deh make up anda akan luntur. Asyik kan?

Aturan Perendaman Wajah Pada Air Dingin

Eits, tunggu sebentar guys. Saat akan merendam wajah anda ke dalam air dingin, ada satu hal penting yang perlu anda perhatikan, yaitu mengenali jenis kulit wajah anda terlebih dulu, karena lamanya merendam wajah ke air dingin tersebut bergantung dari jenis wajah pada tiap-tiap orang. Ada yang memiliki kulit wajah yang normal, kering dan ada juga yang berminyak.

Untuk kulit wajah yang normal dan kering, anda hanya memerlukan waktu kurang lebih selama lima belas detik saja. Sedangkan untuk wajah yang berminyak, waktu yang dibutuhkan lebih lama, yaitu sekitar kurang lebih tiga puluh detik alias dua kali lipatnya. Tapi sebenarnya 15-30 menit yang dijelaskan tadi tidak bisa dijadikan sebagai patokan mutlak, karena semakin lama anda mencelupkan wajah ke dalam air, maka akan semakin matte pula wajah anda.

Kelebihan dan Kekurangan

Penggunaan teknik ini memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Kelebihannya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya adalah membuat make up menjadi lebih terasa ringan di wajah dan juga tahan lama. Namun, kelemahan dari penggunaannya adalah terlalu ribet, karena step demi step harus dilakukan dengan benar.

Untuk mereka yang mungkin terlalu sibuk dengan pekerjaan dan aktivitasnya, kemungkinan tidak akan punya waktu untuk melakukan teknik ini. Jelas saja begitu, karena waktu pengerjaannya lebih lama dari cara make up yang biasanya.

Tips ini sebenarnya akan sangat efektif digunakan untuk mereka yang memiliki masalah dengan kulit berminyak. Tapi untuk anda yang memiliki kulit normal dan bahkan kering tetap boleh mencobanya kok. Kalaupun anda mungkin tidak punya baskom, anda bisa juga memasukkan air dingin ke dalam botol spray, kemudian menyemprotkan wajah anda hingga cukup basah dan tepuk-tepuk dengan handuk dengan lembut untuk mengeringkannya.

Wah, cukup menarik ya guys. Gimana? Sama sekali tidak tertarik untuk mencobanya? Cara ini lagi nge-hits lho, guys. Nyesel deh kalau sampai nggak mau coba.

Selain untuk membuat make up menjadi lebih tahan lama, teknik ini juga mampu menyamarkan pori-pori wajah. Bayangin deh, hanya dengan bermodalkan baskom dan air dingin saja, anda sudah bisa mendapatkan hasil make up yang maksimal. Kurang mudah apa lagi coba? Itupun anda masih berpikir 2 kali untuk mencobanya? Tunggu apa lagi coba? Yuk cobain teknik make up ala Korea yang satu ini.

About the author

Miya Suzuka