Blog Knowledge

Beberapa Bukti Bahwa Bintang Kejora Ternyata Adalah Sebuah Planet

“Ku pandang langit penuh bintang bertaburan, berkelap-kelip seumpama intan berlian, tampak sebuah lebih terang cahayanya, itulah bintangku, Bintang Kejora, yang indah slalu”.

Waktu kecil, lagu ini sangat sering kita dengarkan dan kita nyanyikan, meskipun dulu kita belum tahu apa makna dari lagu ini sebenarnya. Yah, namanya juga anak-anak. Tahunya hanya meniru apa yang di dengar dan dilihat saja. Bener nggak? Yang setuju angkat tangan dong! 🙂

“Bintang Kejora”. Apakah bintang ini benar-benar ada? Ataukah hanya sebuah imajinasi belaka, yang sengaja diciptakan si pembuat lagu? Pertanyaan ini mungkin sempat muncul dalam benak anda ketika anda mulai beranjak dewasa, dan sudah memiliki pemikiran yang lebih kritis terhadap suatu hal. Nah, pertanyaannya adalah apakah anda sudah menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut? Kalau belum, artikel ini akan memberitahukan anda jawabannya.

Pada malam hari, cobalah keluar rumah, dan pandanglah langit. Kira-kira, apa yang akan kamu lihat? Sebagian besar akan menjawab Bulan atau “Bintang”. Bintang sering diartikan masyarakat sebagai benda langit kecil, yang bersinar dan berkelap-kelip. Tapi tahukah anda, bahwa tidak semua benda langit yang bersinar tersebut adalah bintang, karena di dalam susunan tata surya, terdapat benda-benda langit lainnya yang juga bisa bersinar.

Pengertian Bintang Dalam Susunan Tata Surya

Tata surya adalah kumpulan benda langi,t yang terdiri dari sebuah bintang yang disebut Matahari, dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit lainnya seperti: meteor, asteroid, komet.

Di dalam sistem tata surya, “Bintang” adalah sebuah istilah yang diberikan kepada matahari. Kenapa matahari? Karena definisi bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan sinar atau cahayanya sendiri. Dan satu-satunya benda langit yang memiliki sumber cahaya sendiri adalah matahari. Jadi, apakah yang dimaksud dengan bintang kejora tersebut adalah matahari? Jawabannya “TIDAK”.

Banyak orang menyalahartikan tentang nama dari bintang kejora ini. Bintang kejora yang memiliki nama depan “Bintang”, sebenarnya bukanlah sebuah bintang seperti yang diceritakan oleh manusia zaman dahulu. Pada zaman dulu, manusia belum memiliki pengetahuan untuk membedakan mana bintang, dan benda langit lainnya, sehingga mereka menganggap semua yang bersinar di langit sebagai bintang.

Bintang Kejora

Istilah Bintang Kejora sudah dikenal lama sekali oleh masyarakat di dunia. Namun kapan waktu tepatnya, belum ada yang bisa memastikan. Ada yang mengatakan bahwa, istilah bintang kejora ini berkembang ketika nenek moyang mengarungi Samudera Indonesia.

Cerita tentang bintang kejora memiliki banyak versi cerita yang berbeda-beda di setiap daerah. Sebutannya juga tidak sama. Tapi yang selalu sama pada setiap versi cerita adalah benda langit tersebut disebut bintang dan menjadi pertanda saat matahari terbit atau terbenam.

Penamaan Bintang kejora ini dijadikan sebagai sebuah impian dan mimpi seseorang. Dia juga menjadi sebuah gambaran harapan untuk anak-anak pada umumnya. Anak-anak tersebut diharapkan memiliki masa depan atau kehidupan seperti bintang kejora, yang bersinar paling terang diantara bintang-bintang lainnya.

Ya, seperti yang diketahui, kata “Bintang” memang memiliki pengertian positif, yang menggambarkan seseorang yang lebih baik diantara yang lainnya, contoh: Bintang Kelas, Bintang Sinetron, bahkan hotel menggunakan kata “Bintang” sebagai ukuran kemewahan dan kelebihan dari hotel-hotel tersebut.

Kejora Bukanlah sebuah Bintang

Bintang kejora yang selama ini dijuluki sebagai bintang yang bersinar paling terang ternyata adalah sebuah Planet. Planet ini merupakan salah satu planet dalam susunan tata surya, yang bergerak mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya. Tahu planet apa yang dimaksud tersebut?

Planet tersebut adalah planet “Venus”. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama planet ini. Di dalam susunan tata surya, Venus adalah planet kedua yang paling dekat dengan matahari setelah Merkurius. Sinar atau cahaya Venus yang tampak dari Bumi, bukan berasal dari planet itu sendiri, karena planet bukanlah penghasil cahaya. Cahaya atau Sinar Venus tersebut merupakan pantulan cahaya dari matahari.

Fakta Tentang Planet Venus

  • Planet kedua di dalam susunan tata surya ini memiliki radius 6.052 km dan bergerak mengelilingi matahari dalam waktu 225 hari. Atmosfer Venus mengandung 97% karbondioksida (CO2) dan 3% nitrogen, sehingga hampir tidak mungkin terdapat kehidupan di sana. Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. Selain itu, jangka waktu rotasi Venus juga lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi matahari.
  • Karena atmosfir Venus sangat kaya dengan CO2 dan juga terkenal karena ketebalannya, maka tak heran kalau planet ini dinobatkan sebagai ratunya planet pemanasan global di tata surya. Planet ini juga dijuluki sebagai planet putih.
  • Suhu permukaan planet ini adalah >460°C ( >860°F), padahal planet yang paling dekat dengan Matahari yaitu Merkurius yang mendapat energi/panas matahari 4 kali dari planet Venus, suhunya pada siang hari (sisi yang menghadap matahari) panasnya hanya kira-kira 420°C (790°F).

Proses Terlihatnya Venus Sebagai Bintang

Alasan mengapa masyarakat menganggap bahwa Venus sebagai bintang adalah karena planet ini terlihat bersinar, tapi tidak berkelap-kelip seperti layaknya sebuah Bintang. Cahayanya yang terlihat sangat terang disebabkan karena Venus memiliki jarak yang sangat dekat dengan matahari dan Bumi.

Berbeda dengan bintang yang sesungguhnya, Jarak bintang dengan bumi rata-rata adalah diatas satu tahun cahaya. Inilah yang menyebabkan cahaya yang sampai di bumi terganggu oleh redudansi di atmosfir. Atmosfir bumi tersebut tidaklah diam. Atmosfir bergerak seperti air di samudra, sehingga cahaya dari luar terlihat tidak stabil. dan an jika jaraknya sangat jauh akan terlihat berkedip. Jarak venus yang dekat dengan bumi membuatnya terlihat lebih stabil dibandingkan dengan bintang.

Yang terlihat dari bumi adalah bentuk venus secara keseluruhan, berbeda halnya dengan bintang. Seandainya bintang tidak bercahaya dan hanya mendapat pantulan dari cahaya yang ada di sekitanya, maka ia tidak akan terlihat dari bumi. Cahaya bintang dapat terlihat dari bumi karena cahaya bintang sangatlah terang. Dan yang terlihat dari bumi adalah bias dari pelebaran cahaya tersebut.

Fakta tentang planet Venus yang sering berpindah diantara benda langit lainnya

Bntang kejora yang merupakan sebuah planet, memiliki gerak mengelilingi matahari, sehingga posisinya di langit terlihat berubah-ubah diantara benda langit lainnya.

Kadang-kadang, bintang kejora ini bisa tampak atau terlihat di sebelah barat, ketika matahari terbenam dan terkadang terlihat di sebelah timur ketika matahari terbit. Hal ini disebabkan karena planet venus lebih dekat dengan matahari dibandingkan dengan planet bumi. Ketika terlihat pada saat terbit, venus ini disebut sebagai Bintang Timur atau Fajar. Sedangkan apabila dia tampak pada saat matahari terbenam, orang-orang menyebutnya Bintang Barat atau Senja.

Ini akan membuatnya lebih sering terlihat mengikuti matahari terbit maupun terbenam. Karena itulah planet akan terlihat bergerak diantara bintang-bintang lainnya. Jika suatu saat Anda melihat sebuah objek yang berpindah dalam beberapa jam, kemungkinan besar itu adalah sebuah planet.

Sebagai sebuah planet, Venus memang dijuluki sebagai salah satu planet yang paling indah di tata surya. Tidak hanya dijuluki sebahai Bintang Kejora, Venus juga memiliki fakta lain yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Beberapa sumber mengatakan bahwa Venus ternyata memiliki cincin seperti yang dimiliki oleh Saturnus. Yang membedakan keduanya adalah partikel yang membentuk cincin tersebut.

Pada planet saturnus, bentuk cincin yang terlihat terbentuk dari Es, karena suhu di planet ini sangat rendah atau dengin. Sedangkan pada Venus, bentuk cincin dibentuk dari gumpalan asap dan debu yang dihasilkan karena suhunya yang sangat panas.

Wah, menarik banget ya membahas planet Venus ini. Nah, Setelah membaca artikel ini, kini anda sudah tahu kan alasan kenapa Venus dianggap sebagai Bintang Kejora?