Business Technology

Tingkatkan Layanan Pelanggan, Pebisnis Gunakan Beragam Platform Chatbot

Chatbots tampaknya kini telah menjelma menjadi sebuah kegemaran baru di kalangan masyarakat. Hal ini mungkin dikarenakan semakin banyaknya merek-merek ternama yang bermunculan, yang berlomba-lomba untuk memajukan teknologi dan mengintegrasikannya ke dalam sistem obrolan besutan mereka.

Kalau dilihat dari struktur katanya, Chatbot ini berasal dari 2 kata, yaitu Chat atau Chatting dan Robot. Dengan kata lain benda atau teknologi ini pasti menggunakan robot untuk membantu atau mempermudah kita untuk melakukan obrolan.

Nama-nama besar seperti Facebook dan Telegram, telah mengambil langkah awal dalam membuat gerakan di arena ini dengan membuat platform chatbot dan bahkan telah menciptakan chatbot mereka sendiri.

Selama beberapa bulan terakhir, seseorang (NN) telah mencoba untuk mengimplementasikan chatbots ke perusahaan dimana Ia bekerja. Bagi kebanyakan orang atau perusahaan, pemasaran chatbot mungkin masih terdengar sangat rumit. Akan tetapi, sebenarnya tidak semerta-merta seperti itu. Lagian jumlah dari chatbot itu sendiri tidaklah banyak.

Tapi kabar baiknya adalah, meskipun banyak yang mengatakan kalau teknologi ini rumit, namun nyatanya teknologi tersebut benar-benar menguntungkan, karena bisa menghemat waktu kita.

Chatbot Yang Paling Sering Digunakan Untuk Keperluan Bisnis

Dengan berbagai kemajuan dan alat yang telah diciptakan untuk mempermudah proses saat ini, membuat chatbot tampaknya menjadi jawaban atau pilihan yang tepat dan digandrungi banyak orang.

Tapi dari semua bidang yang ada, penggunaan chatbot dalam dunia bisnis jauh lebih terasa pengaruh dan dampaknya. Pada artikel sebelumnya kami juga telah membahas hal itu. Jika anda merasa tertarik untuk mengetahuinya, anda tinggal mengklik link tersebut.

Jadi, jika anda ingin bisnis anda melompat jauh, atau dalam arti berkembang pesat, anda boleh memperhitungkan penggunaan chatbot ini. Dan ketika keputusan anda sudah bulat untuk mencobanya, berikut akan kami sebut dan jelaskan 10 platform teratas yang harus anda ketahui sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan chatbot.

1. ChattyPeople

Jenis yang pertama dikenal dengan nama Chattypeople. Ini merupakan sebuah platform terbaik untuk membuat chatbot AI di Facebook dengan perdagangan Facebook yang terintegrasi. Dengan Chattypeople, anda dapat membuat pesan Facebook dengan cepat dan mudah, serta tidak memerlukan coding.

Kesederhanaan platform tersebut membuatnya ideal untuk digunakan oleh pengusaha dan pemasar di perusahaan yang lebih kecil, sementara teknologinya membuatnya cocok untuk dinikmati oleh pelanggan perusahaan.

Kalau anda mau, anda juga bisa membuat bot sederhana untuk menjawab pertanyaan layanan pelanggan atau mengintegrasikannya dengan Shopify, untuk memonetisasi halaman penggemar Facebook anda.

ChattyPeople adalah tempat dimana f-commerce dan ai-commerce bersatu. Keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan dari pemakaian Chattypeople adalah, platform ini 100% gratis untuk memulai.

2. MEOKAY

Kita lanjut ke jenis yang kedua, yaitu MEOKAY, yang tidak lain juga adalah salah satu platform teratas untuk membuat bot Messenger percakapan.

Keuntungan penggunaan yang bisa anda dapatkan dari sini adalah sistem tersebut akan memudahkan anda, baik pengembang terampil maupun yang non-pengembang untuk ambil bagian dalam menciptakan serangkaian langkah yang mudah diikuti.

Dengan platform ini, hanya dalam hitungan beberapa menit saja, anda sudah bisa membuat skenario percakapan dan membangun dialog lanjutan untuk kelancaran percakapan. Gimana? Mudah sekali bukan?

Setelah anda selesai membuat skenarionya, anda hanya perlu menautkannya dan meluncurkan chatbot baru anda. Kalau bisa, buatlah percakapan dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudan untuk dimengerti oleh pelanggan anda agar mereka tidak lagi kebingungan untuk mengartikannya.

3. Smooch

Smooch adalah platform yang bertindak atau bekerja sebagai lebih dari satu konektor chatbot, yang menjembatani aplikasi bisnis anda (seperti: Slack dan ZenDesk) dengan aplikasi messenger harian anda (misalnya: Facebook Messenger, WeChat dan lain sebagainya).

Ini akan menghubungkan keduanya bersama-sama, dengan mengirimkan semua pemberitahuan obrolan Messenger anda langsung ke aplikasi bisnis anda, yang pada akhirnya menyederhanakan percakapan anda hanya pada satu aplikasi saja. Keren sekali kan?

Dengan begitu, ini dapat menghasilkan alur kerja otomatis dan komunikasi antar tim yang lebih lancar. Konektor yang sama ini juga memungkinkan anda membuat chatbots yang akan merespons obrolan pelanggan. Kalau anda suka hal-hal yang praktis, ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menjalankan bisnis anda.

4. Botsify

Selanjutnya adalah Botsify. Ini adalah platform Facebook chatbot lainnya, yang bisa membantu mempermudah mengintegrasikan chatbots ke dalam sistem. Namun, ini tidak bisa anda dapatkan secara gratis, karena Botsify merupakan platform berbayar.

Tapi meskipun begitu, langganan berbayar ini bisa sangat membantu anda dan juga bisnis yang sedang anda tangani hanya dengan melakukan 5 (lima) langkah mudah. Apa-apa sajakah itu? Langkah-langkah yang dimaksud tersebut, antara lain:

  1. Masuk ke situs botsify.com
  2. Hubungkan akun Facebook anda
  3. Siapkan webhook
  4. Tuliskan perintah untuk chatbot yang anda buat
  5. Biarkan Botisfy menangani layanan pelanggan untuk anda.

Jika layanan berbayar terlalu banyak, mereka akan menawarkan layanan gratis, yang memungkinkan anda untuk membuat banyak bot, seperti yang telah diimpikan oleh imajinasi brilian anda.

5. Beep Boop

Jika anda tengah mencari platform berbayar lainnya, Beep Boop mungkin menjadi pemberhentian berikutnya yang bisa anda jadikan sebagai alternatif atau pilihan. Ini adalah platform hosting yang dirancang untuk para pengembang yang ingin membuat aplikasi untuk Facebook Messenger dan Slack secara spesifik.

Pertama, atur kode anda dengan menggunakan Github, yaitu repositori kendali versi populer dan layanan hosting internet, lalu masukkan ke dalam platform Beep Boop untuk menautkannya dengan aplikasi Facebook Messenger atau Slack anda.

Kalau sudah selesai, maka Bot dapat berinteraksi dengan pelanggan dengan obrolan dan perpesanan real-time. Ini akan sangat membantu perusahaan atau bisnis anda untuk memberikan sejumlah informasi untuk para pelanggan anda.

6. Chatfuel

Apakah anda salah satu orang atau pengembang yang sedang membutuhkan chatbot facebook? Kalau memang benar, anda tidak perlu repot-repot mencari lagi, karena Chatfuel akan mempermudah anda membuat Facebook dan Telegram Chatbot anda sendiri, tanpa menggunakan pengalaman pengkodean apa pun yang diperlukan.

Teknologi ini bekerja dengan membiarkan penggunanya menautkan ke sumber eksternal melalui plugin. Dan akhirnya, platform diharapkan untuk bisa membuka dirinya sendiri ke plugin pihak ketiga, sehingga siapa pun dapat berkontribusi dengan plugin mereka sendiri dan mendapatkan manfaat dari mereka.

7. Platform Facebook Messenger

Apakah anda sudah memeriksa halaman resmi Facebook Messenger belakangan ini? Nah kalau sudah, sekarang anda dapat mulai membuat bot sendiri, langsung melalui halaman landing platform anda tersebut. Ini telah digunakan oleh hampir 1 milyar orang.

Namun, anda harus tahu kalau metode ini mungkin akan sedikit lebih rumit daripada beberapa cara sebelumnya yang telah kami bahas atau jelaskan di atas.

Tapi anda tak perlu khawatir karena ada banyak sumber daya yang disediakan Facebook Messenger untuk membantu anda mendaatkan kreasi baru yang anda butuhkan untuk merek atau produk yang anda gunakan.

Melalui panduan lengkap, studi kasus, forum untuk pengembang Facebook dan masih banyak lagi yang lainnya, anda pasti bisa menjadi pencipta chatbot yang profesional dalam waktu singkat.

8. Bot Telegram

Jenis bot kedelapan yang bisa anda perhitungkan untuk anda pilih dan gunakan adalah platform Bot Telegram. Ini akan membantu anda membangun bot langsung dari salah satu aplikasi olah pesan itu sendiri. Itu berarti, dengan membangun bot di Telegram, anda dapat dengan mudah menjalankan bot dalam aplikasi itu sendiri.

Perusahaan Telegram baru-baru ini membuka kode chatbot mereka, sehingga mudah bagi pihak ketiga untuk mengintegrasikan dan membuat bot mereka sendiri.

API Telegram mereka, yang juga mereka ciptakan diketahui dapat mengirim pemberitahuan, berita, pengingat, atau lansiran khusus. Anda bisa mengintegrasikan API (Application Programing Interface) dengan aplikasi populer lainnya seperti YouTube dan Github untuk mendapatkan pengalaman pelanggan yang unik.

9. BotKit

Toolkit bisa menjadi bagian integral yang dapat anda gunakan untuk memulai membangun chatbots, jadi dengan kata lain, anda bisa meng-insert (memasang) BotKit. Platform ini akan memberikan bantuan kepada pengembang yang membuat bot untuk Facebook Messenger, Slack, Twilio dan lain sebagainya.

Selain itu, BotKit ini juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi percakapan cerdas yang memetakan cara manusia nyata berbicara. Detail penting inilah yang membedakan platform tersebut dari beberapa rekan toolkit chatbot lainnya.

10. Api.ai

Api.ai adalah sebuah platform percakapan unik, yang memungkinkan anda untuk membangun interaksi bahasa alami, yang berpusat pada merek untuk semua aplikasi, bot, layanan dan juga perangkat anda.

Karena teknologi ini menawarkan integrasi dengan semua platform utama, seperti Facebook, Slack, Alexa,dan lain sebagainya, Api.ai menjadi sangat mudah digunakan oleh semua kalangan, termasuk para pengembang.

Ketika anda ingin membuat suatu percakapan yang bisa diandalkan dan unik dengan para pelanggan anda dan kemudian mengelola bisnis, kemudian mengubah tindakan, anda dapat melakukannya dengan mudah dengan bantuan Api.ai tersebut.

Membangun chatbots cerdas dan bot percakapan dengan Api.ai sangatlah menarik dan hanya dengan integrasi satu klik saja bisa membuatnya lebih mudah.

Selain menggunakan pengetahuan yang sudah dipelajari sebelumnya, platform ini juga menggunakan keterampilan pembelajaran mesin (Machine Learning) untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. Dan yang paling penting di sini adalah Api.ai tersebut gratis untuk pengembang.

Wah, untung banget nih kalau anda menggunakan Api.ai ini. Bukan hanya lebih terampil dan mudah untuk digunakan, tapi juga gratis, lho. Masih berpikir untuk memilih platform ini?

11. FlowXO

Platform bot terakhir yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis dan juga tak kalah populer dari yang lain adalah FlowXO. Ini adalah platform yang menciptakan bot untuk Messenger, Slack, SMS, Telegraph dan web.

Platform ini memungkinkan anda untuk menciptakan berbagai fleksibilitas dalam bot, dengan memberikan anda berbagai pilihan untuk membuat bot. Adapun pilihan tersebut adalah : Membuat bot otomatis sepenuhnya, manusia, atau hibrida (gabungan dari keduanya).

Seorang ahli ChatBot yang bernama Murray Newlands berkomentar bahwa “10 tahun yang lalu, setiap perusahaan membutuhkan situs web dan lima tahun yang lalu setiap perusahaan membutuhkan sebuah aplikasi, sekarang setiap perusahaan perlu menerima pesan dengan AI dan chatbots”.

Tahukah anda maksud dari perkataannya tersebut? Semakin ke depan, kebutuhan manusia terutama untuk pelaku bidang bisnis ataupun para pengembang, bahkan seluruh masyarakat dunia memerlukan sesuatu yang lebih dan lebih bisa mempermudah pekerjaan mereka.

Semakin hari permintaan akan sesuatu yang baru dan akan semakin banyak atau bertambah. Kalau hanya itu-itu saja, dunia tidak akan bisa beranjak dari zaman batu dan kita tidak akan bisa merasakan kemudahan dari berbagai teknologi yang ada seperti saat ini. Benar tidak?

Kesimpulan

Berkat adanya teknologi platform seperti ini, pengembangan chatbot bukan lagi hal yang sulit untuk dibangun. Bot ini memberi anda kekuatan untuk berkomunikasi dengan pelanggan anda dengan sesegera mungkin dan dengan cara-cara yang alami.

Sekarang, setelah anda mengetahui berbagai jenis platform di atas, kini anda dapat membawa bisnis anda ke garis depan hanya dengan menggunakan sistem yang sederhana, bukankah itu luar biasa?

Sebenarnya, selain kesepuluh yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi alat obrolan lain yang sama-sama bagus dan bermanfaat untuk berbagai tujuan, yang bisa anda sesuaikan dengan keperluan anda.

Beberapa diantaraya seperti : Cortana Intelligence oleh Microsoft, Rundexter, Deeplearning4J, Indico dan Init.ai. Tapi khusus untuk kali ini, kami hanya  membahas platform yang sering dipakai dalam dunia bisnis. Yah, mana tahu banyak dari anda yang merupakan para pengembang atau pebisnis, mungkin informasi ini bisa sangat berguna untuk anda.