Food

Kulit atau Daging Salmon, Bagian Manakah Yang Lebih Banyak Mengandung Nutrisi?

Apakah anda suka memakan makanan Jepang, seperti sushi atau sashimi misalnya? Ya, Pastinya sushi yang dimaksud di sini adalah sushi dengan potongan daging ikan yang mentah dan segar.

Kebanyakan sih orang membuat sushi atau sashimi dengan menggunakan ikan salmon sebagai bahan khasnya, meskipun tidak sedikit juga yang memilih untuk menggunakan dagin ikan tuna.

Semua tergantung pada jenis ikan yang mereka suka atau gemari. Tapi khusus untuk artikel ini, yang dibahas tidak ada kaitannya dengan tuna, melainkan berhubungan dengan ikan salmon.

Anda semua pernah dengarkan nama ikan ini? Pasti pernahlah ya kan? Ikan ini nggak kalah populer kok dari ikan arwana. Hanya penggunaannya saja yang berbeda.

Kalau ikan arwana kan biasa dijadikan sebagai hiasan di akuarium tuh, nah kalau salmon biasanya disantap sebagai olahan makanan yang lezat.

Cara untuk mengolah ikan salmon sangatlah bervariasi, bisa dimasak dan juga bisa dimakan dalam keadaan mentah. Yang menjadi pertanyaannya adalah, kenapa ya ikan salmon sangat jarang diolah bersama dengan kulitnya? Apakah memang kulit salmon tidak bisa dimakan? Pernah nggak anda berpikiran seperti itu? 

Mungkin masih banyak dari anda yang masih belum mengetahui alasannya, bukan? Tenang saja guys, anda berada di tempat yang benar nih sekarang. Kalau anda masih merasa penasaran dengan jawabannya, anda bisa mencari tahunya pada penjelasan di bawah ini.

Keuntungan Mengkonsumsi Kulit Salmon

Ikan Salmon merupakan jenis ikan yang mengandung banyak nutrisi yang sangat penting untuk tubuh kita, yang diantaranya adalah mengandung Omega-3 yang tinggi, kaya protein dan memiliki kandungan kolesterol yang rendah. Jadi jangan heran jika ikan ini sangat difavoritkan dan dikonsumsi oleh banyak orang.

Karen Ansel, R.D., seorang juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan bahwa selain tuna, salmon juga merupakan ikan terbaik untuk dimasukkan ke dalam menu makanan.

Salmon juga dikenal sebagai ikan yang mengandung banyak kalori. Untuk ekstra 16 kalori per porsi salmon, anda bisa mendapatkan lemak jantung sehat, kira-kira seperti kalsium yang terkandung di dalam segelas susu dan jumlahnya sama dengan vitamin D yang dibutuhkan setiap hari, yang hampir tidak bisa ditemukan pada makanan lain, termasuk tuna.

Kalau tadi berbicara mengenai manfaat dari daging salmon, kini saatnya anda mengetahu kekayaan yang terdapat di dalam kulit salmon yang sampai saat ini masih belum banyak diketahui.

Kekayaan Nutrisi Yang Terdapat Pada Kulit Ikan Salmon

Banyak orang yang mengetahui bahwa kandungan vitamin dan nutrisi dari ikan salmon hanya terdapat pada dagingnya saja. Sedangkan kulitnya sering kali diabaikan. Misalnya saja dalam pembuatan sushi atau sashimi, dimana yang diambil hanyalah daging salmonnya saja. Sementara kulitnya disisihkan.

Perlu anda ketahui bahwa kulit salmon aman untuk dikonsumsi. Tidak hanya aman, kulit salmon (bagian luar) juga memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan yang terkandung di dalamnya (daging), yang sering dimanfaatkan atau dijadikan sebagai makanan tambahan yang sangat baik untuk diet.

Tapi, meskipun mengandung nutrisi yang lebih banyak, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika memilih untuk memakan kulit ikan ini, seperti misalnya sumber dan kualitas dari ikan tersebut. Preferensi pribadi juga berperanpenting  saat menentukan apakah anda akan memakannya atau tidak.

Anda yang sedang melakukan program diet bisa menjadikan kulit salmon ini sebagai makanan tambahan yang lezat dan menyehatkan, karena mengandung lebih banyak protein dan asam lemak omega-3 yang sama, yang terdapat di dalam daging ikan.

Karena tubuh manusia tidak bisa membuat asam omega-3 nya sendiri. Jadi, orang-orang harus mendapatkannya dari sumber makanan yang lain, yang salah satunya bisa diapatkan dari kulit salmon. Salmon juga mengandung vitamin B dan D yang baik, serta mineral penting, seperti selenium.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan di Amerika Serikat bahakn merekomendasikan ini kepada orang-orang, terutama pada wanita berusia 16 sampai 49 tahun dan anak-anak yang berusia di atas 2 tahun, untuk memakan 2 sampai 3 porsi ikan berminyak, seperti salmon setiap minggu.

Manfaat Kulit Salmon Untuk Kesehatan

Tidak membuang kulitnya saat akan mengolahnya menjadi jenis makanan tertentu dapat memberikan beberapa nutrisi tambahan untuk tubuh.

Sebagian orang mungkin tidak begitu menyukai atau bahkan tidak pernah berpikir kalau kulit adalah makanan yang menggugah selera, tapi mereka yang telah mencoba untuk tidak membuang kulitnya menemukan bahwa resep favorit mereka juga bekerja dengan baik seperti biasanya (tidak mengurangi rasa lezat dari makanan itu sendiri).

Salmon biasanya hidup di lingkungan dengan suhu laut yang sangat dingin. Tidak heran jika kulit mereka bisa mengandung konsentrasi tinggi asam lemak omega-3, yang sebenarnya berfungsi untuk membantu menjaga ikan salmon agar tetap hangat di dalam laut.

Untuk manusia, asam lemak ini bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti:

Asam lemak omega-3 diyakini dapat membantu melindungi jantung dari faktor resiko penyakit jantung, seperti tekanan darah. Asam lemak ini juga bisa membantu melindungi otak dari degenerasi, membantu kulit tetap kenyal dan sehat, serta melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia.

Sebuah studi yang telah diposting di dalam jurnal Marine Drugs juga mencatat bahwa kulit salmon dapat membantu mengobati diabetes tipe 2. Kulit salmon ini tampak memiliki kemampuan antioksidan yang kuat pada saat dipakai untuk menguji subjek penelitian dan bahkan mungkin bisa membantu menyembuhkan luka yang disebabkan oleh diabetes.

Studi lain yang diposkan ke BMC Cancer juga mencatat bahwa asam lemak omega-3 tampak berperan baik dalam pencegahan kanker. Diet ketat dengan mengkonsumsi asam lemak tak jenuh ganda omega-3 juga dapat membantu melawan sel kanker.

Bukan itu saja, kulit salmon juga menambahkan protein yang lebih sehat ke dalam makanan, yang dapat membantu orang mencari alternatif daging merah.

Cara Tepat Memasak Kulit Salmon

Ketika anda ingin mengolah ikan salmon bersama dengan kulitnya menjadi sebuah sajian yang memiliki rasa yang lezat, anda harus tahu bahwa ada beberapa cara pengolahan yang tidak cocok dengan ikan jenis ini.

Saat ikan salmon diolah dengan cara direbus, diasapi ataupun dikukus, kulit ikan tersebut akan menjadi basah dan kenyal, yang membuat rasanya menjadi tidak enak untuk dimakan. Namun, ketika dipanggang, dibakar, ataupun digoreng, kulit ikan salmon akan menjadi lebih renyah dan berasa.

Sebagian orang suka memasak salmon tanpa harus membuang kulitnya. Hal tersebut dikarenakan memasak salmon dengan cara ini akan membantu menghentikan daging lembut ikan tersebut mengalami pengeringan. Kulit salmon yang renyah juga akan menambahkan tekstur yang berbeda di atas piring.

Saat anda hendak memasak salmon dan meletakkannya di atas panggangan, keberadaan kulit salmon bisa melindungi daging di bawahnya agar tidak terbakar.

Mengolahnya Menjadi Salmon Bacon

Salah satu cara yang paling sederhana untuk mengolah kulit salmon adalah dengan membuat “salmon bacon” atau “salmon rinds”, yang merupakan sajian potongan tipis kulit salmon yang digoreng dengan minyak.

Adapun cara mengolahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, pisahkan kulit dari ikan
  • Kemudian potong kulit tersebut menjadi potongan-potongan yang berukuran sekitar 1 inci dan keringkan dengan handuk kertas (Biasanya diperlukan beberapa saat untuk menghilangkan kelembaban dari kulit tersebu. Jadi bersabarlah).
  • Setelah sudah benar-benar kering, tambahkan minyak goreng ke wajan dan masukkan ke atas api sedang-tinggi
  • Ketika minyak sudah panas, masukkan potongan salmon kering tadi ke dalam panci
  • Selanjutnya putar atau balikkan potongan yang dibutuhkan agar tidak terbakar pada satu sisi saja
  • Saat sudah masak atau tampilan kulit tersebut sudah tampak kering atau renyah, lepaskan strip dari wajan dan tiriskan ke atas handuk kertas untuk menghilangkan kelebihan minyak
  • Kemudian tambahkan garam dan bumbu yang secukupnya
  • Terakhir, anda tinggal menyajikan makanan tersebut di atas piring dan siap untuk disantap

Bagaimana? Sangat mudah bukan mengolah kulit ikan salmon? Daripada dibuang, kan lebih baik dimanfaat atau diolah menjadi masakan lezat.

Resep sederhana ini bisa disesuaikan pada hampir semua makanan dan merupakan cara sederhana untuk menambahkan kulit salmon ke dalam menu makanan anda.

Resiko dan Efek Samping Mengkonsumsi Kulit Ikan

Ikan salmon tangkapan yang masih segar adalah pilihan yang tepat saat akan mengolah daging dan kulit ikan salmon, dengan maksug untuk menghindari ikan yang sudah terkontaminasi. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum anda menambahkan kulit salmon ke dalam menu makanan anda.

Penting untuk terlebih dahulu mengetahui dari mana salmon tersebut berasal sebelum akhirnya anda mengkonsumsi kulitnya. Salmon yang hidup di perairan kotor, tercemar, atau sudah terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya lainnya akan menyerap racun dari makanan dan air yang mereka minum atau makan.

Jika anda mengkonsumsi kulit dari ikan salmon yang seperti ini, racun yang sebelumnya masuk ke dalam daging dan kulit ikan tersebut bisa membuat anda berisiko terpapar polutan organik persisten (POPs), yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan.

Apa kata para peneliti tentang resiko ini?

Sebuah studi yang diposting pada PLoS One telah mengemukakan bahwa dengan mengkonsumsi salmon yang diternakkan dan POPs bisa dikaitkan dengan gangguan metabolisme seperti diabetes tipe 2 dan obesitas. Hasil ini didapatkan setelah mereka memberikan perlakukan khusus pada subjek tes.

Salmon juga dapat terkontaminasi oleh bahan kimia yang disebut polychlorinated biphenyls (PCBs) dan methylmercury serta  menyerap zat tersebut dari air yang terkontaminasi dan juga dari makanan yang dimakannya.

Semakin lama salmon terkena bahan kimia berbahaya ini, maka akan semakin banyak pula penyakit yang akan mereka bangun dari waktu ke waktu. Itulah sebabnya mengapa anda harus panda-pandai dalam memilih sumber salmon yang akan anda olah.

Dan karena resiko potensial seperti inilah, banyak orang lebih suka memakan salmon liar (yang hidup liar di laut). Namun, anda juga harus tetap memastikan bahwa salmon liar tersebut memang berasal dari daerah perairan yang bersih.

Interaksi Yang Terjadi Pada Orang Yang Mengkonsumsi Obat

Selain itu, sebelum mengolah dan menyantap kulit ikan ini, anda juga harus tahu bahwa mengkonsumsi terlalu banyak asam lemak omega-3 bisa berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti blood thinners (pengencer darah) atau obat antikoagulan.

Kalaupun hanya anda mengkonsumsinya sekali-sekali, namun anda perlu memeriksakan diri anda terlebih dahulu ke dokter, terutama sebelum memutuskan untuk mengkonsumsinya. Dokter akan memberitahu apa yang boleh dan tidak boleh anda makan. Mengkonsumsi kulit salmon juga akan menambah kalori yang lebih banyak daripada hanya memakan dagingnya saja.

Kesimpulan

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang banyak disukai oleh hampir seluruh masyarakat dunia. Selain karena memiliki rasa yang lezat, daging ikan yang lembut, ikan ini juga mengandung banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya ikan ini disajikan dalam keadaan mentah seperti pada sushi dan sashimi.

Selain daging, kulit ikan ini juga tak kalah lezat dan bahkan memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih banyak. Hanya saja, anda perlu memilih cara pengolahan yang tepat supaya rasa yang dihasilkan pun tidak membuat anda kecewa.

Adapun cara yang tepat untuk memasak kulit ikan salmon adalah dengan mengolahnya menjadi salmon bacon atau salmond rinds. Tapi sebelum mengolahnya, pastikan kalau ikan salmon yang anda gunakan masih dalam keadaan segar dan belum terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya (perhatikan darimana sumbernya).

Hal tersebut tidak boleh anda abaikan, karena jika yang anda konsumsi ternyata kulit dari ikan salmon yang hidup di air yang tercemar, bisa menimbulkan masalah kesehatan untuk anda.

Ingat, mengonsumsi ikan salmon dari sumber yang baik merupakan cara yang tepat untuk menambahkan asam lemak dan nutrisi yang bermanfaat ke dalam makanan anda.

Sekian informasi mengenai manfaat dan kekayaan yang terdapat pada kulit ikan salmon yang masih banyak belum diketahui oleh msyarakat. Semoga bermanfaat ya untuk anda sekalian. Selamat mencoba.

 

About the author

Miya Suzuka