Game

Wow, Permainan Catur Masa Depan Ini Dilakukan di Atas Layar LCD

Pernahkah anda bermain catur? Menurut anda, permainan jenis apakah catur itu? Banyak orang yang beranggapan bahwa catur merupakan permainan yang sangat membosankan, yang kebanyakan dimainkan oleh kaum pria yang sudah berumur. Setujukah anda dengan anggapan tersebut? Yah, jawabannya hanya dua. “Setuju dan Tidak Setuju”. Semua tergantung pada pemikiran anda.

Terlepas dari ketidakpawaian dalam memainkannya, anda mungkin belum memahami seberapa sulitnya permainan ini untuk dilakukan. Tidak hanya memerlukan kecerdasan dan keterampilan, tapi pemilihan strategi dan taktik dalam permainan ini sangat dibutuhkan untuk bisa menang.

Pengertian Permainan Catur

Catur adalah sebuah permainan asah otak, yang dimainkan oleh 2 orang pemain, yang dilakukan di atas sebuah papan catur. Media papan catur yang digunakan pada permainan ini pada umumnya berbentuk petak atau bujur sangkar. Papan tersebut terdiri dari 64 buah kotak berwarna hitam dan putih, yang disusun secara selang seling.

Satu pemain akan memegang buah putih, dan pemain lainnya akan memegang buah hitam, yang masing-masing berjumlah 16 buah. Keenambelas buah tersebut terdiri dari: satu raja, satu ratu, dua benteng, dua kuda, dua gajah, dan delapan bidak (pion). Tujuan permainan ini adalah meng- skak-mat raja lawan. Hal ini terjadi apabila posisi raja yang sedang diserang terancam dan tidak bisa lagi melarikan diri.

Berikut ini adalah cara pergerakan dari masing-masing buah dalam permainan catur:

1. Bidak (Pion)

Bidak atau pion merupakan buah catur yang biasanya ditempatkan pada baris depan, yang bertindak sebagai pengawal, yang bertugas untuk melindungi Raja dari serangan pasukan lawan. langkah dari pion dalam permainan ini adalah bergerak satu atau dua kotak dengan langkah ke depan. Hal ini berlaku untuk buah putih maupun buah hitam. Jika kedua pion tersebut saling berhadapan secara diagonal, pion bisa memakan buah pemain lawan dan mampu bergerak ke arah kiri atau kanan.

2. Raja (King)

Di dalam permainan catur, Raja merupakan posisi yang paling penting. Jika posisi Raja dalam permainan terancam oleh pemain lawan, maka selesailah permainan tersebut. Itulah sebabnya mengapa posisi Raja berada di bagian tengah belakang, bersama dengan Ratu. Raja hanya bisa bergerak satu langkah ke segala arah, baik itu arah ke depan, belakang, ke kiri, ke kanan maupun diagonal.

3. Ratu atau pada umunya disebut Menteri (Queen)

Posisi Ratu di permainan ini adalah berada di sebelah Raja. Berbeda dengan Raja, buah Ratu ini bisa bergerak ke arah yang “bebas”, bisa bergerak secara diagonal, baik satu petak maupun beberapa petak, asalkan tidak ada buah sendiri atau buah lawan yang menghalangi, dan juga bisa bergerak ke depan, ke belakang, ke kanan maupun ke kiri. Kebebasan tersebutlah yang membuat posisi Ratu termasuk yang paling penting dan paling ditakutkan.

4. Benteng (Rook)

Benteng ini biasanya ada 2 buah, yang masing-masing diletakkan secara terpisah di sebelah pinggir kiri dan kanan pada papan catur. Benteng bergerak secara vertikal dan horizontal atau bergerak kearah yang lurus, bisa satu langkah atau beberapa langkah ke depan, ke belakang ataupun ke samping. Namun tidak bisa bergerak secara diagonal.

5. Gajah (Bishop)

Bishop pada permainan catur, biasanya bergerak secara diagonal sebanyak satu petak atau lebih di sebuah papan catur. Akan tetapi hal tersebut hanya akan terjadi apabila tidak ada buah lain yang menghalanginya. Jumlah Bishop dalam permainan ini biasanya berjumlah 2 buah.

6. Kuda (Knight)

Kuda di dalam permainan catur, termasuk buah yang mempunyai langkah yang menarik, yaitu melangkah membentuk garis L, artinya Kuda ini bergerak maju dua petak lurus, kemudian satu petak ke kiri atau ke kanan. Kuda berbeda dengan buah catur yang lainnya, karena bisa “melangkahi” beberapa buah catur.

Sejarah atau Asal Usul Permainan Catur

Sejarah tentang awal mula munculnya permainan catur, sampai saat ini masih belum bisa dipastikan, karena adanya perbedaan pendapat mengenai hal tersebut. Kalau dilihat dari pendapat H. J. R. Murray, yang pernah menulis sebuah buku yang berjudul “History of Chess” pada tahun 1913, Permainan catur ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-6 dan berasal dari India. Awalnya catur dikenal dengan nama chaturanga, yang artinya empat unsur yang terpisah.

Sejak awal kemunculannya, buah catur memang hanya terdiri dari empat jenis saja. Menurut mistisisme India kuno, catur dianggap mewakili 4 unsur alam semesta, yang sering dihubungkan dengan 4 unsur kehidupan, yaitu api, udara, tanah dan air, sehingga dalam permainannya, catur ini menyimbolkan cara-cara hidup manusia.

Pendapat tersebut kemudian dibantah oleh Muhammad Ismail Sloan, yang merupakan orang yang banyak mempelajari sejarah catur. Menurut Sloan, jika catur ditemukan di India, seharusnya permainan itu diceritakan di dalam literatur-literatur Sanskrit. Namun nyatanya, tidak ada satu pun literatur Sanskrit di India yang menyebutkan soal asal usul permainan catur tersebut.

Sebaliknya, para pujangga Cina sudah menyebutkan permainan ini dalam syair-syair mereka 800 tahun sebelumnya. Jadi, menurut Ismail Sloan, di Cinalah catur pertama kali dimainkan. Tapi pada waktu itu bentuk arena caturnya tidak kotak-kotak, melainkan bulat-bulat. Buah caturnya juga hanya terdiri atas empat jenis, yaitu raja, benteng, ksatria (kuda), dan uskup (gajah).

Permainan Catur Online

Perkembangan teknologi online yang sedang marak-maraknya saat ini, telah membawa permainan catur menjadi sebuah permainan yang bisa dimainkan tidak hanya secara real, tapi juga bisa dilakukan secara online. Jadi bagi anda yang sangat menyukai permainan ini, saat sedang merasa jenuh dan tidak ada orang di sekeliling anda yang bisa di ajak bermain, anda bisa memainkan permainan ini secara online, tanpa harus pusing memikirkan media papan catur dan lawan, karena situs game online akan menyediakan semuanya untuk anda, dan anda hanya perlu bermain saja.

Gimana? Enak bukan? Tertarik untuk mencoba? Anda tinggal mengunjungi situs game online chess yang sudah banyak tersedia, dan bisa dengan mudah untuk anda kunjungi.

Catur Masa Depan

Oooppss, ada kelupaan ni guys, tahu tidak kalau sudah ada yang namanya permainan catur masa depan? Kalau anda disuruh membayangkan bagaimana kira-kira bentuk permainan catur masa depan ini, bayangan apa yang pertama kali muncul dalam pikiran anda? Anda bisa saja menerka-nerkanya. Tapi yang pasti, catur masa depan ini akan membuat anda ternganga saat melihatnya.

Kalau permainan catur konvensional biasanya dilakukan di atas sebuah papan catur, nah yang unik dari catur masa depan ini adalah terletak dari media papan yang digunakan. Tidak lagi menggunakan papan, melainkan menggunakan sebuah layar LCD yang sangat canggih. Buah-buah catur akan diletakkan di atas papan LCD tersebut, dan kedua pemain bisa memainkannya dengan leluasa. Tampilan permainan yang begitu modern menciptakan suasana yang berbeda saat melakukan permainan catur masa depan ini.

Berikut ini adalah sebuah video yang menunjukkan bagaimana bentuk permainan catur modern tersebut:

Canggih banget kan cuy permainan catur masa depan ini? Catur yang kini telah memasuki era cyberpunk, yang dilengkapi dengan fitur berteknologi tinggi ini, bersiap-siap untuk membuat anda terkagum-kagum.