Healthy

Cryotherapy, Pengobatan Moderen Ala Pesepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang beresiko. Dikatakan beresiko karena setiap pemain bisa cedera kapan saja selama proses pertandingan berlangsung. Cedera yang biasanya  paling banyak terjadi adalah cedera pada bagian kaki. Yah, namanya juga sepak bola, organ tubuh yang paling banyak di press pastinya adalah bagian otot kaki, kecuali untuk posisi kiper, karena kiper menggunakan tangannya untuk menghalau bola masuk ke gawang.

Ketika sedang bermain di lapangan, banyak hal yang bisa menjadi faktor mengapa pemain bisa mengalami cedera, baik karena unsur kesengajaan atau ketidak sengajaan dari pemain lawan, maupun karena kesalahan pemain itu sendiri. Cedera yang secara umum terjadi adalah cedera yang berkaitan dengan otot yang keseleo atau tertarik, memar dan juga robeknya tendon atau ligamen. Biasanya, cedera terjadi pada bagian bawah tubuh (bagian perut sampai kaki) dan bagian sendilah yang paling banyak mengalami cedera pada lutut dan pergelangan kaki.

Ada 2 jenis cedera yang sering terjadi pada para pemain sepak bola saat sedang bermain atau melakukan pertandingan, yaitu:

cedera otot dan cedera persendian. cedera otot adalah cedera yang dihasilkan dari pergerakan pemain pada saat berlari ataupun saat melakukan kontak fisik dengan pemain lain. Sedangkan cedera pada persendian dihasilkan dari akumulasi pergerakan maupun kontak pada sendi yang spesifik. Biasanya, cedera terjadi karena beban yang diterima lebih besar daripada kemampuan sendi tersebut.

Baru – baru ini telah ditemukan sebuah cara pengobatan moderen untuk mengatasi cedera yang kerap dialami oleh para pemain sepak bola saat bertanding di lapangan hijau. Nama pengobatan tersebut adalah Kriotherapy atau Cryotherapy. Sudah pernahkah anda mendengar istilah pengobatan ini sebelumnya? Untuk anda yang masih belum pernah mendengar apalagi mengetahui cara pengobatan ini, anda tidak perlu berkecil hati, karena artikel ini akan menjelaskan dan memberitahukannya pada anda, khususnya untuk anda para pemain dan pecinta sepak bola.

Pengertian Kriotherapy atau Cryotherapy

Kriotherapy atau Cryotherapy adalah cara pengobatan yang dilakukan dengan penggunaan atau pemanfaatan suhu rendah dalam terapi medis atau pemindahan panas dari bagian tubuh. Cryotherapy digunakan untuk mengobati berbagai kerusakan jaringan yang jinak dan ganas, yang secara medis disebut dengan lesi. Istilah “cryotherapy” berasal dari bahasa Yunani, yaitu: cryo (κρύο) yang berarti dingin dan terapi (θεραπεία) yang berarti penyembuhan. Cryotherapy ini sebenarnya telah digunakan sejak abad ketujuh belas.

Tujuan dari pengobatan Kriotherapy atau Cryotherapy ini adalah untuk mengurangi pertumbuhan sel dan reproduksi sel (metabolisme seluler) yang terjadi, meningkatkan kelangsungan hidup sel, mengurangi peradangan, mengurangi rasa sakit dan kejang, meningkatkan penyempitan pembuluh darah (vasokonstriksi), dan bila menggunakan suhu yang lebih ekstrim, dapat menghancurkan sel dengan mengkristalkan sitosol, yang merupakan cairan yang ditemukan di dalam sel dan juga dikenal sebagai cairan intraselular (ICF). Penggunaan istilah ini paling menonjol atau lebih mengacu pada perawatan bedah, yang secara khusus dikenal dengan cryosurgery. Terapi lain yang menggunakan istilah ini adalah whole body cryotherapy dan terapi ice pack.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Family Medicine edisi September 2000, menunjukkan bahwa kombinasi atara tekanan dan suhu dingin, yang diterapkan secara lokal melalui sebuah ikat kepala, ternyata berhasil mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan sakit kepala dan juga mengurangi lamanya sakit kepala tersebut. Delapan puluh tujuh persen peserta dalam studi tersebut mengatakan bahwa kombinasi tekanan dan terapi suhu cukup efektif digunakan untuk pengobatan.

Pengobatan dengan cara Cryotherapy atau Whole Body Cryotherapy (WBC) pertama kali digunakan di Jepang pada tahun 1978, dimana tubuh akan terkena suhu ultra yang rendah, yaitu berkisar antara -200 ° F dan -256 ° F sebagai alternatif penggunaan es bungkusan dan mandi dengan menggunakan es. Cryotherapy dirancang untuk melengkapi program – program kesehatan dan kebugaran, tanpa melakukan pengobatan medis seperti yang dilakukan pada penyakit maupun gangguan medis yang biasanya.

Menurut infomasi yang dikumpulkan dari para pasien atau Klien yang telah menjalani Cryotherapy ini khususnya untuk Whole Body Cryotherapi, mereka mengatakan bahwa mereka mendapatkan banyak sekali manfaat saat melakukan terapi ini, termasuk “merasa diremajakan”, “perasaan kembali berjiwa” “peningkatan kinerja atletik” dan “memiliki lebih banyak energi “

Kriotherapy atau Cryotherapy Dalam Sepak Bola

Sekarang ini, permainan sepak bola modern dimainkan pada tingkat intensitas yang belum pernah terjadi sebelumnya dan telah menemukan keseimbangan antara latihan dan pertandingan. Hal ini telah menjadi area potensial bagi para tim medis yang berusaha untuk menghindari efek kumulatif kelelahan dan penurunan kinerja para pemain sepak bola.

Pemulihan dan rehabilitasi para pemain tidak pernah diawasi sedemikian ketat sebelumnya dan tidak ada penyelidikan solusi yang dapat memberikan dampak positif terhadap hal tersebut. Karena itu, kini semakin banyak klub sepak bola yang mengadopsi Cryotherapy khususnya Whole Body Cryotherapy (WBC) sebagai bagian dari pengobatan atau pemulihan mereka.

Whole Body Cryotherapy (WBC)

Whole Body Cryotherapy adalah salah satu jenis terapi atau pengobatan dengan suhu yang sangat dingin. Para pemain ditempatkan di unit yang dirancang khusus dan terkena udara yang didinginkan sampai suhu serendah -150 ° C bahkan bisa lebih rendah lagi selama periode hingga 3 – 4 menit.Udara didalamnya didinginkan oleh nitrogen cair. Asal – usul dari Whole Body Cryotherapy dapat ditelusuqri ke tahun 1989 di Jepang dimana Profesor Yamauchi menggunakan sebuah ruangan khusus ini untuk mengobati efek rematik pada pasiennya.

Pengobatan atau terapi ini akhirnya semakin diperluas sampai ke kondisi peradangan lainnya dan telah diadopsi sebagai bagian dari perawatan medis nasional di Polandia dan Ukraina. Dan tahukah anda bahwa saat ini Whole Body Cryotherapy juga sudah banyak digunakan oleh tim olahraga khususnya sepak bola? Ya, terapi ini digunakan oleh tim olahraga elit pelatihan Polandia dan kemudian diadopsi oleh tim rugby Welsh yang membawa perawatan tersebut menjadi sorotan masyarakat.

Kini krioterapi digunakan secara luas di seluruh klub sepak bola di Liga Primer Inggris, seperti: Leicester City FC, Watford FC, Manchester City FC, AFC Sunderland, Tottenham Hotspur FC, Arsenal FC, Stoke City FC, Everton FC, Newcastle United FC, Norwich City FC, tim Kejuaraan Inggris, tim Bundesliga, tim Ligue 1 sebaik tim di Major League League AS.

Sangking seringnya para pemain sepak bola mengalami cedera dalam pertandingan, apalagi jika yang cedera adalah para pemain – pemain unggulan seperti Jonathan Woodgate dan , Ledley King pada masanya,wajar saja jika pihak spurs mencari solusi yang paling mukhtahir untuk membantu memastikan bahwa pemain-pemain kunci mereka tidak terlalu lama berada di rawat medis. Jalur Kriotherapy pun menjadi pilihan yang paling tepat untuk mereka.

Cara Penggunaan Whole Body Cryotherapy

Cara untuk menggunakan Whole Body Cryotherapy ini tidak lah sulit. Prosesnya cukup sederhana, yaitu dengan memakai atribut atau pakaian khusus untuk menutupi bagian tubuh tertentu. Para pemain Spurs pun di bawa ke sebuah ruangan kecil yang didalamnya memiliki suhu ekstrim yang sangat dingin selama 3 hingga 4 menit.

Renata Zeyer selaku kepala Krioterapi Champneys menjelaskan sedikit metode dalam penggunaan Whole Body Cryotherapy ini. Menurut beliau, akan lebih baik jika pasien yang cedera segera dibawa ke tempatnya untuk segera mendapatkan penanganan atau pengobatan. Seperti misalnya cedera lututyang dialami oleh para pemain sepak bola saat sedang bertanding. Jika segera dibawa dan mendapatkan penanganan atau pengobatan dengan terapi ini, maka cedera akan pulih lebih cepat.

Metode Cryotherapy ini memanfaatkan mekanisme keamanan dalam tubuh. Ketika pasien masuk ke ruang es Krioterapi, hawa dingin didalamnya akan merangsang reseptor di kulit, yang kemudian mengirimkan sinyal ke otak untuk mengarahkan sistem-sistem dalam tubuh yang lain untuk menghangatkan diri.

Ketika anda keluar, urat nadi akan terbuka 3-4 kali lebih besar dan peredaran darah lebih cepat, sehingga lebih banyak oksigen yang dibawa ke bagian tubuh yang cedera. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih bertenaga untuk berlatih. Akan tetapi, hal ini bergantung pada level kebugaran anda masing – masing individu.

Dr. Sam Erith selaku kepala ilmu olahraga di Spurs menekankan bahwa manfaat Krioterapi terletak pada akselerasi proses pemulihan pemain-pemain Spurs. Setelah melakukan terapi dingin ini, para pemain akan menjadi lebih cepat fit dan bisa kembali berlatih di lapangan hijau. Tidak hanya itu saja, para pemain yang direhabilitasi juga bisa dengan cepat kembali berlatih tiga kali sehari seperti yang biasa mereka lakukan.

Jermain Defoe telah menjalani terapi Krioterapi untuk mempercepat penyembuhan cedera ligamen ankle yang dideritanya. Ledley King dan Michael Dawson juga menggunakannya untuk menyembuhkan cedera mereka masing-masing. Selain mereka, salah satu pemain sepak bola terkenal dunia, Cristiano Ronaldo ternyata juga memiliki alat yang mampu mengembalikan kebugarannya usai melewati laga yang melelahkan. Dan alat tersebut adalah Cryotherapy, yang ditanam di rumah mewahnya di La Finca.

Setiap pekan, Cristiano Ronaldo rutin berendam selama tiga sampai empat menit di alat yang mampu menghasilkan suhu di bawah 200 derajat celcius itu. Proses yang juga dikenal dengan istilah cryotherapy ini berfungsi sebagai analgesik, anti depresan, anti inflamasi, regeneratif dan membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Mantan ikon Los Blancos, Raul Gonzales sebelumnya juga punya ruang khusus di rumahnya. Alat itu sengaja dipasang untuk meningkatkan performanya selama bertarung di lapangan. Trik seperti ini juga kerap digunakan olrh atlet papan atas lainnya.

Wah, keren sekali bukan alat pengembali kebugaran dan pengobatan cedera yang satu ini? Kalau begini caranya sih para pemain sepakbola dan atlet-atlet lainnya tidak perlu khawatir saat cedera dilapangan ketika berlatih maupun bertanding. Karena dengan menjalani terapi ini, mereka bisa pulih dengan sangat cepat. Benar nggak? Apakah anda tidak ingin mencoba Cryotherapy ini?