History

Sejarah AK-47, Senapan Serbu Rusia Paling Terkenal di Dunia

Pernah nggak dengar nama negara Uni Soviet? Kalau anda pernah mempelajari sejarah mengenai perang dunia, mungkin nama negara yang satu ini tidak lagi asing di telinga anda. Tapi jika waktu mengikuti pelajaran anda tidur atau tidak mendengarkan penjelasan dengan baik, ya wajar saja jika anda akan terasa aneh dan janggal dengan nama tersebut.

Kalau anda belum pernah mendengar nama negara Uni Soviet sebelumnya, mungkin nama Rusia lebih populer untuk anda. Nah, kedua negara ini adalah negara yang sama. Rusia dulunya adalah bernama Uni Soviet, yaitu sebuah negara adidaya eropa, yang dulu pernah berjaya di dunia dan menjadi salah satu negara adikuasa. Beberapa waktu setelah Perang Dunia II usai, Uni Soviet pun berubah nama menjadi Rusia.

Setelah berganti nama menjadi Rusia, negara ini justru semakin dikenal sebagai negara terbesar di dunia, dengan luas wilayah 2 kali lipat lebih luas dibandingkan dengan negara Amerika serikat dan Republik rakyat tiongkok atau RRT. Negara ini terletak disebelah timur negara-negara maju eropa, dan terletak di sebelah utara negara Asia.

Tahu nggak guys, kalau Rusia memiliki kekuatan militer yang paling ditakuti di dunia setelah kekuatan militer milik Amerika serikat?

Negara Rusia ini memduduki peringkat ke-2 sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia dari 106 negara, yang memiliki banyak ketersediaan senjata dan personel yang solid dan terlatih dengan dedikasi yang tinggi. Hebat banget kan guys negara ini? Tapi kehebatan Rusia tidak hanya sampai di situ saja lho. Ada banyak kehebatan lain yang dimiliki oleh negara ini. Terutama dalam hal persenjataan.

Jumlah personel militer yang ada di Rusia

Tentara Rusia secara keseluruhan memiliki personel aktif yang mencakup Angkatan darat, Angkatan laut dan Angkatan udara yang berjumlah sebanyak 2.037.000, memiliki tentara cadangan sebanyak 2.400.000 dan memiliki jumlah para militer yang mencakup polisi, militer, garda nasional dan yang lainnya yang berjumlah 1.359.1oo orang.

Banyaknya jumlah anggota militer terlatih Rusia ini, menjadi salah satu alat mematikan yang sangat ditakuti oleh seluruh dunia. Akan tetapi, anggota militer yang terbaik dan terlatih sekalipun juga memerlukan persenjataan yang lengkap dan canggih. Nah, untuk masalah yang satu ini, jangan coba-coba meragukan Rusia.

Rusia adalah negara yang sangat dikenal oleh masyarakat dunia sebagai negara dengan persenjataan terlengkap dan tercanggih. 11-12 lah sama Amerika Serikat. Bahkan Rusia jauh lebih unggul dibandingkan dengan Amerika Serikat. Itulah sebabnya mengapa banyak negara yang ingin bersekutu dengan Rusia, karena Rusia dirasa lebih memiliki kekuatan yang hebat dan menguntungkan.

Senapan Serbu Milik Rusia

Ada banyak jenis senjata hebat yang dimiliki oleh Rusia, dan salah satunya adalah Senapan Serbunya. Senapan Serbu adalah senjata api otomatis yang merupakan senapan laras panjang atau karabin, yang memiliki pilihan tembakan (selective-fire), dan menggunakan amunisi kaliber menengah.

Senapan serbu ini masuk dalam kategori senapan mesin ringan, yang berfungsi untuk menembak secara full-otomatis, sebagai senjata pendukung, dan submachine gun, senjata otomatis yang menggunakan peluru ukuran peluru pistol, dan digunakan sebagai senjata api jarak dekat. Senapan serbu sudah menjadi persenjataan standar untuk tentara modern, menggantikan senapan laras panjang era Perang Dunia II, seperti M1 Garand dan SKS.

Contoh senapan serbu adalah M16, keluarga Kalashnikov, dan FAMAS yang menggunakan desain bullpup. Contoh senapan lainnya yang lebih unik adalah LR 300 dan HK G36, dimana keduanya menggunakan teknologi polimer modern dan desain komputer.

Nah yang di bahas kali ini adalah mengenai salah satu jenis senapan serbu andalan negara Rusia, yaitu: Kalashnikov. Rusia memiliki banyak koleksi senapan serbu ini.

Sangking banyaknya, Rusia bahkan memiliki sebuah museum penyimpanan untuk menyimpan senapan-senapan serbu Kalashnikov tersebut. Museum unik ini bernama Museum Kalashnikov atau juga dikenal sebagai AK-47 museum. Museum ini dibuka pada tanggal 4 November 2004, di Izhevsk, yaitu sebuah kota yang berada di Pegunungan Ural di Rusia. Museum ini menarik sekitar 10.000 pengunjung setiap bulannya.

Museum Kalashnikov ini berfungsi sebagai monumen Rusia, yang bertujuan untuk mengenang sejarah senjata infanteri terkenal di dunia. Museum tersebut dengan bangga menampilkan atau menyajikan senjata dan sejarahnya serta menghidupkan kembali rasa percaya diri nasional pada bangsanya.

Nadezhda Vechtomova, yang merupakan direktur Museum Kalashnikov mengatakan bahwa, tujuan dari pendirian museum ini adalah, untuk menghormati kecerdikan, kontribusi dan kerja keras penemu dan karyawan lainnya, dalam menciptakan senjata hebat di dunia tersebut.

Museum senjata Rusia ini kerap melakukan pameran, mulai dari menampilkan senjata dan penggunaanya dalam beberapa dekade terakhir ini. Museum tersebut juga menceritakan sejarah kehidupan Jenderal Mikhail T.Kalashnikov, yaitu perancang senjata rahasia dalam uji coba pada tahun 1947.

Sejarah Penemuan Senapan Serbu Rusia

Penemu Senapan Serbu Rusia bernama Mikhail Kalashnikov. Ia dikenal sebagai pembuat atau penemu senjata AK-47. Beliau lahir 10 November 1919 di desa Kurya, Uni Soviet, dari keluarga petani miskin. Di usia 19 tahun, Kalashnikov ikut wajib militer dan bergabung dengan Resimen Tank ke-24, di Divisi Tank ke-12 dimana ia menamatkan sekolah mekanik tank dan menjadi montir-pengemudi tank dan mencapai pangkat sersan senior (komandan tank). Pada bulan Oktober 1941, dalam peperangan sengit di Bryansk, Kalashnikov terluka parah dan harus dirawat di rumah sakit.

Ketika di rumah sakit inilah ia memiliki ide untuk merancang sebuah senapan submesin. Kemampuan Kalashnikov sebagai perancang, ternyata mengundang perhatian. Ia sempat bekerja di Moscow Aviation Institute. Dan mulai tahun 1942, Kalashnikov beker,ja di Central Research Small Arms Range of the Main Ordnance Directorate of the Red Army.

Pada saat yang sama, tentara Uni Soviet tertarik dalam mengembangkan senapan serbu efektif yaitu M1943 . Senjata pertama yang dipresentasikan oleh Sudayev pada tahun 1944, namun dalam ujicobanya, ternyata senjata itu terlalu berat.

Selama beberapa tahun, Kalashnikov terus bekerja untuk menciptakan senapan rancangannya dengan memperbaiki dan mengkombinasikan berbagai elemen senjata otomatis dan senapan serbu, yang telah ada pada saat itu. Inovasinya yang pertama dihasilkannya pada saat itu adalah pemakaian peluru pendek 7,62×39 mm.

Usaha yang dilakukan oleh Kalashnikov tersebut akhirnya memanen hasil yang baik, dimana pada tahun 1947, terciptalah sebuah senapan serbu yan diberi nama AK-47 (singkatan dari Avtomat Kalashnikova model 1947). Pada tahun 1949 itu, AK-47 menjadi senapan standar tentara Merah Soviet.

Selama Perang Dingin, AK-47 dan generasi Kalashnikov berikutnya yaitu AKM, digunakan oleh tentara komunis di seluruh dunia. Soviet juga menyalurkan senjata ini ke kelompok-kelompok militan dan gerilyawan sayap kiri yang mendukung kepentingan Soviet.

Sampai kini, AK-47 menjadi senjata paling populer di dunia. Diperkirakan sekitar 100 juta AK-47 beredar di seluruh dunia. Namun, Kalashnikov mengaku tidak mendapat penghasilan uang dari penjualan tersebut. Penghasilan yang didapatnya hanya berasal dari uang pensiun.

Senapan serbu yang diciptakan oleh Kalashnikov ini lebih sederhana, mudah diproduksi secara massal, dan mudah digunakan bahkan oleh tentara yang kurang terlatih sekalipun, tanpa menghilangkan kemampuannya untuk mematikan.

Sifat-sifat ini membuat AK-47 menjadi senjata yang efektif dan andal bagi para militer di dalam peperangan. AK-47 ini pun menjadi simbol revolusi dan bahkan beberapa negara mencantumkan gambar AK-47 sebagai bagian dari lambang negara mereka.

Kalashnikov adalah orang yang paling berjasa bagi Rusia, karena berkat penemuannya tersebut, tentara Rusia menjadi sangat terbantu pada saat melakukan peperangan. Akan tetapi, tetap saja penemuan ini bersifat merugikan. Kenapa? Karena senapan serbu inilah yang telah berhasil menghilangkan banyak nyawa di dalam peperangan.

Wah, seram juga kan guys? apakah anda berniat untuk memiliki senapan serbu ini di rumah? Eits, jangan bermimpi ya untuk memilikinya, karena memiliki senjata bukanlah hal mudah yang bisa anda lakukan di negara Indonesia ini. Tapi kalau anda merasa penasaran dengan senjata ini, anda cukup mengunjungi museum Kalashnikov. Di sana anda bisa melihat banyak koleksi senapan serbu Rusia.