History

Sejarah Manneken Pis

Memiliki sebuah ikon merupakan hal yang wajar pada setiap negara di dunia. Seperti misalnya Indonesia dengan ikon Tugu Monasnya, Paris dengan Menara Eiffelnya dan Amerika dengan Patung Libertynya. Ikon – ikon inilah yang menjadi salah satu ciri khas negara dan daya tarik untuk para wisatawan. 

Ikon negara tidak hanya dimiliki oleh ketiga negara tersebut. Negara yang lainnya juga punya loh. Ikon – ikon negara tersebut tentu saja memiliki sejarahnya masing – masing.

Yah, sama seperti anda yang juga memiliki riwayat hidup, beberapa ikon negara juga memilik kisah tersendiri. Diantaranya ada kisah yang menyenangkan dan ada juga yang sebaliknya. Beberapa diantara kisah tersebut bahkan menjadi sangat populer di masyarakat dunia. Bisakah anda menyebutkan salah satu contohnya?

Patung Manneken Pis

Jika anda pernah berkunjung ke Brussels, anda mungkin tidak akan asing lagi dengan patung Manneken Pis di bawah ini.

Bentuk patung ini terbilang sangatlah unik dan mampu menarik perhatian para wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung dan sekedar berfoto dengan patung anak kecil yang sedang pipis ini. Setelah anda melihat gambar patung di atas, anda pasti merasa gemas, bukan?

Manneken Pis merupakan sebuah patung air mancur, yang memiliki bentuk yang sangat unik. Patung ini merupakan patung seorang anak kecil, yang telah menjadi sebuah ikon penting dari sebuah kota dan juga dijadikan sebagai patung seorang pahlawan di dalam beberapa kisah yang menakjubkan.

Patung ini pernah menerima penghargaan dari para penguasa dan raja, setelah beberapa kali mengalami peristiwa pencurian. Tapi untungnya hal tersebut berhasil diatasi. Patung ini memiliki banyak kekayaan dalam hal sejarah dan tradisi dunia. Jadi tidak heran jika Manneken Pis dijadikan sebagai sebuah ikon.

Namun yang menjadi masalahnya adalah cerita mengenai asal muasal kemunculan patung kecil tersebut yang ternyata diselimuti oleh sebuah misteri. Misteri seperti apakah yang menyelimuti kemunculan patung unik ini? Jawabannya akan anda dapatkan di dalam penjelasan berikut ini.

Kisah Tentang Kemunculan Patung Manneken Pis

Sebelumnya sudah disebutkan bahwasannya keberadaan Manneken Pis ini dibumbui  oleh beragam kisah. Tidak ada seorangpun yang bisa memastikan bahwa salah satunya adalah kisah yang paling benar. Itulah sebabnya mengapa patung anak kecil ini masih diselimuti oleh misteri yang masih belum bisa diungkap hingga saat ini.

Tapi untunglah ada kisah – kisah tersebut. Tahu kenapa? Karena berkat adanya berbagai kisah itu, setidaknya ada sedikit penjelasan yang bisa diberikan kepada masyarakat mengenai asal usul patung Manneken Pis ini. Yah, meskipun tidak semuanya memberikan informasi yang benar dan tepat.

Sebelum anda masuk dan terlarut ke dalam kisah – kisahnya, ada sedikit informasi mengenai dimana tepatnya letak dari patung Manneken Pis ini yang perlu anda ketahui. Mana tahu suatu hari nanti jika anda berkunjung ke Brussels, anda bisa datang ke tempat bersejarah ini untuk melihatnya secara langsung. Pasti seru deh. Percaya nggak?

Ikon kota Brussels ini ditemukan di sudut antara Rue de l’Étuv dan Rue du Chêne. Jangan tanyakan mengapa patung ini harus berada di sana, karena tidak ada penjelasan jelas mengenai hal itu. Hanya sedikit informasi saja yang diketahui mengenai patung Manneken Pis ini. Berikut adalah penjelasan mengenai sejarah singkatnya.

Jika diterjemahkan secara harfiah, Mannekin Pis memiliki arti “anak kecil yang sedang Pipis”. Sebelum julukan ini disematkan dan menjadi gelar patung misterius tersebut, mannekin pis juga dikenal sebagai Petit Julien, atau Julien kecil. Ada banyak sekali dongeng atau kisah yang menceritakan tentang asal usul kemunculan patung unik ini.

Beberapa diantaranya ada yang bisa dipercaya, sementara yang lainnya terdengar bersifat fantasi atau terlalu mengada – ada. Pasti anda sudah sangat penasarankan dengan kisah – kisah tersebut? Ooop, santai saja sob, segala sesuatu yang dilakukan dengan terburu – buru tidak akan memberikan hasil yang maksimal. hehe

  • Kisah Pertama

Kisah mengenai asal usul munculnya patung mannekin pis yang pertama kali muncul adalah berawal dari para penyamak kulit di Rue de l’Étuv pada Abad Pertengahan.

Pada zaman itu, para penyamak melarang anak – anak untuk membuang air kecil di pakaian kulit yang sedang mereka kenakan, karena amonia yang terkandung di dalam urin akan mengakibatkan pakaian mereka yang terbuat dari kulit tersebut menjadi rusak.

Tapi meskipun begitu, masih belum ada yang bisa memastikan apakah patung Manneken Pis ini memang sengaja dibuat dengan tujuan untuk menghormati para penyamak kulit di abad pertengahan tersebut atau tidak.

  • Kisah Kedua

Salah satu cerita yang juga cukup populer di masyarakat mengenai asal usul kemunculan patung unik ini, bercerita tentang bagaimana seorang anak kecil menyelamatkan kota Brussel. 

Di dalam kisah ini, diceritakan bahwa saat itu kota Brussel telah berhasil dikelilingi atau dikepung oleh musuh yang awalnya pura – pura menyerah dan mundur. Tapi kenyataannya, mereka telah menyembunyikan atau secara sengaja meletakkan bubuk mesiu di dalam kota. Kota tersebut pun akhirnya mengalami kekacauan.

Saat kejadian itu berlangsung, seorang anak laki – laki yang masih kecil bernama Julien melihat sekering yang terbakar dan dengan segera mengencinginya untuk memadamkan api tersebut. Untuk menghormati perbuatan dan keberaniannya itu, akhirnya kota ini membuatkan patung Julien yang sangat mirip dengan dirinya yang asli.

  • Kisah Ketiga

Cerita lainnya yang juga terkenal mengatakan, bahwa awal mula munculnya patung mannekin pis ini adalah disebabkan oleh seorang penyihir, yang murka dan mengutuk seorang anak laki – laki menjadi patung. Menurut cerita, Penyihir tersebut menangkap seorang anak laki – laki yang ketahuan sedang pipis di depan pintu rumahnya.

Karena marah, sang penyihir akhirnya mengutuk anak laki – laki tersebut. Adapun kutukan yang diberikan berbunyi bahwa anak laki – laki malang itu akan buang air kecil untuk selamanya. Untungnya, seorang pria yang melihat kejadian itu dengan cepat mengganti anak laki – laki tersebut dengan sebuah patung dan berhasil mengalihkan kutukan itu.

Selain kisah tersebut, adapula versi kisah lainnya, yang mengatakan bahwa sang penyihir ternyata berhasil mengutuk anak laki – laki yang malang tersebut. Tidak tanggung – tanggung, penyihir tidak hanya mengutuk anak itu buang air selamanya, tapi juga mengubahnya menjadi batu.

  • Kisah Keempat

Selain kisah – kisah di atas, ada sebuah kisah yang lebih dipercaya sebagai asal usul kemunculan patung mannekin pis di Brussel. Cerita ini mengisahkan Manneken Pis sebagai seorang anak laki – laki yang hilang saat menghadiri sebuah pesta di kota bersama kedua orang tuanya.

Saat mengetahui anaknya menghilang, orang tua dari anak tersebut mendadak menjadi sangat panik dan berusaha untuk terus mencarinya hingga berhari – hari lamanya, sampai akhirnya mereka menemukan anak tersebut sedang pipis di sudut jalan. Melihat anaknya telah ditemukan, orangtua anak tersebut merasa tenang dan bahagia.

Karena ayah dari anak itu diceritakan sebagai seorang pedagang yang sangat kaya, dia pun memutuskan untuk membuat patung anak laki – lakinya tersebut, kemudian meletakkannya di ujung jalan dimana dia menemukannya, sebagai bentuk rasa sayangnya kepada anaknya tersebut.

  • Kisah Kelima

Ada dua kisah yang menunjukkan bahwa Manneken Pis sebenarnya adalah seorang anak bangsawan yang dikenal sebagai Duke Godfrey III muda dari Leuven. Kisah yang pertama mengatakan bahwa anak tersebut melarikan diri dari istana ayahnya, agar dia bisa bermain dengan anak – anak lain di Brussels, yang pada akhirnya ditemukan di sudut jalan yang terkenal di kota tersebut.

Namun, yang lebih fantastis dari dua kisah tersebut adalah kisahnya yang kedua, yang mengisahkan bahwa pada zaman dahulu kala, Duke muda ini sedang terikat pada sebuah pohon ek selama masa pertempuran. Ketika Godfrey berusia dua tahun, ayahnya meninggal dunia karena peperangan yang terjadi saat itu.

Melihat hal tersebut, dua orang bangsawan dari rumah Berthout merasa tidak terima atas penyerangan yang terjadi dan akhirnya mengumumkan perang atas kejadian tersebut. Penjaga Godfrey kecil mencoba meminta bantuan dari sebuah negara atau wilayah bagian lain untuk membantu mereka berperang.

Negara atau wilayah bagian tersebut pun setuju untuk membantu, meskipun awalnya pasukan mereka masih merasa ragu – ragu atau tidak yakin, serta bertanya – tanya untuk alasan apa sebenarnya mereka membantu dan apa yang sebenarnya sedang mereka perjuangkan di dalam perang tersebut.

Untuk mengatasi keraguan tentara itu, Godfrey kecil yang saat itu masih berusia sangat muda akhirnya diperlihatkan kepada sekutu dan dibawa ke medan perang, untuk menunjukkan kepada sekutu bahwa dialah alasan mengapa mereka meminta bantuan, serta yang perlu diperjuangkan di dalam perang tersebut.

Selama peperangan berlangsung, Godfrey ditempatkan di dalam sebuah keranjang yang tergantung di pohon ek, sebagai simbol semangat bagi pasukan. Sesekali Godfrey kecil berdiri dan mengencingi kepala musuh Berthout yang terjatuh dan kalah. Lucu sekali kan tingkah anak kecil ini?

Dan pada akhirnya, sekutu Godfrey berhasil memenangkan pertarungan dan merayakannya di Brussels, di mana mereka menanam pohon ek. Legenda ini menyatakan bahwa inilah alasan mengapa jalan di samping patung Manneken Pis dinamai dengan Rue du Chêne, yang berarti “jalan ek”.

Fakta Mengenai Keberadaan Manneken Pis

Penamaan Manneken Pis ini pertama kali disebutkan di dalam sebuah arsip yang berasal dari tahun 1452. Namun sebelumnya, namanya adalah Petit Julien.

Patung ini merupakan bagian dari air mancur publik yang berada di sudut jalan. Akan tetapi, patung batu itu digantikan dengan patung perunggu yang dibuat oleh Hiëronymus Duquesnoy pada tahun 1619. Tidak diketahui apakah replika itu mirip dengan yang pertama atau tidak, karena yang aslinya tidak diawetkan.

Tak lama sejak waktu penggantiannya, patung yang dibuat oleh Hiëronymus Duquesnoy tersebut hancur pada tahun 1817 dan potongannya dicuri oleh seorang budak yang bernama Lycas. Untungnya, potongan – potongan itu berhasil ditemukan dan dapat direkatkan kembali untuk membuat cetakan replikanya. Patung itu kemudian dibuat kembali pada tahun 1965.

Pencurian Patung Manneken Pis

  • Manneken Pis ini telah dicuri dan diambil beberapa kali di sepanjang sejarah pembuatannya. Pada tahun 1745, patung itu dicuri oleh tentara Inggris, namun berhasil ditemukan di kota Geraardsbergen. Untuk mengucapkan terima kasih kepada orang – orang di Geraardsbergen, sebuah replika dihadiahkan kepada kota ini.
  • Patung itu kembali dicuri pada tahun 1747 oleh Grenardiers Prancis yang berada di Brussels, yang merupakan bagian dari tentara Prancis Louis XV. Penduduk Brussel memberontak, hingga hampir menimbulkan kerusuhan. Untuk menebus perilaku tentaranya tersebut, Louis XV memberikan patung Manneken Pis itu pakaian indah, yang terbuat dari kain brokat, yang disulam dengan emas.
  • Patung Manneken Pis ini terakhir kali dicuri pada malam musim dingin di tahun 1963, oleh Serikat Mahasiswa Antwerp de Wikings. Patung tu dicuri untuk dijadikan sebagai lelucon yang juga digunakan sebagai sarana untuk mengumpulkan uang untuk tindakan kebaikan. Karena hal itu dilakukan untuk tujuan yang baik, para siswa tersebut tidak dihukum atas perbuatan yang telah mereka lakukan.

Kostum Manneken Pis

  • Pemakaian baju pada patung perunggu kecil itu dilakukan pada acara – acara khusus saja. Ada lebih dari 800 kostum yang disimpan di dalam lemari khusus patung manneken pis ini, termasuk juga pakaian mahal yang diberikan oleh Louis XV dari Perancis, yang disimpan di Maison du Roi.
  • Pakaian pertama Manneken Pis diberikan oleh Maximilian II Emanuel, Elector of Bavaria, yaitu gubernur Belanda Austria.
  • Selain busana sejarah, lemari pakaian manneken pis ini juga berisi kostum modern, seperti kostum Mickey Mouse dan Santa Claus.

Tidak peduli seberapa banyak kisah mengenai asal usulnya yang beredar di masyarakat, patung manneken pis ini akan selalu menjadi pusat perhatian dunia. Terlepas dari sejarah dan kemisteriusan kemunculannya, manneken pis adalah sebuah karya seni indah yang memiliki makna tersembunyi. Betul nggak? 

Setelah membaca artikel ini, anda pasti mulai penasaran bukan? Anda juga pasti tertarik untuk melihat patung ini secara langsung bukan? Jika anda memang berminat, silahkan saja berkunjung ke Brussels. Itu bisa menjadi salah satu cara untuk menjawab rasa penasaran anda.