Healthy Info

Berpotensi Membahayakan, FDA Lakukan Penyelidikan Terhadap Obat Homeopati

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu telah mengumumkan bahwasannya mereka akan melakukan pendekatan baru untuk mengatur penggunaan dan penjualan obat homeopati di masyarakat.

Hal ini terjadi setelah pihak agensi beberapa tahun terakhir ini mengeluarkan peringatan mengenai produk yang dipasarkan sebagai homeopati, terkait dengan efek samping serius yang dapat ditimbulkan karena penggunaannya dan bahkan beberapa diantaranya sampai harus mengakibatkan kematian.

Pendekatan baru yang diusulkan tersebut kabarnya akan berfokus pada “Risk-Based Enforcement” atau “Penyelenggaraan Berbasis Resiko“, yang berarti agensi akan lebih memperhatikan peredaran obat homeopati yang dipasarkan untuk mengobati penyakit serius yang tidak memiliki bukti pendukung, yang mengandung bahan berbahaya, atau yang tidak memenuhi standar pembuatan.

Tentu saja ini adalah kabar yang baik. Dengan kata lain, tindakan yang dilakukan oleh FDA ini semata-mata adalah karena mereka ingin melindungi masyarakat dari produk-produk kesehatan yang berbahaya atau tidak efektif, yang sekarang ini banyak bertebaran di luar sana.

Kira-kira, informasi apa ya yang akan disampaikan oleh FDA mengenai pengobatan homeopati ini secara keseluruhan? Dan apa artinya bagi jutaan orang Amerika yang telah menggunakannya secara teratur selama ini?

Untuk mengetahui apa sebenarnya yang dilakukan oleh FDA dalam meninjau pengobatan homeopati ini, Michelle Dossett, MD, yang merupakan seorang dokter staf dan peneliti di Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine di Massachusetts General Hospital mencoba untuk memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

Dr. Dossett sendiri sebenarnya tidak terlibat dalam kebijakan FDA, tapi dia mempelajari tentang homeopati dan mendapat sertifikasi untuk pengobatan  dalam dan pengobatan integratif.

Jika anda adalah orang yang senang menggunakan obat homeopati dan merasa khawatir akan keamanannya, atau mungkin  ingin tahu tentang obat homeopati, anda bisa menemukan informasinya di bawah ini.

Sudah Digunakan Selama Lebih Dari 200 Tahun

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Apa sih sebenarnya pengobatan Homeopati itu? Homeopati adalah bentuk pengobatan alternatif yang pertama kali dikembangkan di Jerman pada tahun 1700-an.

Menurut Dr. Dossett, jika anda mengkosumsi obat homeopati dalam jumlah yang besar, maka akan menyebabkan timbulnya  gejala tertentu. Gejala yang muncul bisa saja bersifat berbahaya untuk tubuh  dan kesehatan anda. Zat yang terkandung di dalamnya mungkin akan terdilusi dalam jumlah yang hampir tidak terdeteksi.

Zat yang terkandung di dalam obat homeopati ini bisa meliputi ekstrak tumbuhan, mineral, bahan kimia dan ekskresi atau sekresi manusia dan juga hewan.

Beberapa obat homeopati yang paling terkenal di pasaran saat ini adalah arnica (gel yang diolah dari tumbuhan yang digunakan untuk mengobati memar dan sakit otot) dan Zinc (mineral yang digunakan untuk mengobati gejala pernafasan dan flu biasa).

Bukti Keefektifan Homeopati Terbatas

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengobatan homeopati sendiri merupakan bentuk pengobatan yang efektif untuk mengatasi atau mebgobati beberapa kondisi kesehatan yang beberapa diantaranya adalah seperti: infeksi saluran pernapasan bagian atas, alergi dan masalah tidur.

Banyak dari produk ini tersedia secara over-the-counter (dijual bebas atau bisa dibeli tanpa resep dokter).

Akan tetapi bagaimanapun juga penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, penyedia atau penjual homeopati yang dapat melakukan penilaian menyeluruh terhadap gejala yang anda alami dan membuat rekomendasi khusus untuk anda, mungkin akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan jika anda mengobati gejala anda sendiri.

Menurut Pusat Kesehatan Nasional Komplementer dan Integratif, penelitian ilmiah lainnya yang telah dilakukan juga menyimpulkan bahwa hanya ada sedikit bukti yang mendukung penggunaan obat homeopati.

Sebuah tinjauan yang diperoleh pada tahun 2015 dari National Medical and Medical Research Council di Australia menyimpulkan bahwa penelitian yang menunjukkan keefektivitasan homeopati masih terlalu kecil atau terlalu cacat untuk diandalkan atau dipertimbangkan.

Selain itu, tidak ada bukti pasti, yang bisa menunjukkan kualitas yang baik untuk mendukung klaim bahwa homeopati memang benar-benar efektif dalam mengobati kondisi kesehatan seseorang.

Bahaya Yang Akan Timbul Dari Penggunaannya

Pada tahun 2016 yang lalu, FDA sempat memperingatkan para orang tua untuk tidak menggunakan “homeopathic teething tablet and gels” atau “tablet dan gel homeopatik untuk pertumbuhan gigi” yang biasanya diberikan untuk bayi atau balita, karena diketahui mengandung belladonna.

Belladona sendiri merupakan sebuah bahan kimia beracun, yang bisa menyebabkan kejang atau kematian pada bayi yang telah menggunakannya.

Sebuah analisis FDA kemudian mengkonfirmasikan bahwa beberapa tablet homeopati yang lainnya juga kerap mengandung kadar belladonna yang membahayakan. Namun sayangnya American Institute of Homeopathy berpendapat bahwa penelitian yang dilakukan oleh agensi tersebut masih belum lengkap dan terlihat meragukan.

FDA juga telah mengeluarkan peringatan tentang penggunaan “zinc nasal sprays” atau semprotan hidung yang mengandung bahan seng, yang dapat merusak indera penciuman penggunanya.

Bukan hanya itu saja, peringatan juga berlaku untuk berbagai produk homeopati yang labelnya mengandung bahan beracun potensial, seperti nux vomica, yang dipasarkan untuk mengatasi berbagai penyakit, yang ternyata pada dasarnya mengandung racun strychnine.

Menurut Dr. Dossett, sebenarnya tidak semua produk homeopati yang beredar di masyarakat itu berbahaya. Dia mengatakan bahwa pihak FDA memberikan peringatan tersebut tidak lain adalah untuk tujuan yang baik.

Beberapa tahun terakhir ini mereka telah melihat adanya kasus-kasus yang menunjukkan bahwa penggunaan beberapa pengobatan homeopati ternyata berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat, sehingga mereka harus segera mengambil tindakan untuk menangani masalah serius tersebut dan mencegah kasus yang sama terulang kembali.

Untuk produk lainnya, FDA telah mengeluarkan peringatan untuk tidak membuat klaim kesehatan tertentu (mengatakan bisa mengobati penyakit tertentu), yang tidak didukung oleh sains dan tidak diperjualbelikan secara bebas.

Tidak Semua Homeopati Berbahaya

Jika diperhatikan, industri homeopati telah tumbuh secara eksponensial dalam dekade terakhir ini dan menjadi industri yang berpenghasilan hampir $ 3 miliar.

Pertumbuhan yang terjadi berjalan bersamaan dengan meningkatnya masalah keamanan, catatan agensi, serta peningkatan jumlah produk manufaktur yang buruk dan dapat menimbulkan resiko kesehatan.

Produk homeopati seharusnya tunduk pada persyaratan federal yang melarang segala tindakan pemalsuan dan kesalahan label. Namun persyaratan ini belum diberlakukan sejak tahun 1988, kata FDA.

Kalau begitu, maka dapat diambil kesimpulan sementara kalau beberapa produk yang saat ini keredar di pasaran kemungkinan  tidak memenuhi standar modern untuk keamanan, efektivitas dan kualitas.

Itulah yang menjadi salah satu alasan bagi FDA untuk mengambil tindakan peninjauan dan penegakan kebijakan, namun tidak berarti bahwa semua produk homeopati akan terpengaruh terhadap hal tersebut.

Banyak produk yang kemungkinan akan berada di luar kategori berbasis resiko, yang akan didefinisikan dalam kebijakan baru dan akan terus tersedia untuk umum, kata agensi tersebut.

Kami menghargai beberapa individu yang ingin menggunakan pengobatan alternatif,” kata Komisaris FDA Scott Gottleib, MD, dalam sebuah siaran pers agensi. “Tapi FDA memiliki tanggung jawab untuk melindungi masyarakat dari produk yang mungkin tidak memberikan manfaat apapun dan berpotensi menimbulkan bahaya.

Dari informasi yang didapat, kabarnya FDA akan mendorong umpan balik publik mengenai draf panduannya yang baru selama periode komentar selama 90 hari.

Mereka juga akan menganjurkan para dokter dan pasien untuk selalu melaporkan efek samping atau masalah kualitas yang terkait dengan penggunaan produk homeopati atau jenis suplemen atau obat lain ke database MedWatch-nya.

Dr. Dossett mengatakan bahwa dia mendukung apapun keputusan FDA yang memilih untuk lebih fokus pada produk homeopati yang dapat menimbulkan bahaya kesehatan bagi publik.

Tapi dia juga percaya pada beberapa pengobatan homeopati. Jika produk ini digunakan secara bertanggung jawab, maka produk tersebut bisa menjadi pengobatan komplementer alternatif yang sangat bermanfaat.

Dia juga menyarankan masyarakat untuk memilih produk-produk yang berasal dari perusahaan atau produsen yang besar dan terkenal, serta memiliki catatan baik mengenai produk yang dihasilkannya.

Selain itu, sebelum menggunakannya, ada baiknya jika anda berkomunikasi terlebih dahulu kepada penyedia layanan kesehatan tentang produk yang anda gunakan. Apapun obat yang anda konsumsi, anda tetap harus berhati-hati.

Kesimpulan

Seperti yang anda ketahui, sebagian besar masyarakat memang lebih percaya pada pengobatan yang menggunakan bahan-bahan alami yang diolah dari tumbuh-tumbuhan dan bahan-bahan alami lainnya.

Mereka menganggap bahwa obat-obatan alami ini lebih memiliki khasiat yang lebih manjur dalam mengobati suatu penyakit dan tidak begitu beresiko.

Tapi sayangnya ternyata apa yang selama ini dipercaya oleh masyarakat tersebut tidak selamanya benar. Buktinya saja banyak produk obat-obatan yang dijual di pasar yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Banyak yang ternyata tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Ketidakjujuran si produsen inilah yang pada akhirnya menimbulkan dampak negatif yang bisa membahayakan keselamatan si pemakainya dan tidak menutup kemungkinan bisa menimbulkan kematian bagi penggunanya.

Oleh karena itu, menanggapi masalah ini pihak FDA pada akhirnya turun tangan. Mereka mengeluarkan beberapa peringatan untuk para produsen yang membuat obat tersebut.

Tidak hanya untuk para produsen, FDA juga memperingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan homeopati. Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsinya, masyarakat disarankan untuk memeriksakan kesehatan mereka atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Tindakan yang dilakukan tersebut bertujuan untuk meminimalkan terjadinya resiko yang tidak diinginkan pada anda. So guys, mulai saat ini, anda harus lebih berhati-hati lagi ya sebelum mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sekalipun itu obat-obatan yang berasal dari bahan-bahan alami atau herbal.

Usai sudah penjelasan ini kami sampaikan, semoga bisa membantu anda untuk lebih berwaspada terhadap produk-produk tertentu. Terima kasih.