Info Lifestyle

Dianggap Tak Masuk Akal, Ilmuwan Ungkap Rahasia Dibalik Gerakan Anti-Gravitasi Michael Jackson

Saat mendengar nama Michael Jackson, apa yang pertama kali terlintas di dalam benak anda? Hal apa yang begitu tertancap dalam pikiran anda tentang dirinya? Lagunya kah? atau sosoknya kah? atau mungkin tarian uniknya? Jawaban anda tentu akan berbeda-beda satu sama lain.

Pria yang dikenal sebagai ‘king of pop’ ini adalah sosok yang memiliki banyak bakat luar biasa. Dia tak hanya memiliki suara yang merdu dengan penghayatan lagu yang akan selalu membuat anda merinding setiap kali mendengarnya bernyanyi, tapi kemampuan menarinya pun juga tak ada duanya.

Dia adalah penyanyi yang memiliki paket komplit sebagai megastar. Tak heran jika Ia memiliki banyak sekali penggemar di seluruh dunia. Bahkan setelah kematiannya beberapa tahun yang lalu, karya-karyanya masih saja tetap hidup dan masih dinyanyikan oleh banyak orang, baik oleh  penyanyi-penyanyi profesional ataupun masyarakat biasa.

Tak hanya karyanya saja yang masih terkenang sampai dengan saat ini, berbagai mitos tentang dirinya pun sampai sekarang masih berkembang dan diperdebatkan oleh sebagian orang. Berbagai spekulasi dari masyarakat pun terus bermunculan tanpa henti.

Uniknya lagi, ternyata bukan masyarakat awam saja yang merasa tertarik dan selalu membicarakan tentang dirinya, melainkan juga beberapa ahli atau ilmuwan.

Hah? Ahli atau ilmuwan pun sampai ikut-ikutan? Kok bisa ya? Kira-kira hal apa ya yang ingin dicari tahu dan ingin diberitahu oleh para ilmuwan ini pada masyarakat terkait tentang dirinya? Adakah sesuatu yang aneh atau janggal yang mereka temukan dari penyanyi legendaris ini? Anda pasti penasarankan? 

Tenang saja dan tidak usah grasa-grusu, karena kami akan segera memberikan jawabannya pada anda. Berikut ini adalah penjelasannya.

Ilmuwan Melakukan Penelitian Pada Tarian Michael Jackson

Pada umumnya, kebanyakan ilmuwan lebih cenderung mencari tahu atau meneliti hal-hal yang berhubungan dengan science atau ilmu pengetahuan. Tapi sepertinya rasa penasaran mereka tak terbatas pada satu ruang lingkup saja. Buktinya, sampai tarian pun ingin diteliti oleh mereka.

Salah satunya adalah tarian yang dimiliki oleh penyanyi legendaris dunia yang bernama Michael Jackson.

Apakah ada yang salah dengan tarian raja pop dunia ini, sehingga para ilmuwan harus menelitinya? Kalau memang ada, keanehan seperti apa yang berhasil ditemukan oleh mereka?

Dan pertanyaan terakhir, dari sekian banyaknya jenis tarian yang dimiliki oleh sang megastar ini, tarian manakah yang membuat mereka merasa sangat penasaran? Kita akan segera mengetahuinya sebentar lagi.

Layaknya seorang pahlawan sejati, kehidupan masa lalu pria berbakat ini memang selalu dibumbuhi dengan banyak cerita. Mulai dari kisah kehidupan kesehariannya, prestasi yang berhasil diperolehnya, kemampuan bernyanyinya yang begitu apik, sampai dengan tariannya yang bisa dibilang sangat unik dan banyak ditiru oleh orang lain.

Kalau anda sendiri bagaimana? Bagian mana dari dirinya yang paling membuat anda terpukau dan menjadi sangat mengaguminya?

Salah satu aspek yang banyak ditiru dari tarian artistik Michael Jackson ini adalah moonwalk-nya, dimana saat melakukannya Dia akan terlihat seperti sedang meluncur dengan luar biasa di lantai. Ini adalah semacam teknik tarian, dimana si penari akan tampak seperti sedang bergerak atau berjalan mundur.

Anda pasti pernah mendengar dan melihat tarian ini, bukan? Selain sekedar mendengar dan melihatnya, apakah anda juga bisa melakukannya? Beberapa dari anda mungkin bisa membuat gerakan ini, tapi pasti tidak akan sebagus atau sekeren yang bisa dilakukan oleh sang legenda dunia tersebut.

Selain tarian moonwalk, ada pula gerakan aneh dan menarik lainnya yang juga tak kalah populer dan sering ditampilkan di dalam setiap pertunjukannya, yaitu gerakan seperti menantang gravitasi. Orang-orang sering menyebutnya dengan istilah ‘Antigravity Dance’.

Gerakan unik sekaligus aneh ini pertama kali muncul di dalam sebuah video lagunya yang berjudul ‘Smooth Criminal’ pada tahun 1988. Nah, inilah gerakan yang membuat para ilmuwan merasa penasaran, tertarik dan ingin mencari tahu bagaimana Ia bisa melakukan gerakan semacam ini tanpa terjatuh.

Untuk sekedar mengingatkan anda, berikut ini akan kami tampilkan cuplikan video yang menunjukkan gerakan tarian yang kami maksud di atas :

Jika anda menonton video tadi sampai selesai, anda pasti akan menemukan gerakan yang kami maksud pada menit ke 7. Bagaimana reaksi anda saat melihatnya melakukan gerakan itu? “Wow”, anda pasti kagum kan dengan kemampuannya?

Justru sangat aneh rasanya jika anda hanya merasa biasa saja setelah melihatnya melakukan hal tersebut. Tidak semua orang bisa melakukan gerakan itu, lho. Nggak percaya? Coba saja anda praktikkan sendiri.

  • Pertama-tama, anda harus berdiri tegak
  • Kemudian, miringkan seluruh badan anda ke depan sampai membentuk sudut 45 derajat. Untuk bisa melakukannya, maka anda harus menekuk pergelangan kaki anda.

Gimana? Berhasil tidak? Sekarang anda tahukan betapa sulitnya melakukan gerakan ini tanpa terjatuh sama sekali?

Selain Michael Jackson, rasanya tak ada seorang pun yang bisa melakukannya sesempurna yang bisa ia lakukan. Banyak yang ternyata gagal pada saat mencobanya dan tidak sedikit pula yang berakhir dengan terhempas ke lantai.

Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ilmuwan tertarik untuk mencari tahu apakah gerakan tersebut pure atau murni dihasilkan oleh kemampuan tubuhnya, atau mungkinkah Ia menggunakan alat-alat tertentu yang menjadi pendukung penampilannya tersebut?

Sekelompok ilmuwan menerbitkan penelitian mereka ini di dalam Journal of Neurosurgery, dimana di dalamnya mereka berusaha untuk menjelaskan tentang kemiringan 45 derajat yang luar biasa, yang bisa dibuat sambil menjaga punggung tetap lurus dan kaki dalam keadaan rata di lantai.

Tentu saja, ini bukan bagian penelitian yang paling transformatif, namun studi ini menimbulkan rasa penasaran yang tidak bisa terabaikan begitu saja.

Hasil Penelitian

Dari pengamatan yang telah mereka lakukan, para ilmuwan mengatakan bahwa Michael melakukannya dengan “curang”, yang berarti mereka menduga kalau Ia bisa membuat gerakan tersebut dengan bantuan alat-alat pendukung yang memang sengaja dipersiapkan.

Menurut mereka, secara manusiawi, gerakan tersebut sangat tidak mungkin untuk dilakukan. Hal tersebut dengan sangat jelas disampaikan oleh seorang ahli bedah saraf yang bernama Dr. Nishant Yagnick.

Rekannya, yang bernama Dr. Manjul Tripathi juga menjelaskan dengan tepat mengapa hal seperti ini tidak dapat dilakukan. Menurutnya, manusia normal hanya bisa membuat gerakan tersebut dengan sudut maksimal 25 atau 30 derajat tanpa terjatuh. Tapi untuk membuat kemiringan sebesar 45 derajat, rasanya mustahil.

Ia mengatakan hal seperti ini tentu ada alasannya. Menurutnya, ketika seseorang mencoba berdiri terlalu condong ke depan, maka otot-otot pergelangan kakinya harus bekerja lebih keras untuk menopang seluruh berat tubuh, bukan otot erector spinae yang sejajar dengan tulang belakang anda.

Otot ini biasanya bertindak sebagai kawat atau kabel yang bisa menopang tubuh jauh lebih baik. Sedangkan otot pergelangan kaki tidak bisa melakukannya sebaik itu.

Kalau begitu, bagaimana Michael Jackson bisa melakukannya? Jawabannya adalah dengan bantuan sepatu yang dirancang khusus.

Michael Bush dan Dennis Thomkins yang bertanggungjawab atau berperan besar untuk penampilan sang megastar pada tahun 1993 memberikan rincian tentang bagaimana sepatu inventif tersebut bekerja.

Sepatu yang biasa digunakan oleh Raja Pop ini dilengkapi dengan “slot tumit yang dirancang khusus yang dapat dilepas”. Selain itu, masing-masing sepatu tersebut juga memiliki sebuah hitch (seperti paku) yang terdapat di permukaannya, yang digunakan dengan tujuan agar si pemakainya bisa menggeser kakinya ke depan dengan leluasa.

Itu artinya, ketika si pemakai mecondongkan tubuhnya ke depan, sepatu yang dilengkapi dengan hitch ini akan membantu untuk menopang dan mempertahankan keseimbangan tubuhnya, sehingga Ia tidak sampai terjatuh ke lantai.

Untuk lebih jelasnya lagi, anda bisa melihat cara kerja sepatu tersebut di bawah ini :

Tapi jangan salah, bahkan dengan sepatu seluar biasa itu pun tidak semua orang bisa melakukan seperti yang Ia dan penarinya lakukan, lho.

“Bahkan orang normal yang menggunakan sepatu ini sekalipun mungkin tidak bisa melakukannya. Dibutuhkan banyak latihan untuk mengembangkan otot-otot tubuh terlebih dahulu sebelum akhirnya mencoba melakukan gerakan tersebut, seperti misalnya otot perut dan otot batang pusat untuk mendapatkan kekuatan ketika akan melakukannya”, kata Yagnick.

Jika anda melakukannya dalam kondisi yang masih belum begitu terlatih dan tanpa persiapan yang matang, maka kemungkinan besar anda terjatuh dan terluka akan jauh lebih besar. Beberapa waktu lalu, tepatnya di India, seseorang harus mengalami cedera karena mencoba meniru tarian Michael Jackson ini.

“Ketika Michael Jackson mengeluarkan video yang memperlihatkan tarian ini dan kemudian melakukannya secara live di seluruh dunia, orang-orang sama sekali tidak tahu kalau ternyata Dia menggunakan sepatu khsusus untuk melakukan gerakan tersebut. Khususnya di India, dimana Michael Jackson sangat populer, banyak orang yang mencoba untuk menirunya dan beberapa berakhir terluka”, kata Yagnick

Sekarang anda tahu kan kenapa Michael Jackson bisa melakukan tarian antigravitasi ini dan mengapa para ilmuwan menjadi begitu penasan dengan tarian ini?  

Jadi, jika anda tidak memiliki sepatu khusus dan kemampuan menari seperti dirinya, maka jangan terkejut kalau anda tidak bisa melakukannya dengan sempurna. Tapi meskipun begitu, mungkin jika anda terus mencobanya dengan sungguh-sungguh, sepertinya kata tidak mungkin tidak akan berlaku untuk anda.

Namun bukan berarti anda bisa berlatih atau melakukannya di mana saja, ya. Selama proses latihan, akan lebih baik jika anda melakukannya di tempat yang aman atau dilengkapi dengan pengaman yang cukup.

Jangan coba-coba langsung mencobanya di lantai tanpa adanya alat atau benda lunak (seperti matras atau tilam) di depan anda, yang berfungsi untuk menampung tubuh anda kalau-kalau anda gagal melakukannya. Jika tidak ada dan anda gagal, maka bersiaplah untuk “berdarah” atau terluka.

Yah, kalau anda masih sayang pada wajah anda, tentu anda akan memikirkan atau mempertimbangkan hal ini. Tapi kalau anda ingin mencoba bagaimana rasanya operasi hidung, ya coba saja lakukan.