Info

Mengenal Wolffia, Tanaman Bunga Terkecil di Dunia

Di dunia ini, ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa anda temukan. Tanaman-tanaman tersebut bahkan tersebar, tumbuh dan berkembang dengan sangat baik di wilayah tertentu di seluruh dunia. Mulai dari tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat-obatan, dijadikan santapan makanan sehari-hari, tanaman beracun, dan lain sebagainya.

Berbagai tanaman tersebut hadir dengan bentuk yang sangat beragam dan bahkan beberapa diantaranya memiliki bentuk yang sangat unik. Beberapa waktu lalu, di Jepang terdapat 2 tanaman unik dan imut yang berbentuk kelinci dan ikan lumba-lumba. Ketika melihat kedua tanaman ini, mungkin anda akan merasa gemas dan sangat ingin memilikinya. Benar nggak, guys?

Keunikan pada setiap tanaman tentu berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Tidak hanya dilihat dari struktur bentuknya, keunikan tersebut juga tampak dari ukuran tanaman tersebut, manfaat yang bisa diberikannya pada manusia, cara perkembangbiakannya atau bahkan bahaya yang bisa ditimbulkan oleh tanaman itu sendiri.

Jika semua jenis tanaman tersebut dibahas, mungkin akan menjadi tulisan yang sangat panjang dan tak ada habis-habisnya. Oleh karena itu, artikel ini hanya akan membahas tanaman unik dengan ukuran yang sangat kecil atau bisa dikatakan sebagia tanaman terkecil di dunia. Bisakah anda menebak nama tanaman unik tersebut?

Tanaman Wolffia

Jika anda pernah mendengar nama tanaman ini, mungkin anda tidak akan kaget lagi ketika melihat bentuknya yang sangat aneh atau bahkan cenderung kelihatan menjijikkan. Kalau biasanya sesuatu yang berukuran kecil itu cenderung menggemaskan dan lucu, kali ini sepertinya agak berbeda. Sebutan menggemaskan, imut dan lucu sangat tidak sesuai dengan tanaman kecil yang satu ini. Tahukah anda mengapa bisa demikian? Coba perhatikan gambar tanaman kecil berikut ini:

Setelah melihat gambar di atas, apakah yang segera terlintas dalam benak anda? Anda mungkin merasa geli, aneh bahkan jijik saat melihatnya bukan? Tahukah anda bahwa tanaman yang anda lihat pada gambar di atas adalah salah satu tanaman bunga terkecil dunia?

Ekspektasi anda tentang bunga yang indah mungkin sangat jauh dari apa yang anda lihat dari kenyataan yang ada. Tapi mau bagaimana lagi. Tanaman di atas memang salah satu jenis bunga yang ada di bumi. Yah, meskipun bunga yang satu ini sangat berbeda dengan bunga-bunga yang indah pada umumnya, tapi yang perlu anda ketahui adalah bahwa bunga ini memang benar-benar ada di dunia nyata.

Karena ukurannya yang sangat kecil, tanaman bunga wolffia ini bahkan bisa dipegang hanya dengan menggunakan satu jari saja. Tidak percaya? Ini buktinya:

Gimana? Sudah percayakan sekarang? Tidakkah anda penasaran dengan tanaman kecil yang satu ini? Sebagai salah satu tanamaan yang unik, tanaman ini tidak tumbuh di seluruh negara. Jika anda mencari tanaman ini di wilayah Indonesia, maka sangat kecil kemungkinannya anda bisa menemukannya. Jika ingin melihat tanaman ini langsung, anda harus pergi ke Benua Amerika, tepatnya di wilayah perairan yang ada di kawasan Amerika bagian Barat dan Tenggara.

Ciri-ciri Tanaman Wolffia Pada Umumnya

  • Tanaman Wolffia merupakan salah satu jenis tanaman air yang juga sering disebut sebagai Watermeal atau Duckweed.
  • Tanaman Wolffia merupakan tanaman terkecil di bumi. Ukuran tanaman ini hanya sekitar 1 milimeter saja.
  • Wolffia tumbuh secara berkoloni di daerah perairan. Tumbuh berkolni maksudnya adalah tanaman ini biasanya ditemukan dalam kelompok atau jumlah yang besar. Karena hidup secara berkoloni, tanaman tersebut akan saling berkaitan satu sama lain, sehingga akan membentuk menyerupai rajutan tikar yang mengapung di atas air.
  • Bentuk tanaman ini bulat tidak beraturan mirip seperti bintik tepung jagung yang mengambang di atas air.
  • Tanaman Wolffia biasanya berwarna hijau atau kuning kehijauan.
  • Wolffia tidak memiliki akar, batang, bahkan daun
  • Meskipun ukuran tanaman ini sangat kecil, namun Wolffia ternyata bisa memekarkan bunganya. Bunga pada tanaman ini tumbuh di atas permukaan tanaman, dimana bunganya memiliki satu benang sari serta satu putik. Karena ukuran bunga ini sangat kecil, maka untuk bisa melihatnya anda harus menggunakan kaca pembesar atau mikroskop.
  • Tidak hanya hidup di air, tanaman Wolffia ini ternyata juga bisa hidup di perairan atau di atas lelehan es di Amerika Serikat.

Beberapa Spesies Wolffia

1. Wolffia Angusta Landolt

Wolffia Angusta Landolt merupakan salah satu jenis tanaman wolffia yang tumbuh di Australia dan Malaysia. Populasi jenis ini mirip dengan jenis wolffia yang tumbuh di Pakistan dan India dengan nama W.neglecta. Bagian atas Tanaman ini memiliki doral yang berwarna hijau gelap, dengan ukuran panjang sekitar 0,6 mm – 0,9 mm dan lebar 0,2 mm – 0,5 mm.

Dilihat dari ukurannya, spesies tanaman wolffia ini merupakan salah satu jenis terkecil. Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil, jenis tanaman bunga ini ternyata bisa berbuah. Buah yang dihasilkan memiliki bentuk seperti syconium dengan ukuran hanya sekitar 0,3 – 0,5 milimeter (sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan butiran garam meja). Tanaman ini berkembangbiak dengan cara melakukan proses penyerbukan. Setelah berbuah, tanaman ini akan memakan sebagian dari tubuh induknya.

2. Wolffia australiana (Bentham) Hartog & Plas

Jenis spesies Wolffia yang satu ini dapat anda temui di Australia. Spesies ini terlihat sangat aneh karena pada bagian bawah tanaman tersebut menggelembung menyerupai lambung kapal dan akan terlihat dengan jelas jika dilihat dari samping. Tanaman ini dapat menyebar dengan mudah oleh angin, karena mudah terdorong oleh angin yang kencang. Peristiwa inilah yang menyebabkan mengapa terkadang jenis tanaman ini dapat anda ditemukan di California.

3. Wolffia elongata Landolt

Wolffia elongata Landolt merupakan spesies wolffia lainnya yang tidak biasa ditemukan di Amerika Serikat. Jenis ini memiliki bentuk silinder dan memanjang dengan ukuran sekitar 2,5 milimeter. Tidak seperti jenis wolffia lainnya, perkembangbiakan spesies ini dilakukan pada sudut bagian bawah dari induknya. Oleh karena itu, jenis ini adalah contoh wolffia spesies baru yang aneh dan jarang terlihat atau ditemukan.

4. Wolffia microscopica (Griffith) Kurz

Jenis tanaman Wolffia ini merupakan salah satu spesies wolffia yang bisa dibilang paling aneh dari semua spesies Wolffia yang ada. Jika diperhatikan, bentuk tanaman ini tampaknya mirip dengan jenis wolffia yang terdapat di India tropis dan subtropis.

Tubuh tanaman ini berbentuk orbicular (bulat) untuk poligonal, dengan permukaan atas yang datar dan sisi yang lebih rendah, yang berbentuk kerucut kecil yang menunjuk ke bawah ke dalam air. Tanaman ini bentuknya menyerupai akar pendek, namun tidak memiliki fungsi sebagai akar. Wolffia jenis ini memiliki bentuk tegak mengambang dipermukaan air.

5. Wolffiella caudata Landolt

Wolffiella caudata Landolt ini memiliki bentuk yang loncong, ramping dan memiliki ekor seperti tambahan pada ujung distal pada bagian tubuhnya. Hal itulah yang membedakan spesies jenis ini dengan spesies wolffia lainnya. Bila dilihat dari atas, jenis ini menyerupai ikan pari mikroskopis yang berwarna hijau. Seperti spesies wolffia lainnya, jenis ini hidup mengapung atau dibawah permukaan air. Wolffia ini juga bisa tumbuh sekitar 2-5 milimeter atau lebih besar dibandingkan dengan ukuran spesies wolffia yang ada.

6. Wolffia Globosa

Wolffia globosa adalah spesies tanaman berbunga yang umumnya dikenal dengan nama Asian watermeal. Tanaman ini merupakan tanaman asli yang berada di Asia dan juga ditemukan di beberapa bagian Amerika, yang bisa jadi tanaman asli atau tanaman yang dinaturalisasi.

Tanaman ini juga hidup berkoloni sehingga tampak seperti membentuk tikar di permukaan badan air tawar yang tenang, seperti kolam, danau, dan rawa. Tanaman ini berbentuk oval yang sangat mungil tanpa daun, batang, atau akar. Tubuh tanaman dan daunnya berwarna hijau transparan. 

Lebar tanaman ini kurang dari satu milimeter. Seperti Wolffia lainnya, tanaman ini bisa dimakan dan membuat makanan bergizi. Wolffia globosa telah digambarkan sebagai tanaman berbunga terkecil di dunia, dengan diameter 0,1-0,2 milimeter (0,004-0.008 in). Tanaman ini sangat populer di Thailandterutama di Isan.

Pemanfaatan Wolffia

Seperti yang sebelumnya sudah dibahas di atas, keunikan tanaman dapat dilihat salah satunya adalah dari manfaat yang bisa diberikan kepada manusia. Dan tidak semua tanaman bisa melakukannya. Kebanyakan tanaman yang memiliki bentuk yang aneh dan unik lebih cenderung dijadikan sebagai tanaman hias dan semacamnya, bahkan tak jarang dari mereka yang ternyata sangat berbahaya jika disentuh apalagi dimakan.

Untuk tanaman unik yang bernama Wolffia ini, ternyata tanaman ini tidak hanya sekedar unik, tapi juga bisa dikonsumsi oleh manusia sebagai makanan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

Menurut ilmuwan, tanaman sejenis kiambang ini ternyata memiliki kadar gizi tinggi yang diperlukan tubuh manusia. Para peneliti di University of Jena telah menyelidiki berbagai manfaat Duckweeds sebagai sumber makanan manusia. Temuan ini sangat menjanjikan, dimana mereka menerbitkan studi ini dalam jurnal Food Chemistry.

Duckweed atau tanaman wolffia mudah menyerap elemen yang terlarut dalam air, yang dapat digunakan untuk meredakan gejala defisiensi karena kekurangan gizi. Sementara di Asia, aplikasi potensial lainnya yang bisa dimanfaatkan dari tanaman Duckweed ini adalah memanfaatkannya untuk budidaya ikan dan pemurnian air. Tanaman ini juga dapat digunakan untukmemproduksi bio-ethanol.

  • Dijadikan makanan yang bergizi

Seorang ahli yang bernama Prof Gerhard Jahreis menyatakan bahwa tanaman Duckweed ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber protein untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia. Bentuk fisik Duckweeds yang berwarna hijau dan kandungan protein di dalamnya sebanding dengan bunga Lupin ataupun kacang polong.

Kandungan protein dalam tanaman ini terdiri dari 30 persen, yang dihitung berdasarkan dari beratnya setelah dikeringkan. Kiambang kecil ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti Asam Stearidonic dan Asam Alpha-linolenic.

Menurut ilmuwan, penggunaan makanan berbahan dasar Duckweeds ini bisa dilakukan dengan cara dihaluskan atau dijemur terlebih dahulu sehingga menjadi makanan bebas gluten. Tidak hanya itu saja, karena tanaman Duckweed ini bisa berkembang dengan sangat cepat dan tidak memerlukan tanah dalam proses pertumbuhannya, maka tidak akan sulit untuk membudidayakannya kelak.

Tanaman air ini sepertinya akan memberikan keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan kedelai ketika berhasil dibudidayakan. Selama ribuan tahun, spesies Duckweed telah menjadi menu di beberapa negara di Asia seperti Thailand, Kamboja dan Laos. Khususnya untuk spesies Wolffia Globosa, tanaman ini banyak disajikan di Asia dalam bentuk sup dan sebagai sayuran atau Omelet.

  • Dimanfaatkan untuk keperluan industri

Dalam serangkaian tes terbaru yang dilakukan, spesies Wolffia Globosa dianggap sebagai salah satu kandidat tanaman yang paling menjanjikan di masa yang akan datang. Tanaman spesies Duckweed sampai saat ini mungkin masih belum dibudidayakan dan pada umumnya hanya dipanen dari kolam air atau rawa. Namun, di masa berikutnya, tanaman ini rencananya akan dimanfaatkan dalam dunia perindustrian. Sekarang ini saja, ada beberapa fasilitas eksperimen di Israel dan Belanda, yang memproduksi tanaman ini pada skala industri.

Nah, itulah tadi informasi mengenai tanaman mungil yang unik ini. Jika anda menemukan tanaman ini, anda bisa mencoba membudidayakannya di rumah anda. Karena tanaman ini terbilang cukup mudah tumbuh dan berkembang, anda tidak akan menemukan masalah yang berat ketika melakukannya. Dengan melakukan hal tersebut, anda bisa mengambil banyak manfaat dari tanaman in, lho guysi. Gimana? Berniatkah anda untuk mencobanya?