Info

“Om Telolet Om” Mewabah Sampai Ke Mancanegara

Apa sih “Om Telolet Om” itu sebenarnya?

Setelah heboh dengan Mannequin Challenge beberapa waktu lalu, sekarang muncul sesuatu yang baru lagi, yang juga menggemparkan sosial media, dan menjadi viral di tweeter, bahkan sampai ke mancanegara. “Om Telolet Om” merupakan hal baru yang saat ini sedang mewabah dan digandrungi oleh banyak kalangan masyarakat.

“Om Telolet Om” challange ini, merupakan aksi di mana orang-orang meminta supir bus atau truk yang lewat untuk membunyikan klakson mereka yang biasanya berbunyi ‘telolet telolet’. Jika supir mau melakukannya, orang-orang yang melakukan tantangan ini akan merasa sangat kegirangan.

https://youtu.be/vYdVZSe6qUo

Kenapa harus disuarakan dengan ‘telolet’?

Jawabannya mudah saja. Alasan kenapa bus disuarakan ‘telolet’, adalah karena suara ‘tut-tut-tut’ sudah menjadi milik ‘kereta api’, dan ‘tin-tin’ sudah menjadi milik ‘mobil’ dan ‘kereta’. Simpel saja kan?

Seperti yang diketahui, suara klakson yang terdapat pada bus dan truk sangat berbeda dengan suara klakson pada kendaraan lain. Suara klakson bus dan truk pada umumnya terdengar lebih nyaring dan keras. Suara seperti ini, mengundang rasa penasaran dan sangat disukai oleh anak-anak kecil. Apalagi di daerah-daerah tertentu seperti daerah pedesaan, yang sangat jarang dilewati oleh bus dan truk. Itulah sebabnya mengapa anak-anak di desa sering menunggu bus di depan pasar, demi mendengar suara klakson dari bus atau truk tersebut.

Cerita munculnya “Om Telolet Om” ini, berawal dari ulah anak SD di desa yang kerap mengejar bus sambil bilang ‘om, telolet om’. Dan akhirnya tidak disangka, bunyi unik klakson bus tersebut, kini mendadak menjadi topik pembicaraan tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di dunia alias go international.

Pencetus awal ‘om telolet om’ ini masih belum diketahui dengan jelas, dan bukan menjadi satu-satunya hal yang paling penting. Yang penting dan mengherankan dari fenomena ini adalah ‘Om Telolet Om’ yang merupakan suara bus yang berasal dari Indonesia ini, ternyata semakin booming setelah banyaknya artis mancanegara yang mencuit kata tersebut, dan mentweet nya pada akun tweeter mereka. Kalau saja kata lelucon ‘Om Telolet Om’ ini tidak di gubris oleh artis dunia, kemungkinan kata-kata ini terkenal sangatlah kecil.

Kehebohan “Om Telolet Om” yang diunggah di beberapa media sosial ini pun sukses membuat ‘Om Telolet Om’ ini semakin mendunia. Para artis dunia seperti Zedd, DJ Snake, The Chainsmoker, dan lain sebagainya ikut memakai dan meramaikan ‘Om Telolet Om’ ini di akun instagram dan tweeter mereka, walaupun sebenarnya mereka tidak mengerti makna ‘Om Telolet Om’ tersebut. Seperti yang terlihat di akun twitter berikut ini.

Yang lebih menghebohkan lagi adalah, DJ Snake menuliskan kalimat “Om, telolet om” di kolom komentar intagram milik Donald Trump. Perbuatan DJ Snake ini mendadak memancing netizen lain untuk melakukan hal serupa. Tindakan nya tersebut dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Semakin populernya ‘Om Telolet Om’ ini di Indonesia, maka semakin banyak orang-orang atau msyarakat Indonesia yang melakukan chalenge ‘Om Telolet Om’ ini, kemudian mengabadikannya menjadi sebuah video sebelum di unggah ke media sosial. Semua berlomba” untuk melakukannya. Tidak hanya di Indonesia saja, bahkan dari Mancanegara, seorang DJ terkenal dunia, Hardwell, ikut merasakan demam ‘Om Telolet Om’ ini. DJ yang satu ini bahkan membuat video nya yang sedang membunyikan klakson bus.

Artis dunia saja bisa ikut-ikutan heboh dengan adanya ‘Om Telolet Om’ ini, kenapa anda tidak? Yuk, Telolet-an bareng-bareng.