Info

Tak Selucu Namanya, Si Pembunuh Ini Ada di Indonesia Lho

Saat mendengar kata Gympie-gympie, apakah yang terlintas pertama kali di dalam benak anda? Pasti yang anda bayangkan adalah sesuatu yang lucu, bukan? Gympie-gympie merupakan nama salah satu jenis tanaman yang tumbuh dengan liar di dalam hutan-hutan Indonesia. Berbanding terbalik dengan namanya yang lucu, tanaman ini ternyata adalah jenis tanaman yang mematikan.

‘Seperti serigala berbulu domba’, mungkin begitulah peribahasa yang paling pas disandingkan dengan tanaman gympie-gympie ini. Namanya yang begitu lucu seakan membuat semua orang ingin mengenal dan mendekatinya. Tapi saat anda mendekat, tanaman ini siap untuk membunuh anda seperti seekor serigala.

Tanaman Beracun

Selain tanaman gympie-gympie, sebenarnya masih banyak tanaman lainnya yang juga tidak kalah mematikan. Bahkan sejak tahun 399 SM, beberapa jenis tanaman memang sengaja diekstrak dan dijadikan sebagai minuman atau ramuan yang digunakan untuk membunuh. Seram sekali, kan? Apa sajakah jenis tanaman tersebut?

Beberapa contohnya adalah seperti berikut:

  • Pada zaman Yunani, Socrates dijatuhi hukuman dengan cara dipaksa untuk meminum ramuan tanaman hemlock (Conium macalatum). Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman beracun. Sesaat setelah Socrates meminumnya, dengan cepat racun yang ada di dalam ramuan tersebut bekerja. Socrates muntah, sakit perut, lambung, otot-ototnya lumpuh, meracau dan akhirnya mati lemas.
  • Sang pujangga, Shakespeare, bahkan dikabarkan sering “membunuh” karakter tokohnya dengan tanaman beracun. Salah satu contohnya adalah karakter Juliet yang meminum segelas Belladona (Atropa belladonna), dan ayah “Hamlet” yang diracun dengan henbane (Hyoscyamus niger).

Itulah beberapa contoh tanaman yang berada di Eropa, yang biasa digunakan atau diekstrak menjadi ramuan beracun yang digunakan untuk membunuh. Siapa sangka, ternyata jenis tanaman yang beracun tidak hanya ada di Eropa saja, melainkan juga ada di Indonesia. 

Tanaman asli Indonesia yang satu ini tidak hanya sekedar beracun, melainkan juga sangat mematikan. Bahkan jauh lebih mematikan dari banyaknya jenis tanaman beracun lainnya yang ada di dunia. Tahukah anda seberapa beracunnya tanaman ini? Wah, kalau diceritakan, mungkin anda tidak akan yakin kalau ternyata ada jenis tanaman seperti ini di bumi.

Tanaman Gympie-Gympie

Jenis tanaman asli Indonesia yang sangat terkenal dengan kemampuannya yang sangat mematikan ini dikenal dengan sebutan Gympie-Gympie atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan dendrocnide moroides.

Mungkin beberapa diantara anda masih sangat asing dengan nama tanaman ini, bukan? Wajar saja memang jika anda baru pertama kali mendengar nama tanaman ini, karena tanaman ini tidak tumbuh dengan bebas di sekitar permukiman masyarakat, melainkan hanya tumbuh di dalam hutan. Itupun tidak di semua hutan di Indonesia.

Jika diperhatikan sebenarnya bentuk tanaman ini memang tidak terlihat lucu, tapi tidak juga menakutkan seperti tanaman-tanaman yang dipenuhi dengan duri-duri setajam pisau, layaknya tanaman pemakan serangga atau daging seperti yang biasa anda lihat di buku-buku sains ataupun di sejumlah majalah yang mengupas tentang kehidupan flora.

Bentuk gympie-gympie sama saja seperti jenis tanaman biasa pada umumnya. Nah, yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana sebenarnya cara tanaman ini membunuh mangsanya? Senjata semacam apakah yang digunakannya? Pasti anda penasarankan? Sanking bahayanya, tanaman ini bisa membunuh hanya dalam satu sentuhan saja.

Jika sekali saja anda bersentuhan dengan tanaman ini, baik itu sengaja maupun tidak sengaja, awalnya anda akan merasakan panas seperti tersengat, selanjutnya racun yang masuk ke dalam tubuh anda melalui sentuhan tersebut akan menyebar dan bisa mengakibatkan kematian.

Ganasnya Racun Gympie-Gympie

Salah seorang korban yang selamat dari racun mengerikan daun tanaman ini sempat menceritakan, bagaimana ganasnya tanaman asli Indonesia dan Australia ini ketika tersentuh dan mengeluarkan racunnya.

Saat tangan anda bersentuhan dengan daun maupun pohon Gympie ini, maka bersiaplah untuk tersengat aliran listrik, kemudian tulang anda akan menjadi kaku dalam seketika dan jika sudah sampai pada kondisi yang kronis, maka anda bisa langsung meninggal, bahkan sebelum sempat menerima pertolongan pertama. Benar-benar pembunuh yang mengerikan, kan? Di Indonesia sendiri, tanaman ini pertama kali ditemukan ditengah hutan rimba di daerah Maluku.

Ciri-ciri Tanaman Gympie-Gympie

Sama halnya dengan tanaman lain yang biasa anda temukan di sekitar anda maupun di dalam hutan, tanaman Gympie yang terkenal sangat mematikan ini juga mempunyai daun berbentuk hati, batang dan buah. Buah yang dihasilkan oleh tanaman ini memiliki warna yang sangat mencolok, yaitu: berwarna ungu.

Dari keseluruhan bagian yang dimiliki oleh tanaman ini, hampir seluruhnya ditutupi oleh rambut-rambut yang sangat halus dan kecil seperti jarum suntik. Hanya bagian akarnya saja yang tidak ditumbuhi oleh rambut. Bisa dikatakan bahwa dari keseluruhan bagiannya, hanya akar tanaman ini saja yang masih aman untuk di sentuh. Tahu kenapa?

Hal tersebut dikarenakan, rambut-rambut halus yang memenuhi semua bagian tanaman inilah yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit yang tak tertahankan pada saat menyentuhnya. Dan dari rambut halus tersebutlah tanaman ini menginfeksi anda dan memasukkan racunnya ke dalam tubuh anda sesaat anda bersentuhan dengannya.

Cara Tanaman Gympie Membunuh Mangsanya

Jika seseorang bersentuhan dengan rambut kecilnya, maka dengan refleks rambut kecil tersebut akan mengeluarkan racun dan melepaskan toksin yang sangat menyakitkan yang dikenal dengan nama racun moroidin. Racun ini merupakan racun yang sangat mematikan.  Ketika anda bertemu dengan tanaman ini di dalam hutan, sebisa mungkin hindarilah untuk melakukan kontak secara langsung.

Bukan hanya melalui kontak langsung, tanaman Gympie-Gympie ini juga bisa menyerang anda meskipun anda dalam posisi berdiri dan berada pada jarak yang “tidak begitu dekat” Anda akan merasakan gatal, panas, ruam, bersin-bersin, bahkan sampai hidung berdarah. Benar-benar tanaman yang berbahaya sekali.

Menurut seorang ahli virus, Dr. Mike Leahy, hal paling pertama kali yang akan dirasakan oleh mereka yang terkena oleh racun gympie-gympie ini adalah mereka akan merasakan adanya sensasi terbakar yang sangat intens, yang juga sangat menyakitkan, pembengkakan di ketiak dan bahkan kematian.

Pada tahun 1996, salah seorang telah menjadi korban dari keganasan tanaman Gympie-Gympie. Nama korbannya tersebut adalah A. C Macmillan. Menurut pengakuannya, daun dari tanaman ini telah membunuh kuda kesayangannya, tak lama setelah kaki kudanya tersebut bergesekan dengan daun dari tanaman gympie ini.

Sampai dengan saat ini, pohon asli Indonesia ini sangat ditakuti oleh para pemburu hewan di dalam hutan. Sanking takutnya, jika bertemu dengan pohon ini, kementrian kehutanan akan langsung memberikan warning untuk menjauhi tanaman pembunuh yang satu ini.

Tanaman Gympie-Gympie ini tumbuh di hutan hujan di Timur Laut Australia dan Maluku Indonesia. Racun tanaman ini mampu membunuh anjing, kuda dan manusia. Hanya orang yang beruntung saja lah yang bisa bertahan hidup dari racun tanaman ini. Jika anda sedang berada di dalam hutan dan bertemu dengan tanaman beracun ini, anda sebaiknya berhati-hati, karena sakit yang ditimbulkannya bisa berbulan bulan bahkan bertahun tahun.

Bahkan, meskipun tanaman ini sudah mengering selama beratus-ratus tahun, namun racun yang terkandung di dalamnya masih tetap ada dan sama ampuh dan menyakitkannya dengan ketika masih segar.

So guys, ingat ya untuk selalu berhati-hati saat menjelajahi hutan. Kalau sudah melihat ada tanda peringatan akan keberadaan tanaman gympie-gympie ini, maka anda sudah harus tau harus apa kan? Yang pasti, jangan coba-coba untuk berdekatan ataupun menyentuhnya. Itupun kalau anda memang tidak mau celaka.