Info

Urumi, Pedang Legendaris Dari India Yang Paling Mematikan

Apakah anda suka menonton film aksi (action film)? Jika memang anda pernah melihat beberapa film aksi di televisi atau di cinema, anda tentu pernah melihat beberapa adegan pedang, yang dilakukan oleh para pemain di dalam film tersebut. Contohnya dalam film Assasins, The Last Samurai, Sword of Destiny dan lain sebagainya. Di beberapa film tersebut, anda bisa melihat sejumlah aksi para pemain yang bertarung dengan menggunakan pedang.

Penggunaan pedang saat bertarung memang sudah ada sejak lama sekali. Pada zaman dahulu, pedang banyak digunakan sebagai senjata pada saat akan berperang. Sebelum membahas lebih jauh mengenai pedang ini, menurut anda, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan pedang? Ketika mendengar kata tersebut, apa yang pertama kali terlintas di dalam benak anda? Masing – masing orang pasti punya sudut pandang yang berbeda – beda tentang pengertian pedang ini.

Beberapa di antaranya mungkin akan menggambarkan pedang sebagai sesuatu yang terbuat dari besi, dengan bentuk yang panjang, tajam, dengan ujung yang runcing, seperti pada gambar berikut ini:

Pendapat mengenai pengertian pedang ini bisa saja sangat bervariasi. Akan tetapi, tahukah anda kalau hampir semua orang akan mengatakan setuju, dengan pendapat yang mengatakan bahwa pedang termasuk ke dalam salah satu benda yang paling berbahaya. Setuju kah anda?

Sejarah Muncul dan Berkembangnyanya Pedang Pertama Kali

Beberapa orang mengatakan bahwa pedang awalnya muncul dalam bentuk sebuah belati kecil. Ketika itu manusia sudah mulai mahir dalam pembuatan pisau yang lebih panjang, yang dibuat dari tembaga arsenik dan timah – tembaga sekitar 3000 SM. Para ahli juga sempat menemukan sebuah senjata tua seperti pedang, yang pada saat itu diketahui sebagai peninggalan bangsa Turki pada 3300 SM. Senjata yang ditemukan tersebut memiliki panjang 21 inchi dan terbuat dari perunggu.

Pada masa Dinasti Shang, pedang perunggu diproduksi pada periode perang negara dengan Dinasti Qin. Pada zaman itu Bangsa Cina telah mengembangkan pinggiran pedang dengan menggunakan timah lembut agar terlihat lebih halus, yang disebut dengan pola berbentuk berlian pada pisau. Cina juga menggunakan tembaga timah dengan kualitas tinggi dan logam yang sangat keras pada pedang buatannya, untuk mencegah pedang yang digunakan patah pada saat sedang berperang.

Seiring bejalannya waktu, pedang terus mengalami perubahan. Pedang yang terbuat dari perunggu sudah tidak dianggap efisien lagi untuk digunakan. Itulah sebabnya pada abad ke-13 SM, sebuah temuan arkeologi menunjukkan bahwa orang Mesir, bangsa Het dan kebudayaan Proto-Celtic Hallstattadalah yang pertama kali menggunakan pedang yang terbuat dari besi. Meskipun pedang besi ini juga bisa bengkok atau patah, namun setidaknya pedang besi ini lebih baik dari pedang perunggu yang diciptakan sebelumnya.

Perkembangan yang terjadi pada pedang tidak hanya sampai di situ saja. Hingga sampai saat ini, ada banyak jenis pedang yang sudah ditemukan di seluruh dunia, dengan berbagai bentuk dan tingkat kejaman yang tidak sama, karena disesuaikan dengan fungsi masing – masing dari pedang itu sendiri.

Meskipun ada beragam jenis pedang yang diciptakan saat ini, namun penggunaannya tidak sama lagi dengan pada zaman dahulu. Kalau dulu, tidak ada larangan untuk menggunakan pedang, karena memang pedang pada saat itu dijadikan sebagai alat pertahanan diri dan biasa digunakan saat perang.

Namun di era moderen seperti ini, kepemilikan dan penggunaan pedang ini sangat diawasi oleh pemerintah, karena dianggap dapat disalahgunakan oleh masyarakat. Gimana nggak diawasi men, lihat aja begal – begal yang banyak berkeliaran di jalan. Mereka kerap menjadikan senjata ini untuk merampok dan membunuh korbannya. Yah, wajar saja penggunaannya di Indonesia sangat diawasi.

Setelah membahas tentang apa dan bagaimana sejarah singkat tentang awal muncul dan berkembangnya senjata pedang ini, saatnya masuk ke dalam topik penjelasan yang sebenarnya. Artikel ini akan membahas mengenai salah satu pedang terunik dan tertajam yang ada di dunia. Dari begitu banyaknya jenis pedang yang ada di dunia ini, pedang yang kali ini akan dibahas rasa – rasanya memiliki keistimewaan tersendiri. Penasarankan?

Pedang Urumi

Pedang unik yang dimaksud tersebut adalah Pedang Urumi. Pernahkah anda mendengar atau melihat pedang ini sebelumnya? Sama seperti pedang – pedang pada umumnya, Pedang Urumi adalah salah satu dari beragam jenis pedang yang ada di dunia. Meskipun mengikuti konstruksi yang sama dengan pedang – pedang yang lainnya, tapi bisa dikatakan bahwa pedang ini memiliki bentuk yang lebih sederhana dibandingkan dengan pedang – pedang yang lainnya.

Kesederhanaan yang ditunjukkan oleh Pedang Urumi ini bisa dilihat dari bentuknya yang hanya terdiri dari gagang, yang dihubungkan ke pisau baja tipis dan fleksibel. Panjang urumi biasanya sekitar 1,2 meter – 1,6 meter dan bahkan bisa dibuat lebih panjang untuk kasus tertentu, serta memiliki lebar sekitar satu inchi. Tapi jangan salah guys, meskipun bentuk pedang ini sesederhana itu, tapi kalau masalah ketajaman, Urumi tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dari keseluruhan tersebut, yang paling unik dari senjata ini terletak pada tampilan pisaunya yang sangat tipis, sehingga dapat digulung tanpa patah. Kemampuannya yang dapat menggulung tersebut menjadikan pedang ini sering dijuluki sebagai “Curving Sword” atau “Pedang Melengkung” dan juga dikenal dengan sebutan “Chuttuval”.

Mengingat Urumi memiliki bentuk yang unik, memanfaatnya dalam seni bela diri rasanya sangat tepat. Karena sifat fleksibelnya, pedang ini memang tidak cocok digunakan untuk menusuk. Tapi jika digunakan untuk mencambuk, kelihatannya lebih sesuai. Itulah sebabnya mengapa Urumi biasa digunakan dalam seni bela diri cambuk di India.

Semengerikan apakah pedang urumi?

Urumi sebenarnya adalah senjata atau pedang yang berasal dari India bagian Selatan. Pedang ini dianggap mengerikan karena jika terkena satu saja sayatannya, maka akan sangat sulit untuk diobati. Jika biasanya pedang hanya memiliki satu bilah saja, beda halnya dengan senjata yang satu ini. Urumi terdiri dari beberapa bilah yang semuanya sama – sama tajam. Banyaknya bilah tajam inilah yang menjadikan urumi sebagai senjata yang sangat berbahaya dan mematikan.

Jika pedang ini diayunkan, maka musuh akan kesulitan untuk menghindari serangan. Hal ini karena saat bertarung, musuh tidak akan mudah untuk menerka bilah mana yang akan mengenai dirinya. Awalnya senjata ini digunakan oleh masyarakat karla India pada saat akan berperang. Sebagai senjata yang berbahaya, tidak semua orang bisa menggunakannya lho, guys. Hanya orang – orang tertentu yang memiliki keahlian khusus saja yang bisa menggunakan senjata unik ini. Jika salah menggunakannya, anda bisa membahayakan diri anda sendiri.

Seni Bela Diri Kalaripayattu

Sebagai salah satu benda bersejarah, Urumi berhasil dilestarikan hingga saat ini. Pelestarian senjata ini tampak dari masih digunakannya senjata ini dalam kesenian bela diri yang ada di India. Seni Bela Diri yang dinamakan Kalaripayattu ini cukup terkenal di dunia, lho. Pernahkah anda mendengar nama seni bela diri India tersebut?

Seni bela diri Kalaripayattu merupakan seni atau gaya pertarungan di India, yang dianggap sebagi salah satu seni bela diri yang tertua di dunia. Seni tersebut memasukkan unsur tarian yoga dan performatif. Gerakan dalam Kalaripayattu yang dilakukan terlihat seperti koreografi yang kasar namun memberikan kesan yang anggun.

Pertarungan Urumi ini tidak jauh berbeda dengan pertarungan pedang lainnya, namun jauh lebih berbahaya bagi mereka yang ingin mencoba atau mempelajarinya. Urumi yang digunakan di dalam pertarungan seni bela diri tersebut memang hanya memiliki bilah tunggal, namun tetap saja sangat berbahaya, karena senjata tersebut sangat tajam.

Nah, karena Pedang Urumi ini sudah divonis sebagai senjata yang mematikan, bagi anda yang memang tidak memiliki kemampuan khusus, lebih baik jangan mencoba – cobanya. Bisa – bisa nyawa anda nanti yang melayang. Tapi jika memang anda sangat tertarik atau penasaran untuk mencoba mempelajari bela diri ini, ada baiknya jika terlebih dahulu anda mencari tahu lebih banyak mengenai apa – apa saja hal yang perlu anda perhatikan dan apa resiko yang kemunkinan bisa terjadi.

Sekian informasi mengenai pedang urumi yang merupakan pedang legendaris di dunia tersebut. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda. 🙂