Info

Yoga Wajah, Cara Alami Atasi Penuaan Tanpa Efek Samping

Setiap manusia pasti akan mengalami yang namanya proses penuaan. Proses tersebut terjadi secara alami pada setiap orang. Namun sayangnya, penuaan yang dialami terkadang membuat seseorang menjadi kurang nyaman atau kehilangan rasa percaya dirinya. Dan hal ini umumnya paling banyak dirasakan oleh para wanita.

Seperti yang anda ketahui, wanita adalah makhluk yang sensitif, sehingga ada banyak hal yang sangat “pantang” atau tidak boleh diucapkan sembarangan pada mereka, terutama untuk hal-hal yang menyinggung bagian fisik yang mereka miliki, seperti misalnya mengatai mereka gemuk dan menua.

Mereka sangat sensitif dengan kata-kata itu dan cenderung akan tersinggung atau marah pada orang yang mengatakannya, sekalipun yang dikatakan tersebut memang benar.

Untuk mengelabui penuaan yang terjadi, beberapa wanita akan melakukan berbagai cara, mulai dari melakukan operasi plastik dan menggunakan produk-produk kecantikan, yang bisa membantu memudarkan tanda-tanda penuaan tersebut seperti: memakai cream atau bedak anti keriput dan produk kosmetik lainnya. 

Keinginan untuk selalu tampil muda inilah yang secara tidak disadari membuat wanita sering mengabaikan efek jangka panjang, yang akan mereka rasakan jika memakai produk seperti itu secara terus-menerus.

Tahukah anda kalau beberapa kosmetik mengandung serum yang penuh dengan racun dan zat kimia yang berbahaya? Tentu saja anda mengetahui hal tersebut. Hanya saja anda tidak peduli dan lebih mementingkan penampilan dibandingkan kesehatan anda.

Nah, daripada anda ambil resiko karena menggunakan produk-produk kosmetik yang belum bisa dipastikan keamanannya tersebut, mendingan anda melakukan yoga wajah saja.

Yoga dipercaya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga bisa membantu anda mengatasi masalah penuaan. Kalau ada cara alami yang bisa anda lakukan, mengapa anda harus memilih cara yang lain? Betul nggak? Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Melakukan Senam Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang sangat baik untuk mengurangu stress, meregangkan otot, mengecilkan perut membuat tubuh menjadi langsing dan ideal. Dan bahkan saat ini banyak orang yang tertarik untuk mengikuti senam yoga  karena terbukti bisa membuat orang menjadi lebih muda.

Makna dari yoga ini adalah memusatkan seluruh pikiran agar bisa mengendalikan panca indera. Dengan kata lain, jika ingin melakukan olahraga ini, anda harus mampu berkonsentrasi penuh, serta mengatur dan mengontrol pikiran dengan tujuan menciptakan keselarasan dan keseimbangan antara jiwa, pikiran dan tubuh.

Senam yoga ini dilakukan dengan teknik meditasi yang dibarengi dengan asana atau gerakan khusus. Teknik dan gerakan ini sangat beragam dan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan orang yang melakukannya, seperti gerakan yang dilakukan untuk ibu hamil pasti berbeda dengan mereka yang sudah lansia.

Karena kebanyakan yang mengikuti senam yoga ini adalah kaum perempuan, maka jangan heran jika gerakan-gerakan yang dilakukan tidak sesulit olahraga pada umumnya. Namun meskipun begitu, tidak berarti senam yoga tidak memiliki khasiat yang besar.

Senam Yoga Untuk Wajah

Seperti kebanyakan senam yang anda ketahui, gerakan yang umum dilakukan biasanya lebih banyak membutuhkan gerakan tangan dan kaki, benar tidak? Begitu pula dengan gerakan pada yoga.

Namun, kini yoga tidak hanya dilakukan dengan mengandalkan gerakan tangan dan kaki saja, melainkan juga gerakan pada wajah. Anda harus tahu bahwasannya wajah juga membutuhkan olahraga dan olahraga yang tepat untuk wajah adalah yoga.

Mungkin bagi anda aneh rasanya ketika mendengar atau mengetahui bahwasannya yoga juga bisa dilakukan pada wajah, tapi pada kenyataannya hal tersebut memang ada dan terbukti khasiatnya. Sanking efektifnya, banyak orang yang mulai mencoba mengikuti senam yoga wajah tersebut.

Jika anda melakukannya secara teratur dan dengan cara yang benar, senam ini bisa mengurangi tanda-tanda penuaan pada bagian wajah anda dan pastinya akan menambah rasa percaya diri anda untuk tampil di depan umum. Anda tentu ingin tampil muda dan dipandang awet muda oleh orang-orang yang berada di sekitar anda, bukan?

Supaya anda lebih yakin kalau yoga wajah ini memang memiliki khasiat kecantikan yang luar biasa, alasan yang akan disebutkan berikut mungkin bisa membantu anda untuk mempertimbangkannya. Check it out!

Keuntungan Yoga Wajah

1. Lebih murah daripada melakukan operasi plastik dan memakai krim wajah 

Tidak menghabiskan biaya yang besar merupakan alasan utama mengapa anda harus melakukan yoga wajah. Tidak bisa dipungkiri memang kalau dana adalah salah satu hal yang sering dianggap sebagai penghambat seseorang, untuk memiliki wajah yang awet muda atau untuk mengurangi tanda-tanda penuaan.

Kalimat “Cantik itu mahal” atau “Tampil awet mudah itu butuh biaya” memang tidak salah, tapi bukan berarti juga benar 100 persen. Anda bisa kok memiliki wajah yang awet muda tanpa harus mengeluarkan banyak uang, yaitu dengan cara melakukan senam yoga secara teratur.

Anda hanya memerlukan waktu beberapa menit saja secara berkala untuk melakukannya. Memang tidak seinstan saat anda melakukan operasi atau menggunakan krim mahal, tapi jika anda memang niat atau sungguh-sungguh melakukan senam wajah tersebut, anda bisa kok mendapatkan hasil yang jauh lebih bagus dan tidak menyoyak isi dompet anda pastinya.

2. Tidak Berbahaya

Beberapa waktu yang lalu, suntik Botox begitu populer di kalangan masyarakat karena efeknya yang bisa membantu memudarkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis kerutan di sekitar wajah.

Namun sayangnya, cara ini tidaklah begitu baik karena ada beberapa efek samping yang bisa terjadi pada anda setelah menggunakannya, seperti misalnya menyebabkan sakit kepala, disfagia, flu sindrom, penglihatan kabur, mulut kering, kelelahan, reaksi alergi dan pembengkakan atau kemerahan di tempat suntikan.

Selain botox, pemakaian kebanyakan krim anti penuaan mengandung parafin, minyak mineral, wewangian berat dan bahan-bahan yang tidak diinginkan lainnya juga bisa membahayakan kondisi wajah bahkan kesehatan anda.

Berbeda dengan botox dan yang lainnya, yoga wajah 100% alami dan tanpa bahan kimia yang berbahaya. Tidak ada jarum dan juga aman untuk tubuh.

3. Memperlambat proses penuaan

Semakin sering anda tersenyum, menyipitkan mata, atau menegangkan wajah, maka akan semakin banyak keriput yang anda kumpulkan.

Meskipun hal tersebut adalah bagian alami dari kehidupan, namun senam wajah bisa membantu anda untuk memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan tersebut.

Tahukah anda kalau beberapa gerakan tertentu yang sering anda lakukan sehari-hari memiliki dampak yang besar dalam pembentukan garis-garis penuaan pada wajah anda?

Jika anda belum menyadarinya, maka inilah waktunya untuk sadar bahwa ekspresi wajah berkontribusi pada keriput dan tanda penuaan lainnya.

4. Mengurangi otot-otot wajah yang tegang

Berbicara tentang ketegangan, daerah leher dan wajah sering sekali mengalaminya. Tentu saja hal ini tidak baik untuk wajah anda karena akan menimbulkan garis-garis penuaan.

Tapi tidak usah khawatir karena yoga wajah bisa mengatasinya. Senam ini akan meregangkan otot-otot tersebut dan mengurangi “ketegangan” yang terjadi. Cara ini bahkan telah membantu beberapa wanita pulih dari sakit leher kronis yang mereka alami.

5. Otot wajah akan mengencang dan leher menjadi lebih rileks

Yoga wajah adalah bentuk latihan, yang berarti mengencangkan wajah anda. Sama seperti pada saat anda melatih otot-otot tubuh anda yang lainnya, senam wajah yang anda lakukan juga akan menarik darah, oksigen dan peredaran zat-zat lainnya ke kulit, yang dapat merangsang produksi kolagen dan membuat wajah menjadi lebih muda.

Tidak akan membuat wajah tampak membeku seperti  pada botox ataupun menyebabkan bekas luka yang memerah dari prosedur lainnya (kulit yang memerah akibat zat kimia bisa berlangsung selama beberapa bulan), yoga wajah malah bertindak sebaliknya.

Kegiatan ini akan membuat wajah anda tampak bersinar dan juga membuat tubuh anda lebih rileks dari sebelumnya. Senam wajah juga bisa membantu membersihkan pikiran anda dari stres yang bergejolak.

6. Menghilangkan Double Chin atau Dagu Ganda

Yoga wajah dapat membantu menghilangkan double chin yang anda miliki. Double chin sendiri merupakan kondisi dimana dagu menumpuk menjadi dua tingkat, dikarenakan terdapat banyak lemak yang ada di bawah permukaan kulit pada bagian dagu tersebut.

Umumnya timbulnya double chin ada kaitannya dengan proses penuaan. Jika anda tidak mau merusak penampilan anda hanya karena keberadaan lemak pada dagu anda tersebut, maka lakukan lah senam wajah, dengan melakukan gerakan pada leher. 

Di beberapa kebudayaan Asia, latihan ini dianggap sebagai rahasia kecantikan, yang diyakini bisa memberi efek kemudaan.

7. Meningkatkan kepercayaan diri

Alasan terakhir mengapa anda harus mencoba senam wajah ini adalah karena dapat meningkatkan kepercayaan diri anda. Ketika anda merasa penampilan anda baik, maka perasaan anda tentu akan baik pula dan begitupun sebaliknya.

Dengan melakukan pose wajah konyol pada senam ini, anda bisa mendapatkan kepercayaan diri tersebut. Jadi gimana? Masih tetap ragu untuk mencobanya?

Gerakan-Gerakan Senam Wajah

Setelah membaca penjelasan mengenai apa itu yoga wajah serta berbagai manfaat yang bisa diberikannya, mungkin banyak dari anda yang mulai tertarik dan pastinya penasaran kan dengan kebenaran khasiatnya? Sebelum memulai senamnya, yuk lihat dulu bagaimana gerakan-gerakan yang harus dilakukan nantinya di dalam yoga wajah yang akan anda lakukan.

  • Wajah ikan yang tersenyum
    Pose ikan tersenyum ini dilakukan dengan cara senyum selebar-lebarnya, kemudian buatlah ekspresi seperti ikan dengan cara menghisap pipi anda ke dalam mulut. Melakukan gerakan ini akan membantu mengencangkan dan mengangkat otot pipi anda. Lakukan kedua tindakan tersebut secara simultan dan ulangi sampai 5 kali.
  • Marilyn
    Pose ini diarahkan untuk menciptakan bibir yang lebih kencang. Posisi Marilyn adalah posisi pertama yang biasa lakukan saat senam yoga wajah. Caranya adalah dengan membuat mimik datar, lalu majukan bibir seperti ingin mencium. Kemudian tahan selama 5 detik sambil menghela nafas melalui mulut. Lakukan sebanyak tiga kali, kemudian lakukan gerakan kiss-bye, atau mendekatkan jari-jari tangan di mulut. Ulangi gerakan selama empat kali.
  • Bayi burung
    Pose ini dimaksudkan untuk mengangkat atau mengencangkan otot leher dan menceganya kendur (dagu ganda). Pertama-tama, putar kepala anda ke kanan. Angkat dagu anda ke atas dan tekan ujung lidah ke langit-langit mulut. Selanjutnya, tersenyum lah. Ulangi untuk sisi tengah dan kiri.
  • Satchmo
    Pose ini dinamakan dengan pemain tanduk yang menyimpan banyak udara di pipi mereka. Cara melakukannya adalah dengan mengambil napas dalam jumlah yang besar dan pindahkan nafas dari pipi ke pipi. Ulangi sampai udara di dalam habis. Lakukan selama 5 sampai 10 detik sebanyak 10 kali.
  • Penari candi
    Temple Dancer berfokus pada bagian yang kendur. Anda bisa melakukannya dengan cara berdiam diri tanpa ekspresi, dengan mata yang terbuka lebih lebar dari biasanya. Selanjutnya meliriklah ke sebelah kiri, lalu kembali ke tengah. Ulangi sebanyak 10 kali.
  • Budha
    Pose ini dimaksudkan untuk memasang wajah dalam keadaan tenang. Tutup mata anda dan tersenyumlah sedikit. Pastikan seluruh wajah sepenuhnya dalam keadaan yang rileks untuk mencapai ketenangan yang maksimal.
  • Lion Face, Bagian I
    Tarik napas melalui hidung anda, buatlah tinju dari kepalan tangan anda dan peras semua otot wajah anda (lakukan seperti pada saat anda sedang geram).
  • Lion Face, Bagian II
    Sekarang buang napas melalui mulut anda, kemudian julurkan lidah anda ke depam, putar mata anda dan buka kepalan tangan yang anda buat tadi. Ulangi sebanyak tiga kali.

Gimana? Mudah sekali kan melakukannya? Kalau anda rutin melakukan senam ini, anda tidak perlu khawatir dengan masalah penuaan, karena anda akan selalu terlihat awet muda. Tidak percaya? Yah, coba saja. Kan tidak ada salahnya jika anda mencobanya terlebih dahulu baru berkomentar. Selamat mencoba ya guys.