Knowledge

Arti Dari Bulu Mata Jatuh

Bulu mata menjadi bagian dari diri yang berfungsi untuk mengindahkan mata, hal ini lebih spesifikasi ke perempuan. Terkadang kaum perempuan sampai membeli alat untuk melentikkan bulu mata atau bahkan sampai menggunakan bulu mata palsu agar mata terlihat lebih lentik. Bulu mata atau rambut mata adalah helaian rambut yang menjadi bagian dari mata dimana berfungsi untuk melindungi mata dari debu, keringat atau air yang menetes dari dahi agar tidak masuk ke mata.

Mungkin sudah banyak mitos yang banyak kita dengar tentang jatuhnya bulu mata. Mitos mengenai bulu mata yang jatuh biasanya dipercayai bahwa ada orang yang merindukan kita. Bahkan di beberapa belahan dunia, menggunakan bulu mata yang jatuh untuk menepuk tangan dan dilakukan secara berulang-ulang dengan bulu mata yang dipindai dari tangan kiri ke tangan kanan dan sebaliknya. Ini dilakukan sambil menyebutkan dari huruf A sampai dnegan Z. Jika bulu mata jatuh di huruf tertentu, maka itu adalah petanda dari inisial yang merindukan kita. Bahkan di Jawa, orang akan membuka primbon untuk melihat artinya. Tentu saja di beberapa masyarakat dipercaya bahawa bila ada bulu mata yang jatuh di pipi, maka itu dapat diartikan sebagai :

1. Bila ada bulu mata yang jatuh dari mata yang sebelah kanan, itu diartikan sebagai petanda ada seseorang yang lagi merindukan orang tersebut. Kalau orang yang merindukan itu adalah laki-laki, biasanya dipercaya bahwa laki-laki tersebut tampan,gagah ataupun macho. Kalau perempuan dianggap orang tersebut cantik, manis dan lembut.

2. Bila ada bulu mata yang jatuh dari mata yang sebelah kiri, itu diartikan sebagai petanda orang yang merindukan orang tersebut baik itu laki-laki ataupun perempuan semuanya pasti jelek, biasanya yang mengalami hal ini menganggap hal ini bukanlah apa-apa dan menghiraukannya begitu saja (seperti kata pepatah, berpikirlah positif dan buang jauh-jauh pikiran negatif sob).

Terlepas dari hal itu , benar atau tidaknya mitos tersebut, bulu mata yang jatuh dapat dijelaskan secara ilmiah. Bulu mata jatuh adalah hal yang normal terjadi. Jika bulu mata sudah berumur 3 bulan, biasanya ini disebabkan karena infeksi bakteri yang disebabkan oleh perekat tanam bulu mata.

Stres juga bisa berpengaruh pada bulu mata. Jika anda stres, bulu mata anda akan jatuh lebih banyak. Makanan yang buruk dan keseringan penggunaan maskara serta bulu mata palsu juga bisa menimbulkan bulu mata jatuh. Untuk itu, hindarilah hal-hal yang bisa membuat anda stres dan hindarilah penggunaan maskara dan bulu mata palsu berlebihan.

Nah, menurut sobat sendiri gimana? Apakah Anda percaya mitos ini? 😀