Knowledge

Beberapa Fakta Penting Bulan Sebagai Satelit Bumi

Pernahkah anda pergi ke bulan? Mungkin belum lah ya. Secara, pergi ke bulan itu nggak kayak pergi ke Matahari. Kalau ke Matahari, mungkin sebagian besar dari anda sudah pernah pergi, karena Matahari ada banyak di mall-mall. Bulan yang akan dibahas di dalam artikel ini bukanlah banyaknya bulan dalam satu tahun. Tapi yang akan dibahas adalah Bulan yang merupakan salah satu anggota tata surya.

Apa Sih Bulan Itu Sebenarnya?

Di dalam tata surya, beberapa planet memiliki satelit yang bergerak mengelilingi planet tersebut. Planet yang terkenal memiliki jumlah satelit terbanyak dalam tata surya adalah Saturnus. Tidak hanya saturnus, Bumi yang juga termasuk anggota tata surya juga memiliki satelit, yaitu Bulan. Bulan merupakan satu-satunya satelit alami yang dimiliki oleh Bumi. Bulan juga termasuk kedalam kategori satelit terbesar ke-5 yang ada di tata surya. Satelit Bulan ini tidak memiliki sumber cahaya sendiri, melainkan mendapatkan cahaya dari pantulan cahaya Matahari.

Beberapa Fakta Unik Tentang Bulan Sebagai Satelit Bumi

Bulan yang merupakan satelit bumi ini, memiliki beberapa ciri-ciri khusus, yaitu:

1. Bulan memiliki bentuk permukaan yang bulat, tapi tidak benar-benar bulat. Permukaan nya sering disamakan seperti permukaan keju, yang berlubang-lubang. Dengan kata lain, permukaan bulan ini tidak teratur atau kalau orang medan bilang sih “bopeng-bopeng”.
2. Bulan memiliki diameter sebesar 3.474 km atau seperempat dari diameter Bumi. Ini menunjukkan bahwa bulan memiliki ukuran yang lebih kecil dari Bumi.
3. Volume Bulan hanya sekitar 2 persen dari volume Bumi dan tarikan gravitasi di permukaannya sekitar 17 persen daripada tarikan gravitasi Bumi.
4. Bulan beredar mengelilingi Bumi setiap 27,3 hari sekali (perode orbit)
5. Variasi periodik dalam sistem Bumi-Bulan-Matahari, yang bertanggungjawab atas terjadinya fase-fase Bulan, berulang setiap 29,5 hari (perode sinodik).
6. Massa jenis Bulan adalah sebesar 3,4 g/cm³, yang berarti lebih ringan dibandingkan dengan massa jenis Bumi sebesar 5,5 g/cm³
7. Massa Bulan hanya 0,012 massa Bumi.
8. Bulan saat ini adalah satu-satunya benda langit yang pernah didatangi dan didarati oleh manusia.
9. Kendaraan luar angkasa pertama yang berhasil melakukan pendaratan di bulan adalah Luna 9, dan yang berhasil mengorbit Bulan adalah Luna 10, keduanya dilakukan pada tahun 1966.
10. Program Apollo, yang merupakan program misi luar angkasa milik Amerika Serikat, adalah satu-satunya misi berawak yang sampai saat ini telah berhasil melakukan 6 kali pendaratan berawak antara tahun 1969 dan 1972.
11. Obyek buatan pertama yang melintas dekat Bulan adalah kendaran luar angkasa milik Uni Soviet yaitu Luna 1, obyek buatan pertama yang membentur permukaan Bulan adalah Luna 2, dan foto pertama sisi jauh bulan yang tak pernah terlihat dari Bumi, diambil oleh Luna 3, kesemua misi dilakukan pada 1959.
12. Di bulan tidak terdapat udara ataupun air.
13. Kawah yang terbentuk di permukaan bulan disebabkan oleh hantaman komet atau asteroid.
14. Ketiadaan udara dan air di bulan menyebabkan tidak adanya pengikisan yang terjadi, sehingga banyak kawah di bulan yang berusia jutaan tahun masih dalam keadaan utuh.
15. Kawah terbesar yang ada di bulan bernama Clavvius, dengan diameter 230 kilometer dan sedalam 3,6 kilometer.
16. Ketidak adaan udara juga menyebabkan tidak adanya bunyi yang dapat terdengar di Bulan.
17. Bulan ternyata memiliki sisi gelap.

Sisi Gelap Bulan

Pernahkah anda mendengar kalau bulan memiliki sisi gelap yang misterius? Sisi gelap yang dimaksud di sini adalah sisi lain dari bulan yang tidak pernah tampak atau kelihatan dari bumi. Inilah yang sering menjadi pertanyaan mengapa hanya satu sisi bulan saja yang bisa diamati dari bumi.

Alasan mengapa sisi lain dari bulan tidak bisa diamati dari bumi adalah dikarenakan bulan berada dalam orbit sinkron dengan bumi. Orbit sinkron inilah yang menyebabkan kala rotasi dan revolusi yang terjadi pada bulan sama. Gaya gravitasi bumi adalah jawaban dari pertanyaan misterius ini. Bulan yang merupakan satelit Bumi, ternyata di tarik oleh gaya gravitasi bumi, sehingga pergerakan bulan akan dipengaruhi oleh Bumi. Itulah sebabnya mengapa pada saat bulan bergerak mengelingi bumi, hanya ada satu bagian sisi bulan saja yang kelihatan.

Akibat dari kemunculan sisi gelap bulan ini, beragam spekulasi pun mulai bermunculan. Banyak berita-berita aneh muncul, yang kebenarannya masih sangat diragukan. Beberapa orang bahkan sempat memberikan informasi bahwa pada sisi gelap bulan tersebut, terdapat sejumlah alien yang tinggal dan hidup di sana. Yang lainnya juga sempat menyebarkan informasi bahwa sempat terdengar suara nyanyian di sisi gelap tersebut.

Setiap orang boleh saja mengemukakan pendapat mereka, tapi sebagai pendengar dan pembaca yang kritis, anda harus bisa memilah-milah informasi yang benar dan yang tidak.