Knowledge Unique

HP Lowbat Tapi Nggak Bawa Charger? Ini Solusinya

Pernahkah anda mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan saat HP atau Smartphone anda mendadak kehabisan baterai? Apalagi saat itu situasi sedang genting – gentingnya, kehabisan baterai secara mendadak bahkan bisa membuat seseorang menjadi panik sendiri.

Dan yang lebih membuatnya semakin menjengkelkan lagi adalah ketika bepergian keluar, trus tiba – tiba baterai Ponsel habis dan anda ternyata tidak membawa powerbank atau charger, atau bisa juga karena kebetulan powerbank anda memang sudah kehabisan daya.

Wah, pasti anda bakalan panik sekali. Iya nggak? Yang senyum – senyum saat membaca artikel ini pertanda bahwa anda adalah salah satu korban kepanikan tersebut. Benar nggak? Hehe

Kebutuhan masyarakat akan handphone saat ini bisa dibilang sedang tinggi – tingginya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa seseorang menjadi sangat panik, saat baterai handphone miliknya habis atau yang lebih dikenal dengan istilah lowbat. Itu sebabnya beberapa orang akan melakukan berbagai cara untuk menjaga agar baterai handphone miliknya tidak habis secara mendadak.

Salah satu cara agar handphone tidak kehabisan baterai saat berada di luar rumah adalah dengan membawa powerbank. Benda yang satu ini memang cukup membantu sih, tapi tetap saja ada batasannya. Kapasitas energi pada powerbank ini berbeda – beda. Beberapa diantaranya bahkan hanya memiliki kapasitas energi yang rendah.

Dengan kata lain anda tidak bisa terus bergantung pada powerbank ini, karena tetap saja ada kemungkinan handphone anda bisa kehabisan baterai. Nah, kalau saja saat berada di luar anda mengalami kehabisan baterai handphone tersebut, bagaimanakah cara anda mengakalinya?

Apakah anda akan meminjam powerbank atau charger orang lain? Yah, kalau kenal sih nggak apa – apa juga. Yang menjadi masalahnya adalah jika di tempat tersebut tidak ada seorangpun yang anda kenal, apa anda akan tetap nekad untuk meminjam? Sepertinya tidak banyak yang mau melakukannya.

Kalau tidak karena sangat terpaksa atau karena ada urusan yang urgent, pasti bakalan gengsi dong ngelakuin hal semacam itu? Iya kalau dikasih pinjam, kalau nggak? Wah, bakalan diletak dimana nih muka. Betul nggak? Trus harus gimana dong? Anda tidak perlu bingung dan panik, karena pertanyaan anda itu akan terjawab jika anda membaca artikel ini.

Kehabisan daya baterai merupakan masalah yang paling sering muncul diantara pengguna gadget seperti handphone atau smartphone.  Kalaulah anda hidup 10 atau 15 tahun lalu, mungkin masalah ini bukanlah masalah yang begitu berarti untuk anda.

Tapi kalau anda hidup di era digital seperti sekarang ini, masalah tersebut bisa menjadi bencana yang besar bagi anda dan sebagian orang yang lainnya.

Begitulah kalau seseorang sudah sangat kecanduan menggunakan ponsel. Melihat hal tersebut, mulailah diciptakan sebuah ide atau terobosan terbaru, oleh seorang mahasiswa asal Surabaya, Indonesia. Mau tahu terobosan seperti apa yang diciptakannya untuk mengatasi masalah tersebut?

Terobasan yang dimaksud adalah terkait dengan sebuah cara yang luarbiasa, yang akan membantu mengatasi masalah kehabisan daya baterai yang sering anda rasakan. Caranya adalah dengan menciptakan alat charging dari suhu tubuh manusia.

Mungkin akan sulit bagi anda untuk percaya bahwa tubuh anda ternyata bisa dipakai untuk mengisi daya baterai handphone. Wajar saja memang jika anda masih meragukan kebenaran tersebut. Tapi anda tenang saja, karena untuk itulah mengapa artikel ini dibuat. Informasi berikut akan membuktikan bahwa penemuan ini memang benar dan nyata.

Adapun mahasiswa – mahasiswa ber-ide brilian tersebut antara lain: Raja Bugatti, Luqyana Salsabila, Lendy Pradhana, Syahrul Munir dan Vinda Aprilia. Mereka merupakan mahasisiwa S-1 Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya.

Anak – anak muda berbakat ini  terinspirasi dari kalor (panas) yang dihasilkan dari dalam tubuh manusia. Kalor atau panas tubuh ini dihasilkan dari ion – ion di dalam tubuh, yang membawa listrik yang dimiliki oleh tubuh manusia. Kalor di dalam tubuh tersebutlah yang menghasilkan panas, yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pengisian daya pada handphone atau smartphone.

Inovasi yang diberi nama Hand Charging, Charge The World , Charge The Society ini lebih unggul jika dibandingkan dengan powerbank yang biasa anda gunakan, karena tidak memiliki batas daya seperti powerbank pada umumnya. Produk ini juga bisa digunakan meskipun tidak ada listrik sama sekali, karena memanfaatkan suhu tubuh sebagai penambah dayanya.

Pengen tahukan gimana cara melakukannya? Berikut adalah video mengenai tata cara untuk mengisi daya baterai handphone dengan menggunakan kalor atau panas tubuh. Hanya dengan memanfaatkan tubuh sebagai penghantar, serta beberapa barang sederhana, seperti: dua koin logam, satu buah paperclip dan selembar kertas, baterai HP anda bisa ter-charger dan bebas dari kehabisan daya.

Cara Nge-charge Handphone Menggunakan Panas Tubuh

  • Pertama sekali, anda harus menyiapkan sejumlah barang seperti: dua buah koin logam, satu buah paperclip, kabel USB dan selembar kertas.
  • Kemudian sambungkan atau colokkan kabel USB yang telah disiapkan tadi pada handphone yang ingin anda isi dayanya. Setelah anda menyambungkannya, anda bisa lihat bahwa handphone anda tersebut tidak terisi daya sama sekali.
  • Setelah itu, masukkan ujung penjepit kertas yang lebih kecil ke dalam konektor USB.
  • Lalu, letakkan selembar kertas pada sela koin, di atas penjepit kertas untuk membuat piring kapasitor.
  • Selanjutnya, tempatkan koin lain di bagian bawah usb menyentuh cangkangnya.
  • Setelah melakukan semua aturan di atas, maka handphone anda akan mulai mengisi daya.
    Daya listrik tubuh Anda tersebut mengisi daya kapasitor dengan jari Anda, yang pada gilirannya juga akan mengisi daya telepon Anda.

Gimana? Keren sekali kan guys cara mengisi baterai ponsel ini? Sudah percayakan sekarang kalau ternyata tubuh juga bisa digunakan sebagai charger? Tertarikkah anda untuk mencobanya di rumah? Pasti tertarik bukan? Kalau memang tertarik, silahkan saja coba.

Kalau anda berhasilkan melakukannya kan bagus. Jadi anda gak usah repot – repot lagi deh bawa powerbank. Cukup dengan membawa alat – alat di atas kemanapun anda pergi, anda tidak perlu khawatir lagi kehabisan baterai. Iya nggak? Sekian informasi yang bisa diberikan oleh atikel ini. Semoga saja bisa bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba, guys.