Mistery

Bertemu Doppelganger Ternyata Pertanda Sebuah Kematian

Pernahkah anda mendengar kisah atau misteri tentang Doppelganger? Doppelganger merupakan sebuah istilah untuk menyatakan bayangan diri seseorang yang masih hidup. Bayangan yang dimaksud ini bukanlah bayangan biasa seperti pada saat anda sedang berdiri di depan cermin atau bayangan yang tercipta karena pantulan cahaya saat anda berdiri menghadap dinding.

Doppelganger merupakan bayangan diri yang memiliki sebuah misteri yang mengerikan. Beberapa tokoh terkenal dunia kerap menjadi sasaran terjadinya Doppelganger ini. Mereka mengaku bahwasannya mereka pernah berjumpa dengan bayangan diri mereka sendiri sebelum akhirnya mereka meninggal dunia. Siapa sajakah mereka? Sebelum sampai ke sana, kita bahas dulu mengenai apa itu doppelganger dan  asal usul Doppelganger ini ya guys.

Istilah Doppelganger

Doppelganger adalah istilah kata yang berasal dari bahasa Jerman, yaitu : Doppel yang berarti “double” dan Gänger yang berarti “Walker/Goer”. Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada bayangan diri yang dipercaya menyertai setiap manusia di bumi ini.

Dalam bahasa inggris sendiri, istilah ini memiliki makna jamak sehingga lebih cocok jika disebut dengan “Doppelgangers”. Jika diartikan menggunakan kamus Mirriam – Webster, pengertian Doppelganger ini memiliki 4 (empat) karakteristik, antara lain:

  1. Ghost of a living person, yang berarti : hantu dari orang yang masih hidup
  2. A double, yang berarti : ganda
  3. Alter ego, yang berarti : kepribadian alternatif (yang tidak kelihatan)
  4. A person who has the same name as the other, yang berarti : dua orang yang memiliki nama yang sama

Jika diartikan secara harfiah, Doppelganger ini bisa diartikan sebagai dua karakter yang tidak memiliki hubungan secara langsung, seperti : saudara kembar atau kakak – adik. Istilah ini juga bisa diartikan sebagai 2 karakter yang memiliki karakteristik fisik dan sifat yang sama.

Jika dilihat dari pengertian tersebut, sepertinya tidak ada yang salah dengan istilah Doppelganger ini. Namun tahukah anda kalau Provincial Glossary (1787) oleh Francis Grose, menggunakan kata “fetch” untuk mengartikan istilah Doppelganger?. Tahukah anda makna fetch tersebut? Fetch adalah penampakan hantu dari orang yang masih hidup. Mengerikan bukan? Anda yang hanya membacanya saja mungkin sudah merasa ngeri, apalagi mereka yang mengalaminya.

Kemiripan Doppelganger dengan Film Horror “Mirror”

Pernahkah anda menonton film horror yang berjudul “mirror”? Konsep kematian di dalam film ini, memiliki sedikit kemiripan dengan fenomena doppelganger yang dialami oleh beberapa orang. Di dalam film tersebut, seseorang dapat melihat kematian orang lain bahkan juga kematian dirinya sendiri, lengkap dengan bagaimana cara kematian tersebut menjemput mereka.

Berbeda dengan yang terjadi di dalam film, orang yang mengalami doppelganger di dunia nyata ini akan mengalami sebuah fenomena aneh, dimana ada suatu ketika mereka seakan melihat diri mereka sendiri dalam keadaan tertentu. Misalnya melihat diri mereka sendiri sedang berbaring di tempat tidur maupun sedang melakukan sesuatu yang lainnya.

Yang menyeramkan dari fenomena ini adalah dimana sehari setelah mengalami doppelganger, orang tersebut akan meninggal dunia. Bisa dikatakan bahwa doppelganger ini sama seperti sebuah firasat buruk. Dan yang lebih mengherankan adalah, fenomena ini lebih sering menimpa para tokoh-tokot terkenal dunia. 

Awal Mula Munculnya Fenomena Doppelganger

Fenomena doppelganger ini berbeda dengan penampakan hantu yang biasa terjadi di dalam kehidupan masyarakat. Dengan kata lain, doppelganger tidak ada kaitannya dengan hantu. Penampakan hantu berarti seseorang melihat citra orang yang telah meninggal.

Berbeda dengan fenomena doppelganger yang berarti melihat bayangan seseorang yang masih hidup. Dalam banyak kasus, Doppelganger dipercaya sebagai tanda-tanda kematian. Konon Ratu Elizabeth I juga mengalami fenomena aneh ini. Dia mengaku berjumpa dengan bayangan dirinya sendiri sebelum meninggal.

Belum ada yang tahu kapan fenomena ini pertama kali muncul. Namun pada tahun 1691, ditemukan sebuah catatan mengenai fenomena doppelganger yang ditulis oleh Robert Kirk.  Dialah yang menulis bahwa fenomena ini telah muncul dalam kisah-kisah rakyat Skotlandia dan Irlandia.

Kisah-kisah Orang Yang Mengalami Fenomena Doppelganger

Fenomena doppelganger ini pernah dialami oleh beberapa orang, yang sebagian besar adalah para tokoh-tokoh besar dunia, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dr.Wynn Wescott

Pada tanggal 12 April 1888 yang lalu, di British Museum of London, sebuah laporan mengenai fenomena doppelganger ini telah menciptakan kehebohan diantara karyawan museum. Saat itu, Dr. Wynn Wescott dan Pendeta W.T Lemon dijadwalkan untuk bertemu di ruang baca museum.  Ketika itu, pendeta Lemon telah tiba beberapa menit lebih awal dan melihat Dr. Wescott sedang terlibat pembicaraan dengan seorang rekannya yang bernama Mrs. Salmon.

Setelah beberapa lama kemudian, Mrs Salmon dengan sopan mengucapkan salam kepada Dr.Wescott dan kemudian meninggalkan pembicaraan. Ia kemudian berjalan melewati pendeta Lemon dan juga memberi salam. Lalu, Mrs Salmon menoleh ke Dr.Wescott untuk memberitahu bahwa Pendeta Lemon telah tiba. Namun ia terkejut karena menyadari bahwa Dr. Wescott yang tadi berdiri telah hilang.

Pendeta Lemon dan Mrs. Salmon lalu bertanya kepada resepsionis dan petugas museum lainnya. Mereka mendapatkan jawaban yang sama. Semua memang melihat Dr. Wescott masuk ke ruangan itu, namun tidak ada yang melihat ia meninggalkan ruangan tersebut.

Dengan perasaan kaget dan khawatir, mereka pergi mengecek ke rumah Dr. Wescott dan yang paling mengejutkan lagi adalah mereka menemukan Dr. Wescott sedang terbaring di ranjang karena sedang sakit dan tidak meninggalkan tempat tidurnya sejak pagi. Wah, seram banget kan guys? Kalau memang Dr. Wescott berada di rumahnya sejak pagi, trus yang berbicara dengan Mrs. Salmon tadi siapa ya, guys?

  • Kasus Abraham Lincoln


Kasus doppelganger lainnya yang juga sangat terkenal adalah kasus yang dialami oleh Abraham Lincoln. Kisah ini diceritakan oleh Noah Brooks, yang mengaku mendengarnya langsung dari Lincoln. Diceritakan bahwa saat Lincoln terpilih menjadi presiden, ia menjumpai 2 bayangan dirinya di ruang tamunya. Satu wajah tampak lebih pucat dibanding dengan yang lainnya. Ketika ia mencoba mendekati bayangan tersebut, bayangan itu malah menghilang.

Ketika ia menghempaskan tubuhnya ke sofa untuk beristirahat, bayangan itu muncul kembali. Tidak sampai disitu saja, beberapa hari kemudian, bayangan dirinya dengan dua wajah itu kembali muncul untuk kesekian kalinya. Tapi sepertinya penampakan kali ini adalah penampakan yang terakhir.

Saat Lincoln menceritakan kejadian itu kepada istrinya, kemudian istrinya berkata bahwa dua wajah itu memiliki arti bahwa Lincoln akan segera terpilih sebagai presiden untuk dua kali masa jabatan, sedangkan wajah kedua yang lebih pucat menunjukkan kalau ia tidak akan hidup melewati masa jabatan keduanya.

Entah darimana istrinya mengetahui hal itu, namun sesuatu yang ajaib terjadi. Prediksi dari isteri Lincoln ternyata terbukti terjadi, karena pada tahun 1865, Lincoln terbunuh pada saat memegang masa jabatan keduanya.

  • John Dunne

Fenomena doppelganger ini ternyata tidak hanya ditandai dengan melihat bayangan diri sendiri, tapi juga melihat bayangan orang lain. Hal ini terjadi pada John Dunne. John Dunne adalah seorang penyair Inggris yang mengklaim bahwa ia telah melihat Doppelganger istrinya di Paris. Ketika ia kembali ke rumah, Dunne menemukan bahwa istrinya telah melahirkan bayi mati di rumah mereka di London.

  • Emilie Sagée

Emilie Sagée adalah seorang guru berusia 32 tahun di abad ke-19 Perancis, yang fenomena birokrasinya telah disaksikan beberapa kali. Kisah ini merupakan salah satu catatan Doppelgänger yang paling menarik. Salah satu muridnya, Julie von Güldenstubbe, melaporkan beberapa kisah dari Doppelgänger Sagée kepada penulis Robert Dale Owen.

Ketika Sagée sedang menulis di papan tulis saat mengajar kelasnya yang terdiri dari tiga belas siswa, doppelgangernya muncul dan berdiri di sebelahnya. Doppelgangernya tersebut kelihatan sangat persis. Yang membedakannya hanyalah terletak pada kapur yang dipegang oleh Emilie Sagée yang asli.

Pada kesempatan lain, sekitar 42 siswa perempuan sedang berkumpul di aula sekolah untuk mengikuti kelas menjahit dan bordir. Di saat mereka sedang mengikuti kelas, mereka bisa melihat dengan jelas Sagée sedang berada di taman bunga sekolah.

Namun, ketika guru menjahit mereka meninggalkan ruangan sejenak, Doppelgänger Sagée muncul, duduk diam tak bergerak di kursi guru. Dua orang gadis kemudian maju dan mencoba untuk menyentuh penampakan itu, tapi sepertinya mereka mengalami semacam “perlawanan yang aneh dan tidak dapat menembus udara yang berada di sekitar si doppelganger”. Kemudian, seorang gadis, melangkah diantara kursi guru dan meja lalu menembus penampakan, yang kemudian perlahan-lahan menghilang.

Gadis-gadis yang melihat “kedatangan” dari Doppelgänger tersebut, kemudian melihat ke arah Sagée yang sedang berada di taman dan tiba-tiba ia tampak sangat pucat. Sagée menyatakan bahwa ia belum pernah melihat doppelgangernya sebelumnya, tetapi dia mengakui bahwa ketika doppelganger itu hadir, ia merasa seperti kehabisan energi. Gadis-gadis itu memang melihat bahwa Sagee terlihat pucat selama kehadiran Doppelgangernya tersebut.

  • Ratu Elizabeth I

Ratu Inggris Elizabeth I konon juga pernah mengalami hal serupa. Dia mengatakan bahwa dia pernah melihat doppelgangernya yang sedang terbaring tak bergerak di tempat tidur. Saat itu Ratu Elizabeth I menyaksikan bahwa doppelgangernya tersebut tampak “pucat pasi dan beku”.

Ratu Elizabeth I adalah sosok penguasa yang kuat, tangguh dan juga cerdas. Dia bukanlah orang yang gampang percaya dengan kisah hantu atau takhayul. Ada keyakinan dalam masyarakat yang menganggap bahwa hal seperti itu adalah sebuah pertanda buruk. Dan sepertinya hal tersebut memnag benar. Ratu Elizabeth I meninggal tak lama setelah melihat “kembarannya” itu.

  • Ambra dan Jennifer

Fenomena serupa juga dialami oleh Ambra dan Jennifer. Bedanya dengan Lincoln, “penampakan” yang mereka lihat adalah nyata. Ambra berusia 23 tahun dan tinggal di Fayetteville, North Carolina. Sementara, Jennifer yang berusia 33 tahun tinggal di Spring, Texas. Kedua perempuan tersebut sama sekali tidak memiliki hubungan darah. Mereka juga tidak memiliki hubungan keluarga, kerabat pun tidak. Tapi mereka sangat mirip. Bahkan nyaris identik. Kalau tidak percaya, coba saja lihat foto keduanya yang ada di atas. Mirip bukan?

Gimana? Seram bukan fenomena doppelganger ini? Apakah anda pernah mengalami hal yang sama dengan mereka? Mudah-mudahan saja tidak. Meskipun fenomena ini terbilangcukup mengerikan, namun anda tidak perlu takut, karena urusan maut setiap orang Tuhan yang atur. Benar nggak?