Mystic

Hantu Paling Menakutkan Di Indonesia

Di Indonesia sudah tidak asing dengan nama hantu. berbagai jenis hantu dikenal di IndonesiaHantu-hantu ini datang bersama dengan mitos atau peristiwa yang dialami oleh orang-orang yang dilihat sebagai sosok jahat. Tetapi perlu saya ingatkan anda bahwa itu semua adalah jenis Jin hantu atau setan yang berniat untuk menggoda dan menghancurkan iman kita.

7 paling menakutkan hantu di Indonesia

1. Wewe Gombel

wewe-gombelWewe Gombel yang juga disebut nenek Gombel adalah istilah dalam tradisi Jawa, yang berarti roh jahat atau hantu yang suka untuk menculik anak-anak, tapi tidak membahayakan dirinya. Dikatakan bahwa anak-anak yang diculik adalah anak-anak yang ditinggalkan dan diabaikan oleh orangtuanya. Wewe Gombel biasanya akan berubah menjadi orangtua anak tersebut sampai mereka menyadari kehadirannya. Jika mereka telah menyadari, Wewe Gombel akan kembali ke wujud asalnya.

Menurut cerita, mitos yang dipercaya Wewe Gombel digunakan untuk menakut-nakuti anak-anak sehingga mereka tidak berkeliaran di malam. Karena di masa lalu, ketika gelap sangat berbahaya dimana hewan liar dapat masuk desa dalam kegelapanOleh karena itu, cerita Wewe Gombel diciptakan untuk menyelamatkan mereka dari ancaman. Wewe Gombel biasanya digambarkan dengan sosok wanita tua keriput dengan payudara yang terlihat panjang dan tergantung. 

2. Sundel bolong

sundel-bolongSundel bolong (dalam bahasa Melayu : wanita berlubang) adalah mitos bahwa hantu ini umumnya digambarkan sebagai seorang wanita cantik dengan rambut panjang dan gaun putih panjang yang berlubang di bagian belakang sedikit tertutup rambutnya yang panjang sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat.
Dalam mitos di Indonesia, hantu Roh penasaran sundel bolong adalah perempuan yang mati karena diperkosa dan kemudian melahirkan anaknya dalam kubur. Sundel bolong menurut mitos juga suka mencuri bayi yang lahir baru saja. Sundel bolong menurut mitos sangat malu dengan sebuah lubang di tubuh dan selalu berusaha untuk menutupinya. Sundel bolong dikatakan sering memanifestasikan diri sebagai seorang wanita cantik yang berjalan sendirian di jalan sunyi. Ada gagasan bahwa mitos diciptakan untuk menghindari wanita berjalan sendirian di malam di pedesaan dari campur tangan orang-orang yang bermaksud jahat, terutama untuk perkosaan. 

3. Genderuwo

genderuwoGenderuwa (dalam bahasa Jawa: “Genderuwo”) adalah jenis mitos jin Jawa atau Roh dalam rupa manusia kera – dengan bentuk yang besar dan gemuk dengan warna hitam kemerahan, ditutupi rambut tebal yang berkembang di seluruh tubuhnya. Genderuwa paling banyak dikenal di komunitas di pulau Jawa, Indonesia. Orang-orang Sunda menyebutnya “gandaruwo” dan Jawa umumnya disebut “setan”.
Asal Genderuwo dipercaya berasal dari Roh yang meninggal tidaklah sempurna, bisa karena bunuh diri, penguburan tidak sempurna dan Roh kecelakaan yang penasaran dan tidak mau menerima kematiannya. Genderuwo tidak dapat dilihat oleh orang-orang biasa tapi kadang-kadang ia dapat menunjukkan dirinya sendiri ketika terganggu. Genderuwo dipercaya tidak semua jahat, karena ada baik dan sikap mereka tergantung pada bagaimana orang berperilaku, Apakah sebagai teman atau bermusuhan dengan genderuwa tersebut.

4. Kuntilanak

kuntilanakKuntilanak (Melayu : Pontianak atau Puntianak, atau sering disingkat kunti) adalah hantu yang konon berasal dari wanita hamil yang meninggal atau wanita yang meninggal dalam melahirkan dan anak belum lahir. Nama “puntianak” berarti “wanita mati tanpa ada anak”. Mitos ini sangat mirip dengan langsuir, hantu mitos yang dikenal di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.
Umumnya, kuntilanak digambarkan sebagai wanita cantik dengan rambut panjang dan gaun putih panjang. Dalam cerita Melayu, sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk seorang wanita cantik dengan lubang di punggung. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk untuk membalas dendam. Kuntilanak  muncul selalu disertai dengan wangi bunga kamboja.
Dikatakan bahwa orang yang tidak berhati-hati bisa dibunuh setelah kuntilanak berubah menjadi pengisap darah. Kuntilanak sering dianggap sebagai seorang wanita cantik yang berjalan sendiri melalui jalanjalan yang sunyi. Oleh karena itu, cerita ini bertujuan untuk menghindarkan pemuda yang takut  terhadap Kuntilanak ketika berjalan sendirian di jalan yang sepi.

5. Pocong

pocongPocong adalah semacam hantu guling. Di Malaysia, momok yang semacam ini adalah juga dikenal sebagai paket hantu. Pocong bervariasi digambarkan. Dikatakan, memiliki wajah pocong berwarna hijau dengan mata yang hilang. Penggambaran negara-negara lain, wujud pocong “rata-rata” dengan mata tertutup dan wajah putih yang pucat. Mereka yang percaya dalam keberadaan hantu ini berpikir bahwa pocong adalah bentuk “protes” dari orang mati yang kain kafannya lupa dibuka sebelum dimakamkan.
Meskipun dalam film-film sering digambarkan pocong melompat bergerak, mitos tentang pocong adalah bahwa pocong itu melayang. Hal ini dapat dimengerti, karena dalam film, pocong yang dibintangi tidak bisa bergerak kakinya sehingga harus melompat naik dan turun. Situasi ini juga menjadi penyebab untuk membedakan antara pocong asli dan pocong palsu. Kepercayaan dalam keberadaan hantu pocong hanya ditanam di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatra. Meskipun penggambaran mengikuti tradisi Muslim, orang-orang dari agama lain juga mengakui keberadaan hantu ini.

6. Suster ngesot

susterSuster ngesot memakai hantu pakaian suster dan bergerak ngesot. Secara historis tidak ada yang dapat menentukan asal-usul hantu ngesot ini, tapi ada beberapa informasi dari mulut ke mulut di masyarakat yang meyakini adanya sejarah hantu ini. Hantu Suster ngesot dipercaya oleh masyarakat karena cerita atau sejarah, cerita pertama di rumah sakit Cipto Mangunkusumo umum, Jakarta, karena di tempat itu ada seorang suster yang meninggal tidak wajar.
Di malam hari ada seorang suster yang menjalankan tugasnya menjaga pasien, keadaan malam itu sangat tenang dan diam tidak siapapun yang ada hanya satu dokter panggilan, ketika perawat pergi ke laboratorium, itu terhalang oleh dokter ini, kemudian diperkosa dengan sadis dan brutal yang dibunuh dengan kaki dimutilasi dan dikuburkan di laboratorium.
Mitos lain tentang Suster ngesot di Jawa Barat, yang merupakan perawat rumah dimana merupakan seorang suster cantik keturunan Belanda bernama Norah dan dia memiliki sihir, karena kemampuannya yang ia digunakan untuk membunuh semua orang untuk balas dendam tentang masalah pribadi beberapa waktu yang lalu. Kemudian kejahatannya dikenal oleh masyarakat, sebagai hukuman kaki Norah dipukuli orang-orang sampai hancur dan rusak. Dan ada beberapa cerita di rumah sakit di Indonesia yang diyakini memiliki cerita yang sama tentang hantu ini.

7. Palasik

palasikPalasik menurut cerita, legenda atau kepercayaan Minangkabau adalah semacam makhluk ajaib. Menurut Minangkabau kepercayaan palasik tidak hantu tapi seorang pria kulit hitam yang memiliki tingkat ilmu yang tinggi. Palasik sangat ditakuti oleh ibu yang memiliki balita di Minangkabau karena Palasik memangsa balita, baik yang masih di dalam rahim atau yang sudah mati (dimakamkan), tergantung pada jenis Palasik.
Ilmu Palasik dipercaya turun-temurun. Jika orang tua Palasik maka anaknya juga akan palasik. Secara umum, Palasik bekerja dengan melepaskan kepalanya.