Story

Kisah Cinderella Versi Beberapa Negara Yang Berakhir Dengan Tragis

Berbicara tentang kisah Cinderella, pikiran akan langsung melayang pada sebuah sepatu kaca yang indah, yang dikenakan oleh seorang putri cantik. Cinderella merupakan salah satu dongeng yang mengisahkan kehidupan percintaaan seorang pangeran dan putri. Kisah Cinderella ini adalah salah satu kisah yang sangat terkenal sepanjang masa di seluruh dunia.

Ketika anda masih kecil, mungkin ibu anda pernah membacakan cerita atau kisah ini pada anda sebelum anda tertidur. Cerita tentang seorang gadis cantik, baik hati dan penyabar yang menggunakan sepatu kaca dan berhasil mendapatkan hati sang pangeran tampan ini cukup mencuri perhatian masyarakat yang ada di seluruh dunia.

Seperti yang kita semua ketahui, Cinderella merupakan salah satu kisah romantis, yang berakhir dengan sangat indah dan selalu diimpikan oleh banyak perempuan. Dongeng klasik legendaris ini sudah tenar sejak dahulu kala dan telah banyak diadopsi ke dalam sebuah film, terutama film animasi.

Cerita Cinderella mengisahkan tentang, sebuah kebaikan yang berhasil menang melawan kejahatan, kedengkian dan iri hati, dari seorang gadis baik hati yang diperlakukan dengan sangat jahat oleh ibu tiri dan kedua saudara tirinya. Akan tetapi, berkat kebaikan dan kesabaran Cinderella, akhirnya dia mendapatkan pertolongan dari seorang Ibu Peri dan berhasil pergi ke pesta dansa, untuk bertemu dengan pangeran. Pada akhir cerita, Cinderella akhirnya menikah dengan sang pangeran yang juga jatuh cinta padanya.

Beranjak dari kisah Cinderella yang memiliki akhir yang begitu bahagia, ternyata ada beberapa versi kisah Cinderella lainnya, yang berasal dari beberapa negara, yang ternyata tidak seindah yang dibayangkan. Beberapa kisah versi lainnya ini memiliki alur cerita yang sangat mirip, namun tidak berakhir bahagia, karena hampir semuanya berakhir tragis dan menyedihkan.

Berikut adalah kisahnya:

  • Sepatu Emas Ye Xian dari China

Versi kisah Cinderella paling tua datang dari Kisah Ye Xian dari China. Kisah ini dicetak pertama kali pada abad ke-9, dalam kompilasi dongeng dan legenda Youyang. Di dalam kisah ini, diceritakan tentang Ye Xian, yang hanya memiliki 1 saudara tiri bernama Jun Li.

Sosok yang membantu Ye Xian dalam kisah ini bukanlah ibu peri, melainkan ikan besar yang cantik dengan mata dan sisik emas. Ikan ini tinggal di danau dekat rumahnya, yang merupakan penjaga yang dikirim oleh ibu kandung Ye Xian dari surga.

Sayangnya, ikan emas raksasa ini diam-diam dimasak dan dimakan oleh ibu tiri dan saudara tirinya. Tapi ternyata tulang-tulang ikan ini masih mempunyai kekuatan magis, yang bisa mengabulkan permintaan apapun. Ye Xian pun meminta gaun yang cantik, agar dia bisa pergi ke acara festival tahunan. Sama seperti dalam kisah Cinderella versi aslinya, Ye Xian juga diperlakukan dengan tidak baik oleh ibu tiri dan saudara tirinya.

Kecantikan Ye Xian dengan memakai baju indah, membuat semua laki-laki yang melihatnya akan langsung terpesona. Sepatu yang dikenakannya memang bukan sepatu kaca, melainkan ‘sepatu emas’ miliknya yang tertinggal sama seperti kisah Cinderella. Sepatu ini juga lah yang akhirnya menyatukan dirinya dengan sang pangeran.

Sayangnya di suatu hari, tiba-tiba suami Ye Xian menjadi sangat serakah terhadap kekuatan tulang ikan, yang dimiliki oleh Ye Xian dan akhirnya membuat tulang ikan ajaib itu kehilangan kesaktiannya. Ye Xian akhirnya mengubur tulang ikan beserta emas yang sangat banyak di dasar laut. Pangeran dan pasukannya berusaha mencari keberadaan tulang ikan itu, namun tidak pernah menemukannya sampai sekarang.

  • Rushen Coatie, Putri Cinderella Versi Skotlandia

Negara Skotlandia ternyata juga memiliki dongeng Cinderella yang menyedihkan. Putri cantik Skotlandia itu bernama Rushen Coatie. Ia memiliki seorang ibu tiri dan 3 orang saudari perempuan tiri. Tak seperti dalam kisah cinderella asli, Rushen Coatie tak berteman dengan sosok peri, melainkan seekor anak sapi berwarna merah.

Singkat cerita, Rushen Coatie sudah bertemu dengan Pangeran pujaannya sebanyak 3 kali. Hingga dalam pertemuan ketiga, sang pangeran sengaja memasang perangkap penjara agar Rushen tidak bisa lari darinya. Entah karena alasan apa, Rushen belum siap menerima pinangan cinta sang pangeran dan berhasil melarikan diri dengan cara melompat dari atas dinding penjara. Namun saat melompat, sepatu kaca miliknya terjatuh. Mirip seperti kisah cinderella, sang pangeran akhirnya mencari tempat tinggal Putri Rushen, berdasarkan petunjuk sepatu kaca tersebut.

Ketika Sang pangeran tiba di rumah Rushen, ia sempat dibohongi oleh ketiga saudara tiri Rushen, yang mengakui diri mereka sebagai orang yang dicari oleh sang pangeran. Mereka pun nekat memotong tumit kakinya sendiri agar muat dengan sepatu kaca Rushen. Tapi ternyata Pangeran tidak mudah dibohongi. Dengan mudah ia bisa mengenali perbedaan bentuk kaki sang putri dengan ketika saudara tirinya tersebut.

  • Vasilisa dari Rusia

Di negara Rusia, ada Kisah Vasilisa, yang merupakan versi Cinderella, namun dengan karakter tokoh yang lebih pemberani. Vasilisa tinggal bersama ibu tiri dan 2 saudara tirinya. Kisah ini lebih menarik dari versi asli Cinderella, karena bantuan yang di dapatkan berasal dari sebuah boneka, dan bukan dari seorang peri. Selain itu, Cinderella versi Rusia ini bukanlah sosok yang diam dan menunggu kedatangan pangeran, karena kepribadian Vasilisa dikenal sangat mandiri .

Diceritakan bahwa Vasilisa nekat pergi ke hutan angker, hanya untuk menemui Baba Yaga, yang sosoknya dikenal sangat seram, semua itu ia lakukan hanya untuk mendapatkan cahaya perlindungan. Namun cahaya yang berupa seperti Batu bara tersebut, ternyata malah membakar tubuh ibu dan kedua saudara tirinya.

Setelah kejadian yang mengerikan tersebut, kemudian si cantik Vasilisa memulai hidup baru dengan bekerja sebagai pembuat kain tenun. Keahliannya menenun tersebut membuat dia terkenal sampai ke kekerajaan. Ditambah lagi karena paras dan tubuhnya yang sangat cantik, akhirnya membuat sang Raja jatuh cinta padanya dan menikahi Vasilisa.

  • Tam dan Cam dari Vietnam

Kembali lagi ke Asia, tepatnya di negara Vietnam, ada seorang gadis bernama Tam yang baik dan Cam yang jahat. Cam adalah saudari tiri Tam dan kerap menyiksa Tam bersama dengan ibunya. Namun berkat bantuan Buddha, Tam akhirnya berhasil bebas dari jeratan ibu dan saudara tirinya, kemudian ia menikah dengan pangeran.

Kisah ini dimulai saat Tam yang pulang kerumah untuk bertemu ayahnya yang berulang tahun, dibunuh oleh ibu tiri. Setelah Tam meninggal, Cam akhirnya berhasil menikahi pangeran untuk menggantikan Tam.

Namun kemudian Tam bereinkarnasi ke dunia selama beberapa kali, dengan menjadi seekor burung dan pohon cedar, tapi selalu dihancurkan oleh ibu tirinya. Hingga akhirnya ia bereinkarnasi menjadi buah kesemek. Dengan wujud barunya tersebut, Tam memiliki kemampuan sakti untuk merubah wujudnya menjadi manusia dan bertemu dengan pangeran yang sudah direbut oleh Cam.

Cam yang bertemu kembali dengan Tam bertanya apa resep rahasia kecantikannya. Tam berkata bahwa rahasianya adalah mandi dengan air mendidih. Cam yang bodoh itupun akhirnya melakukan nasehat Tam, dan kemudian mandi dengan air mendidih dan akhirnya meninggal karena terebus hidup-hidup. Dan akhirnya ia bisa merebut kembali sang pangeran yang dicintainya.

Kisah Cinderella versi vietnam ini sepertinya adalah kisah yang paling sadis, karena anda bisa melihat hidup Cinderella versi jahat yang berakhir tragis, karena Tam memotong tubuh Cam untuk dijadikan makanan dalam toples. Tam kemudian mengirim toples ke ibu tirinya dan ibu tiri memakan makanan itu.

Seekor burung gagak yang lewat pun berkata bahwa sang ibu memakan daging anaknya sendiri. Ibu tiri pun marah dan terkejut karena menemukan kepala Cam di dasar toples. Hingga akhirnya sang Ibu tiri meninggal akibat depresi berat, merasa bersalah karena telah memakan anaknya sendiri. Wah, seram sekali ya kisah Cinderella dari Vietnam ini?

  • Pohon Birch yang ajaib dari Finlandia dan Rusia

Kisah Cinderella yang jauh lebih seram datang dari Dongeng Rakyat Finlandia dan Rusia. Mulai dari awal hingga akhir cerita, semuanya berakhir dengan kisah yang mengenaskan. Diceritakan bahwa ibu tiri dalam cerita ini bukanlah manusia tapi seorang penyihir yang menyamar. Dia mengubah seorang wanita menjadi domba dan berubah bentuk menjadi wanita yang dia ubah sebelumnya.

Kemudian penyihir yang menyamar ini tinggal bersama keluarga dari wanita yang berubah menjadi domba. Teganya, si penyihir malah menyuruh suaminya membunuh domba yang sebenarnya adalah istrinya sendiri. Ceritanya menjadi semakin mengenaskan saat si penyihir akhirnya memiliki anak sendiri.

Diapun akhirnya menyiksa anak tirinya karena sudah memiliki anak sendiri. Karena anak ini adalah anak yang sangat baik, dia pun mendapatkan bantuan dari sebatang pohon Birch yang tumbuh dari tulang belulang domba, yang tak lain adalah ibunya sendiri yang sudah disembelih.

Dalam kisah ini si anak baik yang sudah tumbuh dewasa, tidak hanya bertemu pangeran satu kali melainkan berkali-kali. Dan di setiap pertemuan mereka, sang pangeran berhasil mendapatkan barang milik si putri seperti cincin, gelang dan sepatu. Dengan ketiga benda inilah, sang pangeran akhirnya berhasil menemukan rumah sang putri. Tapi karena ibu tirinya sangat jahat, dia merubah sang putri menjadi rusa, dan menyuruh anaknya yang tak lain saudara tirinya untuk menggantikan sosok sang Putri.

Di kemudian hari sang pangeran tahu kalau Putri yang hidup bersamanya itu palsu. Hingga ia pun mencari putri sebenarnya yang dulu ia kenal. Sayangnya saat bertemu dengan sang putri yang sudah berhasil menjadi manusia, sang puteri ternyata sedang dalam keaadan telanjang. Ia pun malu untuk menemui sang pangeran, hingga merubah wujudnya sendiri menjadi alat tenun.

Ketika sang Pangeran mengetahui kalau sang Putri sudah merubah wujudnya menjadi alat tenun, ia mengganggap kalau kekasihnya tak mau lagi bertemu dengannya. Seketika ia sakit hati dan marah besar, lalu menghancurkan alat tenun jelmaan putri tersebut. Kemudian pangeran memasang jebakan untuk penyihir dan anaknya alias si putri palsu. Dia membuat api besar yang tersembunyi di bawah bak mandi dan saat penyihir dan anaknya masuk kedalam bak, mereka tewas terbakar bersama-sama.

Tak disangka-sangka, ternyata beberapa negara memiliki kisah cinderella yang sangat tragis, yang diceritakan di atas. Menurut anda, dari beberapa kisah Cinderella yang mengerikan di atas, yang manakah yang paling menyeramkan?