Technology

Alami Kerugian Besar, Snapchat Tak Menyerah Untuk Menjadi Sepopuler Facebook

Kalau lah anda disuruh untuk memilih diantara Facebook, Instagram dan Snapchat, manakah diantara aplikasi media sosial tersebut yang paling anda suka gunakan? Sebagian besar dari anda pasti akan memilih Facebook, bukan? Tidak bisa dipungkiri memang kalau pamor facebook di masyarakat dunia belum ada duanya.

Tanpa anda sadari, sebenarnya ketiga aplikasi ini sedang gencar-gencarnya menarik minat anda dengan cara berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru untuk aplikasi mereka agar anda tertarik menggunakannya.

Industri media sosial itu lumayan kejam. Jika mereka tidak melakukan pembaharuan, maka lambat laun eksistensi mereka akan menurun secara perlahan.Pada dasarnya mereka akan diperhadapkan pada dua pilihan, yaitu: Mati muda, atau hidup untuk waktu yang lama dan berubah menjadi seperti Facebook.

Ha ini juga dilakukan oleh pihak pengembang snapchat. Mereka tertarik untuk mendapatkan kesempatan menjadi seperti facebook, yang begitu dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Dan apa yang mereka impikan tersebut bukanlah harapan tanpa perbuatan. Sejauh ini mereka tengah mengusahakan yang terbaik yang bisa mereka lakukan.

Snapchat Vs Facebook

Anda yang suka bermain di media sosial pasti sudah tidak asing lagi kan dengan aplikasi yang bernama snapchat? Baru-baru ini beredar kabar menarik mengenai perusahaan yang mengembangkan aplikasi ini. Snap, adalah nama perusahaan induk dari Snapchat, yang tampaknya akan menuju pada option kedua yang tadi disebutkan di atas.

Setelah laporan pendapatannya cukup mengecewakan pekan lalu dan membuat saham perusahaan jatuh hampir 20 persen, Snap akhirnya mengumumkan peralihan strategi sweeping, yang berisi lebih dari beberapa isyarat yang menggambarkan rasa irinya pada Facebook.

Dalam upaya untuk memacu pertumbuhan pengguna, chief executive Snap, yang bernama Evan Spiegel, telah mengumumkan bahwa Snapchat akan didesain ulang agar lebih mudah digunakan.

Aplikasi yang menampilkan desain minimalis yang menarik perhatian para remaja, namun sering membingungkan orang tua ini, akan segera mendapatkan umpan hasil personalisasi yang menggunakan algoritma, untuk menunjukkan cerita/history yang relevan kepada pengguna dan bukan malah membuat mereka menyaring umpan balik-kronologis.

Kabarnya dulu Twitter juga sempat membuat perubahan serupa di tahun lalu, tapi sangat disayangkan sekali karena pada saat itu pihak mereka mendapat tekanan dari Facebook.

Snap juga mengubah proses pembelian iklannya agar lebih mirip seperti Facebook, dengan iklan yang bisa dibeli melalui sistem otomatis. Dan hal itu meng-isyaratkan bahwa pekan lalu pihaknya ingin memperluas kehadiran aplikasi buatan mereka tersebut di negara-negara berkembang, dimana keberadaan Facebook saat ini sangat dominan.

Bedasarkan informasi yang didapat, diketahui bahwasannya ternyata hanya sekitar 25 persen pengguna aktif Snapchat yang tinggal di luar Amerika Utara dan Eropa. Jika dibandingkan dengan facebook, jumlah tersebut tertinggal cukup jauh, karena facebook memiliki lebih dari 65 persen pengguna aktif di sana.

Wow, sepertinya kurang untuk menggambarkan seberapa populernya facebook ini. Pihak Snap pun menolak untuk memberikan komentarnya untuk hal yang satu ini, karena fokus mereka bukanlah untuk berkomentar, melainkan menciptakan sesuatu yang unik dan baru, yang bisa membuat mereka berada di posisi teratas, seperti yang telah diraih oleh facebook.

Berbicara tentang facebook, tidak akan lepas kaitannya dengan berbagai prestasi yang telah diraih. Salah satunya terlihat dari banyaknya perusahaan ternama yang berhasil diakuisisi oleh mereka. Facebook mengakuisisi sejumlah perusahaan demi memperoleh hak penggunaan aplikasinya.

Facebook dan Instagram Tiru Fitur Snapchat

Dalam sepuluh tahun sejak Facebook berdiri, perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut kabarnya telah berhasil mengakuisisi lebih dari 40 perusahaan ternama. 

Perusahaan yang satu ini memang terkenal sangat agresif dalam mengembangkan pendapatan dan kinerjanya. Salah satu langkahnya adalah dengan menerapkan berbagai aplikasi, yang nantinya dapat menjadi mesin pencetak uang bagi Facebook. Beberapa contok perusahaan besar yang berhasil diakuisisi oleh facebook adalah Whatsapp dan Instagram.

Uniknya, Facebook dan Instagram ini ternyata mencoba untuk menyalin Snapchat namun tidak berhasil melakukannya selama bertahun-tahun, dan mungkin kali ini dia akan berhasil. Instagram stories, adalah gambaran singkat fitur Snapchat yang paling mirip. Aplikasi ini telah berhasil mencapai 300 juta pengguna aktif setiap harinya. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari jumlah pengguna Snapchat.

Keuntungan besar yang berhasil dikumpulkan Facebook dari aplikasi ini memberikan harapan yang tinggi kepada para investor di perusahaan media sosial lainnya, dan telah memiliki lebih dari dua miliar pengguna, yang berdampak atau telah membuat hal lain menjadi tampak kecil jika dibandingkan dengannya.

Tapi pivot Snap lebih dari sekedar bisnis yang penting. Ini adalah dakwaan terhadap landscap teknologi saat ini, dan sebuah tanda peringatan untuk para pemula lainnya, yang berharap bisa menerima perusahaan internet terbesar dengan persyaratan mereka sendiri.

Coba pikirkan baik-baik, jika sebuah perusahaan yang sangat kreatif sekalipun, dengan sebuah aplikasi yang digunakan oleh 178 juta orang setiap harinya saja masih bisa dihancurkan oleh Facebook, lantas apa yang membuat anda begitu percaya diri akan berhasil? Terdengar sadis memang, tapi begitulah kenyataan yang terjadi saat ini.

Keunggulan Snapchat

Tidak akan ada yang mau meniru anda kalau memang anda tidak memiliki hal yang berguna dan menguntungkan untuk ditiru. Setuju tidak? Begitu pula lah yang terjadi pada aplikasi Snapchat ini.

Tidak mungkin facebook dan Instagram mau meniru fiturnya jika mereka tidak menganggap bahwa fitur tersebut penting dan menarik, bukan? Dan perlu anda ketahui bahwa Snap masih memiliki banyak hal untuk itu. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Snapchat tetap populer di kalangan remaja Amerika dan merupakan demografi pemasaran yang paling didambakan di dunia.

Aplikasi Snapchat ini memiliki lebih banyak pengguna di Amerika Serikat, atau tepatnya mereka yang berusia 12 sampai 24 tahun dibandingkan dengan Facebook atau Instagram, menurut eMarketer. Hal ini juga mampu mengatasi tren Silicon Valley dan memperkenalkan beberapa gagasan inovatif, seperti konsep bahwa tidak semua komunikasi digital harus diarsipkan secara permanen.

Dan meskipun Snap harus rela menghabiskan uang dalam jumlah yang besar, karena banyak kerugian yang didapat dari perubahan yang telah dibuatnya, namun hal tersebut dilakukan semata-mata agar pihaknya bisa bersaing dengan Facebook.

Akan tetapi, meskipun Snap memiliki pemikiran yang positif dengan keberadaannya saat ini, namun tetap saja fakta mengenai masa depan Snap sendiri pasti akan membuat anda merasa khawatir, bahkan jika anda belum pernah menggunakan produknya sebelumnya.

Dunia dimana setiap platform internet yang sukses diharapkan untuk berperilaku seperti Facebook tanpa adanya perusahaan yang bisa menantang visi dari Facebook tentang masa depan merupakan dunia yang membosankan dan tidak inovatif. Tindakan seperti ini bukanlah hal yang baik jika ingin tetap bertahan sebagai pesaing.

Perbedaan Snapchat dengan Aplikasi Lainnya

Salah satu daya tarik Snapchat saat pertama kali muncul enam tahun yang lalu adalah betapa berbedanya aplikasi ini dengan aplikasi pesan dan jaringan sosial yang lainnya. Snapchat menampilkan foto-foto ataupun berbagi dengan hanya dengan teman-teman terdekat, bukannya memamerkannya pada khalayak luas.

Program Snapchat’s Discover adalah salah satu contoh pertama dari jaringan sosial yang membayar untuk membuat konten asli berkualitas tinggi.

Dan tidak seperti Mark Zuckerberg, yang pernah mengatakan privasi adalah konsep yang sudah ketinggalan zaman, Mr. Spiegel malah kebalikannya. Dia lebih peduli pada perlindungan terhadap data pengguna. Pada sebuah interview yang dilakukan tahun 2015, dia mengatakan “We care about not being creepy“.

Kualitas khas Snapchat juga dipercaya akan membantu untuk menyingkirkan beberapa masalah yang sekarang mengganggu saingannya.

Tampaknya Snapchat, tidak seperti Facebook, karena tidak pernah dieksploitasi oleh propaganda Rusia untuk mempengaruhi pemilihan dan telah mengambil pendekatan yang bertanggung jawab untuk mencegah informasi palsu muncul di platformnya.

Wakil Presiden Snapuntuk konten, yaitu Nick Bell, baru-baru ini mengatakan kepada Bloomberg Businessweek, bahwa mereka hanya bekerja dengan perusahaan media yang berwibawa dan kredibel dan mereka memiliki tim produsen, pencipta dan wartawan yang penting.

Snapchat belum dikuasai oleh bot dan neo-Nazi, seperti halnya yang terjadi pada Twitter. Dan tidak seperti Google, Snap belum memanfaatkan data penggunanya untuk memburu mereka di internet dengan iklan berisi spam, misalnya untuk pil diet dan teh ajaib.

Akan tetapi terlepas dari keunggulan itu semua, Snapchat tetap belum bisa menjadi aplikasi yang sempurna dan beberapa masalah yang ada di sana tidak lain dan tidak bukan ditimbulkan oleh perusahaan itu sendiri. Snap telah menyesatkan pengguna tentang praktik pengumpulan datanya di masa lalu, yang menyebabkan penyelesaian dengan Federal Trade Commission.

Kejadian ini telah menghabiskan jutaan dolar untuk mengembangkan Spectacles, yaitu sepasang kacamata hitam dengan kamera Snapchat built-in, yang setiap orang bicarakan namun sedikit yang dibeli. (Minggu lalu, perusahaan tersebut mendapatkan kerugian sebesar $ 40 juta dalam proyek tersebut.)

Dan tidak ada yang memaksa Mr. Spiegel untuk mengumpulkan miliaran dolar dari investor, yang akan menuntut pertumbuhan bergaya Facebook.

Billy Gallagher, yang nerupakan seorang mantan penulis TechCrunch yang bukunya berisi tentang sejarah perusahaan Snap mengatakan, bahwa seharusnya Snapchat tidak hanya menjadi aplikasi berbagi foto. Itu adalah perwujudan pandangan dunia Mr Spiegel tentang bagaimana internet harus bekerja sementara dan bukan permanen, bukan pribadi, jujur ​​dan bukan dilatih.

Ada yang bertanya kepada Mr. Gallagher alasan mengapa Snap perlu mengkompromikan nilai-nilainya dalam mengejar pertumbuhan gaya Facebook. Tidak bisakah menolak tuntutan Wall Street, kemudian berkonsentrasi untuk membuat pengguna yang ada merasa senang dan puas sebagai perusahaan yang lebih kecil dan lebih fokus?

Gallagher pun mengatakan bahwa karyawan Snap, yang banyak bergabung karena mereka percaya bahwa perusahaan akan tumbuh dengan ukuran besar, mungkin akan melanggar strategi apa pun yang akan menyakiti nilai opsi saham mereka.

Dan dia menunjukkan bahwa Mr. Spiegel, yaitu seorang pria berusia 27 tahun yang kaya raya yang dilaporkan menyimpan potret Steve Jobs di dinding kantornya, mungkin tidak akan puas dengan kesuksesan yang sifatnya sederhana saja.

Dia memiliki visi besar untuk menyapu masa depan,” kata Mr. Gallagher. “Akan sangat sulit baginya untuk makan sepotong kue sederhana dan berkata: ‘Kami tidak akan menjadi seperti Facebook. Kami akan menjadi jaringan sosial dengan 150 juta pengguna yang bermain dengan baik. ‘”

Pekan lalu, Mr. Spiegel berjanji untuk menjaga agar nilai inti dari Snap agar tetap utuh, sekaligus berusaha untuk memperluas bisnisnya.

Tapi pertumbuhan sering datang dengan mengorbankan eksperimen dan keputusan Snap untuk menjadi lebih baik seperti Facebook adalah tanda yang mengkhawatirkan bagi orang-orang yang peduli akan kelestarian heterogeneitas unik di internet.

Fitur-Fitur Yang Disediakan

Pada bulan Mei 2017 yang lalu, diketahu bahwa Snapchat memiliki sekitar 166 juta pengguna aktif setiap harinya. Dan banyak laporan dan penelitian yang mengklaim bahwa sebagian besar pengguna tersebut adalah para generasi milenial, yaitu generasi yang memiliki kelahiran diantara tahun 1980-an sampai dengan tahun 2000-an.

Aplikasi ini telah menghasilkan sejumlah istilah dan nama yang unik untuk fiturnya, mulai dari “snap” hingga “story“. Jika Anda masih bingung dengan semua istilah yang dimiliki oleh aplikasi ini, anda bisa membaca nya di bawah ini.

Berikut adalah beberapa fitur yang disediakan oleh Snapchat:

  • Snapchatter : Istilah ini adalah istilah yang tidak akan terdengar asing lagi. Arti dari istilah ini adalah pengguna Snapchat.
  • Snap (Jepret) : Saat anda mengambil foto atau video, atau menerima foto atau video, istilahnya dikenal dengan sebutan “snap“. Jadi, ketika seseorang meminta anda untuk menjepretnya (snap), maka mereka meminta anda untuk mengirimi mereka foto atau video melalui Snapchat, atau bahkan pesan melalui fungsi obrolan aplikasi. Aplikasi Snapchat itu sendiri juga dalam bahasa sehari-harinya disebut sebagai “Jepretan (snap)”, sama seperti nama dari pengembang / perusahaan pengembang aplikasi itu sendiri.
  • Snapback: Istilah ini lebih populer saat Snapchat pertama kali diluncurkan, tapi sudah pudar sejak saat itu juga. Meskipun demikian, jika anda pernah mendengar istilah ini, ketahuilah bahwa itu hanya sebuah jawaban yang singkat. Jadi, jika Anda Snapback, anda hanya membalas satu orang saja dengan satu snap yang anda terima.
  • Story : Anda dapat melakukan snap secara bersama-sama dan menyiarkannya saat anda menangkap atau merekamnya. Mereka akan muncul kepada pengikut anda sebagai “kumparan cerita (story)”. Mereka dapat mengetuk (tap) cerita anda dan melihat setiap snap yang anda post dalam sehari. Reel hanya bisa dimainkan selama 24 jam, setelah itu semuanya akan hilang untuk selamanya. Meskipun begitu, anda bisa menyimpan keseluruhan cerita anda, atau snap individu dari cerita anda, ke bagian Memori alias penyimpanan pribadi. Snapchat anda pun akan tersimpan untuk selama-lamanya.
  • Snapcode : adalah kode scannable yang membuat penambahan teman baru menjadi lebih mudah. Misalnya, seorang teman dapat dengan mudah memotret kamera Snapchat mereka di Snapcode anda, yang akan segera menambahkan anda, tanpa anda harus secara manual mencari mereka dan menekan tombol “add”. Kode Snapcode anda, yang mirip dengan kode QR tersebut, dapat ditemukan di layar Profil. Anda dapat mengaksesnya dengan mengetuk ikon hantu atau Bitmoji anda yang berada di sudut layar Kamera.
  • Score : Pernahkah anda memperhatikan nomor yang berada di sebelah pertemanan yang terdapat pada Snapchat? Itu dinamakan dengan score, yaitu sebuah persamaan yang menggabungkan jumlah snap yang telah mereka kirim dan terima, cerita yang mereka poskan dan yang lainnya. Anda dapat menemukannya saat anda menahan nama teman di daftar kontak, umpan cerita, atau area obrolan Anda. Dan Anda dapat menemukannya di bawah Kode Snapcode yang berada di tengah layar Profil Anda. Semakin tinggi score yang anda miliki, maka itu pertanda bahwa andasering menggunakan Snapchat.
  • Snapstreak : Beberapa teman atau orang yang anda ikuti mungkin memiliki emoji yang berbeda di samping nama Snapchat mereka, yang terdapat di bagian Obrolan Snapchat anda. Itu berarti mereka beruntun, atau Snapstreak, bersama anda. Dengan kata lain, anda dan teman anda saling bentrok (tidak termasuk pesan chat) dalam waktu 24 jam selama lebih dari satu hari berturut-turut. Untuk daftar lengkap dari apa yang masing-masing teman emoji lakukan, buka Pengaturan> Kelola> Teman Emojis.
  • Thropy Case : Snapchat mungkin memberi tahu anda tentang piala baru yang anda dapatkan dan mengetuk pemberitahuan tersebut akan membawa anda ke thropy case anda, yang menampung semua trofi untuk mencapai tonggak yang Anda raih sebagai pengguna Snapchat. Dari mengirim snap dengan filter untuk mengirim 50 bentangan dengan lima atau lebih warna pena, piala mendorong interaksi pengguna dan pembuatan konten.
  • Lenses : Anda dapat membuat snap lebih menyenangkan dengan menambahkan efek dan suara khusus berbasis tambahan, kemudian ditambah dengan fitur yang disebut Lensa. Untuk mengaktifkan lensa, anda harus masuk ke layar Kamera di Snapchat, lalu tekan lama di wajah anda dalam tampilan kamera dan lensa harus muncul berturut-turut di samping tombol ambil. Gesek sekitar untuk memilih lensa yang anda inginkan, lalu tekan tombol ambil untuk mengambil snap dengan lensa tersebut. Lensa yang populer digunakan adalah ‘rainbow puke’ dan ‘dog with tongue‘.
  • Lensa 3D World : Tidak seperti Lensa, yang terutama diterapkan pada wajah anda – atau tembakan selfie – secara real-time, Lensa 3D Dunia ini mempengaruhi lingkungan sekitar anda. Mereka muncul di baris yang sama dengan Lensa, tapi hanya saat kamera anda menghadap ke luar. Anda mungkin melihat satu fitur yang sama dengan avatar Bitmoji anda. Misalnya, yang sekarang menunjukkan avatar Bitmoji kita mencampur ramuan dan bahan kimia sambil duduk di meja kerja. Animasi ini dilapisi pada dunia sekitar kita dan bisa ditangkap dan kemudian dibagikan dengan teman kita di chat atau follower via cerita kita. Lensa dan Lensa Dunia sering diubah oleh Snapchat, meskipun menjadi populer berulang kali.
  • Filter : Anda bisa meramaikan snap anda dengan menambahkan overlay yang menyenangkan dengan filter. Setelah Anda mengambil snap, gesek kanan atau kiri pada layar pratinjau untuk menambahkan filter berwarna, waktu sekarang, cuaca lokal, lapisan kecepatan, atau geofilter ke foto atau video Anda. Setelah mengambil snap dan menerapkan filter pertama anda, anda dapat menekan terus dan kemudian menggesek untuk menambahkan filter lain juga.
  • Geofilter : Seperti filter, anda bisa menggunakan geofilter untuk menghias snap. Tidak seperti filter, geofilter khusus untuk lokasi atau acara yang anda hadiri. Mereka mendorong pengguna lain untuk berbagi pengalaman dengan teman dan pengikut mereka. On-Demand geofilters juga dapat dirancang dan dibeli oleh individu atau perusahaan kecil dan hanya tersedia saat pengguna memasuki lokasi tertentu, seperti tempat pernikahan atau wisuda.
  • Chat : Ini adalah fitur olah pesan dalam Snapchat yang memungkinkan anda langsung mengobrol dengan pengguna lain. Anda dapat mengakses bagian Chat dengan menggesek dari kiri ke kanan pada layar Kamera. Dari sini, anda juga bisa mengirim stiker Bitmoji, memulai video call langsung, mengirim uang, berbagi informasi, dan banyak lagi yang lainnya.
  • Snapcash : Pernah menggunakan aplikasi Square Cash? Nah, Snapchat memungkinkan anda mentransfer uang ke teman, berkat integrasi langsung dengan Square Cash. Anda dapat mengaksesnya dari bagian Chat Snapchat. Tapi pertama, anda harus memasukkan informasi kartu debit anda di bawah Settings. Kemudian, dalam obrolan, tuliskan “$” + jumlah yang ingin Anda kirim (misalnya: “$ 5” seharga 5 dolar) dan jika teman anda juga telah menyiapkan fitur di bawah Settings, mereka akan menerima dana di rekening bank mereka. Saat diluncurkan, mereka akan langsung menerima dana, meski baru-baru ini, bisa memakan waktu hingga satu hari kerja.
  • Memories : Sejak diluncurkan, Snapchat telah menambahkan beberapa fitur yang memungkinkan anda untuk mengambil screenshot atau menyimpan snap. Contohnya adalah Memories. Fitur ini tidak hanya memberi anda cara lain untuk menyimpan snap di Snapchat cloud, namun juga mengenalkan bagian untuk mengakses media yang tersimpan secara lokal di perangkat anda. Saat anda mengambil snap, anda akan melihat opsi untuk menyimpannya ke kenangan anda, (ke tempat seperti loker penyimpanan pribadi), tempat anda dapat mengatur, mengedit, mencari, mengunci, dan berbagi snap setelah kejadian.
  • Discover : Ini adalah bagian, yang berada di sebelah kanan layar Kamera, yang ditujukan untuk merek dan penerbit, yang dapat menyiarkan cerita untuk dilihat semua orang. Di Discover, anda dapat menemukan konten bermerek yang dibuat oleh Vice, Cosmopolitan, Daily Mail, ESPN, Tastemade, CNN, Buzzfeed dan banyak lagi.
  • Snap Map : Dengan fitur ini, anda dapat berbagi lokasi dengan teman atau pengikut anda. Ini juga memungkinkan anda untuk menggulirkan peta yang sebenarnya untuk melihat lokasi teman anda berada. Anda bisa memilih apakah akan berbagi lokasi anda. Untuk mengakses Snap Map, anda harus membuka layar Kamera anda, lalu jepit jari anda di layar seperti anda sedang meluncur keluar dari sebuah foto dan Snap Map kemudian akan muncul. Anda dan teman akan diwakili oleh Bitmoji.
  • Bitmoji : Jika anda telah mendownload aplikasi Bitmoji, membuat avatar dan menautkan akun anda ke Snapchat, anda akan melihat lensa berbasis AR yang menampilkan avatar, serta stiker dalam obrolan dengan avatar anda. Anda mungkin juga melihat stiker “friendmoji” di chat, yang menampilkan anda dan teman anda. Seperti fitur lainnya, Bitmoji dirancang untuk mendorong interaksi pengguna pada Snapchat. Ingatlah bahwa Bitmoji adalah platform tersendiri dan terpisah sampai Snapchat mendapatkannya beberapa tahun yang lalu.

Apapun yang dicoba lakukan oleh pihak snapchat untuk bisa terus bertahan bahkan untuk bisa menjadi seperti facebook seperti yang diungkapkan di atas sudah sewajarnya mendapatkan apresiasi. Seperti yang anda ketahui, Facebook bukanlah perusahaan abal-abal. Bisa dibilang facebook adalah salah satu perusahaan terbesar yang ada di dunia.

Keberhasilan dan kepopulerannya saat ini tak bisa tergambarkan dengan kata-kata, apalagi jika yang anda tanyakan adalah jumlah pendapatannya. Wah, bingung deh gimana mengkalkulasikannya. Bayangkan saja, facebook tidak mungkin bisa mengakuisisi sejumlah perusahaan besar ternama seperti Whatsapp dan Instagram, jika mereka tidak memiliki banyak uang.

Namun meskipun demikian, Snapchat tak gentar untuk berusaha dan mencoba melakukan atau menciptakan sesuatu yang juga tak kalah keren dengan yang dimiliki oleh facebook. Buktinya, ternyata ada bagian tertentu yang ternyata facebook ingin tiru dari snapchat. Hal ini membuktikan bahwa Snapchat juga mampu bersaing di industri media sosial.

Pertanyaannya adalah, mampukah nantinya aplikasi snapchat ini bertahan? Kalaupun bisa, berapa lamakah mereka sanggup mempertahankan eksistensinya? Yah, tak ada yang bisa menjawab pertanyaan ini sekarang. Jadi, kita tunggu saja apa yang akan terjadi dikedepannya.