Technology

Inilah Aplikasi Privasi dan Keamanan Terbaik Untuk Mengamankan Data Pribadi

Perkembangan teknologi dunia yang semakin canggih tidak akan pernah terlepas dari tindakan kriminal, seperti salah satunya adalah pencurian data yang dilakukan oleh para hacker.

Tindakan inilah yang perlu diwaspadai oleh masyarakat, mengingat banyaknya pelanggaran keamanan privacy yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Sebenarnya masalah pencurian data ini tidak terjadi baru-baru ini saja, melainkan sudah ada sejak dulu.

Ini bukan hanya berbicara tentang email yang biasa anda gunakan sehari-sehari, namun mencakup semua data yang anda punya, termasuk foto, pesan teks, file dan riwayat browser, semuanya memiliki resiko yang sama.

Keamanan untuk data yang anda miliki tersebut merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan,  untuk memastikan semuanya tetap aman dari para hacker dan penguntit (pengintip).

Karena di zaman moderen seperti sekarang ini banyak dari anda yang hidupnya sangat bergantung pada smartphone, maka ada baiknya jika anda membuat perangkat tersebut memiliki kekuatan keamanan yang terjamin.

Aplikasi mobile yang akan disebutkan di bawah ini harusnya bisa menjadi bahan pertimbangan anda, agar komunikasi, data keuangan dan informasi pribadi anda tetap terjamin keamanannya.

Seperti biasa, sebelum anda memutuskan untuk mengunduh aplikasi tertentu, hal penting yang perlu anda pastikan adalah sumber tempat anda mendownload aplikasi tersebut. Hal ini bertujuan agar anda nantinya tidak salah mengunduh atau tertipu aplikasi yang palsu.

Jika anda mau, anda bisa mendownload nya di Google Play. Nah, daripada cerita-cerita terus, yuk langsung saja anda lihat aplikasi-aplikasi keamanan yang bisa anda gunakan untuk mengamankan data anda dari orang-orang yang tak dikenal.

 1. Pesan (messaging) dan Email

Untuk mendapatkan keamanan yang maksimal saat mengirim SMS dan mengirim E-mail, maka enkripsi end-to-end adalah kunci atau solusinya. Meng-enkripsi pesan berarti hanya pengirim dan penerima saja yang bisa membacanya.

Bahkan perusahaan olah pesan itu sendiri pun tidak bisa mendeskripsinya. Dengan enkripsi end-to-end, anda tidak perlu khawatir tentang pesan pribadi yang diteruskan ke pihak lain yang anda tuju, karena tidak ada yang akan mendapatkan akses ke data anda tersebut.

Anda harus sadar kalau perangkat yang anda gunakan selama ini masih sangat rentan terhadap tindakan hack atau pencurian.

Jadi penting bagi anda untuk melakukan tindakan pencegahan, seperti misalnya memasang VPN, memperhatikan dengan baik privasi anda dan gunakan Pengelola Perangkat Android untuk melacak atau membuat “tembok atau benteng” pada telepon anda agar terhindar dari tindakan pencurian.

Adapun aplikasi yang bisa membantu anda untuk melindungi data perpesanan yang anda miliki adalah sebagai berikut:

Signal Private Messenger (by: Open Whisper System)

Signal Private Messenger menerima pengesahan di Twitter, yang tidak lain adalah dari Edward Snowden. Ini merupakan sebuah aplikasi gratis tanpa iklan yang menggunakan enkripsi end-to-end, yang berfungsi untuk menjaga agar pesan dan obrolan suara anda tetap bersifat pribadi.

Aplikasi tersebut bahkan tidak memerlukan akun dan anda dapat mengaktifkannya melalui pesan teks.

Setelah anda siap mengunduhnya, anda dapat meng-impor pesan yang tersimpan di telepon anda ke dalam aplikasi tersebut. Anda juga dapat menggunakan App. Signal untuk mengirim pesan yang tidak terenkripsi ke pengguna non-Signal (yang tidak mengguanakan aplikasi).

Demikian juga, anda dapat membuat panggilan suara terenkripsi dan tidak terenkripsi dari aplikasi tersebut. Ingatlah bahwa teks dan panggilan dibuat menggunakan data penggunaan Signal, jadi perhatikan batas data anda dan gunakan Wi-Fi (dengan VPN) bila memungkinkan.

Telegram (by : Telegram Messenger LLP)

Telegram bekerja sama dengan Signal, namun menawarkan beberapa fitur tambahan termasuk stiker dan GIF. Seperti aplikasi Signal, tidak akan ada iklan di aplikasi ini dan anda juga bisa mengunduhnya secara gratis.

Aplikasi ini sedikit berbeda, dimana anda dapat menggunakannya pada beberapa perangkat (meskipun hanya satu telepon) dan anda tidak dapat mengirim pesan ke pengguna yang tidak menggunakan aplikasinya.

Semua pesan di Telegram akan dienkripsi, namun anda dapat memilih untuk menyimpan pesan di awan (cloud) atau membuatnya hanya dapat diakses pada perangkat yang mengirim atau menerima pesan jika anda mau. Dan bukan itu saja, ada juga Secret Chats, yang juga bisa diprogram untuk memusnahkan pesan-pesan yang sifatnya rahasia.

Wickr Me – Secure Messenger (by : Wickr Inc)

Tidak mau kalah, Wickr Me juga menawarkan teks, video dan perpesanan gambar dan obrolan suara terenkripsi (end-to-end). Aplikasi tersebut juga memiliki fitur shredder, yang berfungsi secara permanen untuk menghapus semua pesan, gambar dan video dari perangkat anda.

Seperti halnya Signal dan Telegram, Wickr Me juga bebas biaya dan iklan. Seperti Telegram, ia juga memiliki stiker, serta filter grafiti dan foto.

ProtonMail – Encrypted Email (by : ProtonMail)

Layanan email yang berbasis di Swiss, yang dikenal dengan nama ProtonMail ini memerlukan dua kata sandi, yaitu satu untuk masuk ke dalam akun dan yang lainnya adalah untuk meng-enkripsi dan men-dekripsi pesan.

Data terenkripsi akan disimpan di server perusahaan, yang berada di bawah 1.000 meter batu granit di sebuah bunker yang ada di Swiss. Versi gratis ProtonMail bisa mencakup 500 MB penyimpanan dan 150 pesan per hari.

Sedangkan untuk ProtonPlus (dikenakan biaya sebesar $ 5 / month atau $ 48 / year) memiliki daya penyimpanan sampai 5 GB dan penjatahan pesan menjadi 300 per jam dan 1000 per hari. Sementara itu Visioner ProtonMail ($ 30 / month atau $ 288 / year) menawarkan 20 GB penyimpanan dan pesan tak terbatas.

2. Browser dan VPN

Selain perpesanan, pencarian anda di browser juga perlu mendapatkan pengamanan. Tentu saja hal ini bertujuan agar orang lain tidak bisa mengetahui atau melacak penelusuran apa saja yang anda lakukan.

Adapun aplikasi keamanan yang bisa anda gunakan untuk melindungi data tersebut antara lain:

DuckDuckGo Search & Stories (by : DuckDuckGo)

DuckDuckGo adalah mesin pencari dengan mascot dan twist, yang akan membantu agar orang lain tidak bisa melacak aktivitas penelusuran atau menargetkan iklan berdasarkan data anda.

Kelemahan dari mesin pencari yang tidak mengumpulkan informasi tentang anda adalah bahwa hasil pencarian tidak sesuai dengan keinginan Google. 

Selain itu, anda juga dapat mengaktifkan Tor, yaitu browser web pribadi yang terdapat di dalam DuckDuckgo. Tor ini akan melindungi privasi anda, dengan cara mencegah situs web mengidentifikasi lokasi anda dari pelacakan situs yang anda kunjungi.

Namun, anda memerlukan aplikasi yang turut menyertainya, seperti OrBot: Proxy dengan Tor yang diproduksi oleh Tor Project, untuk meng-enkripsi lalu lintas Internet anda.

Ghostery Privacy Browser (by : Ghostery)

Pernahkah anda melihat sesuatu yang anda telusuri, seperti sepasang sepatu kets, muncul sebagai iklan di situs web lain? Ghostery hadir untuk membantu meminimalkan akses ke data anda oleh pelacak iklan dan alat lainnya.

Anda dapat melihat semua pelacak di situs web dan memblokir yang mana saja yang anda anggap membuat anda merasa tidak nyaman. Aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk membersihkan cookies dan cache dengan cepat.

Avira Phantom VPN (by : AVIRA) dan NordVPN (by : NordVPN)

Jika anda sering menggunakan Wi-Fi untuk menghemat konsumsi data, maka keamanan anda mungkin akan berisiko. Membuka koneksi Wi-Fi, seperti yang ditawarkan di kedai kopi dan tempat-tempat umum sangatlah rentan terhadap peretas, yang dapat menyelinap dan menangkap informasi pribadi anda.

Sambungan Pribadi Virtual (VPN), seperti Avira Phantom VPN dan NordVPN, akan membantu anda untuk meng-enkripsi koneksi dan lokasi anda agar tidak diintip.

Kedua aplikasi di atas juga memungkinkan anda untuk memilih lokasi, sehingga anda dapat melihat konten yang dibatasi secara regional, seperti acara olahraga atau acara TV.

Avira Phantom VPN menawarkan hingga 500 MB data bulanan dan bisa menaikkannya sampai 1 GB jika anda mendaftar. Anda juga bisa mendapatkan data tak terbatas dengan harga $ 10 per bulan.

Sedangkan NordVPN adalah aplikasi berbayar dengan data tak terbatas. Ada tiga pilihan yang bisa anda pilih, seperti: $ 11,95 untuk satu bulan, $ 7 per bulan selama enam bulan, atau $ 5,75 per bulan selama satu tahun. Disediakan pula garansi uang kembali selama 30 hari.

Adblock Browser for Android (by : Eyeo GmbH)

Meskipun iklan membantu banyak situs web dan aplikasi membayar tagihan, namun iklan yang muncul tersebut seringkali dianggap sangat mengganggu oleh sebagian besar masyarakat, terlebih lagi pada saat mereka sedang ingin mencari atau membaca sesuatu atau melakukan penelusuran yang lainnya.

Kemunculan iklan ini bisa sangat membuat frustrasi pada layar yang lebih kecil. Dan yang lebih buruk lagi, beberapa iklan berisi pelacakan atau bahkan malware.

Seperti rekan desktopnya, anda dapat melakukan tindakan keamanan dengan mencekal semua iklan dan situs daftar putih yang ingin anda dukung dengan menggunakan aplikasi ini.

3. Panggilan Telepon (Phone Calls)

Apakah anda sering melakukan panggilan telepon? Sesering apa anda melakukannya? Apakah percakapan yang anda lakukan tersebut bersifat rahasia? 

Kalau memang anda mau percakapan anda benar-benar tidak bisa diketahi oleh orang lain (selain orang yang anda tuju pastinya), maka anda perlu memiliki salah satu dari aplikasi keamanan berikut.

Hushed Anonymous Phone Number (by AffinityClick Inc.)

Apakah ada yang lebih menyebalkan daripada panggilan terus-menerus dari telemarketer? Panggilan yang tidak diinginkan bisa terjadi karena gangguan dari orang yang tak dikenal.

Aplikasi Hushed ini memungkinkan anda untuk membuat nomor sekali pakai kapan pun anda merasa tidak nyaman untuk berbagi digit atau nomor telepon anda.

Aplikasi tersebut akan membuat anda seperti memiliki ponsel burner tanpa harus membeli telepon burner yang sebenarnya. Aplikasi ini juga akan memblokir nomor anda dari tampilan pada Caller ID.

Hushed sendiri adalah alat yang hebat untuk dimiliki saat membeli atau menjual barang secara online, berkencan atau berinteraksi dengan orang asing, atau saat anda mendaftar ke situs web yang memerlukan nomor telepon.

Hushed ini bisa anda dapatkan secara gratis untuk beberapa hari pertama, namun setelah itu anda dapat mendaftar untuk mendapatkan paket berbayar dan membayar tagihannya setiap saat atau memilih rencana pemakaian tak terbatas.

Silent Phone – private calls (Silent Circle, Inc)

Penjelasan di atas sebelumnya telah berbicara tentang meng-enkripsi pesan teks, email dan obrolan suara, namun jika anda adalah seseorang yang lebih sering menggunakan telepon untuk melakukan panggilan atau berkomunikasi, anda juga bisa melindungi privasi anda dengan menggunakan aplikasi Silent Phone.

Silent Phone tidak hanya akan meng-enkripsi panggilan telepon anda, namun juga menawarkan berbagi file yang aman dan memiliki fitur penghancur untuk pesan teks.

Anda bisa berlangganan dengan aplikasi ini hanya dengan membayar $ 9,95 per bulan, yang mencakup panggilan tak terbatas dan pesan.

4. Files dan Apps

Tak hanya pesan teks, panggilan dan riwayat penelusuran saja yang ternyata membutuhkan keamanan yang lebih. File dan App yang anda punya juga membutuhkan hal tersebut.

Anda tentu memiliki sejumlah privasi yang anda simpan di dalam galeri anda, bukan? Atau mungkin memiliki aplikasi tertentu yang anda tidak ingin orang lain mengetahuinya. Untuk itu, beberapa aplikasi keamanan berikut akan sangat cocok untuk anda miliki.

SpiderOakONE (SpiderOak, Inc)

Penyimpanan awan (cloud) adalah kenyamanan yang sangat penting. Namun semua yang bersifat online rentan terhadap hacks. Untuk itu lah aplikasi ini dibuat dan dihadirkan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

SpiderOakONE ini akan membantu melindungi data anda, yang berarti data anda hanya bisa dibaca oleh anda sendiri, sedangkan orang lain tidak akan bisa melakukannya.

Untuk bisa memiliki aplikasi ini, anda harus membayas sebesar $ 5 per bulan untuk daya penyimpanan sebesar 100 GB dan $ 12 per bulan untuk 1 TB. Perusahaan menawarkan uji coba selama 21 hari, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang tidak diinginkan jika anda lupa untuk membatalkannya.

AppLock (Lab DoMobile)

Saat anda menggunakan telepon untuk berbagi gambar atau membiarkan anak anda bermain game di sana, anda pasti tidak ingin orang lain ataupun anak anda mengetahui sesuatu yang anda anggap rahasia di dalamnya, bukan?

Applock ini memungkinkan anda untuk mengamankan data anda dari para pengintai, dengan mengunci aplikasi menggunakan kata kunci, PIN, pola, atau sidik jari.

Mengunci aplikasi anda berarti mengamankan data, jika ponsel hilang atau dicuri dan seseorang membukanya. Anda juga dapat mengamankan gambar dan video dari aplikasi galeri anda.

Dengan menggunakan keyboard acak dan kunci pola tak terlihat, anda dapat menghindari pencurian data yang dilakukan oleh orang yang tak dikenal.

Anda juga dapat mencegah orang lain mencopot pemasangan AppLock. Applock ini memiliki opsi gratis yang didukung dengan iklan. Tapi jika anda mau, anda dapat membayar untuk menyingkirkan iklan tersebut.

Itulah tadi informasi yang bisa kami sampaikan mengenai aplikasi-aplikasi keamanan, yang bisa membantu anda mengamankan data pribadi atau rahasia anda dari para penguntit atau hacker.

Tidak bisa dipungkiri memang kalau kejahatan yang beroperasi melalui dunia teknologi adalah kejahatan yang kejam. Bagaimana tidak, hanya melalui sebuah perangkat yang berukuran kecil, seseorang bahkan bisa membuat seseorang bangkrut dan jatuh miskin. Kejam bukan? 

Nah, setelah membaca artikel ini, diharapkan anda mulai aware atau waspada dengan data yang anda miliki. Jangan sampai orang lain bisa mencurinya dari anda.