Technology

Jepang Berhasil Mengubah Kotoran Manusia Menjadi Makanan

Jepang telah berhasil memberikan penemuan baru tapi jijik jika kamu mengetahui asalnya. Kenapa? mereka telah berhasil membuat makanan tapi dengan bahan dari kotoran (tinja) manusia. Makanan yang dihasilkan dari tinja ini memberikan tampilan yang cukup menarik dan sangat persis dengan makanan biasanya.

Hal ini mungkin terdengar konyol bagi semua orang, namun dengan kemajuan teknologi yang sangat canggih dan maju, Jepang berhasil menyulapnya menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Penemuan ini telah menghebohkan dan mengguncang dunia. Seperti apakah makanan tersebut? Dan mengapa Jepang terinpirasi untuk membuat makanan yang asalnya dari kotoran manusia?

Alasannya paling dasarnya adalah karena masalah penumpukkan lumpur dari limbah kotoran pada selokan meskipun sebagian besar dari limbah tersebut telah dialirkan ke laut. Hal ini membuat pemerintah Jepang harus mengatasinya dan melakukan terobosan terbaru. Negara Jepang telah memikirkan bagaimana jalan untuk mengatasi kekurangan bahan pangan yang terjadi untuk masa mendatang. Untuk itu, Jepang melakukan terobosan baru untuk menanggulangi kedua masalah tersebut.

Dalam proses pembuatannya, Mitsuyuki Ikeda, ilmuwan asal Okayama Laboratory yakin tinja manusia bisa diolah menjadi makanan. Dia menjelaskan bahwa banyak kandungan protein dan vitamin yang bagus di dalam kotoran manusia yang dapat dimanfaatkan. Untuk itu, dia mencari cara untuk mengekstraknya dan mencampurnya dengan saus steak. Hasil dari ekstrak kotoran tersebut berupa daging yang kemudian akan diendapkan terlebih dahulu.

Setelah pengendapan selesai, daging buatan yang dihasilkan akan diberi cairan enhancer dan diolah dengan alat khusus yaitu exploder. Penelitian dari Ikeda memberikan hasil bahwa meskipun kotoran manusia mengandung bakteri, ternyata bakteri tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bakteri tersebut akan mati setelah proses pemanasan pada manafraktur.

Rasa dari daging buatan ini memiliki rasa yang sama dengan daging sapi. Orang yang mencobanya malah mengatakan daging tersebut lebih enak karena pembuatannya di campur dengan protein kedelai. Dari segi tampilan, daging ini pun sama dengan daging sapi. Daging diberi pewarna alami yang mirip dengan warna daging sapi.

Penelitannya menjelaskan bahwa lumpur kotoran dari manusia mengandung banyak zat-zat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut terdiri dari 63% protein, 25% karbohidrat, 3% vitamin, dan 9% mineral. Makanan yang berupa steak daging buatan ini memiliki rasa yang mirip sehingga konsumen tidak akan menyadari bahwa steak tersebut berasal dari kotoran.

Terobosan ini pastinya akan menjawab tantangan krisis bahan pangan seandainya melanda seluruh dunia . Jepang telah berhasil membuat makanan tersebut, beranikah kamu untuk mencobanya?