Technology

Teknologi Robot: Menantikan Duel Amerika Serikat vs Jepang

Pernahkah anda menonton film Transformers? Jika anda pernah menonton film ini, anda tentu tau bahwa film transformers ini menceritakan tentang peperangan robot. Robot – robot di dalam film ini berasal dari sebuah planet yang bernama Cybertron. Mereka adalah robot ajaib yang bisa berubah wujud menjadi sebuah mobil. Transformers merupakan salah satu film yang diproduksi oleh Amerika Serikat.

Teknologi Robot di Dunia

Berbicara tentang robot, tidak akan terlepas kaitannya dengan negara Jepang. Negara ini memang sudah dikenal sebagai salah satu negara yang paling berpotensi dan ahli dalam pembuatan robot. Entah sudah berapa banyak robot yang telah mereka produksi, yang pasti jumlahnya sudah sangat banyak sekali. Robot bahkan sudah seperti kerabat dan sesama di dalam kehidupan masyarakat Jepang.

Perkembangan teknologi yang tiada henti sepertinya turut mempengaruhi perkembangan teknologi robot di dunia. Hal ini terlihat dari banyaknya negara yang mulai berancang – ancang untuk menciptakan robot – robot unggul yang dapat menyaingi robot buatan Jepang. Contohnya Dubai. Pada tahun 2030, kabarnya Dubai bahkan menargetkan memiliki 25% Pasukan Robot Polisi. Wah, menarik, bukan?

Tidak hanya Dubai, Amerika Serikat kelihatannya juga ingin unjuk kemampuan dengan robot – robot hasil ciptaan mereka. Mereka seakan ingin memperlihatkan bahwa robot – robot buatan mereka juga bisa menyaingi robot buatan Jepang. Akan tetapi, jika dilihat dari penerapannya, Robot Jepang sepertinya lebih unggul dibandingkan dengan Robot Amerika. Meskipun Amerika memiliki julukan sebagai negara Super Power, namun untuk robot, Jepanglah supernya.

Duel Robot Amerika Serikat vs Jepang

Keinginan untuk membuktikan kehebatan robot buatan Amerika Serikat ini sepertinya tidaklah main-main. Tahun 2015 yang lalu, salah satu perusahaan pembuat robot raksasa asal Amerika, yaitu MegaBots Inc telah menantang perusahaan robot Jepang yang bernama Suidobashi Heavy Industries untuk berduel.

Tantangan untuk berduel yang dilayangkan oleh perusahaan Amerika tersebut bertujuan untuk menguji performa robot milik mereka. Ajakan duel tersebut bahkan diunggah ke dalam sebuah video oleh salah satu pendiri MegaBots, yaitu Matt Oehriein. Di dalam video berdurasi satu menit empat puluh detik tersebut, dia menantang Jepang dengan menggunakan mantel bendera Amerika. Penasaran kan dengan video tantangan itu? Santai saja sob, karena di bawah ini anda bisa menonton videonya.

Menanggapi tantangan dari pihak perusahaan robot Amerika tersebut, Kreator Kuratas, Kogoro Kurata mengatakan bahwasannya jika ingin membuat duel robot ini menarik, maka duel yang akan diadakan tersebut haruslah duel jarak dekat/meele.

Kogoro menyetujui tantangan tersebut dan  juga mengatakan bahwa dia ingin memukul MegaBots hingga hancur berkeping-keping. Dia sangat yakin dan percaya diri kalau Jepang akan memenangkan duel itu, karena menurutnya “robot adalah budaya orang Jepang”. Tanggapan perusahaan robot Jepang tersebut juga dibuat dalam bentuk sebuah video, seperti berikut ini:

Duel robot maut ini akan melibatkan robot – robot raksasa yang luar biasa dari kedua negara. Masing-masing robot memiliki spesifikasi dan keunggulan yang sudah ditentukan sebelumnya, baik itu untuk robot Megabot Mark 2 buatan MegaBots Inc dan robot Kuratas buatan Suidobashi.

MegaBots Inc. sendiri sudah menggalang dana melalui Kickstarter untuk mengembangkan robot mereka. Kabarnya Robot raksasa MegaBots MK II ini sudah dikembangkan hingga menjadi MegaBots Mk III. Robot Mk III ini disebut khusus dibuat untuk pertarungan jarak dekat.

Duel robot antara Jepang dan Amerika ini rencananya akan diadakan tahun 2017  ini. Tepatnya pada bulan Agustus 2017. Untuk anda yang merasa sangat penasaran dengan duel robot ini, anda bisa melihat pengumumannya di dalam video yang sudah disediakan berikut ini:

Sayangnya, hingga saat ini, pihak perusahaan masih merahasiakan tanggal pasti dari duel robot Kuratas dan MegaBots Mk II ini. Mungkin saja ini dilakukan untuk membuat anda semakin penasaran dan tidak sabaran untuk menyaksikan duel tersebut. Iya nggak? Jadi, sabar dulu ya, guys sampai tanggalnya benar – benar sudah diumumkan.

Perbedaan Robot MegaBots Mk II Amerika dan Robot Kuratas Jepang

Setelah melihat video tantangan dan penerimaan tantangan di antara kedua kubu, berikut ini akan ditampilkan spesifikasi dari robot Kuratas dan MegaBots Mk II. Dari informasi berikut ini, anda mungkin bisa membuat kesimpulan sementara mengenai pemenang dalam duel maut yang akan diadakan sebentar lagi.

Robot Kuratas – Jepang

  • Kuratas merupakan Robot besutan Jepang, yang diproduksi oleh Perusahaan Suidobashi Heavy Industry. Kuratas diciptakan oleh seorang pria Jepang yang bernama Kogoro Kurata.
  • Robot Kuratas merupakan robot raksasa yang dikendalikan oleh pilot.
  • Jika dilihat dari bentuknya, kuratas terkesan memiliki tampilan yang lebih elegan dibandingkan dengan MegaBots
  • Mekanisme sistem dan penggerak Robot Kuratas dibekali dengan software dan mekanisme canggih layaknya robot canggih yang sebenarnya.
  • Saat dirilis pertama kali, Kuratas dilengkapi dengan logo dan branding Windows. Mungkin saja sistem control dan pengendali di robot ini menggunakan OS berbasis Windows sebagai basisnya,
  • Kuratas adalah robot dengan mesin canggih yang menggunakan sistem operasi bernama V-Sido. Sistem ini memungkinkan pilotnya mengendalikan gerakan melalui kokpit yang ada di dalamnya, atau dengan alat pengendali. Pilot bahkan cukup menggunakan smartphone yang memiliki koneksi 3G untuk mengendalikannya.
  • Sistem V-SIDO Robot Kuratas ini juga mampu membaca gerakan operator robot hanya menggunakan sensor dan merubahnya menjadi gerakan mekanik canggih layaknya film Pasific Rim. Tentunya teknologi tersebut akan berguna dalam pertarungan jarak dekat, baik dengan senjata maupun tanpa senjata. Ini adalah gap teknologi yang tidak dimiliki oleh robot Amerika MegabBots Mark II.
  • Lengan Robot Kuratas diciptakan agar dapat mengenggam layaknya kepalan manusia.
  • Kuratas juga dilengkapi persenjataan. Kuratas memiliki Twin BB gatling Gun
  • Kuratas memiliki bobot yang lebih ringan, yaitu 4,5 ton.

Robot MegaBots Mk II – Amerika Serikat

Setelah melihat beberapa spesifikasi yang dimiliki robot kuratas, nah sekarang giliran Robot MegaBots Mk II. Adapun spesifikasi yang dimiliki robot Amerika ini antara lain:

  • Robot MegaBots Mk II merupak robot asal Amerika Serikat, yang diciptakan oleh MegaBots Inc.
  • Sama seperti Kuratas, robot raksasa ini juga bisa dikendalikan oleh pilot.
  • Berbeda dengan Kuratas yang didukung oleh Windows, Megabots Mark II dibekingi oleh Autodesk.
  • Dari bentuknya, Robot MegaBots Mk II asal Amerika ini memang terlihat lebih garang dan tangguh.
  • MegaBots Mk II memiliki bobot 5,4 ton. Robot raksasa berwarna hijau dan kuning tersebut bahkan bisa dikendalikan oleh dua orang pilot.
  • MegaBot Mark II, Robot asal negeri paman Sam ini memiliki tinggi maksimal 14,57 meter dan kecepatan sekitar 44 kilo meter per jam. Secara teoritis, bisa dikatakan jika robot ini lebih tinggi dari robot Kuratas buatan Jepang.
  • Robot yang dikembangkan MegaBots Amerika sendiri mempunyai spesifikasi mekanisme dan senjata yang bisa dibilang seimbang dengan robot Kurata Jepang. MegaBots Mark II menggunakan senjata andalan yang dibekali peluncur roket berkecepatan sangat tinggi. Peluncur roket (dengan peluru cat) di kedua lengannya dapat meluncur dengan kecepatan 100 mil /jam (dalam demonya senjata ini dengan beberapa peluru saja dapat menghancurkan tiga jendela mobil sedan, serta membuat bagian badan mobil melengkung).

Itulah perbedaan yang bisa dibandingkan antara Robot Kuratas Jepang dan Robot MegaBots Mk II asal Amerika yang nantinya akan berduel. Hingga saat ini, keduanya mungkin masih dalam tahap pengubahan. Masing – masing kubu akan saling berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk masing – masing robot mereka. Semua hanya untuk sebuah tujuan yaitu: memenangkan duel.

Gimana guys? Sepertinya duel ini bakalan seru abis. Banyak yang sudah tidak sabar untuk menantikan duel kedua robot yang luar biasa ini. Ada yang berpendapat bahwa Robot Kuratas lah yang akan menang, karena teknologi yang digunakan dalam pembuatan robot ini sangatlah canggih. Namun ada pula yang berpendapat bahwa MegaBots Mk II lah yang akan menang, karena dilihat dari posturnya saja, Kuratas berada di bawah MegaBots Mk II .

So, guys? Bagaimana dengan kalian? Siapakah menurut kalian yang akan memenangkan duel tersebut? Robot Kuratas kah? atau Robot MegaBots Mk II? Yah, kita lihat saja nanti, ya guys.