Technology

WhatsApp Punya Fitur Terbaru Untuk Menghapus Pesan Yang Memalukan, Intip Yuk?

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengirim pesan. Aplikasi ini memungkinkan orang-orang untuk saling bertukar pesan tanpa harus dikenai biaya SMS seperti biasanya.

Hal tersebut dikarenakan WhatsApp Messenger tidak memakan pulsa, melainkan menggunakan paket data internet yang sama seperti untuk membuka email, browsing web dan lain sebagainya.

Semenjak kehadirannya di masyarakat, WhatsApp dengan cara yang perlahan tapi pasti mulai menggantikan posisi BBM di hati masyarakat umum, khususnya yang ada di Indonesia.

Bahkan saat ini banyak masyarakat yang sudah tidak lagi menggunakan BBM dan memilih untuk menghapus aplikasinya dari smartphone mereka, karena banyak dari mereka yang beranggapan bahwa aplikasi WhatsApp lebih bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Jelas saja, hal itu dikarenakan aplikasi yang sering disingkat dengan istilah WA ini tak hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan saja, melainkan juga bisa dipakai untuk menelepon dan juga untuk melakukan video call.

Apakah anda juga melakukan hal yang sama dengan kebanyakan orang tersebut? Kalau lah anda di suruh memilih menggunakan whatsapp dan aplikasi perpesanan yang lainnya, manakah yang menurut anda yang paling mudah dan efektif untuk digunakan? Kebanyakan dari anda pasti akan menjawab dan memilih whatsapp, kan?

Nah, untuk anda para pengguna aplikasi ini, ada kabar baik nih mengenai fitur baru dari aplikasi WA yang harus anda ketahui. Fitur tersebut bernama “Unsend“. Seperti apa ya kira-kira fitur ini? Penasarankan? Yuk, langsung saja baca sedikit penjelasannya di bawah ini:

Fitur Terbaru Pada WhatsApp

Akhirnya whatsApp berhasil menciptakan fitur terbarunya yang disebut dengan “Unsend“. Setelah berbulan-bulan lamanya melakukan persiapan, WhatsApp akhirnya berhasil menambahkan kemampuannya untuk menghapus pesan yang dianggap memalukan, yang tidak sengaja anda kirim ke seseorang, yang mungkin disebabkan karena adanya kesalahan tertentu.

Dengan adanya fitur ini, anda bisa menghapus pesan itu sebelum orang yang anda kirimi pesan tersebut membacanya. Jadi anda tidak akan merasa malu karena kecerobohan yang anda lakukan tersebut.

Menariknya lagi, fitur yang telah diluncurkan ini tersedia untuk anda para pengguna Android, iOS dan Windows Phone. Sebenarnya fitur ini secara resmi disebut sebagai “Delete for Everyone” atau ada juga yang menyebutnya dengan istilah “Recall” dan “Cabut“.

Fitur ini akan memungkinkan anda para pengguna aplikasi WA untuk melepaskan pesan, sehingga pesan yang tidak ingin anda kirim atau pesan yang tidak sengaja terkirimkan dengan cara menghilangkannya dari percakapan anda. Pesan tersebut akan disembunyikan dari orang yang berada di chat tersebut dan juga dari anda sendiri.

Terlepas dari kelebihannya yang bisa membantu pengguna untuk menghilangkan pesan yang dianggap memalukan seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, ada hal penting lainnya yang juga harus anda ketahui, yang masih berkaitan dengan “fitur unsend” ini.

Informasi ini bisa dibilang adalah informasi yang lumayan menjengkelkan, karena ternyata meskipun halaman FAQ nya telah diperbaharui untuk memberi tahu pengguna tentang fungsi dari fitur baru tersebut, tampaknya messenger (perpesanan) milik Facebook masih belum meluncurkan fitur baru ini ke semua pengguna.

Oleh karena itu, anda harus berpikir dua kali sebelum anda mengirimkan pesan kepada seseorang. Jangan sampai pesan yang anda kirim tersebut malah menjadi bumerang untuk diri anda sendiri.

Apakah yang dimaksud dengan halaman FAQ?

The Frequently Asked Questions (FAQ) adalah bagian dari situs web yang biasanya berfungsi untuk menangani masalah – masalah umum, yang bisa berupa pertanyaan atau keberatan (komplain) dari para pelanggan.

Laman ini sangat berbeda dengan laman dimana anda biasanya menceritakan secara lengkap (luas) tentang seluk beluk dari produk tertentu yang ingin anda tawarkan kepada pengunjung.

Bagian FAQ malah bertindak sebaliknya, karena biasanya membahas sesuatu secara spesifik. Bisa dibilang kalau laman ini adalah laman yang dituju untuk menemukan jawaban atas pertanyaan spesifik tentang sebuah produk atau operasi bisnis.

Halaman FAQ juga dapat bertindak sebagai titik kontak pertama bagi pelanggan, yang mencari jawaban sebelum mereka menghubungi anda dan menghujani anda dengan pertanyaan mereka secara langsung.

Untuk Faq WhatsApp sendiri, adapun macam-macam petanyaan yang bisa anda tanyakan di sana bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:

Penggunaan Fitur “Unsend”

Sejak perilisan fitur baru ini dilakukan, kabarnya sejauh ini Staf TNW tidak dapat menggunakan fungsi dari fitur ini (dengan versi terbaru dari WhatsApp). Akan tetapi, mengingat informasi ini sudah diumumkan di halaman FAQ resminya, seharusnya tidak perlu memakan waktu yang lama sebelum akhirnya fitur tersebut diaktifkan untuk semua pengguna aplikasi.

(Note: TNW adalah salah satu publikasi online terbesar di dunia, yang memberikan perspektif internasional mengenai berita terbaru tentang teknologi internet, bisnis dan lain sebagainya.)

Fitur baru yang disebut dengan ‘delete for everyone‘ ini akan tersedia dan bisa digunakan untuk pesan yang dikirim ke obrolan kelompok dan juga individu. Perusahaan mengatakan bahwa semua teks yang dibersihkan akan diganti dengan pemberitahuan ‘Pesan ini telah dihapus‘, seperti yang terlihat pada gambar yang dibawah ini:

Cara Menggunakan Fitur ‘Unsend’ Pada WhatsApp

Anda para pengguna WhatsApp yang ingin menggunakan fitur terbaru WA ini, anda harus menggunakan versi terbaru dari WhatsApp. Dan jika anda sudah menggunakannya, anda harus tahu bahwa fitur ini hanya berlaku untuk pesan yang anda kirim dalam tujuh menit terakhir saja.

Jika jangka waktu yang telah ditentukan tersebut telah melewati batas atau sudah lewat, maka pesan yang anda kirim tersebut akan tetap terkirim. Penghapusan ini tidak hanya berlaku pada teks saja, melainkan juga pada semua jenis pesan, seperti gambar, video, GIF dan juga dokumen.

Anda para pengguna aplikasi ini dapat mengikuti langkah – langkah berikut, untuk memeriksa apakah fitur “Unsend” atau ‘Delete for everyone’ ini bisa digunakan di telepon anda:

  • Pertama sekali, yang harus and lakukan adalah pergi ke WhatsApp dan kemudian buka obrolan dengan pesan yang ingin anda tarik.
  • Ketuk dan tahan pesan yang dimaksud tersebut. Selanjutnya pilihan atau beberapa option akan muncul di bagian atas layar anda. Sebelumya anda harus tahu bahwa anda dapat memilih lebih dari satu pesan untuk dihapus secara bersamaan.
  • Setelah anda menyelesaikan tahapan di atas tadi dan telah memilih pesan yang anda inginkan, selanjutnya klik Delete (ikon trash bin) dan pilih opsi ‘Hapus untuk semua orang‘ atau ‘delete for everyone‘.

“Fitur ini sangat berguna jika anda mengirim pesan ke obrolan yang salah atau jika pesan yang anda kirim berisi kesalahan,” jelas WhatsApp di FAQ. Disana anda juga diberitahu bahwa pesan yang berhasil anda hapus untuk seseorang tersebut akan diganti dengan teks yang bertuliskan ‘Pesan ini telah dihapus‘ dalam obrolan penerima anda.

Demikian pula jika anda yang melihat teks yang ada tulisan ‘Pesan ini telah dihapus‘ dalam obrolan anda, maka berarti si pengirim telah menghapus pesan tersebut dan tidak ingin anda melihat isi pesannya. ” Tindakan yang dilakukan itu bisa disebabkan karena beberapa alasan tertentu. Tergantung pada mereka yang menghapusnya.

Pesan terhapus akan hilang dari kedua obrolan maupun pusat notifikasi. Jika anda tidak berhasil melakukannya, biasanya WhatsApp tidak akan memberitahukan anda bahwa “Delete for Everyone” belum berhasil dilakukan.

Bukan hanya itu saja, ada kemungkinan lain yang mungkin akan terjadi pada saat anda melakukan “unsend” atau “delete for everyone” tersebut. Adapun kemungkinan tersebut adalah walaupun perintah delete for everyone tersebut berhasil anda lakukan, ada kemungkinan orang yang anda ajak mengobrol telah melihat pesannya sebelum anda berhasil mencabutnya dari obrolan.

Menurut WABetaInfo, peluncuran fitur Delete for Everyone ini ternyata terbukti “sangat lambat“. Jadi anda tidak perlu khawatir jika anda masih belum dapat menggunakannya dengan benar.

Peringatan Penggunaan Fitur Unsend

Ada beberapa peringatan yang perlu anda ketahui saat akan menggunakan fitur ini, yang salah satu diantaranya adalah:

Supaya anda berhasil menghapus pesan, anda sebagai si pengirim dan si penerima pesan harus sama – sama menggunakan versi terbaru dari WhatsApp, baik itu untuk Android, iPhone, atau Windows Phone dan telah mengaktifkan fitur ‘Hapus untuk Semua Orang‘.

Jika Anda atau si penerima belum atau tidak menggunakan versi terbaru WhatsApp untuk Android, iPhone atau Windows Phone tersebut, maka fitur ini tidak akan didukung.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai fitur baru dari aplikasi WhatsApp, yang bisa anda gunakan untuk menghapus pesan yang anda anggap memalukan ataupun pesan-pesan yang memiliki kesalahan dalam hal penulisan, kalimat ataupun tujuan.

Sebelum adanya fitur ini, kita semua tahu bahwa whatsApp yang merupakan aplikasi perpesanan ini memang memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh aplikasi – aplikasi yang sejenis lainnya. Diantaranya adalah:

  • Anda bisa melihat contact WhatsApp di Phonebook, karena kontak WA tersebut tersinkron otomatis dengan kontak phonebook.
  • Avatar pada whatsapp bisa diganti secaa manual maupun otomatis tersinkron foto facebooj atau phonebook.
  • Tidak seperti BB, messenger yang menggunakan PIN, PIN yang digunakan pada WhatsApp adalah nomor telepon, sehingga anda dapat melakukan panggilan atau “CALL” secara langsung dari aplikasi ini.
  • Terdapat fasilitas Broadcast Message dan Group untuk membangun komunitas.
  • Tidak hanya text, tetapi juga gambar, foto, video, lokasi (GPS) yang bisa dikirimkan secara langsung pada chat (bukan berupa tautan ataupun link.
  • Banyak menyediakan emoticon berbagai tema mulai dari emosi, orang, benda, cuaca dan sebagainya.
  • Terdapat juga fasilitas blokir, copy paste dan search
  • Hemat Bandwidth

Jika anda ingin fitur ini bisa anda gunakan pada telepon pintar anda, maka ikutilah panduan yang sudah dijelaskan di atas tadi. Kalaupun anda merasa belum memerlukan fitur ini sekarang, tapi dikedepannya mungkin saja anda akan sangat membutuhkannya.

Jadi untuk apa anda berpikir panjang lagi? Yuk gunakan fitur terbaru dari WA ini. Tapi pastikan anda sudah menggunakan versi terbarunya ya, karena kalau masih menggunakan versi yang lamanya, anda tidak akan bisa menggunakan fitur tersebut.

Anda tidak perlu khawatir dengan cara bagaimana men-downloadnya, karena caranya tidak sulit kok. Yah, sama saja seperti yang biasa anda lakukan saat mendownload aplikasi-aplikasi lainnya di Playstore atau google play anda. Mudahkan? Selamat Mencoba ya, guys.