Technology

Xiaomi redmi 4 Ternyata Lebih Unggul Dari Iphone 6, Nggak Percaya?

Melihat semakin tingginya permintaan masyarakat terhadap gadget yang salah satunya adalah handphone, yang sudah dianggap sebagai  sebagai sebuah kebutuhan, membuat banyak perusahaan atau produsen – produsen gadget / handphone terus bersaing di pasar. Persaingan yang mereka lakukan adalah persaingan dalam hal penjualan produk mereka masing – masing. Semakin banyak produk yang terjual, maka semakin besar pula keuntungan yang bisa mereka dapatkan. Bener nggak?

Saat ini, beberapa merek handphone sepertinya tengah merajai pasar. Hal ini terlihat dari banyaknya permintaan masyarakat terhadap beberapa merek tersebut. Sangat terlihat bahwa masing – masing perusahaan handphone ini memang sedang gencar – gencarnya untuk menarik minat masyarakat. Salah satu usaha yang mereka lakukan adalah dengan melakukan sejumlah promosi melalui iklan, brosur dan sebagainya. Masing – masing produsen handphone tersebut juga saling menampilkan keunggulan atau kelebihan dari produk handphone mereka masing – masing.

Adapun beberapa merek handphone yang saling bersaing ketat di pasar tersebut antara lain: Oppo, Xiaomi, Samsung dan Iphone.  Mungkin anda adalah salah satu pengguna salah satu merek handphone di atas. Benar nggak? Sebelum memutuskan untuk membeli handphone, biasanya orang – orang akan terlebih dahulu mencari tahu sejumlah informasi, yang berkaitan dengan Handphone yang akan mereka beli tersebut, kemudian membuat perbandingan dengan merek lainnya, yang juga sedang ngehits dikalangan masyarakat. Hal ini sangat wajar dilakukan, karena setiap orang pasti ingin mendapatkan yang terbaik. Tidak seorangpun yang mau kecewa karena telah salah memilih.

Berbeda dengan samsung dan iphone, kemunculan dan kehadiran Oppo dan Xiaomi bisa dikatakan masih sangat baru di masyarakat. Tak heran jika di awal kemunculannya masih banyak yang ragu untuk membeli merek handphone ini. Ditambah lagi dengan persepsi buruk yang berkembang di masyarakat, yang mengatakan bahwa Xiaomi adalah buatan China yang sangat diragukan kualitasnya. Dibadingkan dengan Xiaomi, masyarakat tampaknya lebih tertarik pada Oppo.

Namun ibarat pepatah yang mengatakan “don’t judge a book from it’s cover”, begitu juga yang berlaku untuk ponsel china yang bernama xiaomi ini. Tidak ada yang pernah menyangka bahwa Xiaomi ternyata bisa bersaing dengan merek – merek terkenal lain seperti Samsung dan iphone, bahkan sepertinya Xiaomi menjadi salah satu yang paling banyak digemari oleh masyarakat saat ini. Pada akhirnya, Xiaomi ternyata mampu membuktikan bahwa dia juga bisa bersaing dan mendapatkan tempat di hati para pelanggan.

Dan karena alasan itu pula artikel ini dibuat. Semakin masyarakat memandang sebelah mata ponsel xiaomi ini, maka semakin gencar pula produsen xiaomi memperbaharui kualitasnya sampai pada tahap yang bisa disamakan dengan produk handphone ternama yang telah dulu nge-hits di masyarakat. Dan saat ini, anda bisa membandingkan ponsel china tersebut dengan salah satu ponsel merek ternama dunia, yaitu iPhone. Anda mungkin akan terkejut saat mengetahuinya.

Nah, bagi anda yang masih menganggap remeh handphone xiaomi, atau masih bingung untuk memutuskan membeli ponsel merek apa dan yang bagaimana, penjelasan berikut ini mungkin bisa membantu memberikan jawabannya pada anda. Penjelasan tersebut dibuat dengan cara membandingkan antara Xiaomi redmi 4 dan Iphone 6. Berikut adalah spesifikasi yang dimiliki oleh iPhone 6 dan Xiaomi redmi 4.

iPhone 6

iPhone 6 merupakan iPhone seri terbaru yang diluncurkan pada bulan september 2014 yang lalu. Seri ini termasuk salah satu seri yang paling dinantikan oleh masyarakat. Jika dilihat dari spesifikasinya, seri iPhone 6 ini tentu lebih unggul dibandingkan dengan seri – seri yang sebelumnya.

Adapun spesifikasi iPhone 6 tersebut, antara lain:

  • Sim Card yang digunakan di dalam iPhone 6 adalah Single Sim / Nano-Sim.
  • Memiliki dimensi sebesar 138.1 x 67 x 6.9 milimeter.
  • Memiliki bobot atau berat sebesar 129 gram.
  • Dilengkapi dengan layar LED-backlit IPS LCD, dengan resolusi sebesar 750 x 1334 pixels (326 ppi pixel density).
  • Kamera belakang memiliki resolusi sebesar 8 MP, 3264 x 2448 pixels, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Video 1080p@60fps, 720p@240fps, sedangkan kamera depan memiliki resolusi sebesar 1.2 MP, 720p@30fps, face detection, HDR, FaceTime.
  • Operating Sistem dilengkapi dengan iOS 8, upgradable to iOS 8.1.2.
  • Menggunakan chipset / processor Apple A8, Dual-core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based).
  • Dilengkapi dengan GPU atau Unit Pengolahan Grafis PowerVR GX6450.
  • Memiliki Ram sebesar 1 GB.
  • Memiliki memory internal sebesar 16/64/128 GB.
  • iPhone 6 ini menggunakan jaringan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps.
  • Dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot, NFC, Bluetooth v4.0, USB v2.0.
  • Memakai GPS jenis A-GPS, GLONASS.
  • Baterai bersifat non-removable Li-Po 1810 mAh.

Xiaomi Redmi 4

Meskipun Xiaomi masih tergolong sangat baru, namun xiaomi telah berhasil menarik perhatian masyarakat dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Adapun kelebihan tersebut dapat dilihat dari spesifikasinya yaitu:

  • Xiaomi memiliki desain yang sangat menarik, yang dibalut dengan material full metalyang membuatnya menjadi lebih elegant dan berkelas.
  • Dilengkapi dengan dual SIM yang dapat aktif secara bersamaan. Tipe SIM yang digunakan adalah Micro-SIM.
  • Dilengkapi dengan konektifitas 4G LTE Cat4 250/50 Mbps, yang merupakan akses internet tercepat saat ini. Dengan adanya jaringan ini, anda bisa mengakses atau browsing internet dengan mulus tanpa adanya masalah internet lelet atau lemot.
  • Layar 5,0 inci yang cukup nyaman dan dapat dioperasikan dengan satu tangan
  • Resolusi layar HD 1280 x 720 pixels, yang membuat tampilan layar terlihat lebih kinclong.
  • Teknologi layar IPS LCD yang menawarkan kontras warna natural pada layar. Selain itu, handphone ini juga memiliki sudut pandang luas dari segala sisi.
  • Menggunakan Android terbaru marsmallow yang dibalut dengan MIUI 8 yang memiliki tampilan lebih atraktif.
  • memiliki Prosesor Snapdragon 410 untuk performa lebih bertenaga saat digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game.
  • Ditembah lagi dengan RAM 2 GB untuk aktifitas multitaksing berjalan lebih lancar
  • Kamera utama beresolusi 13 MP, yang cukup asyik digunakan untuk mengabadikan momen momen berharga sehari hari. Kamera utama dilengkapi fitur phase detection autofocus dan LED flash untuk hasil foto lebih maksimal. Kamera utamanya juga memiliki kemampuan untuk merekam video Full HD. Selain memiliki kamera belakang, Xiaomi redmi 4 juga dilengkapi dengan kamera depan sebesar 5 MP untuk menunjang foto selfie dan video call mejadi lebih seru.
  • Memiliki penyimpanan internal sebesar 32 GB dengan tambahan slot MicroSD 256 GB untuk menyimpan banyak file.
  • Sokongan daya baterai yang sangat besar mencapai 4100 mAh yang akan mampu menunjang kinerja smartphone secara maksimal.
  • Selain itu juga dilengkapi dengan fast charging untuk pengisian baterai secara cepat.

Keunggulan Xiaomi redmi 4 dibanding iPhone 6

Jika diperhatikan dari kedua spesifikasi yang dimiliki oleh kedua merek handphone tersebut, anda bisa melihat bahwasannya terdapat perbedaan yang bisa dijadikan sebagai tolak ukur dalam melihat keunggulan dari salah satu merek tersebut. Dan dari pengamatan yang dilakukan, ternyata didapat hasil bahwasannya Xiaomi redmi 4 memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh iPhone 6. Keunggulan tersebut bisa dilihat sebagai berikut:

  • Dari Segi Layar

Spesifikasi iPhone 6 dilengkapi dengan layar berukuran 4.7 inci berteknologi LED-backlit IPS Display dengan resolusi 750 × 1334 pixel dan memiliki kerapatan layar mencapai 326 ppi. Sementara itu, Xiaomi redmi4 mengusung layar 5 inci IPS Capacitive Touchscreen beresolusi 1080 × 1920 dengan kerapatan layar mencapai 441 ppi.

Berdasarkan pemaparan tersebut, maka dapat dilihat bahwa kelemahan iPhone 6 terletak pada resolusi yang lebih kecil dibandingkan dengan xiaomi redmi4. Keunggulan Xiaomi redmi4 juga terdapat pada kerapatan layar yang lebih besar, sehingga gambar yang ditampilkan lebih tajam dan jernih.

  • Sistem perangkat

Perbandingan spesifikasi  iPhone 6 dan xiaomi redmi4 berlanjut pada aspek kinerja perangkat. iPhone 6 disenjatai dengan sistem operasi iOS 8 yang bisa di-upgrade ke iOS 8.1, sementara Xiaomi menggunakan platform Android v4.4.3 (KitKat) dengan modifikasi menjadi MIUI 5.0. Jika Anda memiliki kecenderungan pada satu sistem operasi, maka perbedaan ini akan memudahkan menjatuhkan pilihan anda. Xiaomi juga disenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 Quad-core berkecepatan 2.5 GHz. Spesifikasi xiaomi tersebut jelas lebih unggul dibanding Apple iPhone 6 yang mengandalkan prosesor 64-bit Apple A8 Dual-core berkecepatan 1.4 GHz.

  • Segi RAM

Dari segi RAM, Xiaomi lebih unggul karena mengandalkan RAM sebesar 3 GB, sementara iPhone hanya menggunakan 1 GB.

  • Segi Kamera

Kelemahan iPhone 6 kembali terlihat dari kapasitas kamera utama yang hanya sebesar 8 MP, jika dibandingkan dengan spesifikasi xiaomi redmi4 yang dilengkapi dengan kamera beresolusi 13 MP.Keunggulan xiaomi redmi4 juga dapat dilihat dari resolusi gambar yang dimiliki, yaitu sebesar 8 MP, sementara iPhone 6 hanya mengandalkan 1.2 MP.

  • Segi Harga

Perbandingan kedua smartphone ini juga bisa dilihat dari harganya. Apple menawarkan harga iPhone 6 seharga Rp. 10 jutaan, sementara xiaomi redmi4 sudah bisa didapatkan dengan harga Rp. 4 jutaan.

Dibalik keunggulan tersebut, xiaomi redmi4 juga memiliki kelemahan dibandingkan dengan iPhone 6. Kelemahan tersebut bisa dilihat dari:

  • Dimensi Bodi

Smartphone Android terbaru asal Cina ini menghadirkan xiaomi redmi4 dengan ukuran 5.48 × 2.70 × 0.35 inci, dengan bobot sebesar 149 gram. Desainnya yang elegan menjadikan Xiaomi redmi4 cocok digunakan bagi Anda yang berjiwa muda dan dinamis. Melihat hal tersebut, iPhone 6 menantang penampilan tersebut dengan menghadirkan perangkat yang jauh lebih tipis dan berukuran 5.44 × 2.64 × 0.27 inci. Keunggulan iPhone terlihat dari bobot yang hanya 129 gram sehingga sangat nyaman meski digenggam menggunakan satu tangan.

  • Layar

Kelemahan Xiaomi Mi4 terletak pada tidak adanya lapisan pelindung, sementara Apple menyematkan Shatter Proof Glass untuk mengamankan layar dari goresan maupun gesekan selama penggunaan.

Setelah melihat spesifikasi yang dimiliki oleh kedua merek handphone diatas, serta melihat kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh keduanya, apakah anda sudah bisa menentukan handphone mana yang akan anda beli? Keputusannya tetap kembali kepada anda. Gimana? Ya sudah, kalau masih belum bisa menentukan pilihan diantara keduanya, coba pikir – pikir lagi, agar tidak salah mengambil pilihan. Selamat menentukan pilihan, sob.