Unique

Bukan Bentuk Jantung Aja Yang “Love”, Ternyata Jeruk Juga Bisa

Buah apakah yang paling banyak mengandung vitamin C? Ketika pertanyaan itu dilayangkan kepada anda, kebanyakan dari anda mungkin akan menjawab buah jeruk secara spontan. Nggak percaya? Coba saja tanyakan pertanyaan ini pada teman yang ada di sebelah anda. Pasti 90 % akan langsung menjawab “jeruk”.

Meskipun masih banyak buah – buah lainnya yang bahkan memiliki kandungan vitamin c yang jauh lebih banyak dari jeruk, tapi entah kenapa predikat sebagai penghasil vitamin c pada jeruk begitu melekat di dalam ingatan masyarakat. Jangan bohong deh, anda juga mungkin salah satu dari kebanyakan orang itu. Iya kan?

Selain jeruk, sebenarnya masih banyak buah yang juga mengandung vitamin c, misalnya saja jambu biji. Asal anda tahu, kandungan vitamin c pada jambu biji ini sebenarnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan jeruk. Jumlahnya mencapai 228 mg per 100 g atau tiga kali lebih banyak dari kebutuhan harian. Lebih banyak, kan? 

Meskipun begitu, popularitas jeruk di masyarakat memang tetap lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Contohnya saja di restoran, kebanyakan orang pasti akan memesan orange juice. Hanya segelintir orang saja yang mungkin akan memesan guava juice dan semacamnya. Betul kan? 

Terlepas dari itu semua, tidak bisa dipungkiri bahwa jeruk memang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Selain bisa mengobati panas dalam dan sariawan, kandungan jeruk juga ampuh untuk mengobati penyakit anemia dan diabetes.

Hal ini dikarenakan selain vitamin c dosis tinggi, di dalam jeruk jeruk terdapat kandungan magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, tembaga, fosfor, vitamin B1, B2, B3, B5, B6 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan sel darah merah dan juga untuk metabolisme tubuh yang lainnya.

Nah, beralih dari manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi jeruk di atas, kalau misalnya nih anda ditanya bagaimana sebenarnya bentuk jeruk, apa yang akan anda jawab? Bulatkah? Petak atau persegi kah? Atau bahkan ada bentuk – bentuk yang lainnya? 99% mungkin akan menjawab bulat, sama seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Dulu, mungkin jeruk – jeruk itu berbentuk bulat. Tapi sekarang jeruk bisa tumbuh dengan berbagai bentuk. Salah satunya adalah berbentuk hati atau love. Aneh kan? Pengen tahu gimana jadinya kalau jeruk bentuknya love? Berikut ini adalah bukti nyata beserta penjelasannya:

Jeruk Berbentuk Hati

Seperti yang kita semua ketahui, di zaman seperti sekarang ini pemikiran manusia sudah sangat jauh berkembang. Tidak hanya dalam satu bidang saja, melainkan di dalam segala bidang kehidupan. Salah satunya adalah dalam bidang pertanian atau perkebunan.

Jika sebelumnya di Indonesia sempat dihebohkan dengan melon yang berbentuk kotak, dimana harga melon kotak tersebut lebih mahal dibandingkan dengan melon – melon pada umumnya, ternyata hal yang sama juga terjadi pada buah – buahan yang lainnya, termasuk jeruk.

Bentuk jeruk ini memang tidak kotak, melainkan berbentuk hati atau love. Lihat saja jeruk yang ada pada gambar di atas, lucu dan unik sekali bukan bentuknya? Bentuk jeruk yang satu ini memang cukup membuat masyarakat merasa gemas dan berhasil menimbulkan rasa penasaran di hati sebagian masyarakat.

Yang menjadi pertanyaannya di sini adalah petani manakah yang bisa menciptakan buah jeruk berbentuk unik ini? Coba anda tebak. Tahu tidak? Dari pada anda sibuk menerka – nerka tanpa tahu kebenarannya, nih dikasih tahu deh jawabannya. Petani berbakat yang berhasil membuat jeruk berbentuk love ini adalah seorang petani asal Jepang. 

“Lagi lagi Jepang, lagi lagi Jepang, kapan sih Indonesianya?”, mungkin begitulah isi gumaman di dalam hati anda. hehe. Yah, mau gimana lagi dong, untuk hal kreativitas, Jepang memang belum bisa terkalahkan. Jadi wajar saja jika hal – hal unik yang tercipta di dunia ini kebanyakan adalah berasal dari mereka.

Cara Membuat Jeruk Berbentuk Love

Di atas telah disebutkan bahwa jeruk berbentuk hati ini dihasilkan oleh para petani Jepang, tepatnya para petani di Yawatahama. Untuk bisa membuat jeruk tersebut memiliki bentuk seperti hati atau love, petani – petani ini menggunakan dua lempeng kayu dan tongkat besi, yang membentuk sebuah alat.

Alat tersebut kemudian dipasang pada jeruk yang sedang bertumbuh sehingga membentuk kerucut dan lekukan. Dari sinilah jeruk yang menyerupai bentuk tanda cinta ini berhasil diciptakan.

Para petani di Yawatahama ini mengatakan bahwa tingkat keberhasilan menggunakan metode ini pada jeruk hanyalah 60 persen saat pertama kali mencobanya.  Dengan metode dan tingkat keberhasilan tersebut, mereka akhirnya bisa menghasilkan kurang lebih sebanyak 250 buah jeruk dengan bentuk hati.

Mereka berharap, dengan adanya metode ini mereka bisa menjual lebih banyak jeruk hasil pertaniannya. Tradisi membentuk buah – buahan ini sudah dimulai sejak tahun 2001 yang lalu. Awalnya petani – petani di Jepang mengalami kesulitan saat membawa dan menyimpan semangka, yang bobotnya besar dengan bentuknya yang lonjong.

Dan untuk mengatasi kesulitan itu, mereka akhirnya mencoba untuk  menggunakan pencetak bentuk persegi pada semangka yang masih bertumbuh. Semangka pun bisa lebih mudah diletakkan dan disimpan. Kini, cetakan buah sudah tidak hanya berbentuk petak saja.

Berbagai bentuk cetakan pun mulai diciptakan, yang salah satunya adalah cetakan hati yang dipakai untuk membuat jeruk berbentuk hati di atas. Semenjak adanya metode menggunakan cetakan bentuk seperti ini, produsen dan petani buah – buahan dan sayuran bisa lebih untung.

Pasalnya, sejak adanya buah – buahan berbentuk unik seperti ini, penjualan mereka setidaknya lebih meningkat dibandingkan yang sebelum – sebelumnya.

Tidak hanya di Jepang, bahkan sanking kreatifnya, petani di Tiongkok pernah menghasilkan pir berbentuk bayi dan Buddha. Begitu pula di Indonesia. Seakan tak mau kalah bersaing dengan negara Jepang dan Cina, Indonesia juga sempat menciptakan melon yang berbentuk kotak. Wah, ternyata Indonesia kreatif juga ya, sob.

Selain berbentuk hati, Jepang juga sempat menciptakan jeruk yang berbentuk segi lima atau pentagonal. Gimana lagi tuh ya bentuknya? Jeruk berbentuk unik ini dikembangkan oleh petani Jepang bernama Keisuke Ninomiya, Akihiro Nagaoka dan Jo Kubota.

Sama seperti buah – buahan yang lainnya, mereka juga membudidayakan jeruk segi lima ini dengan cara memasukkan jeruk yang masih kecil ke dalam cetakan yang berbentuk pentagonal. Dari situlah nantinya jeruk tersebut akan berbentuk segi lima ketika sudah mencapai usia panen.

Biasanya, para petani ini menawarkan jeruk – jeruknya yang unik tersebut sebagai “jimat” bagi para pelajar yang sedang menempuh ujian. Tak heran jika jeruk itu dinamai Gokaku no Iyokan atau yang artinya “aroma kesuksesan ujian”. Penjualan jeruk berbentuk uni itu memang sengaja dibuat untuk menyambut musim ujian sekolah di Yawatahama, Ehime.

Sebelumnya, Hiroichi Kimura juga berhasil membuat semangka berbentuk hati setelah menjalani proses panjang trial and error. Jepang juga menjadi rumah yang menghasilkan lemon berbentuk hati di Hiroshima. Keduanya sama-sama dihasilkan dengan memasukkan buah yang masih kecil ke dalam cetakan bentuk.

Unik sekali bukan bentuk jeruk – jeruk yang ada di Jepang ini? Kira – kira, bentuk yang manakah yang paling anda suka? Bentuk luve kah? atau bentuk pentagonal? Wah, kalau di suruh pilih sih pasti anda bakalan milih keduanya. Iya kan? Melihat bentuk – bentuknya yang lucu, mungkin anda akan segan dan sayang untuk memakannya.

Khusus untuk jeruk yang berbentuk hati, sepertinya bisa juga anda jadikan sebagai alternatif hadiah saat valentine. Ngasih coklat berbentuk hati kan sudah biasa sob, coba deh ganti dengan jeruk berbentuk hati ini sekali – sekali.