Unique

I-Half, Ikan Ajaib Yang Bertahan Hidup Dengan Setengah Bagian Tubuh

Ikan adalah salah satu lauk yang paling sering ditemukan di rumah. Ikan ini biasanya disajikan dengan berbagai cara pengolahan. Digoreng, dikukus, dan lain sebagainya. Akan tetapi, tidak semua jenis ikan bisa dimakan lo guys. Beberapa dari jenis mereka hanya bisa dipelihara dan dapat dipajang di rumah, misalnya di dalam akuarium, dan tidak untuk dimakan.

Ikan merupakan jenis hewan yang dapat hidup didalam air. Kemampuan untuk dapat hidup di air tersebut disebabkan karena ikan memiliki alat pernapasan berupa insang. Ikan dapat hidup dan ditemukan di air tawar (danau dan sungai) maupun air asin (laut dan samudra).

Ikan juga termasuk hewan berdarah dingin (poikiloterm), artinya suhu tubuh ikan selalu berubah-ubah sesuai dengan suhu air dimana ikan tersebut hidup. Ikan merupakan kelompok hewan vertebrata, yang hidup dengan beraneka ragam bentuk dan jenis. Jumlah spesies ikan diperkirakan lebih dari 27.000 spesies di seluruh dunia.

Ciri-ciri Umum Ikan

Untuk bisa mengidentifikasi ikan, ada beberapa ciri umum yang bisa dijadikan patokan, yaitu:

  • Tubuh ikan pada umumnya terdiri atas 2 bagian, yaitu: kepala dan badan. Tubuh tersebut ditutupi kulit yang umumnya berlendir dan bersisik. Sisik pada ikan ini memiliki fungsi sebagai rangka luar (eksoskeleton).
  • Ikan merupakan hewan air, berarti sebagian besar kehidupan ikan berada di dalam air. Beberapa ikan ada yang hidup di air tawar, dan ada juga yang hidup di air asin. Untuk ikan air asin, pengaturan pertukaran air dan garam didalam tubuh ikan diatur oleh insang.
  • Ikan pada umumnya bernafas dengan insang, meskipun ada juga yang memiliki alat pernapasan berupa paru-paru. Pada beberapa spesies, insang memiliki penutup yang disebut dengan operkulum.
  • Ikan bersifat poikiloterm (berdarah dingin). Jadi suhu tubuhnya dipengaruhi oleh lingkungan.
  • Alat kelamin ikan adalah hemafrodit (terpisah). Fertilisasi terjadi didalam atau diluar tubuh. Untuk cara perkembang biakannya, ikan adalah hewan ovipar atau hewan bertelur.
  • Ikan memiliki sirip yang memudahkannya untuk berenang. Sirip terdapat di bagian kiri dan kanan tubuhnya, juga di bagian ekornya.
  • Beberapa jenis ikan memiliki tulang rawan, dan ada pula yang bertulang sejati.

Ikan I-Half

Beberapa waktu lalu, seekor ikan aneh berhasil menarik perhatian masyarakat Thailand. Perhatian yang tertuju pada ikan ini bukan karena dia memiliki bentuk yang indah, atau kemampuan hidup di darat seperti Lungfish, melainkan karena kecacatan tubuh yang dimilikinya. Ikan ini ditemukan dan dirawat oleh seorang pria. Pria baik hati ini merupakan seorang berkebangsaan Thailand.

Kisah pertemuan pria baik hati dan ikan malang ini cukup membuat tersentuh orang-orang di sekitar yang mendengarnya. Pengen tahu kan gimana awal pertemuan pria  dan ikan buntung yang malang tersebut? Nih dia ceritanya:

Suatu hari, seorang pria berkebangsaan Thailand bernama Watchara Chote, yang sedang berjalan-jalan di pasar secara tidak sengaja melihat seekor ikan aneh yang hidup hanya dengan bagian kepala yang tersisa. Langkahnya tiba-tiba terhenti ketika matanya melihat ikan ajaib dengan kondisi tubuh yang hanya setengah atau buntung tersebut, sedang tertidur di dalam sebuah akuarium.

Melihat kondisi ikan malang itu, Pria tersebut merasa sangat iba dan kasihan. Dia tidak tega melihat ikan tersebut harus bersusah payah untuk bisa berenang dan tidak mampu untuk hidup normal seperti ikan-ikan pada umumnya. Dia bahkan tidak tega membayangkan kalau sampai hidup ikan itu berakhir di penggorengan.

Walaupun hanya seekor ikan, namun tidak menyurutkan niat baik Watchara Chote untuk memeihara dan mengasuh ikan tersebut di rumahnya. Pria ini pun akhirnya memutuskan untuk membeli ikan malang ini, meskipun pedagang yang menjualnya sempat menawarkan ikan yang lebih segar dan lebih layak untuk dimakan dibandingkan dengan ikan cacat tersebut.

Tubuh ikan itu menjadi cacat karena mengalami insiden, saat ikan tersebut melompat di empang. Akibat lompatan yang begitu keras, tubuh ikan ini pun menghantam batu sampai tubuhnya terbelah enjadi dua bagian. Akan tetapi, yang menjadi keanehan dalam peristiwwa tersebut adalah dimana ikan ini masih bisa tetap bertahan hidup meskipun dalam kondisi parah seperti itu.

Berbeda halnya dengan ikan Lungfish Afrika yang bisa hidup di dalam tanah kering tanpa air sama sekali, ikan buntung ini dianggap mustahil untuk bisa bertahan hidup untuk waktu yang lama. Akan tetapi, persepsi tersebut ternyata tak sejalan dengan kenyataan. Saat chote memelihara ikan tersebut di rumahnya, secara tidak masuk akal kondisi ikan tersebut lambat laun berangsur-angsur mulai membaik dan semakin membaik dari hari ke hari.

Hal ini tentu saja berkat kasih sayang yang diberikan oleh Watchara Chote kepada ikan itu. Pria ini sangat menyayangi ikan peliharaan nya tersebut, dan bahkan memeberikannya sebuah nama, yaitu I-Half. Setiap pagi setelah bangun tidur, hal pertama yang akan dilakukan oleh chote adalah mengajak bermain ikan kesayangannya tersebut.

Dan untuk masalah makanannya, chote juga menyediakan makanan yang layak untuk ikan peliharaannya itu, dan dengan sabar memasukkkan makanan satu persatu ke dalam mulut ikan tersebut, dan memastikan bahwa i-half telah benar-benar menelan makanannya. Wah, spertinya pria Thailand ini sudah menganggap ikan itu seperti anaknya sendiri. Bener nggak?

Bagaimana I-Half fish ini bisa hidup walau hanya dengan bagian kepalanya saja?

Pada umumnya, struktur tubuh ikan terdiri dari kepala, badan dan ekor. Bagian kepala biasanya terbentuk dari struktur tulang tengkorak. Pada beberapa jenis ikan, terdapat rahang yang cukup kuat dan besar yang membentuk bagian kepala. Tulang tengkorak ini lah yang akan melindungi otak ikan. Otak tersebut merupakan pusat sistem saraf pada ikan.

Ikan ini bisa bertahan hidup walau dengan kondisi cacat seperti itu karena, bagian tubuh ikan terbelah tepat di bagian tengah. Bagian pertama adalah bagian yang merupakan organ penting, seperti otak, insang, dan organ vital lainnya. Sedangkan bagian kedua adalah bagian badan sampai ekor yang keseluruhannya hanya terdiri dari tulang dan otot atau daging.

Jadi jika bagian keduanya yang hilang, ikan tersebut masih bisa bertahan hidup, karena organ-organ vital ikan tersebut masih utuh. Hanya saja dengan hilangnya bagian tubuh kedua ikan tersebut, menjadikannya kesulitan untuk berenang di dalam air, karena ekor yang seharusnya ada merupakan alat bantu ikan pada saat berenang. Tapi terlepas dari semuanya itu, yang terpenting adalah ikan ini bisa selamat dan hidup dalam kekurangan yang dimilikinya.

Nah, untuk lebih membuat anda tercengang lagi, berikut akan ditampilkan video dari ikan I-Half yang unik tersebut:

Apa yang terjadi pada ikan buntung di atas memberikan pelajaran penting bagi manusia, bahwa meskipun anda memiliki kekurangan fisik sekalipun, bukan berarti anda tidak bisa melakukan apapun dan tidak berhak untuk hidup. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk hidup. Jadi jangan pernah menyerah karena pasti akan ada orang-orang yang mendukung dan menyayangi anda.