Unique

Kebiasaan Unik Yang Perlu Diketahui Dari Jepang

Jepang dikenal memiliki orang-orang yang cerdas dan pekerja keras. Tapi tahukan kalian kalau orang Jepang juga mempunyai kebiasaan yang unik.

Bicara mengenai kebiasaan dan tradisi, tentunya tiap negara mempunyai tradisi yang berbeda dengan negara lainnya yang bahkan sampai bisa menjadi hal unik dan ciri khas dari negara tersebut. Jepang juga memiliki kebiasaan lazim yang dilakukan oleh warganya.

Saat berkunjung ke Jepang, Anda jangan kaget jika melihat orang yang mabuk dan tidur dimana saja. Ada juga wanita yang tetap menggunakan rok mini di saat musim dingin. Penasaran dengan kebiasaan unik Jepang? yuk, kita simak ulasannya.

1. Mabuk serta tidur sembarangan di tempat umum


Jepang sangat kental dengan budaya minum alkohol. Mereka juga memiliki minuman beralkohol yang khas yaitu sake. Tapi, jangan heran jika Anda melihat banyak orang mabuk yang tergeletak di mana saja dan bahkan ada juga yang masih dengan setelan kerja.

2. Anak mandi bersama dengan Orang tua hingga remaja


Kebanyakan dari kita mungkin hanya dimandikan orang tua hingga usia sekolah dasar. Namun beda dengan banyak negara lain, di Jepang seorang anak masih dimandikan bersama dengan oran tua bahkan hingga usia remaja. Menurut situs japanesestation.com, sebuah survei telah dilakukan dengan responden yang terdiri dari wanita berusia 20-an dan 30-an. Hasilnya cukup menghebohkan dimana 10% dari kedua kelompok tersebut menjawab mereka masih mandi bersama ayah mereka.

3. Mencuci mainan dengan menggunakan mesin cuci piring


Orang jepang memiliki kebiasaan bersih-bersih di akhir tahun. Setiap penjuru rumah dan perabotannya akan dibersihkan untuk menyambut tahun yang baru, termasuk mainan anak. Agar tidak repot, orang Jepang biasanya memasukkan mainan tersebut ke dalam mesin cuci piring. Mereka juga menambahkan cuka ke dalam tempat sabunnya agar mainan bersih serta mengkilat.

4. Orang Jepang tidak memakai Deodoran


Deodoran telah menjadi pemakaian rutin bagi kita semua. Tentu saja Deodoran memiliki fungsi untuk menjaga penampilan tetap bersih dan menghindari dari bau badan. Akan tetapi, berbeda dengan orang Jepang yang malah tidak menggunakan Deodoran. Mereka biasanya menggunakan pengganti lain seperti parfum untuk menjaga bau badan mereka serta menggunakan tisu basah untuk mengelap keringat mereka.

5. Memakai rok mini di saat cuaca dingin


Rok mini menjadi salah satu item fashion terfavorit di kalangan wanita Jepang. Mulai dari pelajar mereka hingga wanita karir suka memakai rok mini. Hal ini tetap dilakukan bahkan di saat musim dingin. Tentu saja untuk menghindari suhu dingin, mereka telah mengakalinya. Mereka menggunakan stocking warna kulit agar terhindar dari udara dingin serta menggunakan syal

6. Restoran siap saji tanpa saus


Di Indonesia, kita bisa bebas mencolek saus sambal atau tomat pada saat kita memesan kentang goreng atau ayam goreng. Hal ini dikarenakan botol-botol saus biasanya sudah terletak di atas meja. Berbeda dengan Jepang, dimana kita harus memesannya terlebih dahulu dikarenakan saus tomat atau sambal termasuk di dalam pilihan menu yang mesti dibayar.

7. Makan yang berisik


Di beberapa negara, makan mengeluarkan suara menjadi hal yang tidak sopan. Berbeda dengan di Jepang, makan dengan bersuara seperti ‘slurp’ malah menjadi kebiasaan yang mesti dilakukan terutama saat makan mie. Menurut mereka, makan mie dengan suara sekeras mungkin adalah penghormatan terhadap orang yang membuat mie tersebut.

8. Tidak menggunakan foto sendiri di jaringan sosial


Di jepang, khususnya kalangan dewasa muda memilih untuk memakai foto avatar terkenal. Bahkan ada juga yang memakai toko anime hingga foto selebriti. Ada juga yang lebih memilih untuk memakai foto anak mereka sendiri dibandingkan memakai foto selfie yang cantik atau ganteng.