Unique

Mengenal Bullet Ant Glove, Ritual Kedewasaan Yang Mengerikan di Brazil

Di setiap negara yang ada di dunia, pasti memiliki beragam suku bangsa. Masing-masing suku bangsa tersebut pasti memiliki berbagai jenis tradisi, yang menjadi ciri khas suku tersebut. Misalnya saja suku batak yang ada di Indonesia.

Suku ini masih menjalankan sejumlah ritual adat dengan menggunakan ulos pada setiap acara adatnya, seperti: di acara pernikahan misalnya. Tradisi tersebut bisa mencakup pakaian, jenis makanan khasnya, serta ritual-ritual khusus yang biasanya diadakan secara rutin.

Ternyata tidak hanya Indonesia saja yang memiliki suku-suku dengan tradisi yang unik. Afrika juga merupakan salah satu negara, yang memiliki banyak suku pedalaman yang masih menjalankan berbagai ritual kuno. Selain Afrika, ada juga negara yang memiliki suku yang memiliki tradisi atau ritual yang unik dan juga terbilang cukup ekstrim. Ayo tebak negara apakah itu?

Suku Satere-Mawe

Negara yang dimaksud tersebut adalah Brazil. Di negara ini terdapat sebuah suku pedalaman yang bernama Satere-Mawe. Suku ini hidup di daerah pedalaman Amazon. Suku ini dikenal karena memiliki sebuah ritual yang sangat unik dan juga terkesan seperti sebuah penyiksaan.

Salah satu ritual yang kerap dilakukan oleh suku pedalaman ini adalah, sebuah ritual yang wajib dilakukan oleh kaum pria di suku Satere-Mawe. Konon katanya, ritual ini bertujuan agar kaum prianya diakui atau dianggap sebagai seseorang yang dewasa.

Ritual untuk menentukan kedewasaan tersebut dinamakan “Bullet Ant Glove”. Dalam bahasa indonesia, ritual itu dikenal dengan sebutan “Sarung tangan semut peluru”. Anda pasti kenalkan sama hewan yang satu ini?  “Semut”. Semut adalah salah satu hewan yang paling mudah ditemukan di sekitar anda.

Hewan ini memiliki ukuran yang sangat kecil, tapi mampu mengangkan beban 50 kali lebih besar dari tubuhnya. Banyak hal yang perlu dipelajari oleh manusia dari semut ini. Kerja kerasnya, kerajinannya, kerjasamanya, kecerdikannya, dan kemampuannya untuk memperhitungkan segala sesuatu.

Meskipun semut memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, akan tetapi semut juga memiliki sistem pertahanan yang cukup kuat dan berbahaya. Beberapa jenis semut tertentu bahkan dapat menyebabkan kematian pada seseorang apabila terkena sengatannya. Di dalam sengatan tersebut, terdapat zat-zat beracun, yang bisa melumpuhkan anda seketika, menimbulkan rasa sakit yang tidak terbayangkaan, bahkan dapat menghilangkan nyawa seseorang.

Bullet Ant 

Nah, semut beracun jenis inilah yang digunakan oleh suku pedalaman Satere-Mawe di dalam sebuah ritual khususnya. Jenis semut yang terkenal dengan gigitannya yang sangat menyakitkan tersebut adalah bernama “Bullet Ant” atau “Semut Peluru”. Dari namanya saja sudah kedengaran mengerikan kan, guys?

Tahu nggak sih kenapa semut ini dinamakan semut peluru?

Penamaan semut peluru ini bukanlah tanpa adanya alasan yang kuat. Semut ini dikenal sebagai semut yang gigitannya serasa seperti terkena hantaman peluru. Wow, coba bayangin saja bagaimana rasa sakit yang bisa ditimbulkan oleh hewan ini.

Semut ganas ini biasanya berukuran jauh lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran semut-semut lainnya. Ukuran semut ini bisa mencapai 1,2 inchi lo guys. Besar kan? Semut ini juga berwarna hitam kemerah-merahan, yang banyak ditemukan di hutan neotropical. Jika terkena sengatan atau gigitannya, Anda akan merasakan kesakitan yang luar biasa, karena semut ini memiliki bisa yang beracun.

Ritual Bullet Ant Glove

Ritual semut peluru yang kerap dilakukan oleh suku pedalaman di Brazil ini adalah, sebuah ritual perjalanan hidup, yang menandai masa transisi dari anak laki-laki menjadi laki-laki dewasa. Upacara atau tradisi ini melibatkan salah satu anggota tubuh manusia, yaitu tangan.

Tangan dari anak laki-laki yang melakukan ritual akan dimasukkan ke dalam sarung tangan yang sudah terisi penuh dengan semut peluru. Pada saat itu, anda harus merasakan dan menahan rasa sakit dari sengatan semut peluru tersebut.

Jika Anak laki-laki di suku ini berhasil bertahan selama waktu yang telah ditentukan, maka anak tersebut dianggap telah berhasil menjadi seorang laki-laki dewasa dan telah menjadi manusia seutuhnya, yang siap untuk menghadapi tantangan semasa dewasa.

Untuk bisa mengadakan ritual ini, diperlukan sebuah sarung tangan dan semut peluru, sehingga ritual ini dapat disebut sebagai ritual sarung tangan semut peluru.

Cara Melakukan Ritual Sarung Tangan

Awalnya, anak laki-laki berusia 12 sampai 16 tahun dari komunitas ini akan pergi ke hutan, untuk mencari semut peluru. Semut kemudian ditempatkan pada sebuah sarung tangan khusus, yang memang sengaja dibuat sebagai wadah semut-semut tersebut. Biasanya jumlah semut di dalam sarung tangan tersebut adalah sekitar kurang lebih 30 ekor.

Pertama-tama, semut peluru tersebut terlebih dahulu dibuat tak sadar dan dimasukkan ke dalam sarung tangan. Sarung tangang yang digunakan di salam ritual adalah sarung tangan khusus, yang terbuat dari daun. Setelah itu, para peserta ritual harus memasukkan tangan mereka ke dalam sarung tangan yang telah berisi semut peluru tersebut.

Masing-masing peserta harus menahan sakitnya gigitan dari semut peluru, yang mulai sadar dan menjadi lebih ganas. Peserta ritual harus kuat menahan sakit pada tangannya selama berada di dalam sarung tangan tersebut, kurang lebih selama 10 menit. Beranikah anda untuk mencoba melakukannya?

Efek Yang Ditimbulkan Dari Sengatan Semut Peluru

Semut peluru dari amazon ini terkenal mempunyai sengatan paling menyakitkan, di antara semua jenis semut lainnya, yang ada di seluruh dunia. Saat terkena sengatan semut ini, biasanya kulit akan terasa terbakar dan menimbulkan rasa nyeri. Efek yang ditimbulkan dari sengatan tersebut akan bertahan selama 24 jam.

Meskipun ritual ini bersifat berbahaya, namun suku pedalaman di Brazil ini masih tetap melaksanakannya sebagai sebuah tradisi yang perlu dilestarikan. So guys, Adakah nyali anda untuk melakukan ritual ini?