Animal Unique

Punya Jambul dan Taring, Kura-Kura Langka Ini Diprediksi Hidup di Zaman Dinosaurus

Apakah anda salah satu penyuka hewan-hewan unik? Jika benar begitu, mungkin informasi yang satu ini akan cukup menarik perhatian anda. Bisa memelihara atau memiliki hewan-hewan unik di rumah, bisa memberikan kesenangan atau kepuasan tersendiri bagi sebagian orang. Namun sayangnya, jumlah mereka yang terbatas kerap menimbulkan masalah.

Banyaknya pihak-pihak tertentu yang menginginkannya membuat beberapa oknum melakukan penangkapan ilegal, guna mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan hewan unik tersebut. Seperti misalnya perburuan Hiu ilegal yang marak terjadi di sejumlah negara Barat.

Lucunya, hiu tersebut di buru dan ditangkap bukan untuk dijual sebagai peliharaan, melainkan setelah berhasil ditangkap, hewan malang ini kemudian dibunuh dan diambil siripnya untuk dijual ke restoran-restoran mewah, yang menyajikan menu sup sirip berharga fantastis. Gila bukan?

Bukan hanya hiu, banyak hewan-hewan lain yang jumlahnya semakin berkurang atau hampir punah yang juga mengalami hal dan nasib yang sama. Jika dibiarkan terus-menerus, ekosistem akan menjadi kacau balau dan rantai makanan tidak akan berjalan semana mestinya lagi.

Berbicara tentang hewan-hewan unik, baru-baru ini ditemukan hewan bercangkang yang punya penampilan yang sangat unik dan berbeda dari kelompok atau spesiesnya. Hewan tersebut berasal dari spesies kura-kura. 

Tak seperti kura-kura pada umumnya, hewan unik ini memiliki jambul hijau di atas kepalanya. Kelihatannya sih nih hewan lagi ngikutin fashionnya artis-artis dunia. Kalau menurut anda gimana? Penasarankan dengan kura-kura yang satu ini? Yuk, langsung lihat dan baca saja penjelasan yang ada di bawah sini nih.

Mengenal “Kura-Kura Punk”, Hewan Unik Asli Australia

Sewaktu kecil dulu, pernahkah anda menonton film yang berjudul ninja turtle? Film ini menceritakan tentang 4 (empat) ninja kura-kura yang menjadi hero untuk memberantas kejahatan yang terjadi di dunia. Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa harus kura-kura yang menjadi heronya? Kenapa tidak singa, harimau atau hewan-hewan garang yang lainnya?

Kami juga tidak begitu tahu alasannya, namun yang pasti, sang sutradara ataupun anggota yang terlibat dalam pembuatan film tersebut pasti punya alasan sendiri untuk itu. Mungkin saja mereka menganggap bahwa hewan ini memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan hewan-hewan yang lainnya.

Tak hanya di dalam film, kura-kura juga sering dijadikan sebagai ikon di dalam sebuah dongeng, seperti “Dongeng Kelinci dan Kura-Kura” misalnya. Anda pasti pernah mendengar tentang dongen ini, bukan? Dongeng tersebut cukup populer di kalangan anak-anak dulu, tapi tidak tahu dengan anak-anak sekarang yang mungkin lebih mengenal “mobile legend”.

Tak hanya dalam dunia fantasi, keunikan kura-kura juga bisa kita lihat di dalam dunia nyata. Jika di dalam film kura-kura bisa menjadi ninja, kini di dunia nyata, kura-kura bisa menjadi “hewan punk“. Sebutan ini sangat sesuai, mengingat penampilan kura-kura yang satu ini memang sangat mirip dengan punk.

Kalau tidak percaya, anda bisa melihat gambarnya di bawah ini:

Setelah melihat gambar tersebut, kini anda bisa pahak kan mengapa hewan ini memiliki panggilan seperti itu? Unik sekali, bukan hewan ini?  Sanking uniknya, tidak sedikit orang yang menginginkannya. Tapi sayangnya, hewan ini tidak ada di Indonesia guys.

Jadi jangan buang-buang waktu anda untuk mencarinya di sini, karena hewan ini tinggal dan hidup di Australia. Sungai Mary adalah tempat dimana kura-kura punk ini bisa ditemukan.  Seperti yang kita kita ketahui, kura-kura adalah hewan yang sebenarnya mudah untuk dikenali.

Hewan ini memiliki cangkang yang sangat keras dan bisa hidup hampir di segala tempat, baik itu di darat, air, hutan, rawa, daerah gurun, padang rumput dan lain sebagainya. Dengan kemampuannya yang seperti ini, tak heran jika kura-kura menjadi salah satu hewan terkuat yang ada dan hidup di planet ini.

Ciri-Ciri dan Keunikan Kura-Kura Punk

Seperti yang tadi kami jelaskan, kura-kura punk asli Australia ini pada dasarnya memiliki karakteristik yang tak jauh berbeda dengan spesiesnya yang lain. Ia memiliki cangkang yang sama. Yang membuatnya unik dan berbeda adalah dikarenkan hewan ini memiliki rambut hijau bergaya punk-rock di atas kepala dan sebagiannya juga tumbuh di daerah sekitar wajahnya.

Selain rambut yang aneh, hewan ini juga memiliki dua buah tanduk kecil yang berada tepat di bawah dagunya, yang membuatnya seakan-akan tampak seperti drakula atau vampire. Rambut dan tanduk inilah yang menjadi ciri khas kura-kura asal Australia ini.

Rambut atau yang lebih menyerupai rumput yang tumbuh di atas kepala kura-kura ini diidentifikasi sebagai tumbuhan ganggang hijau. Mengapa dan bagaimana bisa ganggang ini tumbuh di atas kepala hewan tersebut masih belum diketahui dengan pasti dan mungkin masih dalam tahap penelitian.

Selain memiliki penampilan yang unik, kemampuan bernapas kura-kura rock and roll ini juga terbilang sangat aneh, karena ia bernapas melalui alat kelaminnya.

Jika spesies kura-kura yang lain senang berjemur di darat, kura-kura berjambul ini sepertinya lebih senang atau suka menghabiskan sepanjang waktunya di dalam air. Kura-kura Sungai Mary, Queensland, Australia ini diketahui bisa bernapas lebih lama dari spesies sejenisnya yang lain.

Hal tersebut dikarenakan hewan ini bisa bernapas melalui kelenjar khusus yang terdapat di kloaka, yaitu lubang posterior untuk ekspresi dan repoduksi. Pada umumnya, kelompok burung, reptilia dan amfibi memiliki organ tubuh kloaka ini.

Fungsi biologis ini memungkinkan kura-kura disebut sebagai “butt breather”, yaitu sebutan yang diberikan untuk hewan selain ikan, yang tetap bisa bertahan berada di bawah air hingga tiga hari lamanya.

Kemampuan itu pula lah yang diperkirakan berperan membuat kura-kura ini memiliki mohawk hijau di kepalanya. Karena lebih banyak menghabiskan waktu di dalam air, alhasil alga pun tumbuh di kepala mereka. Bagaimana menurut anda? Cukup masuk akal kah persepsi tersebut?

Kura-Kura Punk Diujung Kepunahan

Sangat wajar rasanya jika kura-kura punk ini dianggap sebagai salah satu hewan langka, mengingat jumlah mereka yang tidak sebanyak kura-kura biasa yang sering anda jumpai di sekeliling anda. Beberapa orang melihat perenang air tawar ini sebagai seorang rocker tua. Kalau diperhatikan lumayan mirip sih memang.

Tapi bukan itu satu-satunya alasan mengapa hewan tersebut dianggap seperti rocker tua. Melainkan karena kura-kura ini merupakan spesies yang terancam punah.

Karena Sungai Mary adalah satu-satunya tempat di Bumi yang ditinggali oleh hewan ini, maka hewan ini pun diberi nama Mary River Turtle (kura-kura sungan Mary) atau Elusor macrurus.

Kura-kura langka ini menempati urutan ke-29 dalam daftar baru dari 100 reptil paling terancam keberadaannya di dunia, yang dirilis pada tanggal 10 April 2018 oleh Zoological Society of London (ZSL).

Daftar baru ini adalah bagian dari program EDGE of Existence (EDGE adalah akronim untuk Evolutionarily Distinct and Globally Endangered), yang menyoroti beberapa spesies paling unik dan hampir punah di dunia, yang hidup jauh di luar spesies lainnya dan memiliki cabang pohon kehidupan sendiri.

Rikki Gumbs, yang merupakan seorang ahli biologi reptil di Zoological Society London (ZSL), mengatakan bahwa karena perdagangan hewan peliharaan yang eksotis pada tahun 1960-an dan 70-an, kura-kura menjadi lebih sering dipelihara sebagai hewan peliharaan dan sudah beresiko terancam ketika mereka pertama kali dikenali. sebagai spesies pada 1990-an.

Spesies ini diketahui memiliki beberapa kerabat dekat di Bumi. Dan menurut EDGE, kura-kura yang satu ini telah menyimpang dari semua spesies hidup lainnya, yang hidup sekitar 40 tahun yang lalu. Dengan demikian, mereka mewakili bagian yang unik dan tak tergantikan dari warisan alam dunia yang beresiko hilang selamanya.

Sebuah studi tahun 2017 memperkirakan bahwa paling tidak ada sekitar 136 dari mereka yang tersisa di alam liar. Itulah sebabnya mengapa hewan ini dimasukkan ke dalam daftar hampir punah.

“Anda harus kembali sekitar 50 juta tahun lagi untuk menemukan spesies yang terkait erat,” kata Marilyn Connell, seorang peneliti di Universitas Charles Darwin Australia.

Menurutnya, jika tidak segera memberikan tindakan khusus untuk perlindungan hewan unik ini, maka manusia akan gagal dan membiarkan hewan yang hidup dengan dinosaurus ini punah.

Sebelumnya pada tahun 1974, penelitian akademis tentang penny turtle sempat terhambat karena para pedagang menolak untuk memberitahukan habitat mereka setelah Australia melarang praktek penjagaan mereka sebagai hewan peliharaan.

Dan hampir kurang lebih 20 tahun kemudian, John Cann, yang tidak lain adalah seorang penggila kura-kura asal Sydney berhasil menemukan kembali kura-kura berjambul unik di Sungai Mary, Queensland, yang akhirnya diklasifikasikan sebagai spesies baru. Ada yang bilang kalau hewan ini ditemukan pada tahun 2001.

“Mereka bertahan dalam jumlah yang baik selama jutaan tahun. Kemudian datanglah babi dan rubah dan pemangsa lainnya serta manusia yang memburu dan membuat mereka terancam”, kata Mr. Cann.

Tak hanya kura-kura berjambul atau berpenampilan rocker ini sjka yang sebenarnya masuk ke daftar merah atau terancam punah. Masih banyak hewan-hewan lain yang juga berada di posisi yang sama. Lantas, apa yang harus kita lakukan? Pertanyaannya cukup simpel, namun tak banyak yang bisa mengaplikasikan jawabannya.

Sebenarnya tidaklah sulit untuk melindungi mereka dari kepunahan. Yang diperlukan hanya kesadaran dari manusianya saja. Dengan tidak melakukan perburuan liar, itu sudah cukup membantu. Tapi pada kenyataannya, masih banyak pihak-pihak tertentu yang tidak bisa melakukannya.

Dan anda sebagai orang yang memiliki kesadaran yang lebih pasti tahu apa yang harus anda lakukan, bukan? Jadilah contoh yang baik dan jika bertemu dengan orang-orang yang suka memburu hewan-hewan langka, coba berikan pengertian pada mereka akan bahayanya tindakan yang mereka lakukan tersebut.

Kalau tidak bisa juga, anda bisa melaporkannya pada pihak berwenang. Orang seperti itu memang tidak akan dengan mudah atau mau mendengarkan penjelasan anda. Tapi setidaknya anda sudah mencoba. So guys, ingatlah bahwa kesadaran dan tindakan kecil dari anda sangatlah dibutuhkan untuk menyelamatkan hidup mereka dan ekosistem.