Unique

Unik! Jepang Punya Kuil Payudara Yang Dijadikan Tempat Untuk Berdoa

-

Apakah anda pernah berlibur ke Jepang? Kalau sudah, tempat apa-apa saja yang sudah pernah anda kunjungi di negara yang terkenal dengan keindahan bunga sakuranya ini? Kalau dihitung-hitung, Jepang memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang unik, yang tidak boleh dilewatkan pada saat berlibur ke sana.

Tidak hanya terkenal dengan sajian kuliner restorannya yang sangat beragam dan lezat, serta berbagai macam tempat wisatanya yang menyenangkan, Jepang juga memiliki sejumlah kuil terkenal, yang umumnya digunakan sebagai tempat untuk melakukan ibadah oleh orang-orang Jepang yang tinggal di sana.

Tapi tahu nggak guys, ada salah satu kuil di Jepang, yang sangat unik, yang akan membuat anda merasa aneh dan bertanya tentang maksud atau tujuan didirikannya kuil tersebut. Mau tahu kuil apa yang dimaksud dan apa-apa saja keunikannya? Berikut adalah penjelasan mengenai hal tersebut.

Kuil unik di Jepang ini dikenal sebagai “kuil payudara”. Wah, dengar namanya saja, udah bikin ngakak abis. Tapi kuil ini gak bohongan lo. Kuil unik yang dijuluki sebagai surganya payudara wanita ini, memang benar-benar nyata keberadaannya. Yah, kalau dipikir-pikir sih, keberadaan kuil ini sedikit agak janggal memang. Tapi, ya begitu lah adanya.

Setiap negara pasti memiliki keunikannya masing-masing. Justru keunikan ini yang akan membawa banyak pengunjung atau turis ke negara ini. Tertarik nggak, guys untuk datang ke kuil ini? Mungkin belum kali ya? Tapi setelah mengetahui keunikan kuil ini, mungkin anda akan segera berubah pikiran.

Kuil Karube di Jepang

Dalam bahasa Jepang Kuil payudara ini disebut Kuil Karube. Kuil ini berada di Soja City, Okayama Prefecture, yang ada di negara Jepang. Kuil ini telah dibangun sejak tahun 1978. Penamaan kuil payudara ini diambil, karena seluruh kuil dihiasi dengan berbagai ornamen dan patung yang berbentuk payudara. Ooppss.. jangan tanya ukurannya berapa ya guys, karena payudara-payudara tersebut belum pernah diukur sebelumnya. 

Tujuan Pembangunan Kuil Payudara di Jepang

Segala sesuatu yang diciptakan pasti memiliki maksud dan tujuan tertentu. Sama juga halnya dengan Kuil Payudara ini. Pembangunan kuil ini juga punya tujuan. Pembuatan kuil ini didedikasikan untuk Chichigamisama. Chichigamisama adalah nama dari Dewi Payudara, yang sangat dipercaya oleh wanita Jepang untuk urusan payudara. Penghormatan terhadap Dewi ini dikhususkan dalam sebuah bangunan kuil yang diberi nama Kuil Karube.

Mungkin ini terdengar lucu untuk anda, namun bagi masyarakat Jepang khususnya kalangan wanita, kuil ini adalah tempat yang benar-benar dianggap suci. Dewi payudara ini dianggap mampu melindungi dan membantu para wanita Jepang dalam hal-hal yang berhubungan dengan kodrat seorang wanita, misalnya: membantu kelancaran kelahiran, memproduksi ASI, bahkan dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kanker payudara. Wah, kalau memang ampuh menyembuhkan kanker payudara, gak perlu repot-repot pergi ke dokter lagi dong kalau begitu.

Keunikan Kuil Karube

Kuil ini memiliki dua keunikan. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Weeping cherry tree atau pohon ceri menangis.

Di halaman kuil unik ini konon katanya tumbuh sebuah pohon yang bernama weeping cherry tree atau pohon ceri menangis. Yang unik dari pohon ini adalah, pohon tersebut mengeluarkan air yang bewarna putih, yang sangat mirip dengan air susu. Sangking miripnya, masyarakat Jepang pada masa itu benar-benar percaya bahwa air tersebut benar-benar air susu. Bener nggak ya?

2. Emma atau papan kayu dengan hiasan berbentuk payudara

Keunikan lainnya yang ada di kuil payudara ini adalah Emma. Emma merupakan sebuah papan kayu dengan hiasan berbentuk payudara. Hiasan ini biasanya akan digantungkan di dalam kuil, yang sebelumnya sudah dituliskan doa-doa oleh wanita yang datang berdoa ke kuil tersebut. Doa-doa ini ditujukan kepada Dewi Payudara yang mereka percayai.

Tujuan Wanita Jepang Berdoa di Kuil Karube

Wanita Jepang yang datang untuk berdoa ke kuil ini biasanya akan meminta atau memohon pada Dewi Payudara, agar mereka memiliki payudara yang ideal. Untuk bisa menuliskan doa-doa tersebut, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 2.000 yen untuk satu papan emma atau sekitar Rp 206.000. Tidak hanya bisa membelinya langsung, emma ini ternyata juga dijual secara online dan dapat dikirim ke rumah, untuk memudahkan para wanita yang ingin berdoa.

Kuil Payudara

Selain kuil Karube, ada juga kuil payudara lainnya, yang tak kalah terkenal di Jepang. Nama kuil itu bernama Kuil Mama Kannon. Kuil ini adalah kuil payudara pertama di Jepang. Kannon sendiri memiliki arti Dewi Welas Asih. Kuil ini terletak di kawasan Aich, Jepang.

Selain kuil mama kannon, kuil payudara yang lainnya bernama Kawasaki Kannon, yang terletak tak jauh dari kuil Mama Kannon. Awalnya, kuil-kuil ini keberadaannya belum begitu diketahui oleh masyarakat sekitar. Namun, nama kuil ini akhirnya tersebar dan mulai diketahui oleh banyak orang setelah beredar luas di media sosial.

Jika pada umumnya seseorang pergi ke kuil untuk memohon keselamatan, kesehatan, maupun kemurahan rejeki. Lain halnya dengan pengunjung yang datang ke kuil payudara tersebut. Kebanyakan orang yang datang ke Kuil Payudara di Jepang, memiliki permintaan agar nanti melahirkan dengan mudah. Tak hanya itu, banyak juga wanita yang berharap agar puting payudaranya terlihat lebih merah, bahkan ada yang ingin agar payudaranya terlihat lebih besar dan indah.

Wah, unik bangetkan kuil-kuil ini? Nah, bagaimana sekarang? Berniatkah anda untuk mencoba mengunjungi salah satu kuil payudara ini? Kehadiran kuil unik tersebut, tidak terlepas dari kebudayaan dan kepercayaan orang-orang Jepang. Dan walaupun hal seperti ini cukup tabu bagi masyarakat Indonesia, namun jika anda bisa menanggapinya secara positif, anda akan bisa menghargai budaya tersebut.