Unique

Vespa Bazooka, Senjata Perang Dunia II Paling Berbahaya

Masih kenalkah anda dengan salah satu kendaraan jadul yang bernama Vespa? Kenal lah ya. Kendaraan ini sempat menjadi primadona di zamannya beberapa puluh tahun yang lalu. Vespa merupakan sebuah merek skuter model MP6 yang berasal dari Italia. Corradino D’Ascanio merupakan orang yang mendesain kendaraan ini pada tahun 1946. Dia merupakan seorang insinyur aeronautika.

Ada banyak hal yang menarik untuk dibahas mengenai kendaraan jadul yang bernama Vespa ini. Tapi sebelum mengetahui beberapa informasi unik mengenai kendaraan ini, sebaiknya anda perlu mengetahui sejarah atau awal mula diciptakannya kendaraan vespa ini beserta tujuan pembuatannya.

Sejarah Pembuatan Vespa Pertama

Perusahaan penghasil kendaraan yang bernama Vespa ini adalah Piaggio. Perusahaan ini didirikan oleh Rinaldo Piaggio pada tahun 1884. Pada awal berdirinya perusahaan ini, kendaraan yang diproduksi adalah kereta, yang kemudian beralih membuat pesawat. Sayangnya, pada tanggal 31 Agustus 1943 yang lalu, perusahaan ini harus hancur akibat Perang Dunia II.

Ketika Perang Dunia II selesai, Enrico Piaggio yang merupakan anak Rinaldo, membangun kembali perusahaan Piaggio yang baru pada bulan April 1946. Pabrik tersebut dibangun di kota Florence dengan bantuan pasukan Sekutu. Pada saat itu, Enrico menyadari bahwa masyarakat Italia membutuhkan banyak kendaraan yang murah dan berukuran lebih kecil, yang dapat digunakan di jalanan Italia yang rusak.

Enrico pun terinspirasi untuk membuat kendaraan yang berbeda ketika melihat motor Cushman yang dibawa oleh pasukan Sekutu. Dia pun mulai memerintahkan para insinyur Piaggio untuk mendesain sebuah skuter pada tahun 1944. Skuter pertama yang berhasil mereka ciptakan tersebut diberi nama MP5 atau yang lebih sering dikenal sebagai Paperino.

Setelah skuter pertama berhasil diciptakan, Enrico yang masih merasa kurang puas dengan tampilan MP5 kembali meminta insinyur aeronautika, yang bernama Corradino D’Ascanio untuk kembali mendesain ulang produk tersebut.

Alhasil, model MP6 pun berhasil mereka ciptakan pada tahun 1946. Merasa cukup puas dengan model skuternya kali ini, Enrico pun menamakan skuter tersebut dengan sebutan “Vespa” yang berarti “Tawon”. Pemberian nama vespa ini dikarenakan bentuk dan suara dari kendaraan tersebut sangat mirip dengan suara tawon.

Setelah nama diberikan, skuter tersebut akhirnya dipatenkan pada tanggal 23 April 1946 dan mulai diproduksi secara massal. Sejak diluncurkan ke pasar, Vespa ciptaan perusahaan piaggio ini langsung menjadi terkenal dan membuat perusahaan meraih sukses untuk waktu yang terbilang cukup singkat.

Selama 13 tahun sejak pembuatannya, ada sebanyak satu juta skuter yang sudah berhasil terjual dan jumlah tersebut semakin terus meningkat setiap tahunnya.

Melihat keberhasilan dan kesuksesan perusahaan Piaggio dalam memproduksi kendaraan unik yang bernama Vespa ini, banyak perusahaan lain yang mulai berusaha untuk meniru. Tapi, yang namanya meniru tidak akan sama dengan aslinya. Seperti yang diduga, tidak ada satupun perusahaan yang berhasil menyamai kecantikan dan keawetan dari skuter Italia tersebut.

Vespa TAP 150

Seiring berkembangnya zaman, model vespa – vespa buatan Enrico kian mengalami banyak perubahan dengan banyak ragam dan disesuaikan untuk berbagai kegunaan. Salah satu model vespa yang paling fenomenal pada zaman dahulu adalah model Vespa Troupes Aéro Portées 150 atau yang dikenal dengan TAP 150. Skuter ini pada mulanya dipesan oleh militer Perancis pada tahun 1950an. Model ini diproduksi oleh ACMA, pabrikan Perancis yang mendapat lisensi dari Vespa.

Vespa atau skuter TAP 150 ini merupakan yang paling berbahaya di dunia. Pasti anda bingung mengapa Vespa ini bisa sangat berbahaya untuk dunia, bukan? Tingkat seberapa bahayanya Vespa TAP 150 ini bisa anda lihat pada gambar berikut:

Gimana? Setelah melihat gambar di atas, apakah yang anda pikirkan sekarang? Pasti kaget bukan? Anda mungkin tidak yakin atau tidak menyangka kalau vespa ini nyata dan memang dirancang atau diciptakan dengan bentuk yang sangat mengerikan seperti itu. Akan tetapi, inilah kenyataannya. Vespa tersebut memang pernah diciptakan beberapa puluh tahun yang lalu oleh sebuah perusahaan produsen skuter terbesar di dunia.

Vespa TAP 1950 yang terkenal sangat berbahaya ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1956 dan disempurnakan kembali pada tahun 1959. Pada awal pembuatannya, Vespa model TAP 150 ini rencananya akan digunakan di kawasan konflik Indochina dan Algeria oleh Troupes Aéro Portées (TAP), yang kemudian menjadi nama model vespa ini.

Karakteristik Vespa TAP 150

Sebagai sebuah kendaraan sekaligus dimanfaatkan sebagai senjata yang berbahaya, TAP 150 ini dirancang dengan memiliki bingkai bertulang, silinder tunggal berukuran 146 cm³, mesin dua langkah dan dapat melaju hingga 60 km/jam. Hal lain yang menjadikan Vespa jenis ini menarik adalah terletak pada TAP nya yang dilengkapi dengan senjata berjenis M20, yaitu: sebuah meriam anti-armor ringan, yang mampu menembus besi pelindung dengan ketebalan hingga 100mm.

Pada dasarnya Vespa jenis ini hanya digunakan sebagai metode transportasi meriam. Tapi meskipun begitu, Vespa ini juga bisa digunakan untuk menembak target walau dalam keadaan sedang melaju. TAP 150 ini digunakan sebagai salah satu senjata penting pada saat berperang di kawasan konflik Indochina dan Algeria .

Meskipun dalam kenyatannya senjata unik ini tidak begitu baik atau cocok digunakan untuk melawan tank di daratan Indochina, tapi senjata ini sangat efektif digunakan saat berhadapan dengan target berpelindung ringan pada saat perang Algeria. Karena digunakan dalam peperangan, TAP 150 ini didesain dengan sedemikian rupa agar bisa diturunkan berpasangan dari pesawat dengan bantuan parasut.

Sepasang motor tersebut akan dimasukkan di palet, serta dilindungi oleh jerami. Satu motor akan membawa meriam dan satu lagi membawa peluru. Dengan kata lain, berarti kendaraan ini dapat dioperasikan secara tim yang beranggotakan dua orang. Pada zaman perang, vespa ini cukup efektif juga kan digunakan, guys?

Dalam hal penggunaannya, TAP 150 merupakan senjata yang sangat prektis dan mudah diaplikasikan. Karena memiliki sifat yang mudah digerakkan, Vespa model ini tergolong sebagai senjata yang sangat efektif. Di bagian belakang TAP 150 ini juga bisa dipasangkan kotak khusus yang berisikan beragam keperluan perang, serta dilengkapi pula dengan tripod untuk meriam.

Nah, karena Vespa TAP 150 ini dilengkapi dengan senjata mematikan seperti meriam, banyak orang menyebutnya sebagai Vespa Bazooka. Wah, dari namanya saja sudah terdengar sangat mengerikan bukan? Tapi sebelumnya, tahukah anda bahwa Vespa Bazooka ini ternyata bukan motor militer pertama yang diproduksi oleh Enrico Piaggio?

Di awal tahun 1950-an, dia sempat memperkenalkan Vespa Force Armate ke angkatan darat. Meskipun sudah memenuhi standar NATO, namun Enrico sendirilah yang menarik diri dari negosiasi tersebut pada tahun 1952 dan menyatakan tidak ingin berbisnis dengan negara dan militer. Vespa TAP 150 sendiri yang hanya digunakan di Indochina dan Algeria, dengan segera mungkin ditarik dari peredaran setelah perang usai.

Hingga saat ini, Piaggio telah menjadi salah satu perusahaan pembuat sepeda bermotor terbesar di dunia, yang didirikan di lebih dari 50 negara. Meskipun memiliki delapan merek sepeda motor yang berbeda, tetapi Vespa masih menjadi primadona bagi perusahaan ini dan tetap mempertahankan desain aslinya.

Meskipun di zaman sekarang ini akan sangat sulit untuk menemukan kendaraan ini di jalan, tapi tahukah anda kalau bahwa di Indonesia sendiri, kendaraan vespa ini cukup diminati oleh sebagian besar masyarakat.

Mereka bahkan membentuk sebuah kominitas khusus yang anggotanya terdiri dari para pecinta vespa yang kini sudah menjadi barang antik. Bahkan tak jarang diantara para pecinta vespa ini yang rela menghabiskan banyak biaya untuk memodifikasi vespa milik mereka agar terlihat lebih cantik.

Tapi sejauh ini untunglah belum ada yang memodifikasi vespanya seperti TAP 150. Wah, nggak kebayang deh kalau sampai ada yang coba – coba untuk memodifikasi vespanya seperti TAP 150. Dan sebaiknya jangan sampai ada yang buat seperti itu ya guys. Soalnya, itu bisa sangat berbahaya. 🙂

.