Culinary

Anti-mainstream, Camilan Khas India Ini Disantap Dengan Api Yang Masih Menyala

Setiap negara di dunia ini pasti memiliki keunikannya masing-masing, terutama dalam hal kebudayaan. Berbicara tentang keunikan, salah satu negara di Asia Selatan, yaitu India merupakan contoh dari negara yang juga terkenal dengan berbagai macam kebudayaan uniknya.

Keunikan yang dimiliki oleh negara asal Sharukh Khan ini tidak hanya terletak pada kebudayaannya saja, tapi juga dari jenis makanannya.

Beberapa jenis makanan India yang sudah dikenal hampir oleh seluruh masyarakat dunia tersebut diantaranya adalah jalebi, samosa, dosa, roti cane, manisan dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Kira-kira, dari beberapa jenis makanan khas India yang anda ketahui, manakah yang menurut anda yang paling enak? 

Untuk makanan, India punya rasa yang sangat khas dan berbeda dari yang lain, karena kebanyakan atau bahkan hampir semua sajiannya diolah atau dimasak dengan menggunakan campuran dari berbagai jenis rempah-rempah.

Sajian Unik Paan Yang Disantap Dengan Api

Dari banyaknya jenis makanan terkenal di India, ada satu jenis sajian yang sangat teramat unik dan mungkin belum pernah anda dengar ataupun lihat sebelumnya.

Keunikan makanan yang satu ini tak hanya terletak pada bahan-bahan pembuatannya saja, melainkan juga pada cara penyajiannya kepada konsumen yang datang untuk membelinya.

Nama makanan khas yang dimaksud adalah Fire Paan. Dari namanya saja, kita sudah bisa meng-intrepetasikan atau membayangkan kalau makanan ini pasti memiliki sentuhan “api” di dalam penyajiannya. Wow, sepertinya makanan ekstrim nih guys.

Makanan Seperti Apakah Fire Paan Itu Sebenarnya?

Paan atau yang juga bisa dieja dengan sebutan ‘pan’ ini merupakan jenis makanan terunik yang ada di dunia. Kalau di Indonesia, orang-orang menyebutnya “sirih“. Yap, sirih merupakan jenis tanaman asli Indonesia yang biasanya dikunyah bersama dengan gambir, pinang, tembakau dan kapur.

Meskipun tanaman ini merupakan tanaman asli dari tanah air kita sendiri, namun sayangnya masih banyak masyarakat yang kemungkinan tidak mengenalnya, terutama di kalangan anak muda zaman now. Bersyukurlah anda yang pernah melihat ataupun mengkonsumsi olahan tanaman ini.

Selain populer di Indonesia, tak disangka kalau tanaman ini juga sangat dikenal oleh kalangan masyarakat India. Bedanya, di negara ini, makanan olahan dari tanaman sirih tersebut bisa dengan mudah anda temukan, karena banyak kedai makanan yang menyajikannya.

Selain itu, mereka juga memiliki cara penyajian yang unik dan aneh, sehingga tak heran jika makanan tersebut menjadi sorotan atau bisa menarik perhatian banyak kalangan.

Bahan-bahan untuk membuat Paan Berapi

Seperti yang anda ketahui, India sangatlah terkenal dengan rempah-rempahnya. Bisa dibilang hampir seluruh makanan di sana diolah dengan menggunakan bahan tersebut. Tak terkecuali pula dengan “Paan Berapi” ini.

Fire Paan ini sebenarnya merupakan makanan yang biasanya disantap setelah makan malam. Sajian khas ini dibuat dari beberapa bahan, seperti: daun sirih yang diisi dengan cengkeh, kacang pinang, kapur sirih (chuna : kalsium hidroksida), mukhwas, buah kering dan gula.

Terkadang pasta katha merah (yang terbuat dari pohon khair – Acacia catechu) juga dapat ditambahkan ke dalamnya. Setelah bahan-bahannya lengkap, barulah kemudian dibakarTapi jangan berpikir kalau paan bakar yang dimaksud di sini sama seperti roti bakar yang bisa dengan mudah anda temukan di Indonesia.

Disebut sebagai paan bakar adalah karena begitu makanan ini selesai diracik, paan tersebut selanjutnya akan dibakar dan dalam kondisi api yang masih menyala, makanan ini kemudian akan langsung dimasukkan ke dalam mulut pelanggan. Wuah, panas nggak tuh ya?

Asal-Usul Pembuatan Fire Paan di India

Kalau ditelusuri sejarah awal munculnya masakan ini, kita harus nge-flashback kembali jauh ke belakang. Berdasarkan informasi yang di dapat, makanan ini sudah ada sejak zaman Veda atau Weda, yaitu sekitar pertengahan mileniun kedua sampai dengan dengan pertengahan milenium pertama SM.

Dari awal kemunculannya sampai dengan hari ini, masakan tersebut masih banyak disajikan di kios-kios jalanan di seluruh kota di India. Hal ini pun membuat para penjual paan saling berkompetisi untuk menciptakan variasi paan yang berbeda dari yang lainnya.

Akan tetapi, dari seluruh varian yang ada, sajian paan berapi hingga saat ini masih menjadi varian yang paling banyak digemari. Mungkin saja jika disajikan dalam kondisi masih berapi, paan ini akan jauh lebih lezat.

Apa Yang Menjadikan Fire Paan Ini Sangat Istimewa?

Sebelum dijelaskan apa sebenarnya yang membuat masakan ini sangat istimewa di kalangan masyarakar India, coba luangkan sedikit waktu anda untuk menonton video yang telah kami sajikan di atas.

Nah, setelah selesai menonton, apa yang bisa anda simpulkan dari makanan ini? Aneh, Unik, Ekstrim, atau adakah kata lain yang cocok untuk menggambarkan makanan ini?

Meskipun tampilan dari makanan ini tidak begitu sedap dipandang mata, tapi tahukah anda kalau fire paan tersebut ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tidak penasarankah anda dengan manfaat yang bisa diberikan oleh makanan olahan rempah-rempah ini?

Manfaat Paan Bakar Bagi Kesehatan

Menurut pengobatan Ayurvedic, paan ini bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit, termasuk batuk, pilek, masalah pencernaan dan sakit kepala. Bukan hanya itu saja, paan yang mendapatkan sentuhan bahan terakhir seperti biji dan kacang-kacangan bisa berfungsi sebagai pengharum mulut.

Dan pada abad ke-21, paan menjadi pusat perhatian dalam perkembangan dunia kesehatan. Tentu saja hal tersebut dikarenakan adanya hubungan antara bahan-bahan untuk membuat paan tersebut dengan kondisi tubuh individu.

Keren sekali bukan? Selain mengenyangkan dan menyehatkan, masakan ini juga bisa menghilangkan bau mulut. Lengkap sudah deh paketnya.

Oh iya, ada lagi nih manfaat yang lainnya guys. Katanya, paan ini juga bisa menjadi booster (peningkat) kejantanan. Benar nggak sih itu?

Adakah Resiko Yang Timbul Saat Mengkonsumsi Makanan Ini?

Tapi meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mengkonsumsi makanan ini juga memiliki resiko, yaitu bisa menyebabkan mulut terkena luka bakar, karena paan tersebut dimasukkan ke dalam mulut dalam kondisi api yang masih menyala.

Selain itu, paan ini bisa bertindak sebagai stimulan mirip kaffein dan bersifat adiktif. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi dan gusi. Salah satu bahan pengisi daun sirih tersebut, yaitu pinang juga sering dikaitkan dengan penyakit kanker tertentu. Wah, kalau begini bahaya juga donk ya guys.

Salah satu pemilik kedai yang menyajikan masakan ini adalah keluarga Pradhuman Shukla. Mereka memiliki sebuah warung makan paan yang berada di Delhi dan telah menjalankan usaha tersebut selama lebih kurang 20 tahun.

Dan sejak pertama kali memulai bisnis paan biasanya, kini Dia telah berhasil membawa usahanya tersebut ke tingkat yang jauh lebih sukses lagi, tepatnya setelah Ia menambahkan paan bakar sebagai menu utamanya.

Pengusaha yang telah berumur sekitar 31 tahun tersebut mengaku bahwasannya seorang mantan karyawannya lah yang menjadi penggagas sajian ini. Berkat kesuksesan usaha uniknya, baru-baru ini bisnisnya tersebut ditampilkan secara online dalam video TV Barcroft.

Saya pernah punya pelanggan yang datang kemari setiap hari. Dia mengatakan kalau Dia sedang sakit tenggorokan dan memesan atau meminta saya untuk membuatkannya paan.’ Saya pun membuatkan paan tersebut setiap hari. Namun dia mengatakan kalau dia belum juga sembuh dari penyakitnya,” katanya kepada Barcroft TV.

Kemudian suatu hari, pekerja di sini membakar paan dan memberikannya kepada seorang pelanggan. Saat itu pelanggan yang kebetulan sedang sariawan mengatakan kalau dia sembuh setelah menyantap paan bakar di kedainya. Mendengar pengakuannya, dua orang yang berdiri di dekatnya dan melihat fire paan kemudian bertanya soal kebenaran ucapannya dan meminta dibuatkan juga.

Meskipun masih banyak orang yang masih merasa takut dan ragu untuk menikmati fire paan ini, namun tidak sedikit orang yang berdiri dan mengantre di kedainya.

Kami tahu ini sedikit berisiko tapi orang-orang cukup menikmatinya. Saya mulai dengan satu buah paan tapi sekarang kami membuat sekitar 100 paan sehari,” kata Pradhuman.

Orang-orang biasanya takut mencobanya untuk yang pertama kali. Tapi setidaknya setelah mereka mencobanya sekali lagi, ternyata tidak ada efek samping yang ditimbulkannya. Hanya seperti paan biasa. Saya pernah mencobanya, itu aman dan tidak menyebabkan luka pada orang-orang.”

Meskipun gerai Shukla disebut-sebut sebagai pencetus kreasi paan api, ada juga penjual kaki lima lainnya di Rajkot, Gujarat yang turut mengklaim sebagai pembuat pertama dari camilan unik itu.

Chunni Lal, pemilik gerai tersebut mengaku sudah menjual paan lebih dari 30 tahun. Karena peningkatan kompetisi di kotanya, selama 8 tahun ia menghabiskan waktu membuat jenis paan baru. Ia dan kakaknya terinspirasi membuat paan api setelah disajikan flaming shot alcohol di sebuah bar.

Terlepas dari keduanya yang sama-sama mengklaim diri mereka sebagai pembuat fire paan pertama, inilah bukti yang tidak bisa dipungkiri memang kalau jajan atau camilan ini memang benar-benar nyata.

Soal rasa, katanya sih enak, tapi tidak tahu juga lah ya, karena penulis juga belum pernah nyobain camilan khas India ini. Akan tetapi, kalau dilihat-lihat dari manfaat yang bisa diberikannya, tidak ada salahnya juga lo untuk mencoba jajanan pasar ini.

Mungkin lain kali kalau mampir ke India, jangan lupa untuk mencicipinya ya guys. Gimana? Setuju nggak? 

Ya sudah deh kalau begitu. Penjelasan di atas tadi akan menjadi penutup terakhir dari pembahasan makanan unik yang bernama Fire Pann ini. Semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat untuk anda.