History

Kisah Mengejutkan Dari Penumpang Yang Selamat Dari Tenggelamnya Kapal Titanic

Kapal Titanic tenggelam di Atlantik utara setelah menabrak gunung es pada 15 April 1912. Saat itu, ada sekitar 1.514 dari 2.224 yang harus kehilangan nyawanya dalam insiden tersebut. Sejumlah kisah pun turut mengiringi tenggelamnya kapal Titanic, tidak terkecuali dengan cerita dari kesaksian korban yang selamat.

Yang selamat memiliki kisah tersendiri yang cukup miris dan mengharukan. Berbagai macam kisah dari para penumpang yang selamat itu bisa membuat anda terheran-heran atau bahkan kesal. Saat Titanic hampir tenggelam, perempuan dan anak-anak merupakan golongan yang diprioritaskan untuk naik ke sekoci. Namun, ada saja seorang pria yang menyamar sebagai wanita untuk dapat masuk ke perahu penyelamat.

Nah, berikut ini adalah sepuluh kisah dari mereka yang berhasil selamat dari tenggelamnya kapal Titanic.

1. Katherine Gilnagh

Katherine Gilnagh mengaku dirinya tidak pernah naik kapal sebelumnya. Jadi tidak heran, jika ia mengaku tidak menyadari jika tenggelamnya kapal Titanic adalah peristiwa besar dan menganggapnya sebagai hal yang wajar.

“Aku tidak menyadari betapa seriusnya peristiwa itu, hingga aku tiba di negeri ini (Amerika Serikat),” ujar dia.

2. Dickinson Bishop

Seorang pria yang bernama Dickinson Bishop, mengaku saat kapal Titanic tenggelam, ia tidak sengaja tersandung dan jatuh ke sekoci. Padahal saat itu, penumpang pria harus mengalah untuk menyelamatkan anak dan istrinya. Tidak diketahui apakah itu hanya menjadi trik ia semata untuk bisa selamat atau memang pengakuannya sesuai dengan peristiwa sebenarnya.

3. Dorothy Gibson

Artis yang menjadi salah satu penumpang yang selamat dari tragedi tenggelamnya kapal Titanic. Ia pun membuat film tentang peristiwa itu. Film tersebut langsung banyak mendapat respon dari publik. Sejumlah pihak menanggapinya positif, namun ada juga yang menyebutkan jika film tersebut telah mengeksploitasi tragedi.

4. Masabumi Hosono

Masabumi Hosono menjadi satu-satunya pria asal Jepang yang menjadi penumpang Titanic. Saat itu, ia memutuskan untuk menyelamatkan dirinya sendiri sehingga ia dianggap sebagai pengecut oleh media Jepang. Hosono juga harus kehilangan pekerjaannya di Kementerian Transportasi.

5. Daniel Buckley

Daniel Buckley menyamar menjadi seorang wanita agar bisa naik ke perahu. Saat itu, ia mengenakan syal di kepalanya lalu terburu-buru melompat ke perahu penyelamat agar bisa selamat.

6. Abraham Saloman dan 4 Rekannya

Abraham Saloman dan 4 rekan miliadernya menyuap sejumlah kru kapal agar mereka dapat melarikan diri dengan nyaman. Sekoci yang seharusnya bisa memuat 40 orang, saat Abraham dan rekannya masuk ke sekoci tersebut, sekoci langsung melaju padahal masih memuat 28 orang lagi.

7. William Carter

William Carter memiliki kisah yang berbeda lagi. Ia sempat membangunkan istrinya saat kapal Titanic akan tenggelam. Namun setelah membangunkan istrinya, ia langsung melompat ke sekoci dan meninggalkan istrinya serta keluarganya. Untungnya sang istri berhasil masuk ke sekoci lainnya dan selamat. Setelah selamat, mereka pun akhirnya bercerai.

8. Sejumlah Wanita Menyelundupkan Anjing ke Sekoci

Salah satu wanita bernama Elizabeth Rothschild nekat menyeludupkan anjing kesayangannya ke dalam sekoci. Saat itu, ia memasukkan anjingnya ke dalam jaketnya. Ketika orang-orang mengetahui aksinya itu, ia menolak untuk melepaskannya.

9. Robert Hichens

Robert Hichens menolak untuk menyelamatkan lebih banyak orang lagi saat ia sudah masuk ke dalam sekoci. Salah seorang perempuan bernama Molly Brown dianggap sebagai pahlawan Titanic, ia mengancam Hichens akan membuangnya ke laut jika tidak mau menyelamatkan orang lebih banyak lagi.

10. Charles Joughin

Charles Joughin merasa dirinya tidak akan selamat dari kejadian tersebut. Ia pun memutuskan untuk menyelamatkan banyak orang sebelum dirinya tewas. Namun, sebelum itu ia sempat menenggak banyak whiskey dan bergegas kembali menyelamatkan para penumpang.

Setelah kapal tenggelam, ia memutuskan untuk loncat ke dalam air. Ia terombang-ambing di atas air beku selam tiga jam sebelum diselamatkan. Ternyata whiskey yang ditenggaknya membuat badannya tetap hangat sehingga ia berhasil bertahan dalam kedinginan.