Music

5 Perusahaan Rekaman Terkenal dan Paling Berpengaruh di Dunia

Di dunia ini, tidak hanya industri Film saja yang mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat. Musik juga termasuk salah satu industri utama dalam dunia hiburan di dunia, termasuk Amerika Serikat. Banyaknya penyanyi yang muncul di industri musik ini, menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan musik dunia tersebut.

Dengan adanya penyanyi-penyanyi terkenal dan berbakat inilah, Amerika akhirnya bisa mempengaruhi dunia dengan selera musikalitas yang beragam. Hal ini tentu tidak terjadi begitu saja, melainkan berkat adanya dukungan perusahaan rekaman besar dan ternama Amerika Serikat yang menaungi mereka.

Perusahaan rekaman memang menjadi tempat lahirnya penyanyi-penyanyi hebat dunia. Semakin hebat dan besar perusahaan rekaman tersebut, maka kesempatan penyanyi untuk menjadi terkenal pun akan lebih besar dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan rekaman kecil. Bisa dibilang, perusahaan rekaman inilah yang melahirkan mereka menjadi sesuatu yang diperhitungkan di industri musik dunia.

Untuk bisa berada dalam naungan perusahaan rekaman yang besar, jalan yang ditempuh pun tidaklah mudah. Dibutuhkan usaha dan kerja keras untuk mencapainya. Perusahaan rekaman tidak akan mau ambil resiko untuk mengorbitkan penyanyi-penyanyi yang tidak memiliki nilai jual yang tinggi. Nilai jual yang dimaksud di sini bukan yang aneh-aneh ya Guys. Yang dimaksud di sini adalah nilai jual yang dihasilkan dari kemampuan penyanyi-penyanyi tersebut.

Mau tahu perusahaan rekaman apa saja yang paling berpengaruh di dunia tersebut? Berikut adalah beberapa deretannya:

1. Columbia Records

Perusahaan rekaman berpengaruh yang pertama adalah Columbia Records. Perusahaan ini adalah perusahaan rekaman tertua di dunia, yang didirikan pada tahun 1887. Perusahaan ini berkembang dari suatu perusahaan yang sebelumnya bernama Graphophone American Company, yang berganti nama menjadi Volta Graphophone. Columbia Record ini merupakan perusahaan rekaman yang berasal dari Amerika Serikat. Columbia Records ini telah banyak merilis rekaman berbagai penyanyi terkenal, pemain instrumen, dan band.

Dari tahun 1961 sampai 1990, rekaman dirilis di luar AS dan Kanada oleh CBS Records label (yang dinamai Columbia Broadcasting System) untuk menghindari kebingungan dengan EMI label dengan nama yang sama, sebelum mengadopsi nama Columbia internasional pada tahun 1990.

Columbia Records ini berada di bawah naungan perusahaan induk Sony BMG, dan termasuk satu dari tiga label rekaman terbaik setelah RCA Records dan Epic Records. Meskipun terbilang tua, namun perusahaan ini sudah berhasil menciptakan penyanyi-penyanyi hebat seperti: Celine Dion, Adele, Beyonce, Jhon Meyer, One Direction, dan banyak lagi penyanyi-penyanyi hebat lainnya.

2. Sony Music Entertainment

Sony Music Entertainment merupakan perusahaan rekaman terbesar kedua di dunia, yang dikendalikan oleh Sony Corporation of America. Perusahaan ini berkedudukan di New York, Amerika Serikat. Perusahaan rekaman ini pertama kali didirikan pada tahun 1929, sebagai American Record Corporation, dan berganti nama menjadi Columbia Recording Corporation di tahun 1938.

Pada tahun 1966, perusahaan ini kemuadian diatur ulang menjadi CBS Records, dan pada tahun 1987, Sony Corporation membeli perusahaan tersebut dan mengganti namanya menjadi Sony Music Entertainment pada tahun 1991. Adapun beberapa nama artis besar yang pernah berada di bawah naungan perusahaan rekaman Sony Music Entertainment ini antara lain: Britney Spears, Michael Jackson, Mariah Carey, dan yang lainnya.

3. Warner Music Group

Warner Music Group atau sering disingkat dengan WMG, sering disebut sebagai Warner Music. Perusahaan ini merupakan perusahaan hiburan multinasional Amerika sekaligus label rekaman ternama, yang berkantor pusat di New York City. Perusahaan Warner Music Group ini adalah salah satu dari tiga perusahaan rekaman besar, dan terbesar ketiga di industri musik global, setelah Universal Music Group (UMG) dan Sony music Entertainment (SME), yang menjadi satu-satunya Perusahaan Musik Amerika ternama di seluruh dunia.

Pemilik perusahaan ini dulunya adalah Time Warner. Dengan omset tahunan senilai milyaran dolar, WMG telah mempekerjakan lebih dari 3.500 orang dan memiliki operasi di lebih dari 50 negara di seluruh dunia. Perusahaan besar ini telah memiliki dan mengoperasikan beberapa label rekaman terbesar dan paling sukses di dunia, termasuk label unggulan Warner Bros. Records, Parlophone dan Atlantic Records. WMG juga memiliki Warner Chappell music, yang merupakan salah satu penerbit musik terbesar di dunia.

Adapun beberapa artis atau penyanyi yang sempat berada di bawah naungan perusahaan rekaman ini antara lain: Madonna, Coldplay, Ed Sheeran, Wiz Khalifa, Metallica, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Epic Records

Epic Records adalah perusahaan rekaman Amerika milik Sony Music Entertainment, yang merupakan cabang perusahaan dari Sony Corporation America. Pada tahun 1953, Epic dikenal sebagai sebuah perusahaan rekaman yang mendominasi musik jazz dan musik klasik.

Perusahaan ini kemudian memperluas ruang lingkupnya dengan menyertakan beragam genre musik, seperti: pop, R&B, rock dan hip-hop. Label rekaman ini telah mempopulerkan sejumlah artis atau penyanyi ternama atau populer seperti Boston, ABBA, Michael Jackson, Celine Dion, Dave Clark Five, Gloria Estefan, Pearl Jam, Shakira, Anastacia, dan Sly & The Family Stone.

Bersama dengan Columbia dan RCA Record, Epic menjadi salah satu label rekaman utama dari tiga Label Rekaman utama Sony Music Entertainment. L.A. Reid menjabat sebagai Ketua dan CEO dari Epik Record ini sejak bulan Juli 2011, dan Sylvia Rhone diangkat sebagai Presiden perusahaan pada bulan Maret tahun 2014.

5. A&M Records

A&M Records merupakan sebuah label rekaman Amerika, yang didirikan sebagai label independen oleh Herb Alpert dan Jerry Moss pada tahun 1962. Perusahaan ini awalnya bernama “Carnival Records”, yang kemudian berganti nama menjadi A&M Record, sesuai dengan nama kedua pendirinya, Alpert & Moss.

Sepuluh tahun setelah dibentuk, perusahaan ini akhirnya mampu menjadi label bebas terbesar di dunia. Saat ini, A&M Records ini berada dalam kepemilikan perusahaan Universal Music Group. Perusahaan ini berkedudukan di Santa Monica, California dan telah memiliki beberapa anak perusahaan di berbagai negara di Amerika dan Eropa.

Di akhir tahun 1960-an, melalui penandatanganan langsung dan perjanjian lisensi, A&M mengorbitkan beberapa seniman Inggris ke United, termasuk Cat Stevens, Joe Cocker, Procol Harum, Humble Pie, Fairport Convention, Free, The Move and Spooky Tooth. Kemudian pada tahun 1970, bersama dengan Ode Record, A&M merilis album Carole King dan duo komedi Cheech & Chong.

Kelima perusahaan rekaman di atas, memiliki peranan yang sangat besar dan penting terhadap keberhasilan penyanyi-penyanyi yang saat ini telah dikenal oleh seluruh masyarakat di dunia. Tanpa adanya Label Rekaman tersebut, sangat sulit atau bahkan tidk mungkin seseorang bisa menjadi penyanyi terkenal. Itulah sebabnya mengapa perusahaan ini sangat penting bagi perkembangan industri musik di dunia, karena dari sini lah semua lahir.

About the author

Miya Suzuka