Technology

Lebih Cepat dan Responsif, Firefox Quantum Kini Bisa Dinikmati di Android

Anda tentu sudah tidak asing lagi kan dengan mozilla firefox? Peramban yang memiliki nama asli Phoenix atau yang untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird ini merupakan peramban web lintas platform gratis, yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

Sebelum merilis versi 1.0-nya pada tanggal 9 November 2004 yang lalu, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal.

Browser ini mendapatkan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama dirilis. Jumlah tersebut kemudian bertambah menjadi 6 juta pada tanggal 24 November 2004.

Firefox 1.0 sendiri adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.

Sampai saat ini, Mozilla Firefox selalu menjadi browser internet yang sangat dipuji. Tahu kenapa? Karena mozilla memiliki sumber yang sangat terbuka, sehingga para penggunanya bisa mendapatkan apa saja yang ingin mereka ketahui tanpa kerahasiaan apapun.

Dan yang menjadi kabar baiknya adalah bahwasannya mozilla firefox tersebut kini tidak hanya dihadirkan pada PC saja, tapi juga bisa anda instal di smartphone jika anda mau.

Mozilla Hadirkan Firefox Quantum Untuk Smartphone

Seperti yang anda ketahui, persaingan dalam dunia teknologi memang semakin sengit sekarang ini. Semua perusahaan pencinta berusaha untuk membuat sesuatu yang mereka ciptakan tampil lebih unggul dari yang lainnya. Hal yang sama juga dilakukan oleh Mozilla Firefox. 

Menyadari persaingan yang begitu ketat, mereka pun mulai mencari ide untuk menjadikan fitur yang mereka miliki menjadi yang paling “mantap” dan “disenangi” oleh masyarakat. Dan langkah yang mereka pilih adalah dengan merilis Firefox Quantum yang bisa anda instal dan gunakan di smartphone anda.

Mungkin ada banyak sekali fitur yang terdapat di smartphone anda saat ini, terutama untuk fitur browser. Tapi perlu anda ketahui bahwa mozilla juga tidak kalah hebat dengan fitur-fitur yang anda miliki tersebut.

Untuk beberapa hal, mozilla bisa saja kalah unggul dari pesaingnya di ponsel, khususnya dalam hal kecepatan dan performa yang dimilikinya. Kedua hal itu memang tidak bisa dipungkiri selalu menjadi titik lemah dari Firefox.

Akan tetapi, Mozilla kembali ke papan gambar (drawing board), menemukan cara untuk memecahkan masalahnya tersebut. Ternyata jawabannya terdapat pada Firefox Quantum.

Apa sih sebenarnya firefox quantum itu?

Seperti yang disebutkan di atas, Firefox Quantum merupakan versi terbaru dari Firefox yang diciptakan untuk menangani masalah kinerjanya. Quantum terdiri dari beberapa komponen yang mengoptimalkan engine rendering Gecko untuk mendapatkan kecepatan dan performa yang lebih baik.

Ketika anda menggabungkan kecepatan yang telah ditingkatkan tersebut dengan kelimpahan fitur yang ada, maka Firefox dengan mudah memenangkan perbandingan peramban terbaik di Play Store dan jika anda mau, perangkat ini bisa terpasang pada perangkat anda sekarang.

Firefox Quantum ini menerapkan sejumlah perubahan yang berfokus pada peningkatan kinerja secara keseluruhan. Peningkatan yang dimaksud juga termasuk dukungan CPU multi-core yang lebih baik, penggunaan memori lebih rendah dan interface yang lebih cepat.

Pembaruan masa depan (yang sudah tersedia sebagai firefox nightly) akan menggabungkan mesin rendering Servo dan mempercepat kinerja lebih lanjut. Firefox Nightly ini sengaja dirancang untuk menampilkan pengembangan eksperimental lebih banyak dari Firefox.

Saluran Nightly memungkinkan pengguna, untuk dapat menikmati inovasi Firefox terbaru yang belum stabil dan memberikan umpan balik, terhadap fitur dan kinerja untuk membantu menentukan muatan.

Selain meningkatkan kecepatan menjelajah internet, firefox juga turut menambahkan beberapa pembaharuan lain pada tampilan browsernya, yang disebut dengan Photon UI.

Photon UI adalah panggilan antarmuka yang dibuat untuk meningkatkan dan memperbaiki tampilan browser serta membuat semuanya lebih cepat. Dengan Photon, navigasi di seluruh menu dan tab jauh lebih cepat daripada dengan UI versi lamanya.

Perubahan yang dibawa ke Firefox untuk Android ini telah membawa dampak positif yang signifikan terhadap keseluruhan kinerja. Pengguna hanya perlu menunggu update mesin Servo dalam beberapa waktu lagi saja untuk mendapatkan kecepatan yang lebih cepat dari Chrome.

Namun untuk saat ini, Firefox Quantum tetap menawarkan kinerja kompetitif yang paling bisa dinikmati oleh anda sebagai penggunanya.

Melindungi Data Privasi Penggunanya

Firefox adalah browser open-source dengan dedikasi untuk melindungi privasi penggunanya. Pelindung pelacakan dibuat untuk melindungi pengguna dari perusahaan yang menggunakan pelacak, untuk mengumpulkan informasi tentang kebiasaan browsing.

Firefox juga memungkinkan para pengguna untuk secara otomatis menghapus riwayat penjelajahan dan data pribadi mereka setiap kali mereka keluar dari browser.

Selain itu, fitur sesi tamu juga akan memungkinkan anda untuk meminjamkan telepon ke seseorang, tanpa mereka harus memiliki akses ke info masuk yang tersimpan atau dapat melihat riwayat penjelajahan anda.

Aplikasi ini juga akan menyimpan data penjelajahan, yang dikumpulkan dari penyimpanan data penjelajahan anda sendiri. Data penjelajahan tamu juga dihapus secara otomatis saat keluar.

Namun, keunggulan utama dari Firefox di bidang privasi dan keamanan sendiri berasal dari penggunaan ekstensi. Ekstensi ini seperti aplikasi mini, yang dapat ditambahkan ke browser anda untuk mengubah fungsinya. Fitur tersebut dapat ditemukan di menu “Add-on“.

Melindungi Pengguna Dari Iklan 

Beberapa alat terbaik lainnya yang tersedia adalah penghambat iklan. Pengguna dapat memilih dari berbagai ekstensi pencekalan iklan, yang tidak hanya akan menghapus iklan yang tidak penting, namun juga melindungi pengguna dari kerentanan yang terkait dengan adware.

Ada juga beberapa kategori yang didedikasikan untuk privasi lainnya, yang mencakup banyak merek populer dan tepercaya. Beberapa contohnya adalah HTTPS Everywhere, Disconnect dan LastPass Password Manager.

Bagaimanapun juga, Firefox masih memiliki lebih banyak keunggulan lainnya selain ekstensi yang telah disebutkan sebelumnya. Ekstensi Firefox jauh lebih banyak daripada alat privasi.

Pengguna dapat menemukan berbagai program yang akan meningkatkan pengalaman penjelajahan anda, penyelenggara bookmark yang lebih baik, pembaca RSS dan pengaya antivirus. Mereka hanyalah beberapa contoh fitur yang dapat ditambahkan oleh pengguna ke Firefox.

Meskipun banyak ekstensi untuk peramban desktop, pengaya ini merupakan suguhan yang terbilang langka untuk Android dan hanya segelintir peramban yang menawarkan layanan seperti ini. Tidak ada browser lain di Play Store yang menawarkan koleksi besar seperti Firefox.

Para Penggunan Bebas Mengganti Tema

Tema juga merupakan kategori pengaya lain yang membantu Firefox bersinar. Tema dibuat oleh pengguna dan akan mengubah elemen interface pengguna, termasuk bilah alamat dan layar utama.

Tema memungkinkan pengguna untuk mem-personalisasi tampilan browser mereka dan mengubah tampilan defaultnya, yang terkadang mereka anggap bukanlah yang paling menarik.

Bila anda menggabungkan elemen ini, Firefox menawarkan daftar fitur yang luas dengan kinerja yang cepat. Anda harus tahu bahwasannya sangat sedikit browser yang menawarkan ekstensi dan tidak ada peramban lain di Play Store yang dapat mencocokkan variasi atau jumlahnya selain firefox quantum ini.

Dengan peningkatan kinerja Quantum dan peningkatan Servo yang akan datang, Firefox sekarang merupakan browser terbaik yang tersedia dan harusnya menjadi browser default di android anda.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai firefox quantum yang saat ini bisa anda instal di android anda dari playstore. Dijamin anda tidak akan menyesal menggunakannya, mengingat banyaknya keuntungan yang ditawarkan pada anda.

Selain lebih bertenaga, firefox quantum juga memiliki beberapa keuntungan seperti:

  • Memiliki performa yang lebih cepat.
  • Pemuatan laman yang lebih cepat dan lebih baik.
  • Menggunakan lebih sedikit memori komputer, yang artinya akan lebih banyak ruang untuk komputer anda, sehingga tetap berjalan dengan lancar.
  • Penjelajahan yang mulus, baik itu membuka 10 atau 1000 tab, berpindah antar tab akan menjadi lebih cepat dari yang sebelumnya dan juga lebih responsif.
  • Desain cantik dan fitur pintar untuk penjelajahan yang cerdas.

Demikianlah informasi ini kami sampaikan, semoga saja apa yang kami sampaikan di dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.