Unique

Fakta Unik Tentang Perlombaan “Buzkashi” di Afghanistan

Pernahkah anda mengikuti sebuah perlombaan sebelumnya? Jenis perlombaan apakah yang pernah anda lakukan? Saat pertanyaan ini dilontarkan kepada anda, pasti jawaban yang didapat akan sangat beragam. iya nggak? Sebagian besar manusia yang hidup bermasyarakat pasti pernah mengikuti sebuah perlombaan. Baik itu perlombaan dalam skala kecil, maupun dalam skala yang lebih besar. Tapi sebelum lanjut, tahukah anda apa sebenarnya pengertian dari perlombaan tersebut?

Perlombaan sering diartikan sebagai suatu sistem dalam sebuah event olahraga, yang menggunakan istilah menang dan kalah, tanpa adanya istilah seri. Perlombaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau prestasi dalam bentuk perlawanan tidak langsung, melainkan searah, tanpa adanya kontak fisik, seperti menjatuhkan atau menyerang lawan. Dalam perlombaan, setiap atlet saling berlomba untuk melawan diri sendiri atau memperbaiki prestasi yang telah dicapai sebelumnya.

Bagaimanapun juga, setiap perlombaan pasti memiliki peminat. Banyak sedikitnya peminat dari perlombaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bisa jadi karena hadiah yang disediakan, atau sekedar ingin membuktikan kemampuan dan keahlian atau keunikan yang dimilikinya kepada masyarakat.

Berbicara tentang jenis perlombaan yang dilakukan, tahukah anda kalau setiap negara memiliki jenis perlombaan yang berbeda-beda? Beberapa negara bahkan mengadakan sebuah perlombaan yang unik, dan pastinya akan membuat anda tercengang karena tidak akan menyangka bahwa perlombaan seperti itu ternyata ada di dunia ini. Gak percaya? 

Perlombaan “Buzkashi” di Afghanistan

Di Afghanistan, ada sebuah perlombaan yang sangat unik yang sudah diselenggarakan selama berabad-abad lamanya. Perlombaan ini tidak hanya sekedar unik, tapi juga dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan. Perlombaan ini dianggap “unik”, karena perlombaan ini hanya dilakukan di negara tertentu yaitu Afghanistan. Perlombaan ini juga memiliki ide yang kreatif dan tidak pernah terbayang oleh masyarakat untuk dilakukan sebelumnya. Mau tahu apa nama perlombaan unik ini?

Buzkashi, adalah nama perlombaan tersebut. Buzkashi ini sangat populer di negara-negara Asia Tengah, seperti: Afghanistan, Uzbekistan, Tajikistan, Kyrgyzstan, Pakistan utara, India dan Kazakhstan. Olahraga Buzkashi yang sering diperlombakan ini mirip dengan olahraga rugby yang terkenal di Amerika. Yang membedakan keduanya adalah terletak pada media yang digunakan dan diperebutkan dalam perlombaan. Penasaran dengan media tersebut?

Nih dia media yang digunakan di dalam perlombaan Buzkashi ini:

Bagian gambar yang diberi lingkaran merah yang sedang diperebutkan tersebut, merupakan seekor kambing yang sudah mati, dengan keadaan tanpa kepala. Ngeri banget kan guys? Inilah salah satu alasan mengapa sebagian orang menganggap kalau perlombaan ini sangat mengerikan atau menakutkan.

Perlombaan Buzkashi ini sering disebut sebagai lomba menyeret bangkai kambing. Permainan dilakukan di atas kuda, dan seluruh pemainnya harus saling berebut bangkai kambing dan kemudian membawanya melewati pemain lain, dan terus berlari sampai melewati garis gawang atau ke lingkaran sasaran. Eits, jangan pikir permainan ini bisa dilakukan dengan semudah itu cuy.

Resiko terjadinya kecelakan selama perlombaan ini berlangsung sangat lah besar. Bayangin aja deh, gimana posisi orang yang saling berebut sambil menunggangi kuda. Kalau peserta kehilangan keseimbangannya saat sedang menunggang kuda, pemain tersebut bisa saja terjatuh dan lebih bahayanya lagi, bisa terinjak-injak oleh kuda yang ditunggangi oleh lawan atau pesaing lainnya di dalam perlombaan.

Orang-orang yang mengikuti perlombaan ini pun tidak asal-asalan. Semuanya memang sudah memiliki kemampuan khusus dalam menunggang kuda. Jadi, bagi anda yang tidak pernah menunggang kuda, jangan coba-coba ya untuk melakukannya. Bukannya pulang dengan menggotong hadiah nantinya, tapi bisa-bisa malah anda yang bakalan digotong ke rumah.

Aturan Perlombaan Buzkashi

Sebagai sebuah perlombaan unik dan ekstrim, perlombaan ini tentu memiliki persyaratan khusus yang harus dipatuhi oleh setiap pesertanya. Berikut ini adalah beberapa aturan dalam pelombaan tersebut:

1. Setiap pemain dikatakan sebagai seorang pemenang, apabila telah berhasil merebut bangkai kambing dari lawannya, membawanya melewati pemain lainnya, kemudian berlari sampai melewati garis gawang atau ke lingkaran sasaran yang sudah ditentukan atau ditetapkan oleh panitia perlombaan.

2. Di dalam permainan, tindakan atau usaha dengan menggunakan kekuatan untuk menyandung kuda lawan untuk menggagalkan usahanya mencetak Gol diperbolehkan. Setiap pemain juga akan diberikan cambuk sebagai salah satu alat, yang bisa digunakan dalam perlombaan untuk menjatuhkan lawannya.

3. Para pemain atau penunggang kuda harus memakai pakaian yang tebal dan sebuah pelindung kepala, yang berfungsi untuk melindungi diri dari perlakuan pemain lainnya, seperti cambuk dan tendangan dari sepatu boot.

4. Bangkai atau ‘carcass’ yang diperebutkan dalam perlombaan ini harus dipenggal dulu kepala, kaki sampai lututnya. Organ dalamnya pun dikeluarkan. Bangkai tersebut kemudian akan direndam selama 24 jam dalam air dingin, agar bangkai tak mudah robek saat diperebutkan. Supaya permainan lebih menantang, bangkai diisi dengan pasir sehingga lebih berat.

5. Pemain idak diperbolehkan untuk mengikat bangkai di pelana.

6. Pemain yang disebut ‘chapandaz’ ini haruslah benar-benar terlatih dan menguasai teknik permainan.

7. Tak hanya pemain yang harus terlatih, tapi kuda yang ditungganginya pun juga harus demikian. Paling tidak, si kuda harus dilatih selama 5 tahun sebelum diikutsertakan dalam perlombaan.

Itulah beberapa aturan yang harus dipenuhi oleh setiap pemain untuk bisa ikut dalam perlombaan, dan bisa menjadi pemenang perlombaan. Nah, sekarang mungkin anda mulai penasaran kan dengan asal usul diadakannya perlombaan ekstrim tersebut? Untuk membayar rasa penasaran anda tersebut, berikut ini adalah penjelasan singkat tentang asal usulnya:

Sejarah atau Asal Usul Perlombaan Buzkashi

Perlombaan ini diperkirakan ditemukan pertama kali di Lembah Oxus oleh masyarakat Afghanistan. Mereka sedang berlatih buzkhasi untuk melawan perampok kuda, karena di masa itu kuda termasuk hewan yang sangat berharga. Dari sinilah buzkashi lantas berkembang menjadi olahraga yang sangat digemari dan banyak ditonton oleh masyarakat Afghanistan, baik laki-laki maupun perempuan.

Di daerah tertentu, buzkashi dimainkan untuk merayakan pernikahan selama musim panas. Tapi di tempat lain, olahraga ini dimainkan setiap saat untuk hiburan, bahkan di musim salju sekali pun. Dan bagi banyak orang Afghanistan, buzkashi tidak sekedar permainan atau perlombaan, melainkan sebagai cara hidup. Olahraga ini juga pernah diangkat dalam film ‘Buzkashi Boys’, yang masuk dalam nominasi Oscar pada tahun 2012.

Sampai sekarang, perlombaan berbahaya ini masih menjadi salah satu olahraga yang paling populer di negara Afghanistan. Setelah membaca artikel ini, apakah anda berniat untuk mencoba bergabung untuk menjadi salah satu pemain dalam perlombaan ekstrim ini? Tapi ingat ya guys, sebelum mencobanya, kamu harus memiliki persiapan yang matang, dan banyak-banyakin amal dulu deh. 🙂